Posts

Showing posts with the label alasan

Alasan Mengapa Bersikap Ridha Itu Penting

Image
ARTIKEL KE 840  Ridha Menerima Kejadian   KESIAPAN diri sangatlah penting dalam rangka menghadapi segala kemungkinan yang bisa terjadi di dalam kehidupan ini. Namun jika hal tersebut telah terjadi, sikap yang harus kita miliki adalah ridha. Ridha terhadap apa yang akhirnya terjadi atau ridha pada hasil yang akhirnya kita terima setelah usaha yang kita lakukan. 


Mengapa kita harus ridha? Karena jika kita tidak ridha pun, kejadian atau hasil itu tetap terjadi. Contohnya sederhananya adalah apabila kita sedang berjalan di tengah lapangan basket, kemudian ada satu bola basket yang terlempar keluar lapangan dan mengenai kepala kita. Meskipun sebelumnya kita sering lewat situ tapi aman-aman saja...
Apakah hari ini kita lagi sial?
Apa sebenarnya kesialan itu?
Betulkah kita ditakdirkan sial hari ini?
Bisakah sial itu dibuang?
Seribu satu pikiran menari-nari di kepala kita...
Kita pun mulai berprasangka buruk padaNYA, pada Allah SWT...
"Kok aku kena bola basket hari ini ya Allah, salah ku tuh apa…

Beda Saudi dan Indonesia "cuma" ini

Image
ARTIKEL KE 835  Beda Saudi dan IndonesiaPada artikel lalu saya menulis tentang beda Indonesia dan Saudi dalam urusan rebutan merawat ibu kandung karena pahalanya yang besar.. Kali ini saya menyoroti segi lainnya.. Apa beda Saudi dan Indonesia?

Secara akal,  dari segi wilayah: INDONESIA
*Sepuluh kali lipat lebih luas dari Saudi* Dari segi kekayaan alam
*INDONESIA punya apel, asem, belimbing wuluh, cermai, dukuh, enau, flamboyan, gandaria, honje, kecapi, labu, mangga, nanas, okra, pisang, quince, rambai, sirsak, terong ungu, vanilla, wuni, pepaya, pala, alpukat, jambu, jeruk, bangkuang, semangka, nangka, duren,rambutan, Kesemek, lengkeng dan ribuan buah lainnya* SAUDI
*hanya punya buah kurma* INDONESIA
Sepanjang mata memandang
*ijo royoroyo, menghampar pohon yang rindang, kayu yang kuat, dan sayur mayurnya beragam rupa* SAUDI
Sepanjang mata memandang
*kering kerontang, gersang, berdebu berbatu-batu, hanya padang tandus dan gunung-gunung cadas yang terhampar* INDONESIA
Dibawah bumi
*ada minyak bumi, …

Jika Bisa, Sempatkanlah...!!

Image
ARTIKEL KE 833  SEMPATKANLAH SELAGI BISA...-----------------------------------(Ketika BJ Habibie berpidato diKairo, beliau berpesan "Saya diberikan rezeki oleh Allah berupa kecintaan pada teknologi sehingga saya bisa membuat pesawat terbang, tapi sekarang saya tahu bahwa ilmu agama itu lebih bermanfaat untuk umat Islam. Kalo saya disuruh memilih antara keduanya maka saya akan memilih ilmu Agama."

Seorang laki-laki tua duduk di teras rumahnya...... Rumah yang besar, mewah dan megah...  Namun sepi penghuni... Istri sudah meninggal...  Tangan menggigil karena lemah... Penyakit menggerogoti sejak lama... duduk tak enak, berjalan pun tak nyaman... Untunglah seorang kerabat jauh mau tinggal bersama menemani beserta seorang pembantu... Tiga anak, semuanya sukses... Berpendidikan tinggi sampai ke luar negeri... » Ada yang sekarang berkarir di luar negeri... » Ada yang bekerja di perusahaan asing dengan posisi tinggi... » dan ada pula yang jadi pengusaha ... Soal Ekonomi, saya angkat …

Betulkah Malam Jumat itu Malam Sunnah Rasul dan Keramat/Angker?

Image
ARTIKEL KE 825   MENGOLOK-OLOK MALAM JUMATTak terasa hari ini hari kamis lagi dan sebentar malam adalah malam jumat, status-status di media sosial sudah mulai nyeleneh mengkaitkan malam jumat sebagai malam sunnah rasul alias malam spesial untuk melakukan hubungan suami isteri (hubungan sexual). Penyebutannya mungkin karena tabu menyebutkan kata sex secara langsung..akhirnya diplesetkan jadi sunnah rasul.. Betulkah malam jumat itu malam sunnah rasul? Teringat pada artikel yang saya baca sebelumnya.. Baca ini ye,supaya kamu yang suka melecehkan/mengolok-olok kemuliaan malam jumat jadi terbuka otaknye.. Monggo dibaca baik-baik,

MELURUSKAN KEKELIRUAN MALAM JUM’AT MALAM HUBUNGAN INTIM SEBAGAI SUNNAH RASUL ?
Wahai ummat Rasulullah SAW jangan kamu "lecehkan" Rasulmu dengan mengkait-kaitkan malam jumat dengan hubungan intim. Sangat miris malam Jumat yang memiliki kekhususan ibadah dan kemuliaan kemudian diplesetkan sedemikian rupa dan diklaim sebagai sunnah Rasulullah. Sunnah yang benar …

Harta dan Tahtamu Bukan Bukti Cinta Allah padamu

Image
ARTIKEL KE 814  Hartamu, Jabatanmu, Bukan Bukti ALLAH Mencintaimu !  
Kadang-kadang orang menganggap bahwa harta dan jabatan adalah bukti  cinta ALLAH Ta'ala kepada seorang hamba. Bila ia kaya, banyak rezekinya, bila jabatannya tinggi, posisinya bagus, "tempat basah", tahta di tangan kanannya, tongkat komando di tangan kirinya, semua adalah tanda cinta ALLAH kepadanya.




Padahal ALLAH menyebutkan dalam firman-NYA,

“Apakah mereka mengira bahwa Kami memberikan harta dan anak-anak kepada mereka itu (berarti bahwa), Kami segera memberikan kebaikan-kebaikan kepada mereka? (Tidak), tetapi mereka tidak menyadarinya.”
(QS. Al-Mu’minun [23] : 55) Sekali lagi Tidak!

Tolok ukur kecintaan ALLAH Ta'ala bukanlah harta dan bukan pula tahta.
Mari kita belajar dari sejarah, dari kisah-kisah di masa lalu.. ...Ingatkah anda, ALLAH memberikan harta berlimpah kepada Qarun, padahal ALLAH  tidak mencintai Qarun ang akhir kisahnya kita semua tahu dia tenggelam ditelan bumi beserta semua harta yang diba…

Bolehkah Berharap Keberuntungan?

Image
ARTIKEL KE 813  Apakah kita butuh keberuntungan dalam hidup?  Saya pernah menulis artikel berjudul seberapa beruntung dan sialkah rezeki anda?Artikel ini membahas tentang keberuntungan dan kesialan yang diyakini orang pada rezekinya. Artikel kali ini saya lebih fokus pada keberuntungan. Bolehkah berharap keberuntungan pada rezeki kita atau apakah kita butuh keberuntungan dalam hidup?


Ada orang yang meyakini kalo keberuntungan sangatlah berarti dikarenakan ada ungkapan seperti di bawah ini:
orang bodoh akan dikalahkan oleh orang pintar, dan orang pintar akan dikalahkan oleh orang beruntung. 
Begitu pentingkah keberuntungan itu?

baca : betulkah sial bisa dibuang?

Jika keberuntungan itu sangat berarti bolehkah kita berharap selalu beruntung agar hidup kita lebih mudah dan lebih nyaman? Kan enak jika segala upaya selalu berhasil hanya karena angin keberuntungan lagi berada di atas kita. Istilah jaman now, lagi di atas angin. Tapi yang perlu diketahui keberuntungan merupakan sesuatu yang tidak …

Rezeki dari Undian kok Cepat Habis?

Image
ARTIKEL KE 812  Mengapa pemenang lotere uangnya cepat habis?Sering nelihat fenomena ini gak, teman, tetangga bahkan mungkin keluarga yang kedengaran menang undian dengan jumlah uang yang fantastis kembali jatuh miskin seperti keadaannya semula? Mengapa bisa begitu? Bukankah tadinya dia pegang banyak uang? Kok bisa cepat habis, apa uangnya gak berkah?


Mereka tidak terbiasa memiliki banyak uang.
Coba aja perhatikan kebanyakan pemenang lotere biasanya memiliki latar belakang ekonomi menengah ke bawah yang memiliki banyak waktu luang. Bagi mereka yang sibuk mencari rezeki tak ada waktu untuk membuang-buang duit yang berharga untuk membeli lotere dengan kemungkinan menang yang sangat kecil.
Bagi orang hidup berkekurangan, mereka terbiasa menghabiskan semua penghasilan mereka untuk sekedar bertahan hidup. Menabung, apalagi investasi, adalah hal terakhir yang ada di pikiran mereka ketika untuk makan saja sudah pas-pasan, hanya cukup untuk membeli kebutuhan yang apa adanya dari hari ke hari.


baca :…

Jangan Meremehkan Hutang

Image
ARTIKEL KE 808  HUTANG BISA MENGHANGUSKAN PAHALA AMAL IBADAHMU  Agama gak melarang kita untuk berhutang tapi ada ketentuan yang harus dipatuhi yang tujuannya juga untuk kepentingan kita. Rezeki yang banyak bisa jadi punya hutang yang banyak pula. Karena gak dilarang. Yang dilarang itu kalo ogah bayar hutang. Makanya jangan remehkan soal hutang piutang. Bila sudah punya kemampuan jangan ditunda-tunda lagi untuk membayarnya. Dalam Islam, hutang diperbolehkan, namun ada adabnya.

ADAB UTANG PIUTANG DALAM ISLAM ✅1. Jangan pernah tidak mencatat utang piutang. يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا تَدَايَنتُم بِدَيْنٍ إِلَىٰ أَجَلٍ مُّسَمًّى فَاكْتُبُوهُ ۚ... سورة البقرة 282 "Wahai orang-orang yang beriman, apabila kalian melakukan utang piutang untuk waktu yang ditentukan, hendaklah kalian menuliskannya." (QS Al-Baqarah: 282)
✅2. Jangan pernah berniat tidak melunasi utang. عَنْ رَسُولِ اللَّهِ ﷺ قَالَ ‏‏أَيُّمَا رَجُلٍ يَدَيَّنُ دَيْنًا وَهُوَ مُجْمِعٌ أَنْ لاَ يُوَفِّيَهُ إِيَّاهُ لَقِ…

Keharusan Menjadi Pribadi yang Terus Bertumbuh

Image
ARTIKEL KE 803  Menyikapi Sunnatullah dengan Benar   Untuk sukses dan banyak rezeki kita diharuskan menjadi pribadi yang terus bertumbuh setiap harinya. Bertumbuh ke arah yang lebih baik tentunya, bukan hanya fisiknya yang makin subur tapi juga pola pikirnya. Berikut adalah sunnah yang harus kita pahami dengan benar agar bisa menjadi pribadi yang terus bertumbuh.


Sunnah Tanafus (Hukum Berkompetisi)
Kalau kita perhatikan dengan cermat, tidak ada kehidupan di dunia ini yang bebas dari kompetisi. Ilmu pengetahuan modern telah mengajarkan kepada kita bahwa pada semua makhluk apakah it tumbuhan, hewan, atau manusia berlaku hukum the survival of the fittest atau siapa yang kuat maka ialah yang akan bertahan. Di Afrika sono, setiap pagi para singa mikir, bagemana caranya berlari lebih cepat dari rusa, supaya hari itu dia dapat makan dan ga mati kelaparan.
Sementara si rusa pun mikir, gimana caranya berlari lebih cepat dari singa, supaya hari itu dia gak jadi santapan singa.
Adalah insting kita b…