Posts

Showing posts with the label Pesan

Rezeki Bak Koin Penyok

Image
Rezeki dan Koin Penyok. Hari itu matahari bersinar dengan teriknya. Tampak di kejauhan seorang lelaki berjalan gak tentu arah dengan rasa putus asa. Keliatan banget dari rona wajahnya kalo pikirannya lagi kalut kek benang kusut. Apa gerangan yang ngeganggu pikirannya?

Ternyata kondisi keuangannya lagi morat-marit. Udah berapa hari ini dia gak ada kerjaan, gak dapet duit. Sementara kebutuhan hidup makin banyak, terbayang isteri dan anaknya di rumah. Mau ngutang lagi udah malu. Saat menyusuri jalanan sepi, kakinya terantuk sesuatu. Dengan penuh rasa ingin tau dilihatnya sebuah logam yang bersinar kena pantulan sinar matahari. Dengan penuh harap ditatapnya benda itu. Lalu ia membungkuk dan menggerutu kecewa. "Uh, hanya sebuah koin kuno yang sudah penyok".
Meskipun begitu ia membawa koin itu ke bank. Kali-kali aja bisa dituker dengan koin beneran. Sesampainya di sana, seorang teller menyambutnya dengan ramah. Tapi harapannya langsung buyar saat teller itu bilang kalo koin itu gak b…

Rawatlah Jiwamu

Image
Merawat JiwaOrang disebut manusia / insan karena memiliki jiwa. Badan yang berwujud ini secara rutin diberi nutrisi, dirawat bila sakit, dan mendapat perhatian. Apakah jiwa sudah mendapat pemeliharaan yang semestinya, seperti halnya saat kita memperlakukan badan ? Jiwalah yg mendorong perbuatan, dan secara kolektif menjadi motor penggerak peradaban.



Abu Lahab memiliki postur yg menawan, pengaruh, kekayaan dan sumberdaya lainnya. Tapi jiwanya tertutup, terbelenggu oleh arogansi dan kesewenang-wenangan. Bilal, dari kalangan orang-orang lemah, tapi memiliki jiwa yang hidup, mampu menangkap pesan-pesan ilahiah. Derajat jiwanya mulia, sebagaimana para sahabat, yg menerima seruan-seruan iman.
Allah menyebut dalam Surat Asy Syams ayat 9 -10:
Qod aflaha man zakkaha (beruntunglah orang-orang yang membersihkan jiwanya). Wa qod khoba man dassaha (dan celakalah orang-orang yang mengotori jiwanya) Jiwa perlu diperhatikan dan dirawat, bebaskan ia dari benih-benih: kedengkian, kesombongan, kelalaian. Tum…

Jangan Mau Diperbudak Trend

Image
Budak TrendIni cerita yang mungkin bisa mewakili apa yang terjadi di masyarakat kita sekarang ini. Fenomena manusia yang diperbudak trend karena merasa perlu mengikuti perkembangan zaman..


Sebagai karyawan di satu perusahaan saya merintis dari bawah. Sama dengan orang lain begitu terima gaji saya udah mikir mau beli ini dan itu. Dulu waktu gaji 1.2 juta-an Hp cukup yang paling sederhana, yang penting bisa kring dan ngirim sms. Motor bebek tua sudah hebat bisa nganter kemana mana. Meski ngontrak dirumah petak dengan sewa 300 ribu perbulan serasa surga dunia. Istri rajin masak dirumah, kalo pulang sayur sop dan kopi tubruk udah siap dimeja. Hidup tetap berjalan dan tetap bahagia meski sederhana dan apa adanya.
Setahun kemudian gaji naik dikit lah sudah 5 juta-an. Istri minta hp juga biar komunikasi lebih enak, kalo ada apa-apa gampang telpon. Motor bebek tua mesti dijual karna kurang keren ganti motor bebek baru, ngangsur 500 ribu per bulan ga papa lah biar trendi dikit. Kontrakan mesti pi…

Doa Ibu, Jalan Tersingkat Bahagia Dunia Akhirat

Image
DOA IBU ITU DAHSYAT.Pada artikel tips membentuk anak saleh, admin sudah menulis tips-tips yang perlu dilakukan orangtua, utamanya ibu, jika ingin anak-anaknya saleh / salehah. Tips sederhana dan gak pake ribet juga ditunjukkan oleh cerita berikut ini.


Dr Fauzia Addabbus, seorang psikolog yang amat populer di Kuwait pernah menulis di Twitter tentang rahasia doa seorang Ibu jika tiap malam ia mendoakan anak-anaknya, dan ternyata efek dari twitter itu menjadi viral dan telah mengubah jalan hidup banyak orang........

Isi twitternya sebenarnya sederhana saja :
" Aku bersumpah demi Allah.... wahai setiap Ibu, agar jangan tidur tiap malam sebelum engkau memohon pertolongan Allah dan mengabariNya bahwa engkau Ridho atas anak-anakmu seridho-ridhonya, dan aku bersumpah demi Allah.... agar engkau tidak menghijab/menghalangi RidhoNya kepada anak-anakmu.
Dan aku memintamu wahai para ibu agar jangan engkau tidur tiap malam sebelum kau angkat kedua tanganmu sambil menyebut satu persatu nama ana…

Insya Allah Sudah Diatur Rezekinya

Image
Belajar rezeki dari tukang koran. Cerita ini berasal dari seorang kawan dan saya modifikasi sedikit, semoga bisa jadi masukan buat memulai hari mencari rezeki Ilahi.  Pagi yang kelabu, tampak seorang penjual koran berteduh di tepi sebuah warung... Sejak subuh hujan turun lebat sekali, seakan menghalanginya melakukan aktivitas berjualan koran seperti biasa. Siapa yang mau beli koran hujan-hujan begini? Pikirku, gak ada satu sen pun  uang yang bakal dia peroleh seandainya hujan gak berhenti. Gimana dia mesti makan dan beli kebutuhan hidupnya?
Namun, ....kegalauan yang kurasakan ternyata gak nampak sedikitpun di wajah Penjual  Koran itu.


Hujan masih terus turun, seolah gak peduli dengan nasib orang yang terganggu dengan kehadirannya.
Si penjual koran masih masih duduk di tepi warung itu sambil tangannya memegang sesuatu. Sepertinya sebuah buku. Dengan sedikit kepo kuperhatikan dari jauh, lembar demi lembar dia baca. Awalnya aku gak tahu apa yang sedang dibacanya. Namun perlahan-lahan ku deka…

Sikap Berujung Bencana

Image
Akhlak itu penting !Ahlak atau kelakukan itu bisa menentukan rezeki kita. Gak percaya? Silakan baca kisah menarik di bawah ini :



Dua belas tahun lalu, konon seorang wanita dapat beasiswa, pergi kuliahnya jauh ke kota Paris, di Prancis sono. Dia ini wanita cerdas luar biasa. Kerjaannya merhatiin apa aja. Dia perhatiin kalo sistem transportasi di sana menggunakan sistem otomatis, artinya anda beli tiket sesuai dengan tujuan melalui mesin. Gak pake calo, gak pake loket, gak pake bantuan orang sama sekali. Cukup ngerti cara pake mesinnya..
Setiap perhentian kendaraan umum pakai cara "self-service" alias ngandalin diri sendiri dan jarang sekali diperiksa petugas. Bahkan pemeriksa insidentil oleh petugas pun hampir gak ada. Gak perlu sidak, gak perlu paranoid ato curigaan. Orang saling percaya, bahkan petugas pun percaya ama masyarakatnya..

Karena keseringan pake fasilitas ini akhirnya lama-kelamaan dia temuin kelemahan sistem ini (namanya juga cerdas kan..??), dan dengan kelihaiann…

Kita Fokus Pada Kesalahan

Image
NASEHAT UNTUK DIRI SENDIRI DAN YG BERKENAN MEMBACANYA.Cerita KEKINIAN..........inilah  sebuah pembelajaran bagi kita. Tulisan sebelumnya sudah membahas tentang matematika kesuksesan, kali ini kita masih berurusan dengan matematika.


Suatu hari seorang guru menulis ini di papan tulis :
9×1=7 9×2=18 9×3=27 9×4=36 9×5=45 9×6=54 9×7=63 9×8=72 9×9=81 9×10=90

Setelah sang guru menyelesaikan tulisannya, ia menatap para muridnya yang kemudian mulai menertawakannya karena perhitungan yang paling atas  salah.
Tapi apa kata Sang Guru? "Saya sengaja menulis salah salah satu perkalian di atas dengan satu tujuan sebab saya ingin kalian belajar sesuatu dari kesalahan ini. Saya ingin kalian tahu bagaimana dunia ini memperlakukan kita."
Kalian melihat bahwa saya menuliskan hal yang benar sebanyak 9 kali.Tapi tak ada satupun dari kalian yang memberi selamat atau pujian kepada saya. Kalian malah menertawakan saya hanya untuk satu kesalahan saja. Ya.. itulah hidup " Hidup jarang sekali mengapresiasi hal h…

Kesabaran Berbuah Rezeki 184 Juta

Image
Kisah Nyata Dari Tanah ArabKOTA RIYADH TERNYATA MENYIMPAN BANYAK KISAH DAN RAHASIA YANG HANYA DIPERLIHATKAN PADA TELINGA YANG MAU MENDENGAR DAN HATI YANG MAU MERASA. TENTU SAJA HIDAYAH ADALAH KEHENDAK NYA DAN HANYA AKAN DIBERIKAN KEPADA MEREKA YANG MENCARINYA.
------------------------- Sebuah cerita yang admin kutip dari kiriman teman di media sosial...

Ada sebuah energi yang luar biasa ketika beberapa hari yang lalu kudengar cerita dari beberapa sahabatku. Mereka berasal dari Palestina, Bahrain, Jordan, Syiria, Pakistan, India, Srilanka Mesir, Afrika dan Saudi Arabia . Salah satunya adalah teman dari Sudan.
Aku mengenalnya dengan nama Ammar Mustafa, dia salah satu muslim kulit hitam yang juga bekerja di hotel ini. Beberapa bulan belakangan aku tak lagi melihatnya. Biasanya ia bekerja bersama pekerja lain menggarap proyek bangunan di tengah terik matahari kota Riyadh . Hari itu Ammar tidak terlihat, karena penasaran, saya coba tanyakan kepada Iqbal .
“Oh kamu tidak tahu?” jawabnya balik …

Nawar Jangan Suka Sadis Ah !

Image
Renungan buat yang doyan nawar Bagi perempuan, menawar barang dengan harga murah biasanya selalu dibanggain. Ada temen saya, yang jago banget kalo urusan tawar menawar dengan pedagang. Dia selalu saja berhasil memaksa pedagang untuk ngasi harga yang diinginkannya, meskipun pedagangnya udah minta ampun kalo harganya gak bisa ditawar lagi. Tapi temen saya seolah gak peduli dan dengan sadisnya maksa pedagang agar ngikutin apa maunya. Kalo gak dia bakal pergi dan pedagang bakal nyesel. Biasanya dia selalu berhasil dan pulang dengan senyum kemenangan....


Tapi, tau gak kalo menawar harga kepada pedagang dengan harga yang gak masuk akal malah jadi perbuatan yang semena-mena?
Ada sebuah kisah tentang seorang istri yang membanggakan kelihaiannya untuk menawar barang.
Tapi kali ini, suami marah besar ketika sang istri bisa menawar harga yang sangat murah. Kenapa?
Beginilah Ceritanya :
Sebagai istri tentu ingin disayang suami. Belajar masak, rajin bersih-bersih rumah, berlaku lembut penuh cinta ke…

Allah Seperti yang Kamu Pikirkan

Image
Status facebook anak SMA 1 Bayuwangi,  Afi Nihaya Faradisa,  yg jadi viral di internet belum lama ini. Berikut tulisannya untuk kita renungkan.
APA APA JADI BAHAN PERDEBATAN
Aku pernah mematikan hpku selama 10 hari.
Selama itu aku tak berhubungan dengan dunia luar sama sekali.
Hanya dari situ kau bisa mengamati apa yang gadget dan koneksi internet telah renggut selama ini.
Katakanlah aku terjebak dalam sudut pandang yang menggelikan.
Katakanlah aku salah menyikapi kemajuan, tapi hal-hal ini yang telah kupelajari dalam 10 hari. Sudahkah kau mencoba sendiri sebelum menjustifikasi?
Melalui layar 4 inch ini aku melihat dunia tanpa batas yurisdiksi.
Namun kata orang bijak,  "You are what you eat. "
Belakangan aku tahu bahwa hal itu tidak hanya berlaku untuk makanan perut tapi juga makanan pikiran.
Apa yg telah kita masukkan dalam pikiran, jiwa,  dan hati kita selama ini menentukan seperti apa diri kita.
Lalu pernahkah bertanya yang aku telan selama ini lebih banyak racun a…