Posts

Showing posts with the label penghalang

Terobsesi Akan Persangkaan

Image
"BERBAIK SANGKA" Sebuah pesan yang sangat bermakna...
Seorang anak kecil memegang dua buah apel di kedua tangannya. Ibunya datang mendekat, sambil tersenyum kemudian bertanya "Sayang.., boleh Mama minta satu?" Si anak memandang ibunya beberapa detik, kemudian dengan cepat menggigit kedua apelnya , bergantian ... Si ibu berusaha menyembunyikan kekecewaannya, senyumnya terlanjur luntur dari wajah nya... pikirnya pelit banget anakku.. Sampai kemudian si anak menyodorkan salah satu apel yang telah digigitnya  tadi kepada ibunya. Dengan sukacita dan senyum ceria si anak berkata : "Ini untuk Ibu, karena yang ini LEBIH  MANIS" Hening...... ternyata anak ingin memberikan yang terbaik buat ibunya... makanya si anak memastikannya dengan mencari tahu mana yang terbaik..


Tidak ada kata-kata yang terucap dari bibir ibunya, kecuali senyum dan bola matanya yang berkaca-kaca.... tak terasa mengalir air matanya 
Pembaca ...
"JANGANLAH KITA CEPAT BERBURUK SANGKA" Siapapun An…

Penyebab Hidup Kita Gak Berubah

Image
PEMBENARAN & KEBENARAN
Mungkin anda sering bertanya. Udah usaha mati-matian tapi kok gak kunjung berhasil..Berikut ini cerita yang saya baca dari Flight Magazine sebuah maskapai penerbangan. Cerita ini saya tuliskan kembali dengan harapan kita bisa memetik manfaat darinya. Seorang pemuda membeli sebuah mikroskop dari seorang penjual yang piawai. Dia memutuskan untuk membelinya setelah diyakinkan bahwa dia bisa melihat segala keindahan secara nyata di bawah mikroskop. 



Ditaruhnya kelopak bunga mawar di bawah lensa mikroskop itu dan terlihat keindahan yang tiada tara. Kemudian dia meletakkan berlian terlihat kilau keindahan yang luar biasa
Dibawa pulnglah mikroskop itu dan dia mulai menaruh semua benda benda yang ditemuinya untuk diletakkan di bawah mikroskop itu untuk mengetahui lebih jauh apa sebenarnya yang ada di baliknya. 
Hingga suatu ketika dia merasa perlu untuk memeriksa sambel kesukaannya dan penasaran apa yang ada di baliknya. Perlahan diletakkannya sambel itu di bawah kaca…

Allah Akan Membereskan Hidupmu, Jika Kau Lakukan Ini.

Image
PERBAIKI JADWAL SHALATMU MAKA ALLAH AKAN MENGATUR JADWAL KEGIATAN MUSebuah tulisan Arief Budiman, CEO Petakumpet Advertising di Jogja, penulis buku 'Tuhan Sang Penggoda' yang sarat makna dan menginspirasi Kisah hidup penuh nasehat dengan akhir yang mengejutkan, juga menyadarkan kita untuk introspeksi.. Kenapa hidup kita berantakan? Kenapa rezeki kita segitu-gitu aja? Jangan-jangan karena jadwal sholat kita yang juga berantakan.. Selamat membaca! (baca : Rezeki mentok? Periksa shalatmu!)

Saat memulai bisnis dulu, saya ketemu banyak masalah, salah satunya yang seperti ini, saya janjian dengan 3 orang di Jakarta. Saat itu posisi saya di Jogja gak punya banyak kenalan di Jakarta dan kantong cekak banget .
Janjian itu jadwalnya begini,  Pak A janji ketemu hari Senin siang, Pak B hari Rabu pagi dan Bu C di hari Jumat sore. Gampangnya sih, saya harus berangkat naik kereta Minggu malam dan nginap di Jakarta 5 hari dan pulang Jumat malam. Beres toh? Tapi saya yang bingung, nginep dimana, bia…

Waspadai Mendermakan Pahala Secara Gak Sengaja

Image
JANGAN SIA-SIAKAN PAHALAMU“Orang-orang begitu berat untuk bersedekah kepada fakir miskin. Karena ia menyadari bahwa harta yang ia miliki didapat dengan susah payah, dengan perjuangan dan kerja keras. Sehingga enggan memberikan sebagian hartanya pada orang lain yang menurut mereka "malas". Namun amat mengherankan… ada orang yang begitu dermawan dalam "menyedekahkan" pahala. Bukankah pahala itu juga diperoleh dengan susah payah.?! Kenapa ia tidak berfikir sebagaimana fikirannya terhadap harta..?!!

Bukankah pahala lebih layak untuk dijaga ?! Karena pahala ini yang akan menemani kita sampai di depan pengadilan Allah. 
(baca : amalan yang pahalanya unlimited) Sebagian orang mendermakan pahalanya dengan cuma-cuma tanpa ia sadari, dengan mengghibahi fulan, mendzalimi fulan, merampas hak fulan. Di saat sedikit pahala amat berharga di akhirat kelak untuk memberatkan timbangan amal.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
Tahukah kamu siapakah orang yang merugi itu (…

Mengapa Rezeki Kita Tertunda?

Image
KITA TAHU, TAPI SAYANG …Mungkin ada diantara anda yang merasa kok rezekiku selalu tertunda? Kok sepertinya rezekiku ogah-ogahan datangnya. Padahal aku gak pernah ninggalin sholat. Selalu mengusahakan diri beramal saleh.
Allah tak akan pernah menganiaya hamba-hambaNya. Allah demikian sayangnya pada kita sehingga  tidak ingin menyusahkan kita. Kalo akhirnya toh ternyata kita susah artinya kita sendiri yang bikin susah diri.
Kita sih pengen rezeki kita segera datangnya gak pake lama dan gak pake ditunda tapi giliran panggilan Allah kita suka lama dan menunda- nunda, kalo perlu last minute alias di waktu-waktu terakhir. (baca : keberkahan rezeki dicabut karena meremehkan shalat)
Kita sih doyannya belajar dan tau fadhilat atau keistimewaan amalan-amalan tertentu tapi sayangnya kita sekedar tahu tapi ogah dilakukan..
Kita mengetahui, bahwa pahala dua raka’at Dhuha setara dengan pahala 360 shodaqah, akan tetapi sayang, hari berganti hari berlalu begitu saja tanpa kita melakukan sholat Dhuha... (…

Membunuh Kesombongan

Image
KESOMBONGAN MEMBINASAKAN.   Seorang pria yang sedang bertamu di rumah sang Kyai tertegun keheranan. Dia melihat sang Kyai sedang sibuk bekerja sendiri menyikat lantai rumahnya sampai bersih. Pria itu bertanya:
Apa yang sedang Anda lakukan pak Kiyai ?”. Pak Kyai menjawab:
“Tadi saya kedatangan tamu yang meminta nasehat. Saya berikan banyak nasehat yang bermanfaat. Namun, setelah tamu itu pulang saya MERASA jadi orang hebat.

Kesombongan saya mulai muncul, karena itu, saya lakukan PEKERJAAN INI untuk membunuh perasaan SOMBONG.” SOMBONG adalah PENYAKIT yang sering menghinggapi kita semua, benih-benihnya kerap muncul tanpa kita sadari.
Di tingkat PERTAMA:
SOMBONG disebabkan oleh FAKTOR MATERI, di mana kita merasa:
~ Lebih KAYA,
~ Lebih RUPAWAN,
~ Lebih TERHORMAT dari orang lain.
Di tingkat ke~dua:
SOMBONG disebabkan oleh FAKTOR KECERDASAN, kita merasa:
~ Lebih PINTAR,
~ Lebih KOMPETEN yg PALING BENAR, dan
~ Lebih BERWAWASAN dibandingkan orang lain.
Di tingkat ke~Tiga:
SOMBONG disebabkan ole…

Sombong Akan Amalan

Image
Penilaian yang Salah...Suatu hari di tepi sungai Dajlah, Hasan al-Basri melihat seorang pemuda duduk berdua-duaan dengan seorang perempuan.
Di sisi mereka terletak sebotol arak. Kemudian Hasan berbisik dalam hati,
"Alangkah buruk akhlak orang itu dan baiknya kalau dia seperti aku!". Tiba-tiba Hasan melihat sebuah perahu di tepi sungai yang sedang tenggelam.
Lelaki yang duduk di tepi sungai tadi terus terjun untuk menolong penumpang perahu yang hampir lemas.

Enam dari tujuh penumpang itu berhasil diselamatkan. Kemudian dia berpaling ke arah Hasan al-Basri dan berkata,
"Jika engkau memang lebih mulia daripada saya, maka dengan nama Allah selamatkan seorang lagi yang belum sempat saya tolong.
Engkau diminta untuk menyelamatkan satu orang saja, sedang saya telah menyelamatkan enam orang
". Bagaimanapun Hasan al-Basri gagal menyelamatkan yang seorang itu. Maka lelaki itu berkata padanya,
"Tuan, sebenarnya perempuan yang duduk di samping saya ini adalah ibu saya sendir…

Baik atau Burukkah Saya? Sebuah Refleksi Diri.

Image
REFLEKSI DIRI.    Terkadang kita perlu muhasabah diri untuk mencoba menyelami apa yang kita lakukan di dunia ini sebenarnya. Gak perlu malu untuk tanya jawab dengan pikiran sendiri..karena kadang kita menemukan sesuatu yang berbeda dari yang kita yakini sebelumnya..
Contohnya ini : Refleksi diri...
Teman-teman suka bilang kalo mereka senang berteman dengan saya karena saya termasuk orang baik. Saya sih seneng-seneng saja dibilang baik. Bukankah orang baik banyak rezeki? Dan itu saya rasakan sendiri, kalo baik hati kok apa-apa jadi mudah ya..?? 
Tapi....
"BAIK-KAH Saya..??" Tanya diriku suatu waktu. "Baikkah saya, walaupun selalu sholat 5 waktu serta tepat pada waktunya.?" Itu menunjukkan ketaatanku pada Sang pencipta dengan menjawab panggilanNya sesegera mungkin dan meninggalkan semua urusan duniawi."Baik kah saya" walaupun telah berhaji & umroh beberapa kali?" Bukankah ini simbol keikhlasanku untuk meraih ridhaNya dengan mengerjakan kewajiban haji me…

Jebakan Berupa Kelapangan Rezeki

Image
JANGAN TERLENA DENGAN KELAPANGAN REZEKI.  Jika ada orang yang menebar amal keburukan tapi rezeki tetap bagus, hati-hati dengan yang namanya istidraj! (baca : ahli maksiat kok rezekinya makin lancar?) Istidraj adalah suatu jebakan berupa kelapangan rezeki padahal yang diberi dalam keadaan terus menerus bermaksiat pada Allah.

Jadi ketika Allah membiarkan kita : 1. Sengaja meninggalkan shalat, padahal gak ada uzur. 2. Sengaja meninggalkan puasa, padahal sehat dan mampu. 3. Tidak ada perasaan berdosa ketika bermaksiat dan membuka aurat, seolah semua itu biasa aja. 4. Berat untuk bershadaqah, padahal kita punya banyak yang bisa diberi. 5. Merasa bangga dengan apa yang dimiliki dan menyombongkan diri. 6. Mengabaikan semua atau mungkin sebagian perintah Allah, merasa diri bakal terlepas dari azabNya. 7. Menganggap enteng perintah-perintah Allah, seolah semua itu gak penting. 8. Merasa umurnya panjang dan menunda-nunda taubat. 9. Tidak mau menuntut ilmu syar'i, dianggap kampungan dan gak modern. 10. L…

Salah Kaprah Soal Rezeki

Image
Sukses dalam Keterbatasan... Mungkin ada yang belum tau Nick Vujicic? Dia adalah motivator kelahiran Australia 4 Desember 1982. Apa istimewanya orang ini dibanding motivator kelas dunia lainnya.. Silakan perhatikan gambar di bawah ini..
Ya...anda gak salah lihat. Nick memang terlahir dengan sindrom tetra-amelia yang membuatnya lahir tanpa lengan dan kaki seperti halnya kita yang normal ini. Tapi itu gak membuat Nick jadi beban dan tanggungan orang lain. Dia berusaha bekerja dan mengejar impiannya memotivasi orang lain. Tau gak kalo si Nick ini beistrikan wanita normal dan telah menjalin rumah tangga selama beberapa tahun.
Berapa Gaji Nick Vujicic per Jam ? (Kepo hehehe). Ini pertanyaan yang paling sering ditanyakan. Lha wong kesuksesan seseorang ya..paling gampang diukurnya lewat gaji...
Sekedar info Nick Vujicic dibayar USD 150.000 per 2 jam. (kalo di kali Rp 14.000 sekitar Rp.2,1 M, itu per 2 jam lho...)
Fantastis bukan????? Pemuda Cacat Fisik usia 34 th (tanpa lengan dan kaki ini gajiny…