Posts

Showing posts with the label kisah

Toleransi Ala Uztad Felix Siaw

Image
ARTIKEL KE 753  TOLERANSI ITU MEMBIARKAN, BUKAN MENGIKUTI Berikut ini adalah kisah Uztad keturunan Cina, Felix Siaw saat awal memeluk Islam dan bercerita soal makna toleransi dalam keluarga besarnya. Uzatz Felix memulai ceritanya, "Walau masih berbeda aqidah dgn kedua orangtua, Alhamdulillah saya dikaruniai kemudahan dalam keluarga. Saat pertama kali menjadi Muslim di tahun 2002, setelah 18 tahun merayakan Natal terasa banyak perubahan, terutama setelah saya memahami agama Islam.

Proses berpikir lah yang mengantarkan saya pada Islam, agama logis yang bisa memuaskan akal, menenangkan hati, dan sesuai fitrah. Prinsip tauhid di dalam Islam itu sederhana dan sangat mengena. Prinsip Satu Tuhan itu menenangkan dan menentramkan.

Setelah menjadi seorang Muslim tentu banyak penyesuaian yang harus saya lakukan, "lanjut uzatz Felix. Aqidah Islam tentu mengubah banyak prinsip hidup. Salah satu prinsip yang terpenting adalah penjagaan terhadap aqidah agar tidak terjatuh pada pemahaman lama ya…

Titipan Rezeki dari Allah

Image
ARTIKEL KE 749  Kalo rezeki tak akan kemana   Kisah ini menurut penuturnya adalah kisah nyata yang dialami seorang uztad yang saya tuliskan kembali di sini agar bisa menjadi pelajaran bagi kita.
Suatu ketika sang uztad (Uy) mendapat undangan ceramah di luar kota, berangkatlah beliau dari rumah menuju bandara Soekarno-Hatta dengan taksi.
Sepanjang perjalanan beliau ngobrol dengan supir taksinya (ST);


Uy: "Ngomong², udah berapa lama bawa taksi pak?
ST: "Belum lama sih pak, baru beberapa bulan saja".
Uy: "Ooh gitu, emang sebelumnya kerja?".
ST: "Dulu sempat kerja di perusahaan perkapalan di Surabaya, kebetulan dulu kuliah Tehnik Mesin di ITS, trus perusahaannya bangkrut jadi saya kena PHK, lama nganggur di Surabaya akhirnya saya putuskan pindah ke Jakarta.
Uy "Wah, sayang sekali ya, ngomong² anak sudah berapa?".
ST: "Alhamdulillah sudah 4 pak, yang besar malah udah mau tamat SMA".
Uy: "Oh gitu, kalo boleh tau, narik taksi sehari bers…

Beda Pendapat Soal Rezeki

Image
Artikel ke 748 Beda pendapat murid dan guru  Perbedaaan pendapat itu berkah, jangan dijadikan ladang buat berdebat dan saling membenci. Berdebat hanya dilakukan oleh mereka yang sering gagal paham. Saking pengennya diakui pendapatnya sampe perlu menantang debat segala. Padahal debat gak menghebatkan malah menghinakan bila tak bijaksana mengutarakannya.

Suatu ketika Sang Guru, Imam Malik menyampaikan dalam majelis: “Sesungguhnya rezeki itu datang tanpa sebab, cukup dengan tawakkal yang benar kepada Allah niscaya Allah akan berikan Rezeki. Lakukan yang menjadi bagianmu, selanjutnya biarkan Allah yang mengurus lainnya.” Mendengar hal itu, Imam Syafi’i, sang murid ternyata punya pendapat lain. Yang disampaikan oleh gurunya tidak disanggahnya tapi beliau lebih memilih aktif daripada pasif kalo urusan rezeki seperti yang dikemukakan Sang Guru. Sang Murid mengumpamakan dengan seekor burung. Seandainya seekor burung tidak keluar dari sangkarnya berpagi-pagi, bagaimana mungkin ia akan mendapatka…

Fokus Pada Kekuatan

Image
ARTIKEL 745  Memenej KekuatanSaya suka sekali nonton National Geographic Channel yang memberitakan hal-hal penting terkait fenomena alam yang terjadi di bumi, baik itu manusianya, hewan, tumbuhan bagaimana mereka saling tergantung satu sama lain dan berinteraksi. Suatu ketika saya menonton tayangan kejar-kejaran antara seekor rusa dan singa. Hal seperti ini lumrah di alam liar, di mana pemangsa dan mangsa saling berlomba, pemangsa berlomba mengejar mangsanya dan mangsa berlomba melarikan diri dari pemangsa. Tapi di setiap tayangan selalu berakhir sedih (sad ending) di mana rusa pasti berhasil ditaklukkan oleh singa. Apakah mungkin kecepatan lari singa yang lebih tinggi dari kecepatan lari rusa, sehingga selalu berhasil memangsa rusa liar di alam bebas? Ternyata tidak ! 

Berdasarkan literatur.... Kecepatan lari RUSA  mencapai 90 km/jam sementara kecepatan lari SINGA cuma 58 km/jam. Kecepatan lari kedua binatang ini berbeda jauh sekali. Anehnya kok bisa singa begitu gampang mengejar rusa k…

Belajar Menerima Kekurangan Pasangan

Image
ARTIKEL KE 744  ★ MUTIARA BERNODA ★ Kadang dalam hidup kita merasa menjadi manusia paling malang karena selalu didera masalah. Sepertinya masalah enggan pergi dari hidup kita, selalu saja ada sehingga menumpuk membuat puyeng kepala. Padahal kalo mau dipikir-pikir hidup ini butuh masalah, karena itulah yang membedakan kita dengan penghuni kuburan. 
Berikut adalah kisah bagaimana menyikapi masalah, terutama dalam rumah tangga.


Ada seorang tua yang sangat beruntung. Dia menemukan sebutir mutiara yang besar dan sangat indah. Namun kebahagiaannya segera berganti menjadi kekecewaan begitu dia mengetahui ada sebuah noda hitam kecil di atas mutiara tersebut. Hatinya kemudian bergumam, kalaulah tidak ada noda hitam ini setitik, mutiaranya akan menjadi yang tercantik dan paling sempurna di dunia. Semakin dia pikirkan semakin kecewa hatinya. Akhirnya, dia memutuskan untuk menghilangkan titik noda dengan menggerus lapisan permukaan mutiara tersebut. Tetapi setelah dia menggerus lapisan pertama, noda te…

Menciptakan Keajaiban dengan Mudah

Image
ARTIKEL KE 742  Menciptakan Keajaiban  Kisah yang memotivasi agar kita tidak putus pengharapan.. Sebuah Perusahaan memiliki tradisi mengadakan pesta setiap malam pergantian Tahun dengan mengadakan undian berhadiah ... Aturan undian, setiap Karyawan menyetor 10 Dolar sebagai dana awal, hingga dari 300 Karyawan terkumpulah 3000 dolar. Pada saat perayaan malam tahun baru diundilah nama-nama para karyawan. Yang beruntung akan mendapat semua uang yang terkumpul ... Pada hari H, kantor dipenuhi suasana yang semarak; semua orang menuliskan namanya dikertas dan memasukkannya ke dalam kotak undian di sudut panggung ...

Seorang pemuda nampak ragu-ragu untuk menuliskan namanya ; menurutnya, orang yang paling pantas mendapatkan hadiah undian tersebut adalah ibu cleaning service di perusahaan tersebut. Ibu itu diketahui memiliki gaji pas-pasan, hanya cukupuntuk bertahan hidup. Baru-baru ini anaknya ini didiagnosa mengalami kebocoran Jantung, tapi dia tidak punya cukup uang untuk membayar biaya opera…

Miskin Bukan Berarti Tak Punya dan Kaya Bukan Berarti Punya Segalanya

Image
ARTIKEL KE 739  KISAH MENYENTUHKisah ini entah saya baca di mana, saya lupa. Tapi sangat menyentuh dan membuat saya berhati-hati melakukan penilaian terhadap orang lain. Karena penilaian kita belum tentu benar, seperti apa yang dialami oleh gadis muda berikut ini.


Konon kisah ini adalah kisah nyata. Dikisahkan ada seorang gadis yang memutuskan hidup mandiri dan menyewa rumah sederhana di pinggiran kota. Bersebelahan dengan rumah yang disewanya adalah rumah seorang ibu miskin yang hidup dengan dua anaknya. Sebelumnya karena kesibukan pekerjaan dia tak pernah peduli dengan tetangganya yang miskin itu. Tak ada keperluan dan tak ada kepentingan. Tapi suatu malam tiba-tiba listrik di rumahnya padam. Dalam keadaan gelap gulita dengan bantuan cahaya handphone gadis itu menuju lemari mau mengambil lilin. Tiba-tiba terdengar suara ketukan. Siapa gerangan yang mengetuk pintu di malam hari yang gelap gulita seperti ini?....Begitu pikirnya...

Dengan setengah takut disingkapnya gorden dan terlihat b…

Cerewet Membawa Rezeki

Image
ARTIKEL KE 737Cerewet membawa rezeki.. Postingan ini adalah tentang apa yang umum terjadi dalam rumah tangga.. Sang anak ogah tinggal di rumah, alasannya karena ayahnya suka ‘ngomel’ cerewet dan nyinyir;
"Wah, kamu ninggalin ruangan kek uler mana kipas angin gak dimatiin lagi."
“Matikan TV. Jangan biarin nyala tapi gak ada yang nonton, hemat energi, hemat listrik, bayarnya pake duit bukan pake daun mangga..!!"
“Jangan biarin pena jatuh ke bawah meja trus gak dipungut dan dikembaliin ke tempat semula, barang kecil dan murah pun kalo mo dipake trus gak ada di tempatnya bikin kesel ” Itulah sebagian dari "kata-kata mutiara" ayahnya yang harus dia denger setiap hari. Sang anak gak suka diomelin untuk hal-hal kecil seperti ini.. Tapi dia harus pasrah dan gak protes karena hidup masih numpang dirumah ayahnya. Akhirnya tibalah hari dimana dia mendapat undangan wawancara kerja... "Begitu saya dapatin pekerjaan itu, saya akan meninggalkan kota ini. Gak akan ada lagi omelan…

Akulah Pemakan Riba !!!

Image
ARTIKEL KE 736  CERITA DIBALIK HIJRAHNYA SEORANG PENGUSAHA KUE..   Cerita ini adalah pengalaman seorang pengusaha brownis di Purwokerto yang mengawali kariernya di sebuah bank BUMN. Saya tuliskan di sini agar bisa jadi inspirasi buat siapa saja. Terlepas anda sependapat atau tidak..



Karierku di awali di sebuah bank BUMN ternama. Tugasku banyak di lapangan berurusan dengan masyarakat sekitar. Aku di beri target tertentu yang harus dicapai. Tugas utamaku membujuk orang-orang yang punya usaha agar mau berhutang dengan bunga tertentu di bank tempatku bekerja.. kuyakinkan mereka dengan penjelasan bahwa bunga pertahun tak seberapa banyak sambil mengarahkan mereka agar mengambil hutang lebih dari setahun, sehingga pemasukan bunga untuk bank lebih besar!! Targetku terlampaui dan tentu saja aku dapat bonus yang besar karenanya.
Aku jadi karyawan teladan!!
Aku adalah ujung tombak perusahaan yang lihai dalam memasarkan kredit!! Yaa.. aku adalah salah satu dari sekian banyak prajurit di bank BUMN den…

Puasa yang Mempengaruhi Perilaku

Image
ARTIKEL KE 733  PUASA SEJATI (the true fasting) Karena sekarang lagi bulan ramadhan, tulisan tentang puasa sangat relevan untuk dibaca di sela-sela kesibukan dan ibadah utama lainnya.
Dikisahkan pada suatu hari Imam Ahmad Ibnu Hanbal rahimahullāh sedang berpuasa. Saat menjelang buka puasa dengan dua potong roti kering, tiba-iba datanglah seorang pengemis ke rumah beliau untuk meminta belas kasihan.


Imam Ahmad merasa iba dengannya dan memberikan dua potong roti kering yang sedianya akan dipake berbuka, sementara tak ada lagi makanan yang tersisa di rumah beliau.
Beliau berbuka hanya dengan segelas air putih dan keesokan harinya bersahurpun dengan segelas air putih. Luar biasa bukan iman orang-orang saleh ? (baca : bebaskan hal ini di bulan ramadhan)
Orang yang berpuasa tak hanya sekedar menahan rasa lapar dan dahaga saja tapi praktis puasanya telah mempengaruhi perilaku kesehariannya. Inilah yang disebut "the true fasting" alias PUASA SEJATI (sebenar-benarnya puasa).

Apakah PUAS…

Kebaikan PASTI berbalas

Image
ARTIKEL KE 719Lakukan Saja Ini kisah nyata yang terjadi pada tahun 1892 di Stanford University.  Pesan moralnya masih relevan saat ini. Ada seorang mahasiswa muda berusia 18 tahun yang berjuang untuk membayar biaya kuliahnya.  Dia seorang yatim piatu, dan tidak tahu ke mana harus mendapatkan uang.  Akhirnya dia dapat ide yang cemerlang.  Bersama seorang temannya, ia memutuskan untuk menggelar konser musik di kampus guna mengumpulkan uang untuk biaya pendidikan mereka. Konser itu mereka adakan dengn mendatangkan pianis besar Ignacy J. Paderewski. 

Manajer sang pianis  meminta biaya sebesar $ 2.000 untuk konser piano.  Sebuah kesepakatan pun terjadi.  Dua anak muda itu pun mulai bekerja untuk membuat konser sukses. Hari besar tiba. Paderewski akan melaksanakan konser piano di Stanford University. Tapi sayangnya, si kedua mahasiswa tidak berhasil menjual tiket sesuai target. Total tiket yg terjual hanya $ 1,600.  Keduanya kecewa, Mereka lalu pergi ke Paderewski dan menjelaskan keadaan mereka.  Mereka …