Posts

Showing posts with the label penghalang

Terhalang Rezekinya Karena Ini...

Image
ARTIKEL KE 870  SAKIT HATI MENGHALANGI REZEKI...?  Buat kamu yang super sensi, gampang baper atau yang mulutnya nyablak, mudah-mudahan tulisan ini ngasi pencerahan..biar hatinya yang menghitam bisa kinclong kembali... Kenapa hati yang kinclong itu penting? Masih ingat lagu Jagalah Hati yang dipopulerkan sama AA Gym alias K.H. Abdullah Gymnastiar?  "Jagalah hati jangan kau nodai" "Jagalah hati lentera hidup ini"

Hati yang gelap adalah hati yang ternoda dan gak bisa menerangi si empunya hati...layaknya suasana rumah yang gelap gulita saat pemadaman bergilir oleh PLN.. Kalo gelap kan gak bisa ngapa-ngapain..salah-salah bisa nabrak atau ketabrak, kamu butuh cahaya buat nunjukin jalan yang benar.. Gimana caranya membuat hati kinclong? Ya..kudu dibersihkan dari segala macam penyakit hati...kaca jendela aja kalo seminggu gak dilap jadi berdebu dan bikin pandangan jadi kabur.. Apalagi hati/kalbu. Jenis penyakit hati itu banyak diantaranya penyakit suka nyakitin orang dan penyaki…

Hukuman yang Gak Kerasa

Image
ARTIKEL KE 861  HUKUMAN YANG TIDAK TERASA  Karena begitu gampangnya dan seringnya hati berbuat dosa dan maksiat akhirnya datang hukuman Allah. Hukuman yang gak kerasa karena efeknya tak sedahsyat tsunami dan gempa bumi.  "Sesungguhnya salah satu hukuman Allah yang terbesar yang bisa menimpamu ialah:  Sedikitnya taufiq (kemudahan) untuk mengamalkan ketaatan dan amal amal kebaikan" Demikian kesimpulan ceramah salah satu uztad dari pengajian yang saya ikuti.. Tidaklah seseorang diuji dengan musibah yang lebih besar dari "kekerasan hatinya dan kematian hatinya". Bagaimana contoh konkritnya?


1. Allah mencabut rasa senang melakukan ketaatan padaNYA.
Sadarkah engkau, bahwa Allah telah mencabut darimu rasa bahagia dan senang dengan ketaatan, munajat kepadaNya, merendahkan diri padaNya serta suka menyungkurkan diri di hadapanNya ? Sadarkah engkau "tidak diberikan rasa khusyu'" dalam shalat?" Sadarkah engkau, bahwa  beberapa hari-harimu telah berlalu dari hidupm…

Siapakah yang Paling Buruk?

Image
ARTIKEL KE 845   Yang Buruk Itu Kita !Cerita ini sesuatu yang paling familiar dan sering ditanyakan oleh orang-orang di sekitar kita. "Wahai Kiyai, manakah yang lebih baik, Seorang beragama yang ibadahnya banyak, tetapi kelakuannya buruk." "Ataukah seorang yang tidak beribadah, tapi kelakuannya baik pada sesama...?" Tanya seorang santri kepada kiyainya.

Contohnya nih ada orang sebut saja Salim, yang setau kita ibadahnya bagus... Ke mesjidnya rajin, lima waktunya gak pernah absen. Kalo ada pengumpulan dana untuk mesjid dan panti asuhan selalu nyumbang, jumlahnya gak sedikit pula..Hajinya udah lebih dari sekali, jangan tanya soal umroh hampir setiap tahun dia pasti berangkat. Denger-denger puasa senin kamis dia juga sering lakukan... Tapi mengapa tiba-tiba dia jadi tersangka suap? Ditangkapnya pun di sebuah tempat yang jauh dari kesan islami, sebuah bar eksklusif dengan beberapa wanita yang bukan muhrim? Di atas meja ada minuman keras yang tinggal setengah botol dan bebera…

Iblis Ternyata Sangat Alim

Image
ARTIKEL KE 832   IBLIS ITU SANGAT ALIM   Jika engkau bertanya tentang Al-Qur'an kepada iblis, maka iblis akan bisa menerangkan dengan sangat jelas, karena iblis tau persis kapan ayat itu turun dari langit... Jika engkau bertanya tentang ilmu hadist kepada iblis, maka iblis akan sangat pandai menjelaskannya,
karena iblis tau asbabul wurud dari hadist tersebut.... Jika engkau bertanya tentang kisah para nabi, iblis akan dengan tepat menceritakannya karena iblis sudah ada sejak nabi Adam masih berada dalam surga... iblis ahli alqur'an...
iblis ahli hadist....
iblis ahli riwayat..
iblis alim/pandai dalam segala ilmu... Tapi iblis tidak menjadi kekasih Allah, karena dalam diri iblis ada kalimat... AKU LEBIH BAIK DARI KAMU

Semoga sedikit ilmu yg dititipkan Allah Subhana Wa Ta'alla di hati kita tidak menjadikan kita sombong dalam segala urusan...
Juga paham bahwa ilmu tak menjamin orang pasti ta'at dan sholeh apalagi masuk surga??
baca : penyakit penghapus keberkahan
Sehingga ta…

Memenangkan Persaingan

Image
ARTIKEL KE 822  Menang MudahTernyata kebohongan yang terorganisir mengalahkan kebenaran yang kurang atau tidak terorganisir. Sebelumnya sudah beredar buku berjudul _"The Hitler Effect"_, sebuah buku sangat eksklusif dan terbatas yang membongkar teknik-teknik manipulasi rekayasa sisi gelap fikiran manusia. Beberapa kutipan pidato Hitler berikut inilah agaknya yang kemudian mewabah menjadi _The Hitlet's Effect :
Buatlah kebohongan yang besar, buatlah menjadi sederhana, selalu ulangi kebohongan itu, dan akhirnya orang-orang akan percaya." “Dengan propaganda yang efektif dan berkelanjutan, seseorang dapat membuat orang banyak melihat surga sebagai neraka, atau kehidupan yang sangat menyedihkan sebagai surga.”


Saat ini kita sedang berada pada zaman keempat dalam Sejarah Islam, di mana fitnah dan ujian terhebat akan terjadi pada umat islam; zaman di mana akan terjadi pembuktian semua tanda kiamat yang telah digambarkan dalam hadist-hadist akhir zaman. Di antaranya: lahirnya…

Kepemilikan yang Menyengsarakan

Image
ARTIKEL KE 821  Sense of Belonging (Rasa Kepemilikan)Hari Raya Idul Adha 1439H/2018M baru saja berlalu. Tulisan ini sebenarnya saya tulis saat Idul Adha kemarin tapi teronggok diantara draft file yang belum terpublish di blog ini. Tapi saya kira masih relevan untuk dibicarakan. Anyway, rasa kepemilkan adalah penting bagi semua orang. Namaku, rumahku, isteriku, suamiku, anakku, mobilku, barang-barangku adalah milikku dan bukan milikmu, kalau kau ingin memilikinya harus izin sama aku sebagai pemilik sahnya. Kalo kamu kuizinkan ya silahkan memilikinya dan berpindahlah kepemilikan dariku ke kamu secara sah baik secara gratis maupun lewat jual beli. Kalo kamu tak kuizinkan maka kamu tak bisa mengambilnya dengan paksa atau dengan diam-diam, karena itu maling namanya.. Beginilah kira-kira konsep kepemilikan itu..


Rezekiku adalah milikku yang diberi Allah untukku karena ridha atas hasil usaha dan kerja kerasku. Tapi jika bukan rezekiku pasti akan pergi meninggalkanku dan mencari pemiliknya yang …

Gak Bahagia Karena Jebakan Angka

Image
ARTIKEL KE 811  Hati-hati dengan angka  Baru aja saya menonton video yang memberikan banyak inspirasi pagi ini... Soal angka dan kebahagiaan.. Bayangkan kamu punya nomor rekening bank
Dan tiap hari karena lagi baik hati saya transfer 100 ribu ke rekening itu secara gratis..
Pertama kali dapet transferan situ pasti seneng dong, wong gratis... Hari kedua kurleb sama. Siapa yang gak happy dapat rezeki nomplok 100 ribu tiap harinya. Tapi hari ketiga rasa senengnya mungkin udah mulai berkurang...
Kamu ngarep lebih..alih-alih 100 ribu setiap hari kamu maunya sejuta masuk ke rekening karena kamu bakalan ngerasa lebih happy kalo dapat rezeki sejuta sehari tanpa ngelakuin apa-apa. Begitu yang sejuta itu masuk, uang yang 100 ribu tadi jadi gak berarti lagi, jadi hilang nilainya karena dapat yang lebih banyak jumlahnya.
Inilah yang disebut sebagai jebakan angka, yang bikin kita semua, kamu dan saya terperosok dalam-dalam, sampe susah keluar...

Jebakan angka gak ada kaitannya dengan rezeki, dengan duit,…

Mandul Meski Anaknya Banyak

Image
ARTIKEL KE 804  BANYAK ANAK TAPI MANDUL  Banyak anak katanya banyak rezeki, tapi ada juga yang banyak anak tapi mandul, lho kok? Rasulullah pernah bertanya kepada para sahabat “Tahukah engkau siapakah yang mandul?” Para sahabat menjawab :
“Orang yang mandul ialah orang yang tidak mempunyai anak”.
Lalu Rasulullah bersabda:
"Orang yang mandul ialah orang yang memepunyai banyak anak, tetapi anak-anaknya tidak memberi manfaat kepadanya sesudah ia meninggal dunia”. ( HR. Ahmad )

Jadi berdasar hadits di atas pengertian mandul (tidak mempunyai keturunan) saat ini kurang tepat. Seorang yang mandul pada saat ini adalah para orangtua yang hanya mempunyai anak-anak biologis dan tidak memiliki anak-anak ideologis. Para orangtua yang gagal mencetak anaknya untuk menjadi saleh dan mau berjuang di jalan Allah. Merekalah orangtua yang mandul berdasarkan hadits nabi di atas. Disinilah kita mengerti betapa banyak diantara kita yang mandul. 
baca : tips menjadikan anak sebagai rezeki
Kita tidak mampu mempen…

Jangan Suka Menghakimi Penampilan Orang

Image
ARTIKEL KE 798   STOP JUDGING!  Saya sering bingung ketika nemu orang-orang yang penampilan lahirnya ga nyambung ama lisan/kelakuannya sehari-hari Contoh kecil nih Cewe stylish banget, jilbab ala hijaber, kelihatan suka hura-hura, tapi dia selalu bangun di 1/3 malam untuk tahajud, kalau ramadhan dia selalu i'tikaf di 10 ramadhan terakhir, santun kata-katanya. Aktif di organisasi amal keislaman, jadi volunteer bantuin korban bencana alam..sedekahnya rajin pula.. Trus di tempat lain Cowo pake celana junkies, rambut pake licin, tersisir rapi, gaya cowo metropolis lah...tapi saat mimpin sholat aduhai merdu suaranya, khusyuk doa dan zikirnya,  santun bicaranya, denger-denger rajin juga puasa sunahnya.. Wah tipe-tipe suami idaman nih....

Dan ada pula perempuan yang pakaiannya masya Allah udah sesuai sunnah, anggun dari jauh, tapi masih hobi nyinyir, bergosip dan suka menunjuk-nunjuk orang lain, omongannya kasar dan gak beretika, belum lagi banyak i'tikaf di kafe daripada di tempat ngaji... …