Posts

Showing posts with the label cerita

TIket Perjalanan Manusia

Image
ARTIKEL KE 863  TIKET PERJALANAN MANUSIA  Mari kita berandai-andai membayangkan selembar tiket pesawat dengan karakteristik berikut ini:

(IDENTITAS PENUMPANG) Nama  : An nass / Manusia
Tempat Asal : Tanah
Alamat : Planet Bumi


(KETERANGAN PERJALANAN) Terminal Keberangkatan : Dunia
Transit : Alam Kubur
Terminal Kedatangan : Padang Mahsyar
Tujuan Akhir  : Surga / Neraka
Jam Keberangkatan : Surprise/Menunggu izra'il menjemput
Check In  : Akan Dilakukan Oleh Malaikat Maut

(BARANG BAWAAN YANG DIIJINKAN) 1. Kain Kafan
2. Iman
3. Amal Saleh

(BARANG BAWAAN YANG TIDAK DIIJINKAN) 1. Keluarga yang dicintai (suami/isteri berikut anak)
2. Harta Benda yang dicari dengan susah payah
3. Jabatan yang diperoleh dengan perjuangan

(BARANG YANG BOLEH DATANG MENYUSUL)* 1. Sedekah jariyah
2. Ilmu Yang Bermanfaat
3. Do'a Anak Sholeh

(PERHATIAN‼)
Disarankan Kepada Para Penumpang:
1. Sebelum keberangkatan diharapkan untuk selalu membaca, mempelajari, dan mengamalkan buku petunjuk kehidupan yang sudah tercantum dalam Al-Quran'…

Ketika Semua Tak Lagi Berarti

Image
ARTIKEL KE 858  SAAT SEMUA TAK LAGI BERARTI...Tulisan ini memang masih soal bencana yang melanda Palu dan Donggala, ditulis sejak 2 minggu lalu..tapi baru sempat di publish.. Semoga masih bisa jadi pengingat buat kita semua..
Kalau Anda merasa sedang susah rezeki ataupun rezeki terasa mandek sehingga hidup seolah tak berpihak pada anda, jalan-jalanlah ke pos pengungsian korban bencana tsunami dan gempa baru-baru ini.. Mereka orang yang meninggalkan harta benda yang dikumpulkan sekian lama dan memilih hidup di tenda pengungsian yang serba terbatas, beralaskan tanah beratap langit, berbaju hanya yang di badan, padahal mereka punya lebih dari itu...

Uang tidak lagi begitu berarti. Anda boleh punya belasan juta di dompet dan ratusan juta di ATM, tetapi jika kota tujuan Anda adalah Palu, tak akan ada tempat duduk yang nyaman. Karena penerbangan komersil ditiadakan, hanya pesawat Hercules milik TNI yang diperbolehkan melintas.. Lupakan dahulu penerbangan komersial, duduk di bussines class, dan d…

Bedanya Aku Sama Ibuku

Image
ARTIKEL KE 855  Beda : "AKU" dan "IBUku"  Sepeninggal ayahku yang berpulang ke haribaan Ilahi Rabbi, September tahun kemarin, ibuku berusaha tabah dan tegar. Meski ku tahu perasaannya jadi hampa tanpa kekasih sejatinya... Ngomong-ngomong soal ibu, beliau itu sangat luar biasa, dia sangat berbeda denganku. Setiap jumpa dan kemudian berpisah lagi entah karena kembali ke Makassar atau balik ke Taiwan, beliau selalu berkata "maaf ibu tidak bisa memberi apa-apa kecuali doa." Ucapan ini terkadang menamparku. Ibuku yang sudah begitu banyak memberi pengorbanan, perhatian dan rasa cinta yang tiada tara sejak kecilku sampai sekarang, masih berkata "maaf ibu tidak bisa memberi apa-apa."
baca: tak ada kata pensiun menjadi orang tua
Sementara aku hanya cium tangan, memberi rupiah yang tak lebih dari 10 persen penghasilanku sudah merasa menjadi anak yang berbakti. Ibuku tak merasa berbuat banyakuntukku padahal kebaikannya padaku amat sulit untuk dihitung. Siapa b…

Serasa ditampar Muka Ini Mendengarnya....!

Image
ARTIKEL KE 848  HIDUPKAN PEREKONOMIAN ORANG TERDEKATMU'  Habis menulis ini..mataku tiba2 berlinang
KALO NGUTANG KE WARUNG SAUDARA, KALO BELI CASH KE SUPERMARKET.... Apa itu gak zalim ???
Aku lihat kehidupan adikku, kerja di bank dan suaminya PNS Punya 2 balita, yang masih minum susu formula dan pakai diapers. selama ini belanja bulanan bisa sampai 2 juta perbulan selalu ke supermarket, padahal tetangganya punya warung jualan sembako dan boleh dibilang 80 persen barang belanjaannya ada di warung tetangganya itu.

Suatu hari karena kesibukan kantor gak sempat belanja bulanan ke supermarket, akhirnya karena terdesak dengan kebutuhan dua balitanya dia jadinya belanja ke warung tetangganya itu dengan total belanja 1,5 jutaan. Selesai memberi uang kembalian si ibu warung malah nangis dan bilang gini padanya : "Alhamdulillah Dek,  untung warung sembako itu rata rata 10 persen, kamu belanja segini banyak, aku bisa untung sampe 200 ribuan, bisa beliin sepatu bola buat Arif (anak bungsunya). A…

Muhasabah Awal Tahun

Image
ARTIKEL KE 839  Renungan & Muhasabah Awal Tahun   
Selamat Tahun Baru Hijriah 1440 H buat saudaraku semua (tahun baru sikap mental baru)...semoga tahun ini Allah yang Maha Esa memberi kita kemudahan hidup dan keberkahan rezeki. Amin YRA...

Cerita atau dongeng ini menarik untuk disimak
Seekor ikan bertanya kepada Kura kura:
"Mengapa setiap kali kamu mengalami masalah, selalu bersembunyi dan masuk kedalam cangkangmu...?" Kura kura menjawab:
Apa penting pertanyaan itu aku jawab?" Ikan berkata dengan sedikit heran:
“Semua makhluk di perairan ini mempertanyakan sifat mu yang selalu bersembunyi jika ada masalah”. Kura kura berkata:
"Komentar orang lain apakah penting...? Aku tidak menghindar, aku tidak lari dari kenyataan, aku hanya mencari suasana yang lebih damai di dalam cangkangku". Ikan bertanya lagi:
"Tetapi apakah kamu tidak peduli selalu jadi bahan pembicaraan?"

Kura kura menjawab:
"Inilah alasan mengapa aku lebih panjang umur dari pada kalian. Kalia…

Kala Isteri Minta Kerja

Image
ARTIKEL KE 827  "Bang, Aku Ingin Kerja"  Ketika isteri minta kerja apa yang harus dilakukan oleh suami? Percakapan ini mungkin saja terjadi dalam keluarga anda.
Istri : Abang, aku mau kerja!” Aku kan sarjana, punya ijazah. Kata ibu, sayang ijazah hanya dibiarkan jadi penghuni laci. Boleh ya, Bang? (dengan wajah berbinar penuh harap)

Suami : Jangan, lah. Kamu di rumah aja. Istri itu di rumah tugasnya (sambil pasang senyum paling manis)
.
Istri : “Itu, tetangga kita, Bu Fulanah, dia kerja! Keren aja liat dia saban hari keluar rumah pake seragam” (masih berusaha nego)
.
Suami :“Hehe …, dia itu guru, sayaang. Dia dibutuhkan banyak orang. Yang membutuhkan kamu tidak banyak. Hanya Abang dan anak kita. Di rumah saja, ya.” (kali ini sambil mencubit mesra pipi isterinya)
.
Istri : “Itu…, tetangga kita yang satunya, yang sekarang sudah pindah ke kampung sebelah, aku lihat dia kerja. Bukan guru. Tidak dibutuhkan banyak orang.” (mulai sedikit emosi)
.
Suami :“Nanti, tunggu Abang meninggal dunia.” …

Rezeki Pelakor

Image
ARTIKEL KE 820  Pelakor oh Pelakor.....   Artikel pertama di bulan September 2018 ini menyoroti topik yang lagi hangat-hangatnya, utama di kalangan wanita dan ibu-ibu, yaitu pelakor alias perebut laki orang... Kok trending topik fokus pada pelakor ya..bukan pebinor alias perebut bini orang? Jadi fokusnya adalah wanita bukan laki-laki. Memang menjadi wanita tidaklah mudah karena setiap gerak dan langkah jadi sorotan. Orang lebih menyoroti pakaian wanita daripada pakaian pria. Hijabnya kurang syari'i lah, terlalu ketatlah, keliatan rambut lah, kebanyakan aksesoris pun warna bisa jadi bahan sorotan. Begitu juga soal wanita bekerja. Kalo laki-laki bekerja dianggap wajar karena dia harus menghidupi keluarganya. Tapi kalo wanita bekerja? Dia dianggap tak memperhatikan rumah tangga, tak ngurus anak dan suami dengan baik karena sebagian besar waktunya habis di kantor.. Laki-laki yang sekolah tinggi dianggap luar biasa, kalo wanita sekolah sampe jenjang S2 atau S3 bikin orang tuanya kuatir, …

Fakta Kabah Yang Misterius

Image
ARTIKEL KE 802  12 FAKTA TENTANG KA'BAH YANG JARANG KITA KETAHUI  Tamu-tamu Allah mulai berdatangan mengunjungi rumahNya di Makkah, memuji namaNya dan napak tilas perjalanan nabiNya, Ibrahim as melalui rangkaian ritual ibadah haji. Salah seorang dari jamaah haji tahun 2018 ini adalah tante saya. Adik bungsu ibu saya ini sangat senang setelah menunggu selama 9 tahun akhirnya diizinkan Allah untuk berangkat haji tahun ini. Mengunjungi Baitullah adalah rezeki Ilahi yang tak diberi pada semua muslim. Maka beruntunglah yang sempat melaksanakan rukun Islam yang kelima ini selama hidupnya.. Karena bukan hanya banyaknya harta yang jadi pendorong orang pergi haji melainkan rezeki (hidayahNYA). Buktinya banyak orang yang berlimpah rezeki/harta tapi enggan untuk menunaikan ibadah haji.

baca : 8 cara mudah menarik rezeki umroh dan haji


Saya sendiri belum dapat kesempatan untuk berhaji mengingat daftar tunggu yang sangat panjang di negeri ini, tapi alhamdulillah sudah pernah umroh di tahun 2015 …

Begini Harusnya Suami Istri Itu Bersikap

Image
ARTIKEL KE 800  SUAMI ISTRI  DI USIA SENJA  Yang membaca jangan menangis ya? Saya suka postingan ini, meski sudah berulang kali membacanya...  Di sebuah rumah sederhana yang asri, tinggal sepasang suami istri yang sudah memasuki usia senja.
Pasangan ini dikaruniai dua orang anak yang telah dewasa dan memiliki kehidupan sendiri yang mapan. Sang suami merupakan seorang pensiunan, sedangkan istrinya seorang ibu rumah tangga.

Suami istri ini lebih memilih untuk tetap tinggal di rumah tua mereka dan menolak ketika putra-putri mereka, menawarkan untuk ikut pindah bersama mereka. Jadilah mereka, sepasang suami istri yang hampir renta itu, menghabiskan waktu mereka yang tersisa, di rumah yang telah menjadi saksi berjuta peristiwa, dalam keluarga itu. Suatu senja ba’da Isya di sebuah masjid tak jauh dari rumah mereka, sang istri tidak menemukan sandal yang dikenakannya ke masjid tadi.
Saat sibuk mencari, suaminya datang menghampiri seraya bertanya mesra :
“Kenapa Bu?”
Istrinya menoleh sambil menja…

Cara Keluar dari Kemiskinan

Image
ARTIKEL KE 794  KELUAR DARI KEMISKINAN   Masih ingat pelari kita Muh. Zohri yang mengharumkan nama bangsa di kancah internasional beberapa waktu lalu? Muh. Zohri aslinya adalah pemuda miskin yang punya cita-cita besar. Kemiskinan tak jadi hambatan untuk meraih impiannya.
Kemudian bagaimana Lalu Muhammad Zohri keluar dari cengkraman kemiskinan?


Cara keluar dari kemiskinan justru kebalikan dari persepsi kita selama ini. Bahwa mengentaskan diri dari kemiskinan berarti butuh bantuan dan pemberian dari orang lain. Tapi beda dengan pemuda Zohri ini. Zohri sehari-hari hidupnya dicekam keterbatasan, namun yang ada pada mentalnya adalah "memberi pada negara". Pemerintah RI dan warga negaranya tidak dia harapkan sebagai pihak yang harus membantu dan memberi padanya, tapi pihak yang harus dia bantu dan dia beri. Apalagi mengharap diberi gaji tetap sebagai atlit, beli sepatu lari pun Zohri harus hutang duit. Sementara untuk berangkat ke Finlandia mengikuti Kejuaraan Dunia Atletik lari 100 …