Posts

Showing posts with the label cerita

Boleh Jadi Tertundanya Keinginanmu Adalah Keberkahan

Image
Keberuntungan.  Rezeki seperti halnya "keberuntungan" kadang memainkan perannya dalam kehidupan manusia, sekalipun kerap tidak masuk akal.
Karena itulah takdir mereka.

Percayalah pada ketentuan Allah. Seringkali kita protes jika keadaan gak berjalan sesuai keinginan kita. Maunya sih semua yang terjadi harus seperti apa yang kita mau. Tapi kan kenyataannya gak gitu. Udah siap-siap mau jalan ada aja halangannya sehingga bukannya tiba tepat waktu jadi telat karena terhalang macet. Udah siap-siap mau jadi pengantin trus tiba-tiba tertunda karena masalah dengan calon yang tiba-tiba muncul di detik-detik terakhir. Udah kerja keras sekian tahun eh malah dipecat oleh sebuah kesalahan yang gak sengaja kita lakukan... Udah berusaha berobat kemana-mana ternyata anak yang diimpikan tak kunjung diberiNya. Mau protes?? Coba pikirkan ini ..  Boleh jadi *keterlambatanmu* dari suatu perjalanan adalah *keselamatanmu* Boleh jadi *tertundanya pernikahanmu* adalah suatu *keberkahan* Boleh jadi *dip…

Inilah Kelemahan Iblis.

Image
Tanya jawab antara Rasulullah dan Iblis.   Mengapa rezeki kita kok susah terus ya? Coba periksa diri. Mungkin selama ini kita banyak dosa. Dosa adalah penghalang utama masuknya rezeki. Kok kita gampang banget berbuat dosa? Karena kita gampang terperdaya bujuk rayu iblis..
Mengapa kita harus waspada pada Iblis? Karena Iblis adalah musuh terbesar manusia yang punya agenda besar untuk menjerumuskan anak cucu Adam ke neraka.  Ini adalah janji iblis pada Allah Taala..


Karena setan / iblis adalah musuh terbesar manusia, maka kita harus tahu betul apa kelemahan musuh tersebut agar gampang melumpuhkannya.. Simak pembicaraan Rasulullah dan iblis yang diceritakan dalam sebuah riwayat berikut ini. Rasulullah (R) SAW bertanya pada Iblis (I): 
R = Apa yang kau rasakan jika melihat seseorang dari umatku hendak Sholat ?" I  = "Aku merasa Panas dingin dan Gementar" R = “Kenapa ?” I  = "Sebab setiap seorang hamba bersujud satu kali kepada Allah, Allah mengangkatnya satu derajat”

R = “Jika …

Allah Tak Akan Mengecewakan Kita. Nikmat Yang Didustakan !

Image
KETIKA RASA CINTAMU DI UJI..Wahai sang pencinta, hati-hatilah memilih cintamu! “…Dan bahwasanya kepada Tuhanmulah kesudahan (segala sesuatu), dan bahwasanya Dialah yang menjadikan orang tertawa dan menangis, dan bahwasanya Dialah yang mematikan dan menghidupkan…”  (An-Najm: 42-44) Kamu adalah manusia istimewa pilihan Allah yaitu mereka yang sedang diuji…Jangan lupa bahagia bahkan saat cobaan yang datang seakan menyesakkan dadamu.  Bukan berarti Allah gak peduli padamu…mengacuhkanmu Bukan juga Allah hendak menyiksamu…membuatmu menderita.. Bukan pula Allah sudah gak melihat usaha dan doa-doa yang kamu panjatkan dalam munajatmu…membuatmu merasa sendiri... Bukan Dia tidak memahami air matamu…yang jatuh berderai di kain sajadah dalam sujud malammu...

Dia pengen nunjukin ke kamu kalo Dia menyayangimu. Tau gak kalo Allah sangat menyayangimu. Ah masa sih? Menyayangi kok pake diuji? Itu mungkin protesmu.. Bagaimana tidak, dari milyaran manusia di muka bumi ini, engkau pilihanNYA. Mungkin kamu mau prot…

Hidup Ini Adalah "Kertas" Berserakan?

Image
DUNIA INI IBARAT MENUMPUK KERTAS....Kenapa bisa begitu..kita ini hidup kek ngejar "kertas"..
Begitu lahir ke dunia butuh legalitas yang namanya Akta Lahir. Akte kelahiran... adalah kertas... Otomatis langsung tercatat di Catatan Sipil dan menjadi bagian dari sebuah keluarga yang disahkan dengan Kartu Keluarga. Kartu keluarga... ya lagi-lagi kertas... Setelah sekolah, punya prestasi yang disahkan dengan sebuah piagam. Piagam kelulusan... ya kertas juga... Sekolah berbagai jenjang dan akhirnya lulus ditandai dengan sebuah ijazah. Ijazah juga kertas... Ya...semuanya hanya berupa kertas....


Alhamdulillah diberi jodoh oleh Allah, disahkan legalitasnya dengan Buku Nikah. Akad nikah ya pake kertas.. Punya duit dan pengen ibadah haji atau traveling ke luar negeri, butuh identitas yang namanya paspor. Paspor adalah kertas.... Punya rezeki lebih dan bisa beli rumah, ditandai dengan sebuah sertifikat. Surat kepemilikan rumah juga kertas.... Waktu sakit dan perlu tebus obat, oleh dokter ditulisi…

Doa Rezeki Ala Si Aco (Lucu)

Image
Doa Aco Berikut ini adalah cerita lucu yang cukup menggelitik..Tersebutlah seorang pemuda bernama Aco. Si Aco ini malas pake banget. Itu sebabnya dia miskin. Meski miskin si Aco ini punya cita-cita tinggi. Si Aco ini udah bosan miskin dan pengen banget kaya dan punya uang banyak. Mulailah dia mengatur strategi. Dia yakin bahwa Allah itu Maha Pemberi Rezeki dan Maha Mengabulkan Doa. Dia bertekad akan terus berdoa sampe Allah kabulkan keinginannya untuk jadi orang kaya..
Pada suatu malam mulailah si Aco berdoa pada pada Allah..

O 'Allah.., Zat yang Maha Pemurah..
Jadikanlah aku  orang yang murah rezeki....cuma dengan kipas-kipas saja uang datang dengan sendirinya..
*Jreeeng !!!*
Tak lama kemudian si Aco jadi *PENJUAL SATE...*
Dengan memegang kipas di tangannya..berjejerlah beberapa tusuk sate yang siap dibakar..
Wah ternyata doanya salah rupanya...

Tidak puas dengan kondisi itu, dia berdoa lagi :
O' Allah, jadikan saya orang yang hanya dengan duduk goyang goyangkan kaki saja sudah bisa…

Apa yang Kamu Kejar?

Image
Apa yang dikejar orang di dunia?  Kita hidup pasti ada tujuan, ada ambisi, ada keinginan dan ada yang dikejar. Studi tentang psikologi di Amerika sana tentang apa sebenarnya yang dikejar manusia dalam hidup ini? Ternyata hasilnya inilah yang dikejar manusia mulai dari level terendah yaitu mengejar hal-hal berikut ini. Setiap kali naik level maka dibutuhkan usaha dan kerja keras yang lebih dibanding level sebelumnya..


Happiness (Kebahagiaan)
Mimpi semua orang itu mengejar kebahagiaan. Secara khusus Al Quran gak nyebutin tentang mengejar kebahagiaan. Allah gak berbicara tentang hal ini. Terasa aneh jadinya karena kebanyakan orang ngejar ini di dunia sementara Allah sendiri gak cerita tentang hal ini secara spesifik dalam Al Quran. Al Quran lebih banyak fokus pada perasaan kecukupan / kepuasan / kedamaian hati. Bahagia dan damai adalah 2 hal yang berbeda. Orang damai pasti bahagia..

Mengapa kok bahagia masuk level terendah?
Contohnya, kamu lagi malas banget, gak kepengen bangun kerja PR dan …

Membahagiakan Orang Itu Menarik Rezeki

Image
Bahagiakan orang lain maka kau kan bahagia.  Pada sebuah Seminar yang dihadiri oleh sekitar 50 peserta yang semuanya saling mengenal.
Tiba-tiba sang motivator berhenti memberikan materinya dan mulai memberikan balon kepada masing-masing peserta.
Para peserta diminta untuk menuliskan namanya, pada balon yang mereka terima dengan menggunakan spidol.

Kemudian semua balon dikumpulkan dan dimasukkan ke dalam ruangan lain. Kemudian, semua peserta seminar diminta masuk ke ruangan yang penuh balon dan diminta untuk menemukan balon yang telah tertulis nama mereka.
Mereka hanya diberi waktu 5 menit.
Semua orang panik mencari nama mereka.
Bertabrakan satu sama lain, mendorong dan berebut dengan orang di sekitarnya, sehingga terjadi kekacauan.
Waktu 5 menit sudah usai, tetapi tidak seorangpun yang bisa menemukan balon dengan nama mereka masing-masing.
Kemudian, motivator meminta mereka masing-masing untuk mengambil sembarang balon dengan acak dan memberikannya kepada orang yang namanya tertulis di b…

Ternyata Rezeki itu.....Mudah !

Image
REZEKI ITU MUDAH.Banyak yang berpikir bahwa nyari rezeki itu susah. Padahal sebenarnya mudah. Yang bikin susah karena kita yang buat susah. Nyari rezeki itu gak perlu jauh-jauh, gak perlu dibikin ribet.


Dulu  orang pada pikir,  rezeki itu wujudnya uang, Banyak order, banyak job, urusan kerjaan lancar, banyak tabungan, punya banyak asset disana-sini, Intinya : harta banyak, melimpah gak kekurangan. Setelah mencari tau apa makna rezeki dalam Islam, ternyata saya salah besar. Ternyata,
Langkah kaki yang dimudahkan untuk hadir ke majelis ilmu, itu adalah rezeki. Karena banyak orang di luar sana yang justru lebih ringan langkahnya ke tempat-tempat maksiat dimana dosa ditabur dan kemaksiatan dipanen. Banyak orang yang memilih nonton film porno daripada dengerin kajian agama.Langkah kaki yang dimudahkan untuk shalat berjamaah di masjid, adalah rezeki. Karena banyak orang di luar sana yang shalatnya bolong-bolong, malah ada yang gak sholat sama sekali meski ngakunya muslim. Banyak orang di luar …

Poligami, Tak Bermoral atau Rezeki?

Image
Polemik Poligami.Seorang kawan saya di aplikasi whatsapp grup menulis, "poligami adalah sebuah fasilitas yang jarang digunakan oleh wanita, termasuk isteri saya." Sebenarnya saya kurang paham apa yang dia maksud sebagai "fasilitas" di sini, mungkin yang dimaksudkan fasilitas untuk mendapatkan surgaNya sebagai bagian dari ketaatan pada suami. Sebagaimana sabda Rasulullah berikut ini :


Wanita mendapatkan surga bukan karena rela dimadu / dipoligami tapi karena ketaataannya pada suaminya. Juga kerelaan dan keikhlasan yang ditunjukkan serta kesabarannya menerima ketentuan yang Allah berikan padanya. Adalah sifat wanita yang cemburuan tapi jika sanggup menahan kecemburuan, berdamai dan berbuat baik pada madunya, melayani suaminya dengan baik tentu ia akan mendapatkan pahala orang sabar dan berbuat baik.
(baca : ridha suami rezeki isteri)


Poligami dalam Islam, adalah topik favorit yang paling sering dipertanyakan oleh sesama Muslim apalagi mereka yang non muslim. Dari kunjun…