Posts

Showing posts from June, 2015

Wes Ewes Ewees... Bablas Rezeki Haramnya.....!!!

Image
Masih ingat iklan sebuah obat masuk angin yang dibintangi almarhum komedian Basuki?.... "wes ewes ewes bablas angine"... kira-kira begitu bunyinya. Saya bukan orang Jawa tapi pengertian saya tentang iklan itu bahwa setelah minum obat masuk angin tersebut maka anginnya langsung bablas alias hilang (kalau kurang tepat mohon dibenarkan). Masuk angin itu rasanya tidak enak. Badan meriang, panas dingin, kadang disertai pilek dan batuk. Orang yang masuk angin pasti berusaha supaya angin yang terperangkap dalam badannya itu bisa ketemu pintu keluar dan segera minggat, agar badannya bisa kembali normal. Entah itu kerokan, minum air hangat, atau minum obat anti masuk angin.


Lalu apa hubungannya masuk angin dan rezeki haram?Apa itu rezeki haram? Rezeki haram itu adalah rezeki yang diperoleh dari melakukan pekerjaan haram, rezeki yang sumbernya haram, rezeki yang sumbernya halal tapi dibelanjakan di jalan yang haram.
Pada tulisan kali ini saya mengibaratkan orang yang makan rezeki hara…

9 Ciri-Ciri Suami Yang Mudah Rezeki

Image
Kalau sebelumnya kita membahas ciri-ciri isteri yang akan membawa rezeki buat suaminya, sekarang kita membahas, ciri-ciri suami yang mudah rezeki. Wahai para suami, silakan dibaca dan sebisa mungkin di amalkan.

Kewajiban mencari rezeki ada di pundak suami. Suamilah yang harus memenuhi nafkah istri, anak-anak dan keluarganya sesuai dengan kemampuannya. Suami adalah pemimpin dalam keluarga, teladan istri dan anak-anaknya. Suami yang baik akan mendidik istrinya menjadi wanita salehah dan mendidik anak-anaknya menjadi anak yang saleh. Lalu bagaimana ciri-ciri suami yang mudah rezeki itu?


Ciri-ciri suami yang mudah rezekiSuami yang taat pada Allah dan RasulNya. Taat jika didefenisikan adalah mau menerima, mau mengikuti dan mau melaksanakan. Suami yang taat akan menjalankan agama dengan sebenar-benarnya, melakukan apa yang diperintahkan Allah dan menjauhi laranganNya. Suami seperti ini akan terhindar dari murka Allah SWT dan tidak lupa mensyukuri nikmat dan rezeki yang diterimanya, sehingga …

Mengapa Rezeki Selalu Mudah Bagi Orang Yang Ridha?

Image
Satu hal yang harus disadari adalah bahwa keridahaan seorang hamba kepada Allah dalam segala hal akan membuat Allah ridha padanya. " Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepadanya (Q.S. Al Bayyinah : 8).


Orang yang ridha adalah orang yang mudah rezeki, mengapa?Ketika seorang hamba ridha dengan rezeki yang sedikit, maka Allah akan ridha kepadanya dengan amal sedikit yang ia persembahkan.Ketika seorang hamba ridha terhadap semua keadaan yang melingkupinya dan tetap mempertahankan kualitas keridhaannya itu, maka Allah akan cepat meridhainya ketika dia meminta keridhaanNya.Lihatlah orang-orang yang ikhlas, meskipun ilmunya sedikit Allah meridhai semua usaha mereka, sehingga rezekinya pun mudah karena memang mereka ridha kepada Allah. Berbeda dengan orang yang tidak ridha, mereka menolak apa yang diberikan Allah dan tidak suka terhadap keridhaanNya pada orang lain, selalu dengki atas rezeki orang, sehingga Allah pun menyia-nyiakan amalan mereka dan mempersempit rezekinya.Sika…

4 Hal yang Membuat Rezeki Sempit

Image
Hidup yang berlimpah rezeki yang berkah adalah dambaan setiap orang. Bekerja siang dan malam tujuannya untuk mencari rezeki Allah untuk memenuhi kebutuhan hidup harian. Kadang rezeki yang kita terima banyak tapi tidak jarang juga rezeki kita kurang.Menyikapi rezeki yang diberi Allah berbeda-beda bagi setiap manusia. Ada yang senantiasa bersyukur dan ada juga yang tidak puas dan terus mencarinya meskipun waktu untuk keluarga dan kesehatannya sendiri dikorbankan.

Coba introspeksi diri. Kadang-kadang sikap kita sendiri yang membuat rezeki kita susah tanpa disadari.
Apa saja sikap yang bisa membuat rezeki jadi sempit?# 1. Menggerutu dan tidak menerima ketentuan Allah.  Orang yang kerjanya hanya mengeluh, menggerutu, protes, dengki atas rezeki orang lain itu orang yang tidak bersyukur. Sikap menggerutu adalah sikap yang tidak bisa menerima ketentuan Allah. Sikap tidak menerima adalah pintu ke arah keresahan, kesedihan, kekacauan, kemurungan dan prasangka yang tidak seharusnya kepada All…

Inilah Alasannya Mengapa Jadi Tuan Rumah yang Baik itu Membawa Rezeki?

Image
Masih postingan di bulan Ramadhan. Sebuah ceramah singkat atau yang lebih dikenal dengan kultum menggelitik pikiran saya. Ceramah ini mengomentari tulisan atau spanduk yang banyak bertebaran di jalanan, ataupun status di media sosial saat Ramadhan datang, yaitu "Marhaban ya Ramadhan". Ucapan ini adalah ucapan selamat datang dan sambutan kamu muslimin di seluruh dunia atas datangnya bulan yang penuh berkah, Ramadhan. Sebagaimana hadits Rasulullah SAW, "Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan kepadamu puasa di dalamnya; pada bulan ini pintu-pintu surga dibuka, piuntu-pintu neraka ditutup dan para setan diikat; juga terdapat pada bulan ini malam yang lebih bik dari seribu bulan, barangsiapa tidak memperoleh kebaikannya maka dia tidak memperoleh apa-apa" (Hadits Riwayat Ahmad dan An Nasai). Begitu istimewanya bulan ini sampai semua orang menyambutnya dengan suka cita, meskipun harus menahan lapar dan haus di diang hari.


Kalau kita m…

Mau Beruntung dan Rezeki Banyak? Hindari 3 Perbuatan Setan ini!

Image
"Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya meminum khamr, berjudi dan mengundi nasib adalah keji dan termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah agar kamu mendapat keberuntungan "(Q.S. Al Maidah : 90).

Perhatikan ayat Al Quran yang agung di atas. Apa yang diperintahkan oleh Allah untuk dijauhi agar kita menjadi orang yang beruntung? Ya.. menjauhkan dari dari perbuatan setan. Setan adalah mahluk ciptaan Allah yang dikutuk untuk menghuni neraka selamanya. Mereka adalah kaum yang terusir dari surga karena perilakunya. Dan setelah menerima vonis dari Allah untuk menjadi penghuni neraka jahannam mereka meminta tangguh untuk itu. Kedengkian dan rasa kesombongan dalam dada mereka yang sangat benci kepada Nabi Adam alaihissalam dan anak cucunya. Kebencian itu membuat mereka memohon kepada Allah agar diperkenankan untuk menggoda manusia agar ikut menemani dan bersama-sama dengan mereka di neraka. Allah menerima permohonan mereka. Dialog antara Iblis dan Allah dapat dibaca di Surah Al Ba…

Percuma, Rezeki Haram Pasti Cepat Habis!

Image
"Maka pernahkah kamu melihat orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai Tuhannya dan Allah membiarkannya berdasarkan ilmuNya dan Allah telah mengunci mati pendengaran dan hatinya dan meletakkan tutupan atas penghilatannya? Maka siapakah yang akan memberinya petunjuk sesudah Allah (membiarkannya sesat). Maka mengapa kamu tidak mengambil pelajaran?" (Q.S.Al Jatsiyah : 23).

Sesuatu yang bukan hak pasti diambil Yang Hak. Dan Dia punya seribu cara buat mengambilnya dari kita.
Banyak orang yang mempertaruhkan keyakinannya untuk mendapatkan rupiah haram. Dia berkeyakinan akan sulit hidup dengan gaji pensiun, aji mumpung lah yang dipakai.

Cerita orang yang mengambil hak orang lain Cerita berawal kira-kira 20 tahun silam, sekitar awal tahun 80-an, Haji Syarif bapaknya Haji Gani meninggal dan mewariskan sejumlah tanah yang cukup banyak. Waktu itu Haji Gani memiliki satu saudara laki-laki namanya Shobur. Hak Shobur atas tanah orangtua mereka tidak diberikan oleh Haji Gani karena waktu…

6 Alasan Mengapa Dengki Bisa Menghambat Rezeki

Image
Salah satu penyakit hati yang berbahaya untuk dipelihara oleh manusia adalah sifat dengki, iri hati atau hasad. Apa yang dimaksud dengan dengki itu? Dengki adalah sifat yang merasa tidak suka akan pemberian, rezeki, nikmat yang Allah berikan pada orang lain. Sifat ini disebut sebagai penyakit karena kalau dibiarkan akan menggerogoti keimanan seseorang, seperti sebuah penyakit yang menggerogoti badan seseorang. Orang yang memiliki penyakit ini akan merasakan kegelisahan yang lambat laun menggerogoti sendi-sendi kehidupannya.


Dengki sudah dimiliki sejak zaman dahulu kala. Bagaimana kisah putra Nabi Adam as, yaitu Qabil dan Habil yang diceritakan dengan rinci dalam Al Quran mengangkat bahaya dengki ini. Bagaimana Qabil membunuh saudaranya Habil karena perasaan iri dan dengki yang menguasainya, karena Habil mendapatkan calon istri yang lebih cantik darinya dan kurbannya diterima Allah sedangkan dirinya tidak, seperti yang diceritakan Allah berikut ini :
"Dan bacakanlah (wahai Muhamma…

Budaya Selfie Bisa Menghalangi Rezeki?

Image
Budaya selfie atau sengaja mengambil foto diri sendiri sekarang ini seolah mewabah seiring dengan berkembangnya teknologi ponsel yang sudah menyertakan kamera beresolusi tinggi dalam perangkat alat komunikasi tersebut. Jika sebelumnya sangat tergantung pada orang lain  buat mengambil foto kita sekarang sudah tidak lagi. Rata-rata ponsel terkini selain memiliki kamera belakang juga dilengkapi dengan kamera depan sehingga seseorang bisa memotret dirinya sendiri. Atau diciptakannya sebuah tongkat serbaguna yang dipakai buat foto diri dan kelompoknya yang disebut tongkat narsis (tongsis) membuat acara foto-foto jadi lebih mudah.


Mengapa orang suka selfie? Saya pun juga manusia biasa yang sama seperti manusia lainnya suka ikut-ikutan selfie, karena segala sesuatu yang indah itu haris diabadikan karena belum kesempatan seperti ini datang lagi. Menurut catatanngocol.blogspot.com, artikel tentang setiap orang suka selfie, narsis dan gifo, itu pasti, disebutkan kalau setiap manusia itu memang …

Bersyukurlah Atas Orang Lain Maka Allah Tambahkan Rezekimu !

Image
Kehidupan kita di  dunia ini terkait dengan kehidupan orang lain, karena manusia itu mahluk sosial. Di dalam agama kita diperintahkan untuk menyambung tali silaturahmi. Seperti yang dikatakan oleh Baginda Rasul betapa silaturahmi itu membuka pintu rezeki di bawah ini :


Tips berinteraksi dengan orang lain Bagaimana kita berinteraksi dengan orang lain dalam segala sendi kehidupan sehingga Allah berkenan menambahkan rezeki kita? Berikut diantaranya :
Manusia di dunia ini rupa-rupa warna dan katakternya. Ada yang baik dan ada yang suka berbuat maksiat dan kerusakan di muka bumi. Bagaimana menanggapi karakter yang bermacam-macam ini? Bukan tugasmu untuk menghakimi, bukan tugasmu untuk mencari alasan mengapa seseorang pantas atau tidak pantas mendapatkan sesuatu. Tugasmu sebagai khalifah yang ditunjuk langsung olehNya adalah menebar kebaikan di bumi, untuk mengangkat yang jatuh, mengembalikan yang patah dan menyembuhkan yang sakit.Setiap orang mengalami masalahnya sendiri yang kita tidak ta…

Rezeki Baik itu Bukan Hidup Kaya Berlimpah Harta Tapi...

Image
Setiap orang berbeda dalam menyikapi rezekinya Bagaimana menjawab pertanyaan pada judul di atas? Setiap orang berbeda-beda pendapat bagaimana menyikapi rezeki yang diberikan Allah pada hambaNya. Kalau rezeki susah pasti pada tahu bagaimana menyikapinya. Tapi kalau kebetulan diberi rezeki yang banyak berlimpah, belum tentu semua manusia tahu bagaimana menyikapi rezeki yang bejibun itu.
Tahukah anda kalau nilai seseorang tidak ditentukan oleh banyak atau sedikitnya rezeki yang diterimanya. Begitupun tolak ukur rezeki tidak ditentukan dari jumlahnya tapi dari kemanfaatannya.


Kembali pada lanjutan judul di atas tentang rezeki baik.

Rezeki baik itu bukan hidup kaya berlimpah harta, tapi pada hidup sederhana berlimpah manfaat. Kesederhanaan itu bukan pada penekanan tidak boleh hidup kaya melainkan pada cara pembawaan.
Bagaimana kita membawa diri. Banyak orang yang sombong karena merasa lebih kaya dibanding orang lain. Ingat bagaimana Iblis terlempar dari surga yang nyaman dan enak? Karena so…

Hati-Hati, Memperturutkan Hawa Nafsu Itu Menghalangi Rezeki!

Image
Pentingnya menundukkan hawa nafsu Perbedaan utama antara manusia dan malaikat adalah manusia diberi akal dan hawa nafsu. Jika malaikat tabiatnya baik, hanif dan taat kepada Allah secara terus menerus. Manusia tidak demikian. Kadar keimanannya naik turun. Di suatu ketika dia menjadi hamb Allah yang taat padaNya sementara di lain hari dia bisa saja melakukan kemaksiatan. Karena adanya hawa nafsu yang melekat dalam tubuh manusia. Rasulullah SAW sesuai yang diriwayatkan oleh Imam Shadiq bersabda " Waspadalah terhadap hawa nafsu kalian sebagaimana kamu sekalian waspada terhadap musuh. Tiada yang lebih pantang bagi manusia daripada mengikuti hawa nafsu dan ketergelinciran lidah yang tidak bertulang."


Begitu besarnya pengaruh hawa nafsu bagi manusia sehingga Baginda Rasul pun mewanti-wanti umatnya untuk hati-hati dan waspada terhadap hawa nafsu sampai menyamakannya dengan musuh. Orang yang melawan hawa nafsunya disamakan dengan orang yang berjihad.  Karena tidak sempurna iman seor…

Jangan Sombong Kalo Rezeki Banyak dan Jangan Galau Kalo Rezekimu Sedikit

Image
Mengapa? Karena banyak sedikitnya rezeki itu ujian bagi hamba Allah. Di dunia ini ada orang yang diberi rezeki yang banyak ada juga yang diberi rezeki yang sedikit. Karena Allah memang tidak menyamaratakan jumlah rezeki yang diberi pada hambaNya. Allah memberikan rezeki sesuai kebutuhan seseorang bukan berdasarkan keinginan atau standar yang dibuat oleh manusia. Allah Maha Tahu dan Maha Adil, yakini dan percayai itu.

Rezeki yang diberikan pada semua mahluk Rezeki yang diberi Allah ada yang sifatnya diberikan kepada semua mahluk. Seperti udara yang gratis, sinar matahari yang menyinari bumi, kesehatan badan, harta benda, mobil, emas permata, anak yang keliahatan dengan kasat mata. Rezeki ini diberikan pada semua hambaNya dan mahluk ciptaanNya agar dapat melangsungkan hidupnya di dunia ini, tidak perduli apakah dia muslim atau tidak, beriman atau kafir, memperolehnya dari sumber yang halal atau haram. Bahkan jin, binatang ataupun tumbuhan Allah jualah yang memberi rezekinya.


Rezeki yang…