Posts

Showing posts with the label alasan

Doa Siapa Saja yang Diijabah Allah?

Image
ARTIKEL KE 890  Teruslah berdoaMenjawab pertanyaan di atas, doa siapakah yang diijabah Allah?...ya doa semua orang yang memohon kepadaNYA. Gak ada doa yang dicuekin, semua dijawab tapi tentu dengan cara Allah dan pada waktu yang diinginkanNYA.

Para cendekiawan Muslim ngajarin kita bahwa kalo doa mau diijabah, itu harus memenuhi ketentuan berikut ini:

1. Tulus ato ikhlas...
Doa mbok ya jangan kesusu, jangan keburu-buru....
Jangan hantam kromo yang penting keucap aja..kebaca aja atau ngikutin doa yang populer...
Pelan-pelan aja, keluarin dari lubuk hati yang paling dalam.
Minta sama Allah dengan pengharapan bakal dikabulkan..kalo perlu meneteskan air mata pasrah mengakui kelemahan diri dan kerentanan atas masalah dan bergantung penyelesaiannya pada Allah SWT.
Ketulusan dalam berdoa. Ini adalah kondisi paling penting. 

2. Tobat dulu
Gak ada manusia yang bersih dari dosa. Sebelum ngajuin proposal dalam bentuk doa kepada Allah kita kudu mohon ampun dulu atas dosa dan kekhilafan yang terlanjur terbu…

Guru Banyak Rezekinya

Image
ARTIKEL KE 888  UNTUK PARA GURU  Setiap kesempatan reuni dan bertemu lagi dengan para guru yang ngajarin saya di sekolah menengah dulu, selalu terbetik pertanyaan ini "kenapa Sang Guru awet muda?". Dari jaman saya sekolah dulu sampe sekarang penampakan mereka gak berubah paling hanya rambut yang tadinya hitam kini sudah berhias uban disana-sani.. Sampe kemudian terselip jawaban ini.. Mungkin karena selalu bekerja dengan penuh kebahagiaan serta ketulusan mendampingi siswa yang beraneka ragam.. Ada yang nakalnya gak ketulungan, ada yang jail dan ada pula yang berhias sejuta masalah. Siswa yang baik-baik kek saya gak usah disebutin kali ya...gak penting hehehe...

Kalo hidupnya berhias kebahagiaan dan ketulusan mendidik sekian banyak anak murid, tamat sepuluh datang seribu, pasti para guru ini selamat dunia akhirat.. Kenapa Sang Guru selalu selamat?
Karena tiap pagi saat menyambut anak didiknya dengan antusias siswa akan menyapa dengan ucapan Assalamu'alaikum/selamat pagi".…

Mengapa Sombong Menghalangi Rezeki?

Image
ARTIKEL KE 883  MAHLUK PALING HINADi sebuah pondok pesantren, terdapat seorang santri yang tengah menuntut ilmu pada seorang Kyai. Sudah bertahun-tahun lamanya si santri belajar. Hingga tibalah saat dimana dia akan diperbolehkan pulang untuk mengabdi kepada masyarakat. Sebelum si Santri pulang, Kyai memberinya sebuah ujian untuk membuktikan apakah ilmu yang dipelajarinya betul-betul bisa dipahami dengan baik. Pak Kyai kemudian berkata pada si santri. "Sebelum kamu pulang, dalam tiga hari ini, aku ingin meminta kamu mencarikan seorang ataupun makhluk yang lebih hina dan lebih buruk dari kamu, sehingga kamu yakin kamu bakalan masuk surga dan dia masuk neraka “ Si santri sangat paham dengan kyainya, kemudaian berkata dengan yakin, “Tiga hari itu terlalu lama Kyai, hari ini aku bisa menemukan banyak orang atau makhluk yang lebih buruk dari padaku yang bisa dipastikan dia masuk neraka" Sang Kyai tersenyum seraya mempersilakan muridnya membawa seorang ataupun makhluk itu kehadapannya. …

Apakah Jatuh Cinta Itu Rezeki?

Image
ARTIKEL KE 869  JATUH CINTALAH KARENA CINTA ITU REZEKI  Mungkin para jomblowers sering bertanya pertanyaan ini... Mengapa orang menikah ? Toh banyak yang tak menikah hidupnya baik-baik saja? Yang penting bisa makan, cukup duit buat bertahan hidup dan cukup waktu buat ibadah.. Apakah karena mereka jatuh cinta? Apa pula cinta itu? Bukankah itu hanya perasaan melenakan akibat kebanyakan baca novel romantis atau drama televisi? Mengapa rumah tangganya kemudian bahagia, sementara pasangan yang lain banyak yang berpisah ?
Apakah jatuh cinta itu penting? Apakah jatuh cinta itu rezeki sehingga bisa berkurang nilainya layaknya rezeki yang naik turun, kadang banyak kadang sedikit? Mengapa perasaan cinta bisa naik turun dan akhirnya lenyap sama sekali? Ribuan pertanyaan tentang cinta menginspirasi para seniman dan artis untuk berkarya...Terciptalah lagu, puisi, film, karya tulis bertema cinta..

Ya..cinta adalah fitrah manusia.. Telah ada pada dirinya sejak lahir.. Kita lahir pun karena buah cinta orang tua…

Mengapa Allah Sibukkan Kita dengan Dunia?

Image
ARTIKEL KE 866  BILA ALLAH TIDAK MENGHENDAKI KITA LAGIMenjawab pertanyaan dari judul di atas, mengapa Allah sibukkan kita dengan urusan dunia? Bukan hal yang aneh lagi melihat kesibukan manusia mengejar rezeki. Semua mencarinya siang malam, menyibukkan diri mengejarnya demi sebuah kenyamanan hidup yang fana. Ibadah pun jadi keteteran, kalo pun dilakukan biasanya di akhir waktu, last minute itu pun ala kadarnya. Sekedar melakukan untuk penggugur kewajiban.. Padahal inilah yang nantinya akan jadi bekal yang kita bawa di hadapan Allah.. Tapi apa yang kita lakukan? Menyibukkan diri dengan hal yang fana, yang akan kita tinggalkan dan melalaikan apa yang akan kita bawa.. Kita semua berlomba mencari rezeki yang melalaikan... Perlombaan itu terus terjadi dari dulu sampai sekarang
Mengapa kita disibukkan dengan semua itu? Mungkin karena Allah bosan dengan tingkah laku kita yang begitu bangga dengan dosa-dosa... Bila Allah sudah tidak menghendaki kita lagi maka... Allah akan sibukkan kita dengan urusan …

Mengapa Makkah dan Madinah Jarang Kena Gempa?

Image
ARTIKEL KE 862  TANAH SUCI DAN GEMPA BUMI  Ini cerita salah seorang pembimbing haji/umrah yang saya tuliskan kembali di sini.. Beberapa tahun lalu, saya pernah membimbing jamaah umroh seorang muallaf berasal dari Bali yang sebelumnya beragama Hindu. Dia seorang dosen ahli geologi dan mengajar mata kuliah geologi pada mahasiswa di Institut Teknologi Bandung. Dia mengaku bahwa dirinya mengenal karakter setiap batu yang ada di bumi ini. Mulai dari batu karang yang terdapat di dalam samudera, hingga bentuk batu yang berada di atas gunung tertinggi, seperti Himalaya. Singkat kata, semua batu yang ada di dalam dan di atas bumi ia mengenalnya.

Suatu saat, dia meminta saya untuk mengantarnya ke Hajar Aswad, karena ingin sekali dia mencium batu yang banyak dicium oleh jutaan kaum muslimin dari seluruh dunia. Ia pun berhasil mencium Hajar Aswad yang terletak di salah satu sudut (rukun) Ka’bah, yang dinamakan rukun hajar aswad. Usai keluar dari Masjidil Haram dan kembali ke hotel, ia mengaku kepada…

Azab Kubur Bagi Pelaku Riba

Image
ARTIKEL KE 860  Menjauhkan RIBA.   Tulisan lalu mengaitkan bencana dan suburnya praktek riba di lingkungan kita. Artikel kali ini masih terkait dengan riba.. Ceritanya kok mirip-mirip drama sinetron azab membawa sengsara tapi sudahlah..kita ambil hikmahnya saja.. Tulisan ini adalah kesaksian sebut saja A dari seseorang yang meyaksikan azab bagi pelaku riba dengan mata kepalanya sendiri. Saya tak bisa memastikan apakah kesaksiannya hoax ataupun bukan. Intinya pimpinan cabang sebuah Bank plat merah dikabarkan meninggal dunia. Almarhum adalah orang yang terkenal baik, rajin sholat, selalu tahajud (pada waktu fun gathering ke pulau disaat yg lain sibuk karaoke, main musik, main kartu, minum bir, almarhum bertahan di kamar dan tahajud). Pimpinan yang baik di mata anak buahnya, royal dalam berbagi, meninggal dunia di umur yang boleh dikatakan masih muda, 43 tahun.

A dan beberapa teman dari kantor ikut mengantar sampai ke pemakaman di Karet Tengsin depan Citywalk Sudirman.
Alhamdulillah, pema…

Kitalah Terdakwa yang Sesungguhnya

Image
ARTIKEL KE 859  Terdakwa Yang Sesungguhnya  Bisa jadi tulisan ini menimbulkan polemik bagi anda yang tak menyukainya. Lewati saja bila anda tidak sependapat ataupun tidak menyukainya. Karena perdebatan tak akan menyelesaikan masalah..
Artikel lalu berbicara soal bencana, artikel kali ini juga masih terkait dengan bencana tapi dilihat dari segi yang lain.. Bencana silih berganti melanda negeri kita, negeri berpenduduk muslim terbesar di dunia. Karena kebanyakan penduduknya muslim harusnya negeri ini adalah negeri yang diberkahi karena kita punya Allah yang Maha Kuasa, Maha Kaya dan Maha Memberi Kemudahan. Tapi alih-alih rezeki yang datang kok malah bencana? Ada apa dengan negeri ini? Ada apa dengan manusia yang menghuni negara kepulauan bernama Indonesia ini?

Seorang Irene Radjiman bertanya pada gurunya.. "Guru, bagaimana dalam pandangan Islam tentang bencana alam yang akhir-akhir ini sering terjadi di negeri ini. Banyak yang mengatakan semua ini azab dan mengaitkannya dengan pelaku m…

Menemukan Karier yang Cocok itu Gampang

Image
ARTIKEL KE 856  PENDIDIKAN FORMAL YANG BIKIN RUMIT  Sekarang lagi waktu pendaftaran CPNS, semua orang sibuk mempersiapkan berkas yang dibutuhkan dan mempersiapkan diri untuk mengikuti tes. Sebagian lagi kasak kusuk berusaha mencari koneksi agar bisa lulus lewat jalan pintas meskipun harus menyerahkan sejumlah uang... Apakah PNS satu-satunya karier yang bisa cocok bagi semua orang? Betulkah menemukan karier yang cocok itu susah? Bagaimana cara gampang menemukannya?

Menurut praktisi talent mapping, sebenarnya mengenal sifat, bakat, dan potensi diri adalah sesuatu hal yang lumrah, yang biasa saja, yang sejak dahulu pun orang bisa melakukannya tanpa tergantung pada suatu metode khusus. Dari dulu orang sudah tahu bahwa mereka yang ramah, supel, dan pandai berteman akan bagus jika mau berdagang. Dengan mudah ia bisa menawarkan barang dagangannya kepada siapapun, dan pembelinya akan dilayani dengan ramah sehingga loyal. beli lagi dan beli lagi ngga pernah bosen. Dan sebaliknya kita akan mencari me…

Alam Tak Pernah Salah

Image
ARTIKEL KE 853  Jangan Menyalahkan Alam!  Masih lanjutan dari tulisan saya di awal bulan Oktober ini mengenai bencana yang terus menerus menimpa negara kita. Mengapa bencana datang? Apakah benar alam telah bosan melihat tingkah kita yang penuh salah dan dosa sebagaimana syair dari salah satu lagu Ebiet G Ade? Indonesiaku sayang, Indonesiaku malang. Negeri yang kaya, gemah ripah loh jinawi, jumlah penduduk muslimnya paling besar di seluruh dunia tapi terus didera masalah...Kekeringan yang tak kunjung hilang, krisis yang semakin eksis, bencana yang banyak melanda, kekacauan yang tak karuan dan longsor multi dimensi datang silih berganti. Apakah bumi ini tak lagi layak untuk dihuni? Apakah alam tak lagi bersahabat? Siapakah dalang dibalik kekacauan ini? Apa solusinya? Allah ta’ala berfirman ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُمْ بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ “Telah tampak kerusakan di darat dan di laut akibat perbuatan tanga…