Posts

Showing posts with the label cerita

Poligami, Tak Bermoral atau Rezeki?

Image
Polemik Poligami.Seorang kawan saya di aplikasi whatsapp grup menulis, "poligami adalah sebuah fasilitas yang jarang digunakan oleh wanita, termasuk isteri saya." Sebenarnya saya kurang paham apa yang dia maksud sebagai "fasilitas" di sini, mungkin yang dimaksudkan fasilitas untuk mendapatkan surgaNya sebagai bagian dari ketaatan pada suami. Sebagaimana sabda Rasulullah berikut ini :


Wanita mendapatkan surga bukan karena rela dimadu / dipoligami tapi karena ketaataannya pada suaminya. Juga kerelaan dan keikhlasan yang ditunjukkan serta kesabarannya menerima ketentuan yang Allah berikan padanya. Adalah sifat wanita yang cemburuan tapi jika sanggup menahan kecemburuan, berdamai dan berbuat baik pada madunya, melayani suaminya dengan baik tentu ia akan mendapatkan pahala orang sabar dan berbuat baik.
(baca : ridha suami rezeki isteri)


Poligami dalam Islam, adalah topik favorit yang paling sering dipertanyakan oleh sesama Muslim apalagi mereka yang non muslim. Dari kunjun…

Waspadai Praktek Riba Di Sekitar Kita

Image
Riba di sekeliling kita.Sebelumnya admin sudah pernah menulis tentang riba mengambil alih rezeki kita. Bagaimana pengaruh riba sehingga bisa menenggelamkan rezeki kita. Bagaimana Allah mencabut keberkahan rezeki kita yang diperoleh dari praktek ribawi. Bagaimana orang Arab yang konon pemalas tapi negaranya kaya raya? Riba adalah praktek yang banyak terjadi di sekeliling kita, bisa saja kitapun ikut melakukannya karena ketidak tahuan..
Buat yang masih bingung membedakan antara hutang piutang (qardh) & kerjasama (mudhorobah; musyarokah), silahkan disimak ilustrasi berikut:


A : Gimana kabarnya mbak?
B : Sehat dek, alhamdulillah. A : Ini saya selain silaturahmi juga ada perlu mbak. B : Apa apa dek...apa yang bisa ta' bantu. A : Anu..kalau ada uang 20 juta saya mau pinjam.
B : Dua puluh juta? Banyak sekali. Untuk apa dek? A : Tambahan modal mbak. Dapat order agak besar, modal saya masih kurang. Bisa bantu mbak?
B : Mmm..mau dikembalikan kapan ya? A : Insya Allah dua bulan lagi saya kembalika…

Jika Berusaha Pasti Bisa

Image
Ganbareba dekiruCerita ini mungkin bisa menjadi motivasi bagi pembaca agar gak kenal lelah mengejar impiannya. Saya ceritakan kembali sesuai pengalaman orangnya...


Sambil menunggu meeting di mulai, saya menyempatkan untuk sarapan di Kantin Humber Collage, Toronto. Jam sudah menunjukkan pukul 8 pagi tetapi matahari masih malu menunjukkan dirinya. Selain karena malam sebelumnya, Toronto diguyur hujan dan subuh hari suhu udara sampai -80 C, dimusim dingin memang matahari selalu terlambat memunculkan sinarnya. Sambil makan french toast dan secangkir kopi, saya menelpon anak perempuan saya di Makassar dengan fasilitas Whatsapp audio karena yakin jam 20.00 malam, anak saya belum tidur. Seperti biasa kami berbicara dalam bahasa Jepang (penulisnya adalah Doktor lulusan Jepang-red). 
Tanpa saya sadari seorang mahasiswi memperhatikan percakapan saya dengan Vanya. Pas selesai bicara si mahasiswi ini menegur dan bertanya “Nihonggo saberemasuka” (bisa berbicara bahasa Jepang yah?). Saya menjawab “ha…

Allah Takkan Membiarkan Kita Kekurangan

Image
Kisah Pembelajaran Yang Menggetarkan. Disebuah desa yang subur hiduplah 2 orang lelaki yang bersaudara. Sang kakak telah berkeluarga dan dikaruniai 2 orang anak, sedangkan si adik masih melajang, menunggu dipertemukan dengan pasangan sejiwanya.
Mereka mewarisi tanah warisan dan menggarap satu lahan berdua dan ketika panen, hasilnya mereka bagi sama rata.


Pada suatu malam setelah panen, si adik duduk sendiri dan berfikir. Pembagian ini sungguh tidak adil, seharusnya kakakku lah yg mendapat bagian lebih banyak karena dia hidup dengan istri dan kedua anaknya. Sementara dirinya hanya seorang saja karena masih single dan belum memiliki tanggungan. Akhirnya ia mengambil keputusan untuk melakukan sesuatu. Di malam yang sunyi itu diam-diam dia menggotong satu karung padi miliknya dan meletakkannya dilumbung padi milik kakaknya.
Sementara itu ditempat lain, sang kakak juga berpikir, pembagian ini adil jika adiknya mendapat bagian yang lebih banyak darinya, karena ia hidup sendiri. Jika terjadi apa-…

Masing Masing Orang Berada Di Zona Waktunya

Image
ZONA WAKTUIndonesia terbagi atas 3 zona waktu, yang kita sebut sebagai Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB), Waktu Indonesia Bagian Tengah (WITA) dan Waktu Indonesia Bagian Timur (WIT). Makassar termasuk WITA sehingga di Papua sejam lebih awal dan Jakarta sejam lebih lambat dari Makassar.
Tapi tidak berarti Jakarta lambat, atau Papua cepat.
Keduanya bekerja sesuai "Zona Waktu"nya masing-masing.

Kita pun berjalan dengan Zona Waktu masing-masing. Ada orang yang masih sendiri, ada yang telah menikah dan punya anak, tapi ada juga yang menunggu 10 tahun tapi belum memiliki momongan.
Ada juga yang dari lahir sudah sukses, karena hidup di lingkungan orang tua yang sukses dan kaya raya. Ada juga yang lulus kuliah di usia 23 tahun, tapi menunggu 5 tahun untuk mendapatkan pekerjaan tetap; yang lainnya lulus di usia 27 tahun dan langsung bekerja. Seseorang menjadi CEO di usia 25 tahun dan meninggal di usia 50 tahun karena penyakit, disaat yang lain ada yang menjadi CEO di usia 50 tahun d…

Ibuku Msi, Master Segala Ilmu

Image
IBUMU SARJANA APA? Sering ada yang nanya gitu gak? Terlepas dari kamu sarjana atau nggak, orang-orang suka kepo dengan ortu kita. Kalo ada yang tanya, jawab saja "Ibuku gelarnya adalah MSi : Master Segala ilmu."

Pernah ngebayangin gak, menjadi ibu yang baik itu harus banyak belajar dan terus belajar, lifelong education istilah kerennya. Gak percaya? Coba baca hal-hal berikut ini..
AKUNTANSI Urusan duit dan belanja dapur ada di tangan ibu. Ibu harus belajar Akuntansi, agar bisa mengurus pendapatan keluarga dan mengelolanya untuk kebutuhan rumah tangga, tabungan, serta menata pemasukan & pengeluaran yang seimbang. Harus cukup selama sebulan, kalo gak cukup ya dicukup-cukupin. Kita sebagai anak, cuma terima beres. Perlu apa-apa tinggal minta. Gak pernah paham gimana ibu mengaturnya agar cukup untuk kita dan sodara lainnya. Bisa jadi ibu ngorbanin sesuatu yang penting untuk dirinya demi kita.
TATA BOGA Ibu adalah master chef di rumah, yang selalu siap sedia menghidangkan makanan …

Rezeki Bukan Tentang Hasil

Image
Buat hidupmu jadi berarti Tak terasa kita sudah berada di pertengahan bulan Februari. Waktu terus berjalan,  tanpa disadari kita semakin dekat menuju kematian. Suka ato gak suka,  siap ato gak siap kita semua sedang berjalan menuju ke kematian kita sendiri yang masih misteri kapan datangnya. Kita gak tau di belahan bumi mana kita akan menemui ajal, karena semua yang bernyawa akan merasakan mati, itu pasti. Tapi berhubungan karena saya dan anda yang membaca ini masih hidup,  marilah sejenak kita renungkan kehidupan yang kita jalani. Kalo kematian gak usahlah, karena pasti udah telat merenungi hidup jika ajal sudah datang.
a. Umur gak mencerminkan hidup. Umur tidak mencerminkan hidup kita. Hidup bukan tentang berapa lama bukan juga berapa banyak, tapi tentang apa yang anda capai, sesuatu yang berarti untuk kini dan nanti, untuk anda dan orang di sekitar. Umur boleh banyak tapi belum tentu bermanfaat. Hidup boleh lama tapi belum tentu berkah. Jadi umur gak ada kaitannya dengan kualitas hid…

Apakah Uang Itu Rezeki Atau Setan?

Image
Uang...lagi lagi uang
Saya nemu ini di medsos,  layak buat kita renungkan.. 

Assalamualaikum..KENALKAN. Namaku : UANG... Nama panggilan : DUIT... Nama ukhuwah : FULUS... Nama tenar : MONEY... Wajahku biasa saja... Fisikku juga lemah... Namun aku mampu merombak tatanan dunia... Aku juga "bisa" merubah Perilaku... Bahkan sifat Manusia... Karena manusia mengidolakan aku...
Banyak orang merubah kepribadiannya... Mengkhianati teman... Menjual tubuh... Bahkan meninggalkan keyakinan imannya, demi aku...!!!

Aku tidak mengerti perbedaan orang saleh dan bejat... Tapi manusia memakai aku menjadi patokan derajat... Menentukan kaya miskin dan terhormat atau terhina...
Aku bukan iblis... Tapi sering orang melakukan kekejian demi aku...!!!
Aku juga bukan orang ketiga... Tapi banyak suami istri pisah gara-gara aku... Kakak dan adik beradu dan saling benci karena aku... Anak dan orangtua berselisih gara-gara aku...!!!

Sangat jelas juga aku bukan Allah... Tapi manusia menyembah aku seperti Allah... Bahkan ker…

Kuat Nyari Rezeki Gak Otomatis Bikin Kaya

Image
Filosofi kuat menurut Islam. Kalo ada yang nanya kuat itu apaan sih? Banyak yang jawab kuat itu mampu. Ya.. mampu ngangkat barang-barang berat, mampu melawan penjahat, mampu menerima sakit, atau mampu nyari rezeki yang banyak tanpa kenal lelah. Kuat itu lawannya lemah. Kuat adalah kata kerja yang sifatnya  positif. Jadi kalo bisa semua orang pengen kuat dan punya kekuatan itu. Baca : tips jadi manusia super kuat..Mukmin yang kuat itu juga jauh lebih dicintai Allah, sebagaimana hadits Rasulullah SAW berikut ini, Manusia yang kuat seperti yang dimaksud hadits di atas adalah seperti yang digambarkan dalam hadits di bawah ini.  Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,« لَيْسَ الشَّدِيدُ بِالصُّرَعَةِ ، إِنَّمَا الشَّدِيدُ الَّذِى يَمْلِكُ نَفْسَهُ عِنْدَ الْغَضَبِ » “Bukanlah orang kuat (yang sebenarnya) dengan (selalu mengalahkan lawannya dalam) pergulatan (perkelahian), tetapi tidak lain orang kuat (yang sebenarnya) adalah yang mampu mengendalikan dirinya ketika marah.”[HR.al-Buk…

Logika VS Takdir, Kaitannya Dengan Rezeki

Image
Logika versus takdir.Ada sebuah cerita yang saya baca tentang 2 orang bernama Logika dan Takdir yang bersahabat karib dan sedang menempuh perjalanan jauh dengan mobil. Tapi ternyata perjalanannya gak semulus bayangan mereka. Perjalanan mereka harus terhenti karena mobilnya mogok, kehabisan bahan bakar. Sepanjang perjalanan gak ada stasiun pengisian bahan bakar, sehingga mulailah kedua sahabat itu saling berpikir dan memulai ikhtiar masing-masing. Awalnya mereka melanjutkan dengan berjalan kaki tapi setelah itu mereka kecapean dan mencari tempat istirahat sebelum melanjutkan perjalanan.Si Logika memilih untuk tidur di bawah pohon yang rindang. Dalam pikirannya bahwa pohon yang rindang adalah sebuah tempat yang nyaman untuk ditempati istirahat dan merebahkan badan.
Sementara sahabatnya memilih tempat yang lebih gila yaitu berbaring di tengah jalan. Si Logika mencoba mengingatkan si Takdir kalo tengah jalan bukan tempat istirahat yag baik. Tengah jalan adalah tempat yang berbahaya karena …