Posts

Showing posts from April, 2015

Mengapa Dhuha Melancarkan Rezeki ?

Image
Dhuha, sholat diantara jam-jam produktif Sebagaimana telah di  bahas dalam tulisan 5 Pendobrak Pintu Rezeki, untuk melancarkan rezeki kita ada beberapa amalan yang harus kita rutinkan. Salah satunya adalah membiasakan sholat dhuha. Mungkin anda berpikir bahwa waktu adalah uang. Setiap waktu itu berharga untuk melakukan kerja produktif agar menghasilkan keuntungan yang berlipat bagi usaha, perusahaan ataupun pekerjaan anda. Bukankah mengambil beberapa menit waktu produktif itu untuk sholat bisa mengurangi keuntungan yang bisa kita peroleh? Seharusnya pada jam-jam dhuha yang merupakan jam-jam produktif kita bekerja, kita mencari klien, meeting dengan pemberi proyek, menganalisis pasar kok harus sholat? Dimana logikanya bahwa mengurangi jam produktif untuk sekedar sholat sunat bisa melancarkan rezeki? Sholat fardhu yang lima kali sehari saja itu sudah menyita dan menghabiskan waktu kita, belum lagi harus sholat sunat?


Ini alasannya mengapa dhuha melancarkan rezeki
Manusia berada pada kon…

Penting !!! Carilah Rezeki Halal Meski Cuma Setetes!

Image
Carilah rezeki halal, meskipun hanya setetes, ungkapan ini sangat dalam maknanya. Pernahkah anda mendengar hal ini "Dan janganlah kalian saling memakan harta kalian dengan jalan yang bathil". Jalan yang bathil adalah jalan yang haram, yang salah, yang menyimpang dari agama, yang dibenci Allah.

Apa itu rezeki halal dan mengapa rezeki halal itu penting?
Rezeki halal adalah rezeki yang diperoleh melalui sumber yang halal, diperoleh dengan cara yang halal, menggunakan sumberdaya yang halal dan dimanfaatkan untuk memuliakan hidup. Sumber rezeki sangat penting diperhatikan karena menyangkut kualitas rezeki yang kita cari dan kita peroleh. Sumber rezeki yang haram akan menjadikan rezeki kita haram. Cara mencarinya juga haram seperti begal /merampok / membunuh / berzina / melacurkan diri juga akan berimbas pada kualitas rezeki kita. Sumberdayanya memanfaatkan barang haram, seperti menjual minuman keras, mengedarkan narkoba atau video porno juga bisa mempengaruhi kualitas rezeki kita…

Carilah Rezeki Sebanyak-banyaknya Karena Muslim itu Wajib Kaya !

Image
Ya Allah, jadikanlah dunia di tanganku dan akhirat di hatiku (Abu Bakar Ash-shiddiq) Itulah penggalan doa Abu Bakar yang bisa memberi pelajaran tentang indahnya penyikapan muslim terhadap terhadap dunia. Tangan bermakna pengelolaan, pengendalian, penguasaan. Harus kita yang mengendalikan dunia, jangan sampai sebaliknya justru kita yang dikendalikan oleh dunia.

Jadikan akhirat di hatiku, mengapa? Itu perlambang kewaspadaan, jangan sampai dunia masuk ke dalam hatinya. Abu Bakar sadar bahwa kekayaan yang ditumpuk takkan pernah memuliakan pemiliknya. Seorang mulia tergantung pada kualitas dirinya baik di hadapan Allah maupun di hadapan sesama manusia.


Muslim wajib kaya Sejarah mencatat banyaknya Muslim yang kaya sejak dahulu. Rasulullah saja saat menikahi Siti Khadijah, maharnya 20 ekor unta, kalau diuangkan sekarang sekitar 500 juta. Asy Syifa binti Abdillah yang sukses menjaga kesehatan rakyat Madinah. Usahawan Abdurrahaman bin Auf yang telah memakmurkan pasar dan meruntuhkan kungkungan…

Apakah Susuk Menghalangi Rezeki ?

Image
Banyak orang yang suka pasang susuk dengan alasan macam-macam. Tapi umumnya mereka memasangnya untuk mengangkat "aura" kecantikan, memikat orang lain, kekebalan dari benda tajam dan dengan itu manusia tunduk dan tertarik kepadanya.


Sebenarnya susuk itu apa ? Susuk adalah memasukkan benda-benda tertentu ke dalam badan dengan tujuan untuk memikat. Pemasangannya biasanya dibantu oleh seorang dukun atau paranormal yang mengaku ahli memasang susuk. Dipasangnya pun sesuai kehendak konsumen, bagian tubuh mana yang dia ingin orang terpikat begitu melihatnya, Ada yang dipasang di pinggul, pantat, mata, hidung, dagu, pipi dan sebagainya. Konon setelah susuk dipasang akan "tampak aura kecantikannya",yang sebelumnya biasa berubah menjadi luar biasa. Barang yang dimasukkan wujudnya macam-macam mulai dari jarum, logam, cairan sampai yang berwujud emas berlian. Konsumennya pun beraneka mulai dari artis, penyanyi panggung, pekerja seks komersial sampai ibu rumah tangga. Artis, pen…

Apa Saja 3 Rezeki Utama Para Lelaki ?

Image
Konon meski tak tertulis, sejak lama orang Jawa memiliki standar kesuksesan yang disepakati bersama. Seseorang dikatakan sukses dalm hidupnya ketika telah berhasil meraih lima hal, yaitu garwo (istri), pusoko (pusaka), wismo (rumah), turonggo (kendaraan) dan kukilo (hobi). Entah sejak kapan hal ini ada di masyarakat kita. Tetapi belasan abad silam Rasulullah SAW telah mengungkapkan standar hidup yang disepakati masyarakat kita, sebagaimana sabdanya :
" 3 kunci kebahagiaan seorang laki-laki (1) Istri salehan, yang jika dipandang membuatmu semakin sayang, jika kamu pergi ia membuatmu merasa aman karena bisa mrnjaga kehormatan dirinya dan hartamu, (2) kendaraan yang baik, yang bisa mengantar kemanapun pergi, (3) rumah yang lapang, damai, penuh kasih sayang". (H.R.Abu Daud).


Mari kita bahas satu-satu kunci kebahagiaan atau rezeki utama para lelaki

(1) Istri Salehah Apa yang dikatakan Ali bin Abi Thalib saat ditanya tentang istrinya, Fatimah Azzahra? Beliau berkata " Bila ku…

Ciri-Ciri Orang Yang Mensyukuri Rezeki.

Image
Sebelumnya kita sudah membahas ciri-ciri orang yang mudah rezeki dan ciri-ciri orang yang susah rezekinya. Kali ini kita akan membahas ciri-ciri orang yang mensyukuri rezeki.
Kita sudah paham pada pembahasan sebelumnya bahwa terbukti, jika rezeki disyukuri hati menjadi lapang. Lalu apakah kita termasuk orang yang mensyukuri rezeki? Perhatikan ciri-cirinya berikut ini :


Ciri-ciri orang yang mensyukuri rezeki :
1. Menerima dengan sepenuh hati rezeki Allah. 

Banyak diterima, sedikit dia ikhlas, kurang dia tetap tersenyum, melimpah tidak membuat dia kegirangan, itulah orang yang syukur. Dia sadar bahwa rezeki itu hanya titipan, pinjaman dari Allah. Sekedar pinjaman Allah kepadanya untuk dipakai mensejahterakan dirinya, keluarganya dan orang sekitarnya.



2. Bibirnya senantiasa basah dengan ucapan syukur.

Dia tidak pernah berhenti bertasbih mengingat Allah dalam setiap kesempatan. Apakah hari itu dia menerima rezeki yang cukup atau tidak, lidahnya tetap mengucapkan syukur. Mengapa? Karena dia …

Mengapa Tak ada Yang Menolong Gelandangan ini? (Video)

Image
Coba perhatikan video di bawah ini. Seorang gelandangan berbaju compang-camping berdiri di pinggir jalan yang ramai orang menggigil kedinginan tanpa ada seorang pun yang berhenti untuk menolongnya. Gelandangan ini harus melawan udara yang dingin selama 2 jam, sampai kemudian ada yang berhenti.


Mengapa tidak ada yang mau menolong? Semua orang hanya melintas tanpa memperdulikan anak ini, kalaupun ada yang melirik tanpa ada usaha untuk melakukan sesuatu padanya. Ini yang disebut dalam ilmu psikologi sebagai bystander effect atau bystander apathy. Hal ini adalah suatu fenomena di mana suatu kejadian disaksikan oleh banyak orang, menjadi bagian dari kerumunan besar sehingga tidak ada yang merasa perlu bertanggung jawab untuk melakukan / tidak melakukan tindakan. Jika seseorang hanya sendirian atau dengan sedikit orang cenderung untuk lebih cepat menolong dibanding jika berada dalam kerumunan. 
Masyarakat kita dewasa ini cenderung mengalami fenomena ini. Banyak yang tidak perduli dengan sek…

Ciri-Ciri Orang Yang Susah Rezekinya

Image
Sebelumnya kita membahas tentang ciri-ciri rumah yang berezeki baik dan ciri-ciri orang yang mudah rezeki. Kali ini kita membahas ciri-ciri orang yang susah rezekinya. Untuk mengetahui apakah kita termasuk orang yang susah rezekinya, perhatikan hal-hal berikut.


# 1. Tidak malu berbuat dosaJika dosa adalah keseharian kita, tiada hari tanpa melakukannya, artinya hati kita tertutup dari cahaya Ilahi. Kita melakukan dosa sama seperti aktivitas lain seperti makan, minum, kencing, seolah-olah semuanya biasa saja. Tidak ada rasa kekhawatiran sedikitpun melakukan dosa. Berbohong, meninggalkan shalat, memaki orang, menggunjingkan orang menjadi santapan kita sehari-hari. Tahukah anda bahwa dosa itu menghalangi rezeki masuk? Allah tidak menyukai orang yang berlumuran dosa. Bagaimana kita mau mudah rezeki kalau kita tidak pantas untuk diberi?Dosa sudah menjadi kebutuhan kita, seperti halnya kita butuh makan, minum, butuh pakaian. Berzina sudah menjadi makanan harian kita. Menyakiti hati istri ada…

Ciri-Ciri Orang Yang Mudah Rezeki

Image
Setiap hari kita berjalan di muka bumi untuk sekedar mencari rezeki Ilahi. Banyak cara dan metode yang kita lakukan dengan harapan Allah berkenan untuk menambah rezekiNya pada kita. Tetapi ada orang tertentu yang tidak perlu bersusah payah mencari rezeki karena rezekilah yang mendatanginya. Orang ini tidak pernah merasa susah dalam hidupnya. Seolah nasib selalu berpihak padanya karena ia selalu berprinsip rezeki tidak usah dikejar, dia akan datang dengan sendirinya, karena sungguh rezeki itu mudah didapat.

Bagaimana ciri-ciri orang ini? Ciri-ciri orang yang mudah rezekinya ?


# 1. Dia dikenal sebagai orang baik.Setiap tindakan, perbuatan dan amalannya adalah yang baik-baik. Orang baik rezekinya lancar, alasannya ada di sini.Dia bermanfaat bagi banyak orang. Jika bisa menolong orang lain pasti akan dilakukannya. Banyak orang yang suka padanya dan selalu mencarinya, baik untuk minta tolong, meminta nasihat maupun sekedar berbincang dengannya. Dimanapun dia berada pasti melakukan kebaikan…

10 Ciri-Ciri Rumah Yang Berezeki Baik

Image
Rumah adalah tempat tujuan kita setelah lelah mencari rezeki Allah. Karena itu kita berlomba-lomba untuk membangun rumah semegah dan senyaman mungkin. Namun rumah yang baik adalah rumah yang memberikan ketentraman kepada penghuninya. Lalu adakah ciri-ciri rumah yang menarik rezeki untuk penghuninya. Berikut ini diantaranya.


Ciri-ciri Rumah yang Berezeki Baik, yang menarik rezeki untuk penghuninya :

# 1. Rumah yang dipakai untuk Ibadah Rumah yang di dalamnya dilakukan aktivitas menyembah Allah. Shalat, puasa, pengajian Al Qur'an, mengayomi dan mendidik anak saleh dan sebagainya. Aktivitas ibadah adalah pengakuan kelemahan kita sebagai manusia. Bahwa kita butuh Allah. Allah menyukai rumah yang didalamnya dilakukan ibadah dan akan mencurahkan rezeki yang banyak lagi berkah kepada penghuninya.
# 2. Rumah yang didalamnya dilakukan berbagai kebaikan. Rumah yang di dalamnya dilakukan banyak kebaikan seperti rumah yang digunakan untuk mengayomi anak yatim, rumah yang digunakan untuk menim…

Mengapa Tega Membuang Bayimu? Dia Lahir Membawa Rezekinya Sendiri.

Image
Seringkali kita membaca di berita atau melihat langsung di sekitar kita ada bayi ditemukan di tong sampah, di selokan, di pinggir jalan atau di tempat-tempat yang tidak seharusnya baik dalam keadaan hidup ataupun sudah mati. Bayi-bayi suci yang tak berdosa itu pasti bertanya mengapa aku dibuang? Aku salah apa? Tapi karena mereka adalah makhluk kecil tak berdaya menjadikan kita berkuasa penuh terhadap nasibnya. Jika kita ingin membuangnya, membunuhnya, melemparkannya di selokan dia toh tidak akan bisa protes dan melapor ke Komnas Perlindungan Anak. Apalagi kalu kita melakukannya secara sembunyi-sembunyi, menghindar dari tatapan tanda tanya orang. Atau menghindari aparat yang siap menangkap kita. Kita sembunyi melakukannya, padahal kita lupa kalau Allah maha melihat.


Binatang apa manusia ini? Binatang apakah manusia itu? Mengapa tega memutuskan kehidupan seorang bayi? Mengapa kita yang menentukan jalan hidupnya? Mengapa kita tega membunuh apa yang telah ditetapkan Allah untuk hidup ? Pa…

Inilah Alasan Mengapa Harus Bersyukur Atas Rezeki Kita?

Image
Mari kita renungkan bersama :

Bila kita diberi uang ... Mengapa kita pandai berterima kasih bila ada yang memberi uang, sedang terhadap yang Maha Memberi Kehidupan kita suka lupa berterima kasih. Bila kita menerima uang meskipun itu adalah hasil kerja, upah atau gaji kta sendiri pasti kita berterima kasih pada yang memberi bukan? Bila kita diberi uang dan diminta melakukan sesuatu untuk si pemberi uang tersebut, pasti akan kita lakukan bukan? Bagaimana dengan Allah yang telah memberikan kita begitu banyak rezeki, bahkan hidup kita juga rezeki yang diberiNya,  kita diminta untuk shalat, beribadah, berbuat baik dan amal saleh kadang kita tidak lakukan atau dengan berani menundanya. Kita tidak bersyukur dengan rezeki yang kita terima, selalu merasa kurang rezeki dan tidak malu meminta tambahan rezeki padaNya?


Bila utang kita dibayar... Kita pasti senang jika ada orang yang membayarkan utang kita bukan? Kita pasti berterima kasih atas kebaikannya dan berjanji untuk membalasnya jika diberi…

Rezeki Istri dan Bolehkah Sedekah Pada Suami ?

Image
Berumah tangga itu = Ibadah Rezeki setiap manusia sudah ditentukan Allah. Ada 4 jenis rezeki yang setiap saat siap dicurahkan untuk hamba-hamba Allah di dunia. Meskipun demikian yang dinamakan rezeki itu tidak melulu berupa uang dan kekayaan tetapi rumah tangga yang bahagia juga adalah rezeki. Karena itu seseorang bisa mandek rezekinya karena menyia-nyiakan dan menyakiti istrinya. Wahai para suami, ketahuilah penting untuk membahagiakan isteri, karena isteri yang bahagia memperlancar rezeki.
Rumah tangga yang berhasil adalah rumah tangga yang bisa saling bekerjasama mencari keridhaan Allah. Pandanglah rumah tangga sebagai ibadah, sebuah upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah. Semua orang tahu porsinya masing-masing. Suami adalah kepala rumah tangga, isteri adalah pendamping utama dan anak-anak adalah amanah Allah yang dititipkan untuk dididik dengan baik. Sebagai kepala rumah tangga suami berkewajiban mencari nafkah untuk keluarga, memberi nafkah sesuai kemampuannya, mendidik kelu…

Rezeki Terputus, Nyawa Melayang Karena Zina

Image
Kisah ini saya tulis bukan untuk menghakimi tapi semata-mata untuk bahan pembelajaran bagi kita semua. Beberapa hari ini saya membaca di media online kasus pembunuhan seorang janda cantik bernama Dedeuh Alfishahrin (DA) alias Tata Chubby (TC) di kamar kosnya di Jakarta Selatan pada Sabtu 11 April 2014 yang lalu. Mayat DA ditemukan oleh pembersih kamar kos yang curiga karena DA seharian tidak keluar kamar. Begitu pintu dibuka dengan kunci cadangan ditemukan DA yang telah menjadi mayat dengan leher terjerat kabel hair dryernya dan tubuh tanpa busana yang ditutup bed cover Hello Kitty. Mulailah polisi mencari pembunuh janda beranak satu berusia 26 tahun ini.



Singkat cerita ditemukanlah pembunuh DA bernama Prio Santoso (PS) yang merupakan pelanggan DA. Terkuaklah profesi DA sebagai wanita penjaja seks yang menawarkan diri untuk dikencani. Berbeda dengan PSK yang berdiri di pinggir jalan atau menunggu di rumah bordil dan dikelola oleh mucikari, DA menawarkan jasanya melalui media sosial.
D…

Jangan Sekali-Kali Mengkufuri Rezeki

Image
Kufur adalah kebalikan dari syukur. Kufur artinya mengingkari, tidak menerima dan tidak ridha terhadap nikmat Allah. Kufur juga bisa berarti mempergunakan nikmat Allah bukan di jalan yang benar. Mempergunakan nikmat dan rezeki yang telah diberi Allah untuk melakukan maksiat. Rezeki yang diperoleh berupa harta dipergunakan pada jalan yang haram.

Rezeki Disyukuri Terasa Lapang, Rezeki Dikufuri Terasa Kurang Sebelumnya kita telah membahas jika rezeki disyukuri terasa lapang. Mensyukuri rezeki artinya menerima rezeki yang telah dianugerahkan Allah dengan ikhlas, banyak ataupun sedikit semuanya diterima. Sementara mengkufurinya adalah mengingkari semua nikmat Allah, banyak dipermasalahkan, sedikit apalagi. Orang yang kufur nikmat senantiasa merasa kurang dan tidak cukup, selalu membandingkan dirinya dengan orang lain. Jika orang lain menerima lebih banyak dari dia, jika orang lain lebih sukses, lebih kaya dan lebih segala-galanya dari dirinya, maka ia tidak pernah tenang. Hatinya dipenuhi …