Posts

Showing posts from July, 2017

Liver Sembuh Karena Sedekah

Image
MERASA DIRI PALING MERANA.  Pernah kah kamu merasa jadi orang yang paling merana sedunia?
Coba baca kisah di bawah ini....
Mungkin kamu bakal berubah pikiran...

Kisah nyata seorang hartawan berkebangsaan saudi bernama Ra'fat. Ia berobat kesana kemari demi mencari kesembuhan, lantaran liver akut yang diderita.
Banyak dokter dan rumah sakit yang sudah ia kunjungi di Saudi Arabia, namun kesembuhan nya tak kunjung didapat. Ra'fat mulai mengeluh. Badan nya kian kurus, layaknya seorang pesakitan. Saran dokter ia harus berobat ke rumah sakit spesialis liver di Guangzhou, China.



Tanpa berpikir panjang, Ra'fat pun segera berangkat. Begitu tiba, dokter yang memeriksa mengatakan bahwa ia harus segera di operasi. Ia pun menanyakan, "Berapa besar kemungkinan keberhasilan nya?" (sekedar pengen tau umurnya menurut taksiran dokter) "Bisa selamat atau meninggal" jawab ­ si dokter. (duh dokternya jujur amat yak !)
Mendapati jawaban dokter, Ra'fat mengiba "dok, sebelu…

Syukurilah Pagimu, Karena Banyak Yang Gak Beruntung Di Pagi Hari

Image
CERITA PAGI YANG BERBEDA Setiap pagi aktivitas semua orang dimulai, waktu tersibuk untuk bersiap-siap melakukan aktivitas sehari-hari.. Sarapan sekedarnya bahkan banyak yang 
Tapi cobalah merenung sejenak...


Sadar gak...
Di pagi hari, di antara saudara kita ada yang tidak punya makanan.  Ia butuh bersusah payah untuk mendapatkan nikmatnya sarapan pagi.
Mereka yang tidur di emperan, di bantaran kali bahkan juga mereka yang sedang terbaring sakit dengan segala selang di tubuhnya. Di pagi hari, di antara saudara kita ada yang merasa benar-benar ketakutan. Ia khawatir bom dan rudal menimpa dan meruntuhkan rumahnya, dan membunuh jiwanya.
Mereka yang kebetulan berada di negara yang porak poranda karena perang saudara, karena pendudukan negara lain atasnya. Di pagi hari, di antara saudara kita ada yang menanti ajal menghampiri. Ia berbaring lemah di rumah sakit, bergerak sangat sulit, meski sekadar untuk makan dan minum.
Mereka yang harus berjuang untuk tetap hidup, mengalahkan penyakit yang mengger…

Meraih Rezeki di Umur 50 Tahun

Image
BERAPA UMURMU..?   Judul artikel ini adalah meraih rezeki di umur 50 tahun. Rezeki bukan hanya berupa harta bukan?  (baca : waspadai rezeki yang gak bermanfaat). Intinya adalah berapapun umurmu gak menjadi soal, yang penting bagaimana menggunakan umur itu untuk memberi manfaat sebesar-besarnya minimal bagi yang punya umur... Sebelumnya saya udah pernah menulis artikel mendulang rezeki di umur 40 tahun. Tulisan ini mungkin refleksi tentang umur lagi. Karena seringkali kita gak merasa kalo umur terus berjalan, berkurang, makin mendekatkan diri ke kematian.

Berapa umurmu? SUDAH 50 TAHUN? Wow setengah abad, pencapaian umur yang gak semua orang bisa mendapatkannya. Pencapaian umur yang konon puncak kesuksesan.Umur 40 tahun sebenarnya tonggak seorang hamba untuk memperbaiki komitmennya untuk beribadah pada Allah..
Seorang hamba muslim bila usianya mencapai 40 tahun, Allah akan meringankan hisabnya (perhitungan amalnya). Jika usianya mencapai 60 tahun, Allah akan memberikan anugerah berupa kemam…

Kunci Hidup Lebih Baik dan Berkah

Image
THE LAST LECTURE.  Dikutip dari Buku Karya Ausberg buku yang berjudul "THE LAST LECTURE"
(Pembelajaran Terakhir) yang merupakan salah satu buku terlaris di tahun 2007. Buku ini banyak bercerita tentang menggali potensi diri untuk emmbuat hidup lebih baik.


KUNCI UNTUK MEMBUAT HIDUP LEBIH BAIK
Agar hidup lebih baik, maka beberapa aspek di bawah ini harus diperbaiki terlebih dahulu.
-- Personality (kepribadian)
-- Community (kehidupan sosial)
-- Life (hidup sehari-hari)
Berikut penjelasannya:
A.  KEPRIBADIAN Jangan membandingkan hidup anda dengan orang lain karena anda tidak pernah tahu apa yang telah mereka lalui. Belum tentu mereka yang banyak hartanya, keliatan lancar rezekinya jauh lebih berbahagia di banding kita. Belum tentu juga mereka yang sedikit rezekinya, miskin, menderita jauh lebih merana dibanding kita. Jangan mengukur sepatu orang lain di kaki kita. Hidup kita bakal terus menerus merana jika selalu dalam mode perbandingan. Syukuri apa yang kita punya.Jangan berpikir negat…

Mimpi Aneh Yang Filosofis...

Image
Mimpi Aneh..  Malam itu aku sangat lelah sekali. 
Setelah selesai menunaikan shalat Isya, aku segera beranjak ke peraduan, bersiap-siap untuk terbang ke alam mimpi.
Dan betul aku bermimpi...mimpi panjang yang melenakan.
Kulihat sebuah cahaya yang terang tapi menyejukkan. Cahaya itu bersuara dan menanyakan hal ini padaku...





1. "Apakah yang PALING TAJAM di dunia ini ?"... Aku menjawab: "Pedang"... (karena itulah benda tajam yang langsung terpikir olehku) Cahaya itu berkata:
Yang paling tajam adalah "lidah manusia"... Karena melalui lidah, manusia dengan mudah memfitnah orang, menyakiti hati, melukai perasaan orang, dan lain lain...
Mmm.. betul juga, pikirku.
Betapa banyak orang yang teriris hatinya, terluka jiwanya, berdarah hatinya karena korban dari lidah yang tak bertulang itu..
Betapa banyak orang yang terpuruk karena hinaan, jatuh karena kritik dan terhempas karena caci maki.
Hati-hati dengan lidah..karena lidah bisa membuat rezekimu bagus, begitu juga sebaliknya…

Cara "Mudah" dapat "Lailatur Qadar"

Image
Puasanya Orang Kecil.   Ramadhan telah berlalu... Halal bi halal pun telah lewat... Tapi cerita indah ini sayang untuk dilewatkan..

Pagi itu aku lagi ke pasar dan menghampiri seorang perempuan tua yang dagang pisang. "Wah…pisangnya bagus-bagus Mbah…" kataku sembari berjongkok di depan perempuan sepuh yang berjualan di pinggir jalan depan pasar itu... "Lha monggo dipundut (dibeli)..." kata perempuan itu riang. Wajahnya sudah sangat sepuh, rautnya penuh kerut. Kulitnya hitam. Kurus badannya. Tapi suaranya cemengkling (masih nyaring), riang. Giginya terlihat masih utuh. "Ini kepok kuning… bagus dikolak. Ini kepok putih… kalau digoreng sangat manis. Lha kalau itu… pisang pista, kulit tipis… harum manis. Tapi jangan dibeli karena belum mateng!" Katanya menjelaskan.
Aku hanya diam memperhatikan gerak tangannya yang cekatan, meskipun telah ndredheg (gemetar.) "Sudah lama jualan, Mbah…?" Kepo juga aku.. "Belum, ini ngejar rejeki buat lebaran." Putranya…

Debat Gak Bikin Rezekimu Hebat

Image
KESALAHAN LOGIKA. Pernah liat orang yang gigih dalam berdebat? Apa aja diperdebatkan. Apapun bisa diperselisihkan. Pokoknya gak ada yang lewat dari pantauannya, semua dikomentarin, seolah segala sesuatu itu penting dan jadi urusannya.


Dalam urusan tarik urat leher ini ada yang namanya kesalahan logika.. Kesalahan logika yang dalam bahasa Inggris disebut *'logical fallacy'* - _adanya bias secara kognitif_ - adalah hal yang seharusnya bisa dihindari. Namun justru umum dijumpai dalam setiap perdebatan, mulai dari yang disiarkan di tivi, debat di warung kopi, debat di SMA, sampai pada debat di sosial media. Bahkan oleh kaum intelektual sekalipun.
Logical fallacy yang paling sering dijumpai ada enam , sebagai berikut: 1. ARGUMENTUM AD HOMINEM
Yakni menyerang pribadi lawan, bukan argumennya. Contoh:
A : "Kita harus senantiasa menjaga kerukunan umat beragama di Indonesia."
B : "Lho keluarga kamu sendiri berantakan kok, jangan sok ngurusin orang lain deh kalau ngurus anak b…

Jebakan Berupa Kelapangan Rezeki

Image
JANGAN TERLENA DENGAN KELAPANGAN REZEKI.  Jika ada orang yang menebar amal keburukan tapi rezeki tetap bagus, hati-hati dengan yang namanya istidraj! (baca : ahli maksiat kok rezekinya makin lancar?) Istidraj adalah suatu jebakan berupa kelapangan rezeki padahal yang diberi dalam keadaan terus menerus bermaksiat pada Allah.

Jadi ketika Allah membiarkan kita : 1. Sengaja meninggalkan shalat, padahal gak ada uzur. 2. Sengaja meninggalkan puasa, padahal sehat dan mampu. 3. Tidak ada perasaan berdosa ketika bermaksiat dan membuka aurat, seolah semua itu biasa aja. 4. Berat untuk bershadaqah, padahal kita punya banyak yang bisa diberi. 5. Merasa bangga dengan apa yang dimiliki dan menyombongkan diri. 6. Mengabaikan semua atau mungkin sebagian perintah Allah, merasa diri bakal terlepas dari azabNya. 7. Menganggap enteng perintah-perintah Allah, seolah semua itu gak penting. 8. Merasa umurnya panjang dan menunda-nunda taubat. 9. Tidak mau menuntut ilmu syar'i, dianggap kampungan dan gak modern. 10. L…

3 Fakta Mengejutkan Orang Kaya Indonesia

Image
IMPOSSIBLE IS NOTHING.     Sebuah tulisan yang layak untuk dipertimbangkan... (bagi anda yang pengen kaya).


Dalam majalah Forbes terbaru, dirilis daftar 50 orang terkaya Indonesia. Namun di bawah ini saya hanya akan menampilkan 20 besar saja.
Daftar Orang Terkaya Indonesia 2016:
1. R. Budi dan Michael Hartono (Group Djarum dan BCA) – Rp 230 triliun
2. Susilo Wonowidjojo dan Keluarga (Gudang Garam) – Rp 95 triliun
3. Anthoni Salim dan Keluarga (Salim Group) – Rp 76 triliun
4. Eka Tjipta Widjaja dan Keluarga (Sinar Mas) – Rp 75 triliun
5. Sri Prakash Lohia (Indorama) - Rp 67 triliun
6. Chairul Tanjung (CT Corp) - Rp 66 triliun
7. Boenjamin Setiawan dan Keluarga (Kalbe Farma) - Rp 44 triliun
8. Tahir (Mayapada Group) - Rp 41 triliun
9. Murdaya Poo (JIExpo Kemayoran & Cipta Murdaya Group) - Rp 28 triliun
10. Mochtar Riady dan Keluarga (Lippo Group) - Rp 25 triliun
11. Theodore Rachmat (Triputra & Adaro Group) - Rp 24 triliun
12. Putera Sampoerna – Rp 24 triliun
13. Eddy Katuari (Win…