Posts

Showing posts from 2018

Pelajaran dari "Drama Penetuan Cawapres 2018"

Image
ARTIKEL KE 806  Drama Copras Capres 2018  Penentuan calon wakil presiden Joko Widodo dan Prabowo telah diumumkan beberapa waktu lalu. Setelah melalui lobi-lobi dan pembicaraan tingkat tinggi yang sudah pasti lah ada deal-deal politik antar partai pendukung. Publik yang sebelumnya hanya bisa mereka-reka dan menerka-nerka akhirnya disajikan tontonan yang menghibur layaknya drama..  Kita hormati pilihan pak Jokowi yang memilih kyai Ma'ruf Amin yang sudah sepuh untuk mendampinginya jika terpilih menjadi presiden selama 5 tahun ke depan.. Begitu juga pilihan pak Prabowo Subianto atas pengusaha Sandiaga Uno. Saya sih gak ikut-ikutan mendukung salah satu calon tapi lebih tertarik menarik pelajaran dari "drama" penentuan cawapres kemarin..


Apa saja yang bisa dipelajari? Pelajaran dari Agus Harimurti untuk kita semua: Jangan resign kalau belum dapat kerjaan baru, meskipun dapet rekomendasi dari bapak.
Mas Agus, putra pertama SBY, masih muda, baru berulang tahun ke 40, tahun ini, memi…

Hal-Hal Besar dimulai dari Dalam

Image
ARTIJKEL KE 805   NUTRISI PAGI   Tiba-tiba ingin menulis artikel ini, semoga menjadi motivasi bagi pembaca blog lancarrezeki.blogspot.com ini. Jika sebuah TELUR dipecahkan oleh kekuatan dari LUAR, maka kehidupan didalam TELUR, telah berakhir. Tapi....
Jika sebuah TELUR dipecahkan oleh kekuatan dari DALAM, maka kehidupan baru telah LAHIR.
Itulah sunnatullah...


Hal-hal BESAR itu selalu dimulai dari DALAM diri kita sendiri. BAHAGIA itupun timbulnya dari DALAM diri kita sendiri.
Bukan dari luar diri.
Itu sebabnya ketika kita mencarikebahagiaan di luar diri maka tak akan kita dapatkan. Bahagia tergantung diri, bukan tergantung orang lain yang harus membahagiakan kita. Seberapa keraspun usaha orang lain untuk membahagiakan, jika kita tak mengizinkan diri untuk bahagia karenanya maka hati akan terus tak bahagia.
Begitu juga jika kita terlalu bergantung pada orang lain untuk membahagiakan, maka siap-siaplah untuk kecewa. Karena hati manusia mudah terbolak-balik...
Karenanya bergantunglah pada yang Maha…

Mandul Meski Anaknya Banyak

Image
ARTIKEL KE 804  BANYAK ANAK TAPI MANDUL  Banyak anak katanya banyak rezeki, tapi ada juga yang banyak anak tapi mandul, lho kok? Rasulullah pernah bertanya kepada para sahabat “Tahukah engkau siapakah yang mandul?” Para sahabat menjawab :
“Orang yang mandul ialah orang yang tidak mempunyai anak”.
Lalu Rasulullah bersabda:
"Orang yang mandul ialah orang yang memepunyai banyak anak, tetapi anak-anaknya tidak memberi manfaat kepadanya sesudah ia meninggal dunia”. ( HR. Ahmad )

Jadi berdasar hadits di atas pengertian mandul (tidak mempunyai keturunan) saat ini kurang tepat. Seorang yang mandul pada saat ini adalah para orangtua yang hanya mempunyai anak-anak biologis dan tidak memiliki anak-anak ideologis. Para orangtua yang gagal mencetak anaknya untuk menjadi saleh dan mau berjuang di jalan Allah. Merekalah orangtua yang mandul berdasarkan hadits nabi di atas. Disinilah kita mengerti betapa banyak diantara kita yang mandul. 
baca : tips menjadikan anak sebagai rezeki
Kita tidak mampu mempen…

Keharusan Menjadi Pribadi yang Terus Bertumbuh

Image
ARTIKEL KE 803  Menyikapi Sunnatullah dengan Benar   Untuk sukses dan banyak rezeki kita diharuskan menjadi pribadi yang terus bertumbuh setiap harinya. Bertumbuh ke arah yang lebih baik tentunya, bukan hanya fisiknya yang makin subur tapi juga pola pikirnya. Berikut adalah sunnah yang harus kita pahami dengan benar agar bisa menjadi pribadi yang terus bertumbuh.


Sunnah Tanafus (Hukum Berkompetisi)
Kalau kita perhatikan dengan cermat, tidak ada kehidupan di dunia ini yang bebas dari kompetisi. Ilmu pengetahuan modern telah mengajarkan kepada kita bahwa pada semua makhluk apakah it tumbuhan, hewan, atau manusia berlaku hukum the survival of the fittest atau siapa yang kuat maka ialah yang akan bertahan. Di Afrika sono, setiap pagi para singa mikir, bagemana caranya berlari lebih cepat dari rusa, supaya hari itu dia dapat makan dan ga mati kelaparan.
Sementara si rusa pun mikir, gimana caranya berlari lebih cepat dari singa, supaya hari itu dia gak jadi santapan singa.
Adalah insting kita b…

Fakta Kabah Yang Misterius

Image
ARTIKEL KE 802  12 FAKTA TENTANG KA'BAH YANG JARANG KITA KETAHUI  Tamu-tamu Allah mulai berdatangan mengunjungi rumahNya di Makkah, memuji namaNya dan napak tilas perjalanan nabiNya, Ibrahim as melalui rangkaian ritual ibadah haji. Salah seorang dari jamaah haji tahun 2018 ini adalah tante saya. Adik bungsu ibu saya ini sangat senang setelah menunggu selama 9 tahun akhirnya diizinkan Allah untuk berangkat haji tahun ini. Mengunjungi Baitullah adalah rezeki Ilahi yang tak diberi pada semua muslim. Maka beruntunglah yang sempat melaksanakan rukun Islam yang kelima ini selama hidupnya.. Karena bukan hanya banyaknya harta yang jadi pendorong orang pergi haji melainkan rezeki (hidayahNYA). Buktinya banyak orang yang berlimpah rezeki/harta tapi enggan untuk menunaikan ibadah haji.

baca : 8 cara mudah menarik rezeki umroh dan haji


Saya sendiri belum dapat kesempatan untuk berhaji mengingat daftar tunggu yang sangat panjang di negeri ini, tapi alhamdulillah sudah pernah umroh di tahun 2015 …

Istri Kaya' Perangko, Nempel Terus!

Image
ARTIKEL KE 801  ISTRI YANG TERLALU NEMPEL  Artikel sebelumnya telah ngebahas tentang suami isteri di usia senja. Artikel ini masih terkait dengan rumah tangga, karena isteri adalah rezeki suaminya demikian pula sebaliknya.
Bagaimana dengan isteri yang terlalu nempel...?
Apakah suami mesti merasa terganggu karenanya? Saat tidur dia memeluk,
Saat duduk dia menggenggam,
Saat berjalan dia menggandeng...
Dan saat jauh, dia cepat merindu.



Bukan karena istrimu berlebihan pada semua situasi...Bukan !
Bukan pula ia sedang menjelaskan kepada dunia bahwa engkau miliknya, dan dia milikmu...alias rasa memilikinya adalah rasa memiliki tingkat dewa... Tapi cobalah perhatikan, saat dia memilih bahumu ketika hendak ingin tidur.
Bukan karena bantalnya yang kurang nyaman,  tapi mungkin ia ingin merasakan bersandar diatas bahu yang telah banyak memikul amanah tentangnya.
Itu kesyukurannya tentang tanggung jawabmu...

baca : rumah tangga seret rezeki, mungkin ini penyebabnya.

Coba perhatikan.. Saat dia memilih m…

Begini Harusnya Suami Istri Itu Bersikap

Image
ARTIKEL KE 800  SUAMI ISTRI  DI USIA SENJA  Yang membaca jangan menangis ya? Saya suka postingan ini, meski sudah berulang kali membacanya...  Di sebuah rumah sederhana yang asri, tinggal sepasang suami istri yang sudah memasuki usia senja.
Pasangan ini dikaruniai dua orang anak yang telah dewasa dan memiliki kehidupan sendiri yang mapan. Sang suami merupakan seorang pensiunan, sedangkan istrinya seorang ibu rumah tangga.

Suami istri ini lebih memilih untuk tetap tinggal di rumah tua mereka dan menolak ketika putra-putri mereka, menawarkan untuk ikut pindah bersama mereka. Jadilah mereka, sepasang suami istri yang hampir renta itu, menghabiskan waktu mereka yang tersisa, di rumah yang telah menjadi saksi berjuta peristiwa, dalam keluarga itu. Suatu senja ba’da Isya di sebuah masjid tak jauh dari rumah mereka, sang istri tidak menemukan sandal yang dikenakannya ke masjid tadi.
Saat sibuk mencari, suaminya datang menghampiri seraya bertanya mesra :
“Kenapa Bu?”
Istrinya menoleh sambil menja…

Melewati Hari Tanpa Arti

Image
ARTIKEL KE 799 GAMBARAN HARI-HARI KITAAlhamdulillah hari ahad telah berlalu lagi.... Hari in kita tiba di hari senin yang ke sekian sepanjang hidup kita.. Hari yang mungkin sudah puluhan ribu kali kita lewati dalam hidup kita Kebanyakan dari kita, termasuk saya sendiri melewati tiap harinya dengan pikiran sederhana, besok masak apa ya, besok sudah siapin bekal apa ya buat anak-anak, besok mau nonton drama korea episode ke berapa ya, besok mo belanja apa lagi ya, besok a b c d.. Atau mungkin kita tipe yang tidak pernah berpikir besok akan melakukan apa, ya sudah dilewati saja..biarkan mengalir seperti air...katanya. Rasanya hari-hari kita sama aja.. Tahu-tahu udah senin lagi.. Eh udah ganti pekan lagi.. Eh udah ganti bulan lagi dan seterusnya..



Pernahkah kita berhenti sejenak.. Mencoba merenung.. Di senin yang entah keberapa ini, apakah kita sudah berusaha semaksimal mungkin untuk beribadah yang terbaik.. Saat senin amalan kita dilaporkan kepada Allah.. Apakah kita sudah rencanakan ibadah…

Jangan Suka Menghakimi Penampilan Orang

Image
ARTIKEL KE 798   STOP JUDGING!  Saya sering bingung ketika nemu orang-orang yang penampilan lahirnya ga nyambung ama lisan/kelakuannya sehari-hari Contoh kecil nih Cewe stylish banget, jilbab ala hijaber, kelihatan suka hura-hura, tapi dia selalu bangun di 1/3 malam untuk tahajud, kalau ramadhan dia selalu i'tikaf di 10 ramadhan terakhir, santun kata-katanya. Aktif di organisasi amal keislaman, jadi volunteer bantuin korban bencana alam..sedekahnya rajin pula.. Trus di tempat lain Cowo pake celana junkies, rambut pake licin, tersisir rapi, gaya cowo metropolis lah...tapi saat mimpin sholat aduhai merdu suaranya, khusyuk doa dan zikirnya,  santun bicaranya, denger-denger rajin juga puasa sunahnya.. Wah tipe-tipe suami idaman nih....

Dan ada pula perempuan yang pakaiannya masya Allah udah sesuai sunnah, anggun dari jauh, tapi masih hobi nyinyir, bergosip dan suka menunjuk-nunjuk orang lain, omongannya kasar dan gak beretika, belum lagi banyak i'tikaf di kafe daripada di tempat ngaji... …

Amalan Rahasia Sandiaga Uno

Image
ARTIKEL KE 797  SANDIAGA UNO, Sukses dengan ikhtiar duniawi dan ukhrowi   Saya gak tertarik dengan hal-hal yang berbau politik juga gak ikutan rame dengan urusan copras capres yang penuh drama. Saya hanya pengen nulis seseorang secara objektif yang diambil dari berbagai sumber. Saya bukan pendukung Sandiaga Uno dan menulis ini buat menggiring opini publik, tapi fakta bahwa beliau adalah orang sukses gak bisa diabaikan. Satu hal yang menarik ternyata beliau punya amalan rahasia yang gak pernah dia posting di media manapun. Amalan yang sudah banyak ditulis di blog lancarrezeki.blogspot.com ini. Saya pengen pembaca liat bahwa ada contoh nyata keberhasilan di luar sana yang ngandalin Allah buat semua urusannya.
Kita mulai dengan kesuksesannya terlebih dahulu.
Dapat dari tulisan Mas Ippho, Sandiaga Uno gak bisa dipandang sebelah mata. Cum laude dari Wichita State University, Amerika, itulah prestasi akademisnya. Distinguished Research Professor di bidang entrepreneurship dari George Washingto…

Lirik Paling Dahsyat Sepanjang Karier Alm. Chrisye

Image
ARTIKEL KE 796   Inspirasi Surah Yaasiin ayat 65    Diceritakan suatu ketika, Almarhum Chrisye sang penyanyi legendaris Indonesia minta penyair Taufiq Ismail untuk menuliskan syair religi untuk salah satu lagunya. Dan sang Penyair menyanggupi menyelesaikannya selama sebulan. Ternyata, minggu pertama macet, tidak ada ide. Minggu kedua macet, ketiga macet hingga menjelang hari terakhir masih juga tidak ada ide.
Taufiq gelisah dan berniat menelpon Chrisye dan bilang, “Chris maaf, macet, betul-betul tak ada ide untuk membuat syair!


Namun di malam harinya, Taufiq mengaji. Ketika sampai ayat 65 surat Yaasiin dia berhenti. Makna ayat ini tentang Hari Pengadilan Akhir ini luar biasa, kata Taufiq. Dan segera dia pindahkan pesan ayat tersebut ke dalam lirik-lirik lagu.
Ketika pita rekaman itu sudah di tangan Chrisye, terjadi hal yang tidak biasa. Ketika berlatih di kamar, baru dua baris Chrisye menangis, mencoba lagi, menangis lagi. Dan begitu berkali-kali.
Menurut Chrisye, lirik yang dibuat a…