Posts

Showing posts with the label cerita

Hati-hati Kalo Menemukan Tanda ini.

Image
Tanda Lemah Iman.   Ada tulisan menarik yang kiranya bisa jadi inspirasi dan pemberi semangat bagi kita pencari rezeki Ilahi.. Percakapan yang mungkin sering kita dengar bahkan bisa jadi kita juga pengen menanyakannya..


Seorang teman bertanya kepada orang Soleh di dekat rumahnya, "Ustadz, sebenarnya iman itu apa sih?" Orang soleh itu menjawab cukup panjang:
"Jika hari ini kamu tidak punya uang, sementara kebutuhan keluargamu begitu besarnya, dan suasana hatimu tidak terpengaruh oleh keadaan itu, kamu tetap ceria seperti hari-hari biasanya, itulah iman.
"Jika hari ini tidak ada seorangpun pelanggan yang datang ke tokomu, sementara karyawanmu harus engkau pikirkan gajinya, dan itu tidak membuatmu jengkel, marah atau jadi temperamental, itulah iman.
"Jika tagihan di mejamu menumpuk, sementara engkau merasa bisnis yang engkau jalani tampaknya buntu, kamu merasa bingung harus berbuat apa, dan itu tidak mempengaruhi jadwal shalat dan tadarrusmu, itulah iman!
Tetapi jika …

Adakah Gubernur Begini Zaman Sekarang?

Image
Kisah Gubernur Termiskin di Zaman Khalifah Umar bin Khattab.  Beberapa lama selepas menjabat khalifah, Umar bin Khattab mengangkat sejumlah gubernur di pelbagai kawasan Islam kala itu. Di antara mereka yang diangkat adalah Said bin Amir, yang mendapat kepercayaan dari sang khalifah setelah terjadinya perang Yarmuk untuk menjadi Gubernur Caesaria atau Homs, Suriah.
Belum setahun pengangkatan gubernur tersebut, datanglah beberapa orang utusan rakyat wilayah itu untuk menghadap Umar bin Khattab. Utusan itu melaporkan perihal negeri dan pemimpin mereka. Dalam pertemuan itu, sang khalifah memerintahkan utusan tersebut menulis nama orang-orang miskin yang ada di negeri mereka. Ternyata, dalam deretan nama yang ditulis utusan itu tercantum nama Said bin Amir.
Sang Khalifah pun bertanya kepada utusan itu dengan perasaan heran, “Siapakah Said bin Amir yang namanya tertulis di sini?” “Ia adalah gubernur kami, wahai Amirul Mukminin,” jawab mereka. “Gubernur kalian? Gubernur kalian orang miskin?” ta…

Allah Akan Membereskan Hidupmu, Jika Kau Lakukan Ini.

Image
PERBAIKI JADWAL SHALATMU MAKA ALLAH AKAN MENGATUR JADWAL KEGIATAN MUSebuah tulisan Arief Budiman, CEO Petakumpet Advertising di Jogja, penulis buku 'Tuhan Sang Penggoda' yang sarat makna dan menginspirasi Kisah hidup penuh nasehat dengan akhir yang mengejutkan, juga menyadarkan kita untuk introspeksi.. Kenapa hidup kita berantakan? Kenapa rezeki kita segitu-gitu aja? Jangan-jangan karena jadwal sholat kita yang juga berantakan.. Selamat membaca! (baca : Rezeki mentok? Periksa shalatmu!)

Saat memulai bisnis dulu, saya ketemu banyak masalah, salah satunya yang seperti ini, saya janjian dengan 3 orang di Jakarta. Saat itu posisi saya di Jogja gak punya banyak kenalan di Jakarta dan kantong cekak banget .
Janjian itu jadwalnya begini,  Pak A janji ketemu hari Senin siang, Pak B hari Rabu pagi dan Bu C di hari Jumat sore. Gampangnya sih, saya harus berangkat naik kereta Minggu malam dan nginap di Jakarta 5 hari dan pulang Jumat malam. Beres toh? Tapi saya yang bingung, nginep dimana, bia…

Mengapa Bos Fesbuk Yang Kaya Isterinya Kok Gak Cantik?

Image
Mengapa Bos Facebook Yang Kaya Raya Istrinya Kok Gak Cantik dan Malah Nyumbangin 99 % Hartanya?Mungkin banyak yang nanya kok seorang Mark Zuckerberg, bos Facebook yang katanya orang ketiga terkaya di dunia, isterinya kok gak cantik? Padahal dia bisa dapetin wanita secantik dan seseksi apapun dengan duitnya. Dia gak seperti miliarder lainnya yang suka gonta ganti isteri dan pelihara gundik. Inilah kisah Mark Zuckerberg yang diceritain lagi di sini.

KOK ISTERINYA GAK CANTIK SIH? Defenisi cantik menurut Mark. Mark punya defenisi wanita cantik itu yang kek gimana.
Mark sebenarnya sih punya banyak kesempatan ketemu dan kenalan denga wanita cantik, menawan dan sempurna bak model di majalah. Namun, apa yang disebut wanita cantik kebanyakan berhati seperti kaca, kalo sakit manjanya minta ampun seperti seorang putri raja; dan juga penyakit angkuh dan sombong. Dan biasanya nih, kata Mark mereka bakal nanya, " kamu kan kaya kok gak mau ganti mobil ? Mark tahu bener tujuan si Cantik adalah mau…

Tak Perlu Harta Banyak Untuk Mulia

Image
YA ALLAH MALU SEKALI MENDENGAR  KISAH INI.Seorang pedagang hewan qurban berkisah tentang pengalamannya. Begini ceritanya. " Seorang ibu datang memperhatikan dagangan saya. Dilihat dari penampilannya  sih sepertinya gak akan mampu membeli. Namun tetap saya coba hampiri dan menawarkan kepadanya, “Silahkan bu…”, kata saya sambil memperhatikan ibu itu lekat-lekat. Lantas ibu itu menunjuk salah satu kambing termurah sambil bertanya,”Kalo yang itu harganya berapa Pak?”. Tanyanya.. “Yang itu Rp. 1.500.000  bu,” jawab saya. “Harga pasnya berapa?”, Tanya kembali si Ibu. "Ya, Rp. 1.300.000 deh, harga segitu mah untung saya kecil, tapi biarlah…… . Jawab saya sekenanya. “Tapi, uang saya hanya  1.200.000 boleh pak?”, pintanya. Waduh, saya bingung, karena itu harga modalnya, akhirnya saya berembug dengan teman sampai akhirnya diputuskan diberikan saja dengan harga itu kepada ibu tersebut. Itung-itung sedekah, biar deh dijual dengan harga modal. (baca : pengen hajat terkabul, lakukan ini)

Say…

Hidup Bukan Melulu Soal Menang Kalah

Image
CATATAN YANG MENGINSPIRASI.  COMPETITION vs COOPERATION (KOMPETISI VS KERJASAMA) Cerita ini dikisahkan oleh orang Indonesia yang memiliki kesempatan tinggal di Amerika. Dan mulai bertutur bagaimana perbedaan lingkungan sekolah anak-anak di sana dan anak-anak kita di Indonesia. Ini kisahnya : Jumat lalu, kedua anak saya menerima Report Card dari sekolahnya sebuah Elementary School (SD) di Amerika(semacam rapor kalau di Indonesia). Melihat keduanya mendapat nilai-nilai yang sangat bagus, mata saya mencari-cari sesuatu yang lazim di rapor anak sekolah di Indonesia. Anehnya kok tidak tercantum info tentang ranking?

Karena penasaran, saya tergoda bertanya ke salah satu gurunya... “Anak saya ranking berapa, Ms. B?” Bukannya menjawab, eh dia malah balik nanya ke saya,
Kenapa Anda orang Asia selalu nanya seperti itu?” Sejujurnya saya kaget dengan pertanyaan balik itu. Gak menyangka bakal ditanya seperti itu oleh gurunya anak-anak. Emang gak salah kan ya nanya? Tapi tetapa aja saya bengong dibuatnya.

Apapun Bisa Diwujudkan

Image
ORANG INI LUAR BIASA.  Kisah Pemuda Pekalongan yang Mengharukan. Mochammad Khamim Setiawan (28) bukan nama terkenal, bukan artis, bukan politisi dan bukan pejabat terkenal, dia bukan siapa-siapa.
Bukan juga orang kaya atau orang penting di negeri ini. Sehingga membaca namanya bisa saja diabaikan.
Dia hanyalah pemuda biasa asal Pekalongan.
Tapi keberanian dan semangatnya, sampai membuat orang luar negeri terperangah. Ya, nama Mochammad Khamim Setiawan tiba-tiba nongol di media yang berbasis di Dubai, Khaleejtimes. Apa yang dilakukannya?

Luar biasa dan mengharukan yang dilakukan Khamim ini. Dia bertekad naik haji dengan jalan kaki, dari Pekalongan ke Arab Saudi! Wow, mana mungkin!! Begitu mungkin pikiran saya dan kebanyakan dari kita. Khamim memulai perjalanannya dari Pekalongan pada 28 Agustus 2016 lalu.  Ia melewati berbegai negara dengan berjalan kaki, terkecuali menyeberangi lautan atau selat, yang tak mungkin dilakukannya tanpa naik ferry atau kapal.
Istirahat di masjid, menumpang di rum…

Tabiat Ular dan Ulat

Image
BERPUASALAH SEPERTI ULAT. Bulan ramadhan telah berlalu, masa-masa berpuasa dan mengintenskan ibadah telah lewat. Tapi tulisan ini sangat sayang untuk dilewatkan. Lagipula ahlak dan konsistensi ibadah yang kita lakukan saat ramadhan harusnya terus berlanjut dan justru efeknya harus terlihat di 11 bulan lainnya.

Bukan hanya puasa ramadhan yang memang wajib dilaksanakan oleh setiap muslim yang sudah akil baligh, bahkan kita pun disunahkan untuk berpuasa di luar bulan ramadhan. Keunggulan puasa sudah diteliti oleh ilmuwan, bagaimana puasa bisa menyembuhkan penyakit dan sederet manfaat lainnya.

Kewajiban puasa sesungguhnya tidak hanya diwajibkan kepada manusia saja. Beberapa jenis makhluk hidup melakukan puasa sebelum demi keberlanjutan dan kelangsungan hidupnya. Banyak contoh, misalnya puasanya induk ayam yang mengeram sehingga mengubah telur menjadi makhluk baru yang menetas menjadi anak ayam.

Di antara sekian banyak puasa hewan yang dapat kita ambil pelajaran agar puasa kita mencapai deraj…

Wanita Yang Cemburu

Image
Bangga menjadi wanitaTerlepas dari sejarah masyarakat Arab jahiliyah yang mengubur hidup-hidup anak wanitanya karena malu, sehingga datang Islam yang memuliakan wanita, pada dasarnya wanita adalah mahluk yang luar biasa. Wanita adalah mahluk istimewa. Mereka bisa menjadi pembawa rezeki untuk suaminya. Jika diperlakukan dengan benar isteri akan menjadi surga dan rezeki utama suaminya.


Wanita adalah mahluk terindah...semua yang nampak di dirinya enak dilihat. Wanita juga bisa menjadi rezeki bagi orang di sekitarnya. Karenanya menjadi wanita itu membanggakan.
Mengapa harus bangga? Karena jadi wanita mudah masuk surga.. Syaratnya "cuma" shalat yang bener, puasa di bulan ramadhan, menjaga diri dan mentaati suami...

Duhai ukhtyfillah yang dimuliakan Allah. Mampukah amalan membuat kita mudah melangkah ke Syurga-Nya? Apa yang membuat kita sulit untuk menjaga aurat saat keluar rumah ? Hanya mencari busana yang nyaman yang diperintahkan syariat. Mengapa masih memilih berbusana minim terbuk…

Jangan Mencari Kesempurnaan

Image
Menarik untuk direnungkan.    Suatu hari, Kahlil Gibran bertanya kepada gurunya:
"Bagaimana caranya agar kita mendapatkan sesuatu yang paling sempurna dalam hidup?" Sang Guru menjawab:
"Berjalanlah lurus di taman bunga, lalu petiklah bunga yang paling indah menurutmu dan jangan pernah kembali ke belakang"



Setelah berjalan dan sampai di ujung taman, Kahlil Gibran kembali dengan tangan hampa, lalu Sang Guru bertanya:
"Mengapa kamu tidak mendapatkan bunga satu pun?" Gibran menjawab:
"Sebenarnya tadi aku sudah menemukannya tapi aku tidak memetiknya, karena aku pikir mungkin yang di depan ada yang lebih indah. Namun ketika aku sudah sampai di ujung, aku baru sadar bahwa yang aku lihat tadi adalah yang TERINDAH  dan aku pun tak bisa kembali ke belakang lagi ..!"
Sambil tersenyum, Sang Guru berkata:
"Ya, itulah hidup .. semakin kita mencari kesempurnaan, semakin pula kita tak akan mendapatkannya, karena sejatinya kesempurnaan yang hakiki tidak pernah …

Antara Dian Sastro, Ibu Moor dan Menteri Susi

Image
Numpang lewat... Semoga bisa jadi inspirasiTulisan ini adalah buah pikir motivator Indonesia, Rhenald Kasali. Membandingkan 3 wanita hebat yaitu Mooryati Soedibyo (usahawan brand kecantikan terkenal), Dian Sastro (artis), dan Susi Pudjiastuti (menteri wanita pemberani) bukan perkara gampang. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya. Tapi inti tulisan ini bukan membandingkan untuk menentukan siapa yang "paling hebat" di sini tapi untuk belajar dari mereka, menggali semangat kesuksesan agar bisa menjadi inspirasi bagi kita semua.

Rezeki pasti dibagi Allah tapi sukses itu diciptakan.  Rhenald Kasali kebetulan mentor bagi dua orang ini: Dian Sastro dan Mooryati Soedibyo. Akan tetapi, pada Susi Pudjiastuti yang kini memimpin Kementerian Kelautan dan Perikanan, Rhenald malah merasa justru belajar banyak hal darinya. Ketiganya perempuan hebat, tetapi selalu diuji oleh sebagian kecil orang yang mengaku pandai. Entah ini stereotyping (pengkategorian yang sangat subjektif) 
baca :