Posts

Showing posts with the label Pesan

Mencari dan Menemukan Hidayah

Image
ARTIKEL KE 864  CARILAH HIDAYAH SEBAGAIMANA ENGKAU MENCARI REZEKI   Setiap Sholat, kita selalu meminta Allah untuk memberikan kita hidayahNya atau petunjuk / jalan yang lurus... Namun, tahukah kita jika hidayah Allah itu tak datang sendiri tapi harus dicari?
Mencarinya pun tak asal tapi harus disertai ikhtiar layaknya kita berikhtiar mencari rezeki..


Hidayah tidak akan datang jika kita hanya duduk berdiam diri, menunggu hidayah terkirim pada kita...jadi kita tinggal terima aja..
Hidayah gak begitu...
Harus didahului niat baik kemudian ikhtiar untuk memperolehnya...
Hidayah ini penting karena inilah sebab utama keselamatan dan kebaikan hidup  dunia akhirat. Siapa yang gak mau hidupnya selamat dunia akhirat? Siapa yang tak butuh kebaikan dunia akhirat? Non sense lah kalo ada yang bilang gak butuh.. Nah barangsiapa yang dimudahkan meraihnya maka dialah manusia yang beruntung dan tak ada yang bisa mencelakakannya...

Hal ini jelas termaktub dalam Al Quran:

Barangsiapa yang diberi petunjuk oleh Alla…

Buat Para Pendosa

Image
ARTIKEL KE 857  BISIKAN UNTUK PENDOSA... Seminggu gak ngupdate blog karena ada urusan yang menyebabkan saya tak bisa bersentuhan dengan laptop.. Tapi hari ini saya kembali ke laptop karena terinspirasi oleh sebuah tulisan yang menghimbau para pendosa untuk kembali ke jalan Allah.. Bukankah dosa adalah penghalang rezeki nomor satu..? Jika ingin rezekinya bagus ya...dosanya dikurangi, perbaiki diri dan pantaskan untuk diberi.. Bisa jadi anda menggampangkan dosa karena menganggap itu dosa kecil. Remeh temeh... Jangan salah, dosa kecilpun bisa menenggelamkan rezeki anda. Karenanya lahirlah tulisan ini yang dibuat sedikit puitis agar lebih mudah masuk ke hati pembacanya.. Semoga bermanfaat terutama buat saya sendiri yang lagi berusaha terus memperbaiki diri.

Teruntuk hamba yang durhaka...
Bertaubatlah, karena maut semakin dekat...
Bisa datang kapan saja dan di mana saja... Bukankah kita sebenarnya sedang berjalan menujunya..?? Menuju maut yang pasti datangnya? Berapa banyak umur yang lewat tanpa makn…

Kalo Bisa Beli Kenapa Mesti Minta Gratisan?

Image
ARTIKEL KE 854  Mental MISKIN Jiwa PENGEMIS  Gratisan? Siapa yang gak suka... Semua orang suka ditraktir, dikasi oleh-oleh, dibeliin barang, hadiah, kado, pemberian, lungsuran apapun sebutannya yang penting gak ngeluarin duit buat mendapatkannya itu rasanya happy... Bahkan untuk promo beli 1 gratis 1 atau bahkan produk yang tulisannya isi 20% lebih banyak cukup menggembirakan kita. Karena merasa memperoleh lebih dari mengeluarkan jumlah  uang yang sama.. Seseorang yang pernah  tinggal di Australia bercerita tentang pengalamannya,...yang mungkin bisa jadi pelajaran buat kita.

Suatu sore, sesudah menikmati secangkir capucino di di sebuah CafĂ© yang konon capucino-nya paling enak seantero Australia, dia mampir ke toko roti yang sudah hampir tutup. Membeli sebatang roti kismis dan minta kepada si mbak penjaga toko roti, untuk dipotongkan, sehingga saat tiba rumah gampang, tinggal comot dan makan. Selesai dipotong dan dibungkus rapi, lalu diserahkan kepadanya. Dan keluarlah lah dari kantongnya …

Secangkir Kopi Mengajarkan Banyak Hal

Image
ARTIKEL KE 851  Pelajaran Hidup dalam secangkir kopiPagi yang dingin di Taiwan, secangkir kopi dan sepotong biskuit cukuplah menemani sarapan pagi sebelum kuliah dimulai hari ini.. Teringat percakapan ayah dan anak yang saya baca entah di mana...mengenai kemiskinan dan kopi berikut ini: *Ayah :* Tolong buatkan kopi dua gelas untuk kita berdua nak, tapi gulanya jangan engkau tuang dulu, bawa saja ke mari beserta wadahnya. *Anak :* Baik, ayah


Tidak berapa lama, anaknya sudah membawa dua gelas kopi yang masih hangat dan gula di dalam wadahnya beserta sendok kecil. *Ayah :* Cobalah kamu rasakan kopimu nak , bagaimana rasa kopimu? *Anak :* Rasanya sangat pahit sekali ayah *Ayah :* Tuangkanlah sesendok gula, aduklah, bagaimana rasanya? *Anak :* Rasa pahitnya sudah mulai berkurang, ayah *Ayah :* Tuangkanlah sesendok gula lagi, aduklah, bagaimana rasanya? *Anak :* Rasa pahitnya sudah berkurang banyak, ayah *Ayah :* Tuangkanlah sesendok gula lagi, aduklah, bagaimana rasanya? *Anak :* Rasa manis mulai tera…

Bukan Kekuatan yang Bisa Mengalahkan

Image
ARTIKEL KE 847   Filosofi angin   Seekor monyet sedang nangkring di pucuk pohon kelapa. Dia nggak sadar sedang diintip oleh tiga angin besar. 1.Angin Topan.
2. Angin Tornado
3. Angin Bahorok Tiga angin itu rupanya pada bertaruh, siapa yang bisa paling cepet jatuhin si monyet dari pohon kelapa.``` Angin Topan ```bilang, dia cuma perlu waktu 45 detik buat menjatuhkan monyet.```Dia sangat percaya diri dengan kekuatannya yang bisa menghembuskan angin disertai badai.

Angin Tornado ```nggak mau kalah, 30 detik, katanya. Dia pun punya rasa PD yang luar biasa dengan kemampuannya menggulung angin dan menghempaskan apa yang dilaluinya... Angin Bahorok ```senyum ngeledek dan bilang, 15 detik bakal jatuh tuh monyet.```berdasarkan pengalamannya selama ini meluluhlantakkan sebuah tempat.. Akhirnya satu persatu ketiga angin itu maju. Angin TOPAN```duluan,
… dia tiup sekencang-kencangnya, Wuuusss…``` ```Merasa ada angin gede datang, si monyet langsung pegang batang pohon kelapa, Dia pegang sekuat-kuatnya. Beber…

Apa Kamu Merasa Hidup Ini Tidak Adil?

Image
ARTIKEL KE 837   ALLAH MAHA ADIL  Apakah kamu merasa hidup ini tidak adil? Udah usaha sekeras mungkin tapi rezeki kok gak dapat juga..? Orang cuma bisa menghibur.....sudahlah...katanya bukan rezeki... Lalu gimana dong supaya usaha kita gak sia-sia? Masa' kita yang kerja keras tapi yang dapat rezekinya malah orang lain yang adem ayem...?


Jadi apa gunanya berusaha, berikhtiar, bekerja...kalo rezeki gak pasti bakal didapat? Kok kelihatannya hidup ini gak adil, yang kerja keras gak dapat sementara yang anteng dan nyantai malah dapat rezekinya..
baca : gak usaha usaha deh, rezeki pasti datang !
Ada lho orang yang nanya tentang hal yang sama ke saya. Dia bilang atau tepatnya dia mengeluhkan kenapa kok usahanya sudah sangat keras tetapi tetap gak bisa sekaya temannya? Usaha yang mereka berdua lakukan kurang lebih sama. Latar belakang pendidikan dan kemampuan juga sama. Terus bergelut di bidang yang sama. Tapi rezekinya benar-benar beda 360 derajat...
Coba kita pakai analogi kehidupan cecak, yangn…

Wisata ke Rumah Sakit

Image
ARTIKEL KE 831   BERWISATA KESYUKURAN  Semua pasti suka traveling kan? Ya..wisata, jalan-jalan, makan-makan dan menikmati tempat-tempat wisata yang didesain untuk memanjakan kita. Umumnya kita berwisata ke tempat-tempat yang indah, tempat yang unik, spektakuler, populer dan terjangkau oleh kocek kita. Melalui wisata kita bisa membuat pikiran rileks dan juga bersyukur atas rezeki yang diberiNYA, masih bisa menikmati tempat-tempat indah ciptaanNYA dan masih diberi kesehatan untuk mendatangi tempat-tempat itu serta diberi rezeki yang cukup untuk membayar biayanya..
baca : sakit mendatangkan sejuta kebaikan

Berbicara soal kesehatan, kali ini saya akan membawa anda berwisata ke tempat yang tidak indah, tidak nyaman dan kalo perlu dihindari oleh banyak orang yaitu rumah sakit. Mengapa?? Sesekali kunjungan kita boleh berbeda dong... Ruangan yang pertama yang akan kita kunjungi adalah ruang ICU (Intensive Care Unit) yang hampir semua rumah sakit memilikinya.. *"Apa yang nampak di ruang ICU??&q…

Adakah kita Khawatir?

Image
828  ARTIKEL KE *YANG AKU KUATIRKAN* Pada saatnya anak-anak akan pergi, meninggalkan kita, tuk mencari duniawi. Mereka bertebaran di muka bumi untuk melaksanakan tugas hidupnya, berpencar, berjauhan… Sebagian di antara mereka mungkin ada yang memilih untuk berkarya dan tinggal jauh dari kita. Tapi diantara mereka ada yang merelakan terlepasnya sebagian kesempatan untuk meraih dunia, dan ingin meraih kemuliaan akhirat dengan menemani dan melayani kita sebagai org tua. *Tetapi pada saatnya, kita pun akan pergi meninggalkan mereka…*


Entah kapan… Pergi dan tak pernah kembali lagi ke dunia ini… Kematian adalah perpisahan yang sesungguhnya; berpisah dan tak pernah lagi berkumpul dalam kemesraan penuh cinta… Orangtua dan anak hanya berjumpa nanti di hadapan Mahkamah Allah Ta’ala… Bahkan Ada yang menjadi musuh satu sama lain & saling menjatuhkan… Ada anak-anak yang terjungkal ke dalam neraka dan tak mau menerima dirinya tercampakkan, sehingga menuntut tanggung-jawab orangtua yang telah mengabaikan ke…

Gak Usah Usaha Deh, Rezeki Pasti Datang!

Image
ARTIKEL KE 819   Rezeki Pasti Datang!   Manusia punya kebebasan memilih. Jiwanya selalu mencari tujuan dalam hidup ini dan berusaha untuk melakukan yang benar dan menghindari yang salah. Ini adalah fitrah, udah built-in, udah ada di dalam diri sejak kita lahir. Makanya kalo kita melakukan maksiat/hal yang salah, nurani kita bakal menjerit, STOP! Manusia akan terus berusaha melakukan sesuatu untuk bikin hidupnya berarti. Hal inilah yang membedakan manusia dari hewan. Hewan juga berusaha, seperti burung keluar dari sarangnya dan terbang mencari makan, ular naik ke atas pohon untuk mencari mangsa, singa berlari sekuat tenaga mengejar rusa yang ada di depannya. Bedanya fitrahnya hewan hanya sampai di situ, usaha buat nyari makan biar survive.
Nah kita, kalo gak berusaha, malas-malasan....gak keluar mencari rezekinya ya kalah dengan hewan. Trus kalo berusaha hanya untuk bertahan hidup, babi hutan juga hidup, begitu kata Buya Hamka, gak ubahnya sama hewan..
Kita harus lebih dari hewan, mengeja…