Posts

Showing posts with the label Pesan

Fokus Pada Kekuatan

Image
ARTIKEL 745  Memenej KekuatanSaya suka sekali nonton National Geographic Channel yang memberitakan hal-hal penting terkait fenomena alam yang terjadi di bumi, baik itu manusianya, hewan, tumbuhan bagaimana mereka saling tergantung satu sama lain dan berinteraksi. Suatu ketika saya menonton tayangan kejar-kejaran antara seekor rusa dan singa. Hal seperti ini lumrah di alam liar, di mana pemangsa dan mangsa saling berlomba, pemangsa berlomba mengejar mangsanya dan mangsa berlomba melarikan diri dari pemangsa. Tapi di setiap tayangan selalu berakhir sedih (sad ending) di mana rusa pasti berhasil ditaklukkan oleh singa. Apakah mungkin kecepatan lari singa yang lebih tinggi dari kecepatan lari rusa, sehingga selalu berhasil memangsa rusa liar di alam bebas? Ternyata tidak ! 

Berdasarkan literatur.... Kecepatan lari RUSA  mencapai 90 km/jam sementara kecepatan lari SINGA cuma 58 km/jam. Kecepatan lari kedua binatang ini berbeda jauh sekali. Anehnya kok bisa singa begitu gampang mengejar rusa k…

10 Pesan Berharga Buat Kids Zaman Now

Image
ARTIKEL KE 743  Kids Zaman Now Baca Ini !  Buat kids zaman now tulisan ini lumayan lah buat masukan. Ya.. di zaman kalian, tantangan hidup bakal makin berat. Kalian memang sudah gak disuruh nonton film G30S/PKI yang katanya horor itu, tapi kalian malah nonton film Annabelle, Conjuring, yang lima menit lagi adegan seremnya muncul, musiknya udah serem duluan. Yang lima menit lagi adegan horornya keluar, eh, udah dikagetin duluan sama sesuatu yang mendadak muncul. Berat, kan?
Tapi kali ini bukan cerita horor yang bakal di bahas di artikel ini tapi pesan dari Tere Liye buat ngadepin jaman nyeleneh yang tantangannya jauh lebih berat:


1. Mbok sekolah yang serius.. Emang sih, banyak orang sukses macam Bill Gates, Mark Zuckerberg, atau malah Ibu Susi yang bisa sukses tanpa lulus sekolah formal. Tapi tau gak sih, Bill Gates dan Zuckerberg misalnya, dia DO dari Harvard. Sementara Ibu Susi, dia berhenti dari SMAN 1 Yogya. Itu sekolah / kampus top semua. Bukti kalo mereka emang sekolah serius setida…

Bukan Jaminan Rezeki

Image
ARTIKEL KE 738  Jaminan Rezeki Ala Manusia Rezeki aman  Keamanan itu penting, kita gak bisa nyari rezeki dengan tenang kalo suasana gak aman, kacau dan penuh ancaman. Biar aman manusia kudu ikhtiar. Membawa atau dikawal selusin bodyguard, pasang CCTV anti maling, punya mantra anti begal bukan jaminan keamanan. Tapi sikap terhadap sesama manusia yang menjadi kunci keamanan. Orang yang angkuh, sombong, gak pedulian, suka menang sendiri, enggan berbagi, ratu gosip, suka menyerobot hak/milik orang lain dan enggan menerima masukan, kira-kira hidupnya gimana? Sikap kita yang mengundang kebaikan juga mengundang bahaya.. Berpalinglah selalu pada yang Maha Menjaga, Allah SWT. Tapi ingat jika ingin dijaga oleh Allah, berusahalah untuk mendekatiNya dan berikanlah rasa aman pada orang lain, minimal aman dari gangguan kita (baca : ciri-ciri manusia terbaik).


Rezeki sehat Kesehatan juga penting, gimana mo nyari rezeki yang banyak dan berkah kalo tubuh sakit-sakitan, loyo digerogotin penyakit. Ikhtiar l…

Mutiara Ilmu Buya Hamka bagi Para Pencari Rezeki

Image
ARTIKEL KE 732   Buya HAMKA BERPESAN  1. Jangan simpan dendam dan rasa benci Kalo kamu memelihara kebencian / dendam, maka
seluruh 'waktu dan pikiran' yang kamu miliki habis begitu saja dan kamu gak akan pernah menjadi 'Orang Yang Produktif'.
Buat para pencari rezeki di luar sana ini salah satu penghambat rezeki. Gimana rezeki mo bagus kalo waktu yang harusnya produktif digunakan buat nyari rezeki malah habis dipake buat menggalang strategi menghancurkan orang yang dibenci (seperti kek cerita di drama dan sinetron ya..?). 
Waktu yang harusnya bisa dipake buat belajar, kursus, training ato seminar peningkatan diri malah dipake buat mikirin orang yang dibenci dengan penuh kemarahan sementara dia belum tentu mikirin kamu..
Waktu yang harusnya dipake buat ningkatin ibadah malah habis dipake buat gosipin orang yang dibenci sampe kamu puas..
Karena itu agar menjadi manusia produktif pencari rezeki bersihkan hati dari rasa benci atau dendam.


2. Jangan alergi dengan kesalahan orang l…

Pesan Berharga Nouman Ali Khan dan Kaitannya dengan Rezeki

Image
ARTIKEL KE 729  NOUMAN ALI KHAN Siapa dia? Buat yang sering nonton videonya di youtube pasti tau. Beliau adalah seorang penceramah keliharan Jerman tapi keturunan Pakistan dan sekarang tinggal di Amerika Serikat, CEO Bayyinah Institute and Qur'anic Studies. Beliau mendapat banyak perhatian komunitas muslim karena tema dakwah yang dibawakannya menggunakan sudut pandang linguistik Al Quran. Selama berdakwah, terdapat banyak sekali pesan berharga yang sangat menginspirasi dan menyejukkan hati yang telah beliau sampaikan. Berikut ini beberapa di antaranya :



PESAN 1. "Orang-orang yang menguji kesabaran Anda sesungguhnya adalah berkah. Tanpa mereka, Anda tidak akan bisa berlatih sabar." Ini adalah cara berpikir positif, sehingga kita bisa menerima orang-orang di sekitar kita sebagai rezeki, sebagai berkah dengan melihat manfaat yang kita dapatkan karena bertemu dengannya, seburuk apapun perilakunya. Jadinya bukan kesal, kemarahan dan dendam yang tersimpan di hati tapi rasa syukur.
(…

Duit Bukan Segalanya Tapi Hampir Segalanya Perlu Duit

Image
ARTIKEL KE 726 PELIT MEMBAWA SENGSARACerita ini bisa jadi fiktif tapi bolehlah dibaca sekedar buat pengingat..
Mengapa mesti pelit, padahal rezeki itu cuma titipan? Ada satu pasangan suami-isteri, Pak Faiz dan Bu Faizah. Pada saat menikah Pak Faiz umurnya 25 dan Bu Faizah umurnya 23. Suami istri ini pekerja keras dan nyari rezekinya sangat ulet sehingga hidupnya dibuat sehemat mungkin. Mereka punya toko dan dibuka sepagi mungkin sekitar jam 7 dan ditutup paling malam di banding toko lainnya. 10 tahun kemudian, karena keterampilan istrinya mengelola keuangan, mereka sudah memiliki deposito 50 milyar di bank, tapi hidup mereka tetaplah super sederhana. Kesederhanaan yang menghebatkan rezeki.



Si isteri sangatlah hemat, bahkan beli baju barupun cuma 3 potong dalam setahun, itupun cuma sekali di waktu tahun baru, nunggu saat diskonnya gede. Tas tidak pernah yang bermerek dan tidak pernah ikut arisan atau kongkow alias nongki-nongki cantik bergaul macam ibu sosialita lainnya. Suami istri ini jug…

Pesan Aa Gym Untuk Jelita dan Lolita

Image
ARTIKEL KE 724  Nasehat untuk para jelita (jelang lima puluh tahun) & lolita (lolos lima puluh tahun) Inilah pesan AA Gym untuk mereka yang umur bilangan kalendernya udah banyak, artinya udah lama tinggal di dunia ini. Firman Allah SWT : "...Bukankah Kami telah memberimu umur sehingga kamu sempat mengingat bagi sesiapa yang mau mengingat?" (Fathir: 37) Allah sudah memberi rezeki umur sampai menjelang setengah abad dan ada yang sudah lewat setengah abad. Dan Allah hanya meminta kita untuk MENGINGAT bahwa umur sudah banyak dan rezekiNYA pun sudah banyak kita terima. Masihkah betah melakukan maksiat dan dosa? Masihkah enggan dan malas-malasan beribadah?
(baca : meraih rezeki lewat umur)


Baginda Rasul pun berpesan:
"Allah tidak lagi memberi alasan bagi siapa yang telah dipanjangkan umurnya hingga 50 tahun" (HR.Bukhari) "Maknanya, orang yg Allah panjangkan umurnya hingga 40, 50, 60 tahun, tidak diterima lagi keuzuran/alasan. Karena usia 40, 50, 60 tahun merupakan usia…