Posts

Showing posts with the label alasan

Semua Bisa Kaya dan Masuk Surga, Kecuali....

Image
Artikel ke 689  Mereka Hanyalah Motivator  Tulisan ini judulnya sangat menjanjikan, yaitu semua orang bisa kaya (cita-cita dunia) dan masuk surga (cita-cita utama), kecuali.... BAGI YANG GAK MAU ! Emang ada orang yang gak mau kaya dan ogah masuk surga? Ada lah ! Mereka yang kerjanya hanya berangan-angan saja, bermimpi jadi kaya, tapi gak melakukan apa-apa, gak ikhtiar, gak kerja apalagi berdoa. Berharap uang bakal jatuh dari langit. Mereka yang selama di dunia kerjanya maksiat melulu, jadinya panen dosa bukan panen pahala... ya surga pasti makin menjauh karenanya.
Ketika ngikutin seminar motivasi untuk sukses, kita gak seketika langsung jadi sukses setelah seminar selesai (baca : rajin ikut seminar kekayaan kok gak kaya-kaya?). 


Atau waktu baca buku motivasi biar cepat kaya, gak pake lama karena udah bosan miskin. Tapi tetap juga gak bisa langsung kaya seketika setelah buku dibaca sampe khatam. Karena kaya, sukses apalagi masuk surga itu butuh lebih dari sekedar bacaan dan seminar... Seh…

Tulisan Ini Buat Para Suami

Image
SUNNAH RASULULLAH DALAM RUMAH TANGGA.Kalo liat acara TV yang beritanya soal perceraian artis A dengan pasangannya kadang jadi miris. Apakah lembaga perkawinan sudah gak dianggap penting lagi oleh sebagian besar pasangan sehingga jika ketidakcocokan muncul langsung kata cerai terucap dari bibirnya? Perceraian adalah satu-satunya hal halal yang tidak disukai Allah. Tapi banyak juga orang yang memilih jalan itu karena menyerah dengan pasangannya. Kalo mau rumah tangga banyak rezeki ya kudu menciptakan kebahagiaan dalam perkawinan. Kebahagiaan itu gak datang sendiri tapi harus diciptakan...



Yakinlah kalo rumah tangga bahagia itu mudah, kuncinya adalah suami mengikuti sunnah Rasulullah. Yang dilakukan beliau sangat sederhana tapi ngefek luar biasa sama isteri. Ada yang bilang kalo orang tidak saling jatuh cinta dengan pasangannya tapi mereka jatuh cinta dengan perwujudan dirinya saat bersama pasangannya. Kebahagiaan tercipta karena pasangan saling berbahagia saat berada bersama pasangannya.…

Jangan Ngoyo Mengejar Rezeki

Image
SEMUA BERAKHIR SAMA  Hidup ini semua akan berakhir sama, lahir menjalani hidup di bumi kemudian mati untuk mempertanggung jawabkan perbuatan Hari Perhitungan kelak. Awal kehidupan dimulai dengan proses pengenalan, belajar dan mencari jati diri. Kemudian berjuang mencari rezekiNyadengan segala macam ikhtiar. Coba perhatikan apa yang kita lakukan di dunia ini? Umumnya kita sekolah sampe capek, menghias diri sampe puas, mengejar jabatan bahkan ada yang dengan menghalalkan segala macam cara, membangun rumah besar, menumpuk banyak uang dan lain sebagainya. 
Tapi apa makna dari semua itu?


PENDIDIKAN TINGGI BUKAN JAMINAN
Biasanya di usia 40-an tahun kita semua sudah selesai menempuh pendidikan, beberapa sudah bekerja, beberapa berada di puncak karier, beberapa susah sukses, ada juga yang masih melanjutkan pendidikan. Pendidikan itu penting tapi tidak menjamin seseorang bisa kaya dengan gelar tinggi yang dimilikinya. Bahkan ada beberapa tokoh dunia yang drop out dari sekolah seperti pentolan Mic…

Inilah Keunggulan Denmark Sehingga Maju

Image
Berkaca dari Denmark Sebelumnya saya pernah menulis tentang Orang Arab pemalas kok negerinya kaya?  Juga semangat seorang gadis Jepang yang tinggal jauh di Kanada, dengan harapan bahwa kita bisa mendapatkan pelajaran dari kisah-kisah ini. Saya pernah tinggal di Kyoto, Jepang selama setahun dan tahu betul bagaimana karakter orang Jepang yang membuat negaranya maju. Sekarang saya tinggal di Taiwan dan kapan-kapan saya akan menulis tentang negara ini juga. Mari kita membahas lebih dulu salah satu negara paling makmur di dunia yaitu Denmark. Bukankah kita bisa belajar kebaikan dari siapa saja, dari mana saja dan kapan saja?
Denmark adalah salah satu negara maju dengan PDB (pendapatan rata-rata penduduk) tahun 2017 sekitar US$ 46.602 alias 619 juta rupiah. Negara ini sebenarnya tidak memiliki sumber daya alam yang melimpah seperti negara kita. Bahkan karena dekat dengan kutub utara, negara ini memiliki suhu yang ekstrim di musim dingin dan hanya bisa merasakan kehangatan mentari sebentar saja…

99 Banding 1

Image
Cerita Pemberi Inspirasi  Satu hilang dicari, 99 yang dimiliki tak disyukuri. Itulah sifat manusia yang memang ditakdirkan selalu berkeluh kesah. Tak pernah puas dengan apa yang sudah dimilikinya. Ingat ungkapan bahwa rumput tetangga lebih hijau dari rumput di halaman sendiri? Ya, karena kebanyakan kita suka menilai dan membandingkan. Standar yang kita pake pun adalah standar buatan sendiri sehingga tidak fair. "Mengapa si A kok rezekinya melimpah padahal gak pernah tuh jalan ke mesjid?" Kata kita mengomentari tetangga A yang hidupnya wah meski jarang shalat jamaah di mesjid kompleks. "Kenapa si B kok rezekinya gampang, selalu mudah dapat proyek padahal waktu di sekolah kan dia bodoh, pernah tinggal kelas lagi?" Kata kita lagi nyinyir terhadap teman sekolah si B yang menurut kita bodoh tapi hidupnya mudah. Trus kok hidupku gak kaya' si A dan si B, padahal aku rajin shalat, rajin ibadah, mana pintar waktu di sekolah. Aku kok rezekinya pas-pasan? Jawabannya ada d…

Pantas Rezeki Menjauh !

Image
PRAKTEK JUAL BELI YANG MENDATANGKAN REZEKI  Jual beli adalah kegiatan yang sudah jadi biasa bagi kita sehingga dianggap tidak terlalu istimewa untuk dibahas. Kita sebagai konsumen membutuhkan barang untuk memenuhi kebutuhan kita dan penjual menyediakan barang tersebut dengan imbalan sejumlah uang. Transaksi jual beli bisa terjadi jika kedua belah pihak sama-sama setuju dengan harga barang tersebut. Yang paling penting dari transaksi jual beli adalah adanya keikhlasan antara penjual dan pembeli dengan harga yang disepakati bersama sehingga jual beli itu jadi berkah.



Berikut adalah kisah Imam Abu Hanifah saat membeli kain sutera dari seorang ibu di pasar. Sang Imam menemukan sebuah kios yang menjual kain yang dia cari. "Ibu, berapa harga kain ini?" tanyanya. "Cukup seratus dirham saja tuan." kata ibu itu. Mendengar hal itu beliau terkejut dan berkata, "Seratus dirham? Ibu tentu salah. Ini kain mahal bu, masa harganya hanya seratus dirham?Kata beliau heran. "Tolo…

Allah Menyelesaikan Masalah Kita dengan "Cara"NYA

Image
AKU MENYELESAIKAN MASALAHMU Hidup terasa berat, rezeki kok susah banget dapatnya? Sementara kita udah ikhtiar mati-matian. Seluruh daya upaya udah dikerahkan. Doapun sudah dilayangkan... Tapi nyatanya masalah itu tetap bertengger dalam hidup kita.
Tiba-tiba saja kita mengutuk diri sebagai manusia yang paling sial sedunia. Betulkah demikian..? Tidak.. kesialan itu kita yang ciptakan.. Masih gak percaya...?? Akhirnya karena lelah memikirkan masalah yang gak unjung usai, kita jatuh tertidur dan bermimpi.. Dalam mimpi kita menerima surat bersampul sangat indah dan semerbak pula baunya.. Alangkah terkejutnya ketika di baca nama pengirimnya..


SURAT KECIL DARI TUHAN
Kepada  :  KAMU
Tanggal :  HARI INI
Dari      : TUHAN YME
Perihal   :  DIRIMU
Assalamu'alaikum Ini AKU,
AKU yang akan menangani semua masalahmu..
Masalah rezeki, masalah jodoh, masalah hidup dan matimu semua AKU yang atur.. Kamu tahu kan hal itu?
Lalu kenapa kamu membebani dirimu dengan kekhawatiran yang tak perlu..?
Kamu lahir ke dunia bukan …

Allah Menguji Dengan Rezeki (Harta)

Image
MISTERI DARI UJIAN ALLAH  Ujian itu misteri, karena banyak orang yang gak tau rahasia apa yang ada di balik ujian yang menimpanya. Tulisan ini berkaitan dengan misteri rezeki sebagai ujian bagi kita.


1. UJIAN TANDA ALLAH MENYENANGI KITA
Banyak orang yang maunya dapat rezeki / kesenangan tapi ogah dapat ujian / kesulitan. Setiap hari kita minta doa agar dimudahkan rezeki tapi gak ada yang pernah berdoa agar diuji kan? Tapi kita semua pengen disenangi Allah. Tau gak kriteria manusia yang disenangi Allah?
Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam pernah bersabda, :
"Besarnya pahala sesuai dengan besarnya ujian dan cobaan, sesungguhnya Allah Azza wajalla, bila menyenangi suatu kaum Allah menguji mereka. Barangsiapa bersabar maka baginya manfaat kesabarannya. Dan barangsiapa murka maka baginya murka Allah. (HR. Tirmidzi).

Jadi kalo hidup kita berhiaskan ujian jangan keburu mengeluh, itu tandanya Allah lagi sayang ama kita. Dia pengen tau sejauhmana kita bisa menyikapi ujian itu? Apakah tetap …