Doa Siapa Saja yang Diijabah Allah?

ARTIKEL KE 890  

Teruslah berdoa

Menjawab pertanyaan di atas, doa siapakah yang diijabah Allah?...ya doa semua orang yang memohon kepadaNYA. Gak ada doa yang dicuekin, semua dijawab tapi tentu dengan cara Allah dan pada waktu yang diinginkanNYA.


Para cendekiawan Muslim ngajarin kita bahwa kalo doa mau diijabah, itu harus memenuhi ketentuan berikut ini:

1. Tulus ato ikhlas...
Doa mbok ya jangan kesusu, jangan keburu-buru....
Jangan hantam kromo yang penting keucap aja..kebaca aja atau ngikutin doa yang populer...
Pelan-pelan aja, keluarin dari lubuk hati yang paling dalam.
Minta sama Allah dengan pengharapan bakal dikabulkan..kalo perlu meneteskan air mata pasrah mengakui kelemahan diri dan kerentanan atas masalah dan bergantung penyelesaiannya pada Allah SWT.
Ketulusan dalam berdoa. Ini adalah kondisi paling penting. 

2. Tobat dulu
Gak ada manusia yang bersih dari dosa. Sebelum ngajuin proposal dalam bentuk doa kepada Allah kita kudu mohon ampun dulu atas dosa dan kekhilafan yang terlanjur terbuat dan kembali kepada Allah. 
Sebenarnya, dosa adalah salah satu alasan utama mengapa doa-doa terblok, bukannya gak dijawab cuma keblok aja dulu karena ada dosa yang membatasinya, jadi kudu cepat-cepat bertobat dan mencari pengampunan sebelum berdoa. Imam Ali berdoa seperti ini: "Ya Allah, ampunilah aku atas dosa-dosa yang membatasi dan memblokir doa, Ya Allah, ampunilah aku atas dosa-dosa yang menjatuhkan kejahatan."

3. Pake etika..
Yang namanya minta pasti ada etikanya, gak asal komat kamit kek baca mantra.
Bersuara lembut dan merendahkan diri, berharap pahala Allah dan takut akan hukuman-Nya. Ini adalah semangat dan tujuan doa. Allah berfirman: Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. ”[al-A’raaf 7:55].
Allah sendiri lho yang minta kita berdoa pake etika yaitu suara dilembutin gak usah pake teriak, pasti Allah denger karena Dia Maha Tahu. Juga dengan kerendahan hati. Bukannya nuntut segera diijabah, " ya Allah beri aku jodoh yang cakep dan rezeki yang banyak, segera gak pake lama ya Allah." Gak usah ngatur-ngatur Allah karena Dia tahu apakah kamu pantas diberi dan kapan kamu akan diberi. 

4. Berdoa setiap saat.
Doa gak boleh pilih kasih, waktu lagi susah malah banyak berdoa sementara setelah senang udah amnesia, merasa gak perlu doa lagi kan udah hidup nyaman.. Emang Allah kita anggap apa? Kantong ajaib Dora Emon? Naudzubillah.
Perbanyak doa justru di saat lapang bukan hanya di saat susah aja. Nabi SAW bersabda: "Ingatlah Allah selama masa kemudahan dan Dia akan mengingat Anda selama masa kesukaran."

5. Memuji Allah
Sebelum doa, kudu zikir dulu memuji dan mengagungkan namaNYA.
Mencari untuk mendekatkan diri kepada Allah dengan memanggil-Nya melalui Nama-Nama Terindah-Nya pada awal doa atau di akhir. Allah berfirman: “Dan (semua) Nama-Nama Yang Paling Indah adalah milik Allah, jadi panggillah Dia oleh mereka” [al-A’raaf 7: 180].

6. Waktu mustajab
Memilih waktu yang tepat dan tempat untuk doa: Di antara waktu terbaik adalah waktu sebelum fajar (fajar), sepertiga terakhir malam, jam terakhir Jumu'ah (Jumat), ketika hujan turun, dan antara Adzan dan iqamah.
Di antara tempat-tempat terbaik adalah masjid pada umumnya, dan al-Masjid al-Haraam [di Mekah] khususnya, Masjid al-Nabi di Madinah, tempat di bawah makam Imam Hussein (AS),  dan sebagainya.

Alasan mengapa  doa seseorang tidak dijawab mungkin karena dia telah melakukan sesuatu yang dilarang Allah, seperti memiliki kekayaan lewat jalan haram - makanan atau minuman atau pakaian atau kendaraan, atau dia telah mengambil harta secara haram, melakukan pekerjaan yang dilarang, atau noda dosa masih ada di dalam hatinya, atau hatinya telah menghitam tak bisa menerima kebaikan lagi. Ini adalah beberapa alasan mengapa Allah tidak menanggapi doanya. Sungguh, jika dia menyesal dan bertobat dengan tulus, Allah akan menghapus semua dosa-dosa tersebut.

Jika ingin doa diijabah pastikan bahwa:

1- Doa Anda tidak berarti membahayakan siapa pun.

2- Anda harus yakin dengan doa Anda.

3 - Anda harus berbuat baik dengan hidup Anda.

4- Bekerja, jangan hanya berdoa berharap keajaiban, berusahalah untuk tercapainya doa itu.

Doa seharusnya mengubah Anda dengan meningkatkan kerendahan hati Anda, mengurangi ego Anda, membuat Anda lebih dermawan, lebih berhati-hati dan gigih dalam tujuan Anda, dll. Jika Anda berdoa dan Anda tidak berubah maka doa itu gak ngefek dalam hidup anda...

baca: diguyur rezeki dengan doa

Wallahu alam..

Comments

Popular posts from this blog

Rezeki Gampang Terbuka dan Lancar Dengan Zikir Ini !

Inilah Amalan 40 Hari Menuju Kaya dan Rezeki Melimpah

Kumpulan Doa Mudah, Murah dan Lancar Rezeki