Posts

Tips Menghindari Perkosaan

Image
Wanita berezeki baik dan terhormat.Mengapa blog yang membahas tentang rezeki malah menulis tentang perkosaan? Apa hubungannya perkosaan dan rezeki? Bukankah rezeki itu luas dan gak melulu soal harta dan uang? Wanita adalah rezeki bukan hanya bagi keluarga dan sebuah bangsa, tapi juga bagi dirinya sendiri. Rezeki tubuh dan kehormatan diberi Allah untuk dijaga. Jadi adalah tugas wanita dan muhrimnya untuk menjaga rezeki tersebut. Menjadi wanita di abad modern ini, penuh tantangan dan bahaya bisa mengintai dari berbagai sudut. Jika dulu wanita keluar gak pernah sendiri tapi pasti ditemani oleh muhrimnya, sekarang gak lagi. Wanita sekarang lebih mandiri dan sudah biasa jalan sendiri. Jika gak mampu menjaga diri, bisa jadi sasaran empuk predator pemerkosa di luar sana..

Berikut ini tips yang mungkin bisa dijadikan masukan bagi para wanita modern untuk menjaga dirinya..
Cara mengincar Korban Sekelompok pemerkosa dan pelaku perkosaan saat kencan diwawancara di penjara tentang bagaimana mengincar…

Allah Takkan Membiarkan Kita Kekurangan

Image
Kisah Pembelajaran Yang Menggetarkan. Disebuah desa yang subur hiduplah 2 orang lelaki yang bersaudara. Sang kakak telah berkeluarga dan dikaruniai 2 orang anak, sedangkan si adik masih melajang, menunggu dipertemukan dengan pasangan sejiwanya.
Mereka mewarisi tanah warisan dan menggarap satu lahan berdua dan ketika panen, hasilnya mereka bagi sama rata.


Pada suatu malam setelah panen, si adik duduk sendiri dan berfikir. Pembagian ini sungguh tidak adil, seharusnya kakakku lah yg mendapat bagian lebih banyak karena dia hidup dengan istri dan kedua anaknya. Sementara dirinya hanya seorang saja karena masih single dan belum memiliki tanggungan. Akhirnya ia mengambil keputusan untuk melakukan sesuatu. Di malam yang sunyi itu diam-diam dia menggotong satu karung padi miliknya dan meletakkannya dilumbung padi milik kakaknya.
Sementara itu ditempat lain, sang kakak juga berpikir, pembagian ini adil jika adiknya mendapat bagian yang lebih banyak darinya, karena ia hidup sendiri. Jika terjadi apa-…

Rawatlah Jiwamu

Image
Merawat JiwaOrang disebut manusia / insan karena memiliki jiwa. Badan yang berwujud ini secara rutin diberi nutrisi, dirawat bila sakit, dan mendapat perhatian. Apakah jiwa sudah mendapat pemeliharaan yang semestinya, seperti halnya saat kita memperlakukan badan ? Jiwalah yg mendorong perbuatan, dan secara kolektif menjadi motor penggerak peradaban.



Abu Lahab memiliki postur yg menawan, pengaruh, kekayaan dan sumberdaya lainnya. Tapi jiwanya tertutup, terbelenggu oleh arogansi dan kesewenang-wenangan. Bilal, dari kalangan orang-orang lemah, tapi memiliki jiwa yang hidup, mampu menangkap pesan-pesan ilahiah. Derajat jiwanya mulia, sebagaimana para sahabat, yg menerima seruan-seruan iman.
Allah menyebut dalam Surat Asy Syams ayat 9 -10:
Qod aflaha man zakkaha (beruntunglah orang-orang yang membersihkan jiwanya). Wa qod khoba man dassaha (dan celakalah orang-orang yang mengotori jiwanya) Jiwa perlu diperhatikan dan dirawat, bebaskan ia dari benih-benih: kedengkian, kesombongan, kelalaian. Tum…

Riba Mengambil Alih Rezeki Kita

Image
Riba Yang Membinasakan.Sebuah pendapat tentang riba yang mungkin bisa menambah wawasan dan membuka pikiran kita. Tulisan ini saya temukan dan sharing di sini semata-mata untuk memperlihatkan pikiran penulisnya tentang sebuah realita yang umum terjadi di sekitar kita dan ditengarai sebagai pemicu kekacauan hidup serta mengambil alih rezeki kita.

Tulisan ini dimulai dengan problematika harian, lonjakan harga bahan pokok. Bila hari-hari ini harga cabe, daging dan bahan makanan lainnya melonjak trus siapa yang paling pantas disalahkan ? Saya menyalahkan riba ! Kok bisa ? Bagaimana riba menyebabkan harga pangan melonjak ? Inilah kesempatan bagi kita untuk bisa memahami dampak buruk riba yang seringkali kita sepelekan . Dampak itu begitu langsung dan nyata bukan hanya sekedar teori, maka setelah datang petunjukNya yang begitu jelas itu, apakah kita masih hendak melanggengkan sistem ribawi dalam pengelolaan ekonomi kita ? Allah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Yang namanya haram …

Masing Masing Orang Berada Di Zona Waktunya

Image
ZONA WAKTUIndonesia terbagi atas 3 zona waktu, yang kita sebut sebagai Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB), Waktu Indonesia Bagian Tengah (WITA) dan Waktu Indonesia Bagian Timur (WIT). Makassar termasuk WITA sehingga di Papua sejam lebih awal dan Jakarta sejam lebih lambat dari Makassar.
Tapi tidak berarti Jakarta lambat, atau Papua cepat.
Keduanya bekerja sesuai "Zona Waktu"nya masing-masing.

Kita pun berjalan dengan Zona Waktu masing-masing. Ada orang yang masih sendiri, ada yang telah menikah dan punya anak, tapi ada juga yang menunggu 10 tahun tapi belum memiliki momongan.
Ada juga yang dari lahir sudah sukses, karena hidup di lingkungan orang tua yang sukses dan kaya raya. Ada juga yang lulus kuliah di usia 23 tahun, tapi menunggu 5 tahun untuk mendapatkan pekerjaan tetap; yang lainnya lulus di usia 27 tahun dan langsung bekerja. Seseorang menjadi CEO di usia 25 tahun dan meninggal di usia 50 tahun karena penyakit, disaat yang lain ada yang menjadi CEO di usia 50 tahun d…

Ciri Ciri Orang Cerdas (dan Murah Rezeki)

Image
ORANG CERDAS.                                    Cerita ini bisa saja fiktif tapi banyak hal yang bisa kita pelajari darinya. Diceritakan kalo seorang musafir lewat di suatu kampung. Ia melihat penduduk kampung lagi berkumpul rame banget. Ada apa ya..?? (biasalah sifat manusia suka kepo).


Kalo liat dari sekilas sih mereka sepertinya lagi mengadakan musyawarah besar. Setelah mencari tahu sana sini, ternyata penduduk kampung itu lagi membicarakan siapa yang bersedia ditunjuk menjadi ketua kampung. Ia jadi heran, kenapa orang-orang ini justru mencari siapa yang mau menjadi pemimpin, karena kalo menurut kebiasaan sih, orang malah rebutan untuk jadi pemimpin. Kalo perlu kampanye hitam dan ngejelekin lawan...

Usut punya usut ternyata ada suatu tradisi aneh di kampung itu. Kalo seorang pemimpin yang terpilih telah selesai menjalankan tugas, ia bakal dibuang ke suatu tempat yang sangat berbahaya (bener...tradisi aneh, apa salah dan dosanya pemimpin itu sampe harus dibuang ya?). Anyway... lanjut te…

Jangan Mau Diperbudak Trend

Image
Budak TrendIni cerita yang mungkin bisa mewakili apa yang terjadi di masyarakat kita sekarang ini. Fenomena manusia yang diperbudak trend karena merasa perlu mengikuti perkembangan zaman..


Sebagai karyawan di satu perusahaan saya merintis dari bawah. Sama dengan orang lain begitu terima gaji saya udah mikir mau beli ini dan itu. Dulu waktu gaji 1.2 juta-an Hp cukup yang paling sederhana, yang penting bisa kring dan ngirim sms. Motor bebek tua sudah hebat bisa nganter kemana mana. Meski ngontrak dirumah petak dengan sewa 300 ribu perbulan serasa surga dunia. Istri rajin masak dirumah, kalo pulang sayur sop dan kopi tubruk udah siap dimeja. Hidup tetap berjalan dan tetap bahagia meski sederhana dan apa adanya.
Setahun kemudian gaji naik dikit lah sudah 5 juta-an. Istri minta hp juga biar komunikasi lebih enak, kalo ada apa-apa gampang telpon. Motor bebek tua mesti dijual karna kurang keren ganti motor bebek baru, ngangsur 500 ribu per bulan ga papa lah biar trendi dikit. Kontrakan mesti pi…