3 Fakta Mengejutkan Orang Kaya Indonesia

IMPOSSIBLE IS NOTHING.     

Sebuah tulisan yang layak untuk dipertimbangkan... (bagi anda yang pengen kaya).


Dalam majalah Forbes terbaru, dirilis daftar 50 orang terkaya Indonesia. Namun di bawah ini saya hanya akan menampilkan 20 besar saja.

Daftar Orang Terkaya Indonesia 2016:
1. R. Budi dan Michael Hartono (Group Djarum dan BCA) – Rp 230 triliun
2. Susilo Wonowidjojo dan Keluarga (Gudang Garam) – Rp 95 triliun
3. Anthoni Salim dan Keluarga (Salim Group) – Rp 76 triliun
4. Eka Tjipta Widjaja dan Keluarga (Sinar Mas) – Rp 75 triliun
5. Sri Prakash Lohia (Indorama) - Rp 67 triliun
6. Chairul Tanjung (CT Corp) - Rp 66 triliun
7. Boenjamin Setiawan dan Keluarga (Kalbe Farma) - Rp 44 triliun
8. Tahir (Mayapada Group) - Rp 41 triliun
9. Murdaya Poo (JIExpo Kemayoran & Cipta Murdaya Group) - Rp 28 triliun
10. Mochtar Riady dan Keluarga (Lippo Group) - Rp 25 triliun
11. Theodore Rachmat (Triputra & Adaro Group) - Rp 24 triliun
12. Putera Sampoerna – Rp 24 triliun
13. Eddy Katuari (Wings) – Rp 23 triliun
14. Peter Sondakh (Rajawali Group) – Rp 22 triliun
15. Ciputra – Rp 21 triliun
16. Sukanto Tanoto (Paper One Pulp) – Rp 20 triliun
17. Rusdi Kirana (Lion Air Group) – Rp 19 triliun
18. Martua Sitorus (Wilmar International) – Rp 19 triliun
19. Eddy Kusnadi Sariaatmadja (SCTV & Indosiar) – 18 triliun
20. Ciliandra Fangiono (First Resource) – Rp 18 triliun

Angka-angka kekayaan 20 orang ini memang sungguh cetar membahana. Bagi mereka, harga tanah di Sudirman yang tembus Rp 250 juta per meter persegi sungguh bukan persoalan. Keciiiiil....

Daripada sekadar kagum dan bengong yuk belajar dari mereka. Ada 3 fakta mengejutkan yang bisa dipetik dari daftar 20 orang terkaya tersebut.

Fakta Pertama : Non Pribumi memimpin..
Super Rich Surprising Fact #1 : 90% dari 20 orang terkaya Indonesia adalah keturunan Tionghoa.
Benar, dari daftar di atas hanya 1 orang yang pengusaha pribumi yakni Chairul Tanjung. Satu lagi adalah keturunan India yakni Prakash Lohia (urutan 5). Bahkan Martua Sitorus (peringkat 18) bukan orang Batak. Dia warga China yang diberi kehormatan marga Batak.
Sisanya atau 90% orang terkaya di Indonesia adalah warga Tionghoa. Angka persentase ini juga berlaku untuk daftar 50 orang terkaya...(miris ya?)
Fakta 90% orang terkaya di Indonesia adalah warga etnis Tionghoa adalah fakta yang amat menarik. Apalagi jika mengingat bahwa populasi mereka di Indonesia hanya sekitar 3%. Just incredible. Susah dibayangin....makanya gak usah dibayangin dibaca ajahh...
(baca : mengapa keturunan Cina jauh lebih berhasil?)

Melihat fakta fenomenal semacam itu, apa sebaiknya respon kita?
Menganga??? Protes??? Marah??? Merasa di khianati??
Gak usah baper ah...!!!

Saya mah gak tahu dengan pikiran Anda, namun bagusnya mungkin lebih bijak jika memilih respon seperti ini :  hmm, menarik faktanya. Bismilah saya akan belajar dari keunggulan mereka, dan bekerja keras supaya one day saya bisa sekaya mereka. Itu baru namanya spirit sukses, semangat buat berhasil...fighting!!!
Saya kan punya Allah, masa' sih yang gak bertuhan Allah bisa kaya trus saya nggak? Bagi yang masih baper baca ini "mengapa orang kafir diberi rezeki padahal mereka gak nyembah Allah?"

Berpikir positiflah. 
Pelajari kunci suksesnya dengan jernih (gak pake baper), dan lalu berjuang untuk mereplikasi pencapaian yang amazing semacam itu (nyontek kebehasilan orang kan gak dilarang, yang dilarang itu nyontek pas ujian...)

Itulah mindset yang dulu mungkin juga dipegang oleh Chairul Tanjung. Daripada protes dan menyalahkan situasi, dia bekerja keras, dan akhirnya membuktikan bisa masuk dalam daftar 20 besar.
Prestasi yang amat impresif  (mengesankan dan bikin sirik) ini (bayangin ajahh 3% populasi menduduki 90% orang terkaya se-Indonesia) selayaknya memacu siapapun warga Indonesia untuk juga bisa seperti mereka. Berjuang agar menjadi “super tajir” dan mampu menyediakan ratusan ribu lapangan kerja buat sesama. Apalagi yang ngaku dirinya Muslim yang konon wajib kaya!
Selain memperbaiki amalan, baikkan juga ikhtiarnya..

Fakta Kedua : Mulai dari nol.
Super Rich Surprising Fact #2 : Mantan Calo Jadi Miliuner
Dari daftar di atas, sebagian memang ada yang kaya karena warisan orang tua (contoh Anthony Salim dan Putra Sampoerna). Namun lebih banyak yang memulai dari nol dengan tenaga sendiri.

Eka Tjipta Wijaya memulai bisnisnya dengan cara yang sangat bersahaja : keliling sepeda di kota Makassar untuk jualan permen dan biskuit. Keliling naik sepeda ontel !! Kegigihan dan daya juang kelas dewa yang membuat dia jadi seperti sekarang. Pada gak tau kan?

Chairul Tanjung memulai bisnisnya sejak mahasiswa dengan jualan buku dan fotocopy catatan kuliah. Lalu keliling menawarkan kepada teman-temannya. Dia merangkak dari bawah.
Namun yang paling mengejutkan adalah pendiri Lion Air. Mungkin tak banyak yang tahu, Rusdi Kirana memulai karir usahanya sebagai calo tiket di Bandara Halim pada tahun 80-an. Jalan keliling di sekitar bandar, menjajakan tiket kepada calon penumpang dengan baju dekil.
Pelan-pelan usahanya maju : dari calo keliling menjadi agen penjualan tiket. Lalu di tahun 2000 ia beli satu pesawat bekas. Dan kini ia punya 200 pesawat Boeing terbaru, dengan kekayaan 19 triliun.

Gak ada yang gak mungkin..
Impossible is nothing. Kata imposisible saja bilang "I'm possible" Saya mungkin !
Kegigihan dan daya juang adalah kunci. Meski memulai dari nol, Anda bisa sukses asal punya daya resiliensi (daya juang)  dan percaya akan “keajaiban rezeki”.  (baca : cara mudah dapat rezeki menurut Al Quran)
Anda bisa menjadi miliuner meski harus merangkak dari bawah : entah dari jualan biskuit sambil naik sepeda ontel, atau menjajakan tiket pesawat di jalanan berdebu kepada calon pelanggan. Udah ada bukti kan?
Mereka ini kita sebut K.A.F.I.R karena gak bertuhan Allah, tapi kok ya sukses...!! Kita yang punya Allah dari tahun ke tahun tetap aja kere...(harusnya malu kan..ya?). Pasti ada yang salah...Padahal Allah gak menciptakan kemiskinan lho. Kalo kebetulan anda kere salahnya bukan di Allah.. tapi di Anda !
Bener...kaya itu pilihan ! Mereka yang kafir kebetulan milih pengen kaya dan mereka melakukan segala daya upaya buat kaya..dan berlakulah Sunnatullah yang berikhtiar akan dapat hasil..

Fakta ketiga : Mereka mengontrol kita.
Super Rich Surprising Fact #3  =  10% Menguasai 90%
50 orang yang mengisi daftar orang terkaya Indonesia itu mungkin menguasai hingga 90% aset ekonomi bisnis yang ada di tanah air.
Itu sejalan dengan prinsip Pareto : di dunia ini selalu terjadi kecenderungan 10 – 20% populasi akan mengontrol 70 hingga 90% output.

Seperti biasa, orang dengan mentalitas miskin dan mindset negatif akan langsung baper tingkat dewa, bicara blah-blah tentang ketimpangan sosial, kesenjanganlah dan aneka bullshit lainnya.
Mereka seperti biasa juga akan mengumpat : yang kaya makin kaya, yang miskin makin kere, kalo perlu ngata-ngatain pemerintah yang gak becus dan blah-blah lainnya.
Tak ada yang salah dengan aneka respon semacam itu. Wajar banget..namanya juga baper kan..??
Namun  apakah dengan memaki-maki kedaan, Anda akan menjadi milyuner menggantikan mereka?  Kayaknya susah, mental kaya gak ada yang suka mengumpat dan baper. Mereka dimatangkan oleh keadaan...
Ngomel-ngomel dan sok kritis (namun zero action) hanya akan membuat nasib kita terus berkubang dalam kenestapaan yang kelam. Ini bener lho !


Sebaliknya, orang dengan mentalitas kaya dan mindset positif akan komen seperti ini : hmm, keliatannya menarik 10% orang terkaya menguasai 90% aset ekonomi. Bismilah, saya akan berjuang supaya menjadi yang 10% itu. Gittu !!!
Tapi bagi kita yang muslim ada tambahannya ....
Agar saya bisa lebih banyak berbagi harta kepada yang lebih membutuhkan. Agar saya bisa memberikan dana Rp 100 milyar untuk membiayai pendidikan anak-anak kurang mampu.

Syukur-syukur anda bisa seperti orang terkaya dunia yaitu Bill Gates yang akan menyedekahkan 99% kekayaannya untuk amal kemanusiaan.
ORANG dengan MENTALITAS KAYA SELALU  THINK POSITIVE and TAKE ACTIONS (bukan sekedar complain / ngeluh / baper)!
Orang sukses yang positif akan terus berjuang untuk membangun imperium bisnis yang kokoh, membuat produk yang "WOW" secara kreatif demi menciptakan aliran rezeki yang masif dan mencetak ribuan lapangan kerja.

DEMIKIANLAH, 3 fakta mengejutkan yang layak dipetik dari daftar orang terkaya Indonesia 2016.
Be Rich. Be Wealth Creators. Be Awesome.
Stop Complaining..!!

Wallahu alam

Comments

  1. makasih infonya sangat menarik, kunjungi http://bit.ly/2wDDymQ

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bolehkah Menolak Rezeki?

Doa Agar Rezeki Tak Terputus

Menarik Rezeki dengan Asmaul Husna (5)