Posts

Showing posts with the label tips

Saat Terhimpit Masalah Rezeki

Image
ARTIKEL KE 865  Ketika Masalah Menghimpitmu dari Semua Sisi  Dikisahkan seekor rusa betina sedang hamil tua.
Ketika mendekati detik-detik kelahirannya, rusa ini pergi ke suatu tempat yang jauh di sisi hutan yang berdekatan dengan sungai.
Tiba-tiba sesuatu yang tidak ia bayangkan terjadi..
Terdengar suara gemuruh dari langit dan tampak kilat yang menyambar ke permukaan bumi. Hutan kering ini terbakar dahsyat karena percikan api dari petir tersebut.
Ketika rusa ini menoleh ke kiri, tampak seorang pemburu telah siap melesatkan anak panah ke arahnya.
Saat menoleh ke kanan, ia pun terkejut melihat seekor singa lapar yang siap menerkamnya.

Maka tiada pilihan bagi rusa ini selain : 1. Mati dimangsa singa.
2. Mati terkena panah.
3. Mati terbakar.
4. Atau mati tenggelam karena melompat ke sungai.
Bahaya mengancam dari berbagai penjuru dan tidak ada lagi kesempatan untuk berlari.
Lalu apa yang harus ia lakukan?
Bersedih dan merintih?
Menangis dan menjerit?
Atau ia harus berlari sementara kondisinya begitu lem…

Alternatif Menyelesaikan Masalah Rumah Tangga

Image
ARTIKEL KE 846   Tak ada masalah tanpa penyelesaian   Hidup ini butuh masalah... Karena itulah bunga kehidupan yang dialami orang yang masih hidup di dunia... Orang mati sudah terbebaskan dari masalah dunia.. Jadi kalo pengen bebas masalah ya....mati aja! So...nikmatilah masalah yang ada sebagai bunga-bunga.. Saya pernah menulis artikel soal solusi semua masalah ala Rasulullah SAW, ini adalah versi lain menyelesaikan masalah yang konsepnya mirip dengan teori bantu membantu. Yaitu melibatkan Allah dalam masalah kita dengan cara-cara tertentu karena Allah selalu punya "cara" sendiri untuk membantu kita lepas dari masalah. Yakin itu..

Benar, tak ada masalah yang terlalu sulit untuk dipecahkan..
Masalah anak nakal? Seorang ayah atau ibu ketika menghadapi kelakuan yang tidak menyenangkan dari anaknya bukannya sedih, ngomel, marah ataupun malah memukul anaknya sebagai hukuman atas kenakalannya, ia malah bersedekah, atau memberi makan fakir miskin. Lalu ia membaca:

خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ ص…

Handuk Basah di Kasur

Image
ARTIKEL KE 842   Rahasia buat para  IsteriPada tulisan sebelumnya saya bercerita bagaimana sikap seorang istri kala suaminya minta nikah lagi.. Kali ini masih berkisar hubungan rumah tangga yang mungkin saja kita alami. Seorang istri memiliki suami yang punya kebiasaan meletakkan handuk basah begitu saja di atas kasur. Setiap habis mandi pasti handuk basah tergeletak dengan manisnya di atas kasur mereka. Si isteri pasti harus segera mengangkat handuk tersebut sebelum seprei ranjang ikut lembab karenanya..dan menjemurnya di halaman belakang. Saat suami pulang kerja dan habis mandi sore, kembali lagi handuk basah itu nangkring di kasur dan si isteri harus melakukan ritual yang sama, mengangkat handuk itu dan menjemurnya sambil ngedumel kesel...

Si istri sudah sering mengomeli suaminya karena kebiasaan buruk tersebut. Tapi kebiasaan itu terus berulang setiap hari. Suaminya tak berubah. Merasa tak ada masalah dengan hal itu.. Isterinya makin kesal dong...tiada hari tanpa ngedumel marah persoa…

Melayani, Kunci Jadi Kaya

Image
ARTIKEL KE 823  Perspektif berbeda untuk jadi kaya  Jadi kaya itu gampang, Bro.. Gimana cara gampangnya?? Well...
1. Berhenti terobsesi dengan duit.
Kesalahan pertama yang dilakukan orang awam seperti kamu dan saya adalah mengasosiasikan kekayaan dengan duit. Padahal dua hal ini beda banget.. Duit adalah efek samping jadi kaya. Bukan karena banyak duit trus kaya..! Salah Mas Bro..Ada kok yang punya banyak duit tapi gak kaya, misalnya menang lotere, undian yang hasilnya duit.. Mereka sebatas punya banyak duit tapi sejauh mana duitnya diinvestasikan agar berkembang, itu yang menentukan apa dia beneran jadi kaya atau nyaris kaya aja..
baca : rezeki dari undian kok cepat habis?


Karena waktu yang dikasi Allah buat semua orang itu sama, 24 jam sehari semalam, seberapa banyak waktu yang kamu pake untuk fokus, bener-bener mengalihkan perhatian buat melakukan hal-hal yang berkontribusi untuk membangun dan menumbuhkan kekayaan...bakal nentuin kamu kaya atau gak..
Jadi gantilah perspektif kamu. Lihat …

Cara Keluar dari Kemiskinan

Image
ARTIKEL KE 794  KELUAR DARI KEMISKINAN   Masih ingat pelari kita Muh. Zohri yang mengharumkan nama bangsa di kancah internasional beberapa waktu lalu? Muh. Zohri aslinya adalah pemuda miskin yang punya cita-cita besar. Kemiskinan tak jadi hambatan untuk meraih impiannya.
Kemudian bagaimana Lalu Muhammad Zohri keluar dari cengkraman kemiskinan?


Cara keluar dari kemiskinan justru kebalikan dari persepsi kita selama ini. Bahwa mengentaskan diri dari kemiskinan berarti butuh bantuan dan pemberian dari orang lain. Tapi beda dengan pemuda Zohri ini. Zohri sehari-hari hidupnya dicekam keterbatasan, namun yang ada pada mentalnya adalah "memberi pada negara". Pemerintah RI dan warga negaranya tidak dia harapkan sebagai pihak yang harus membantu dan memberi padanya, tapi pihak yang harus dia bantu dan dia beri. Apalagi mengharap diberi gaji tetap sebagai atlit, beli sepatu lari pun Zohri harus hutang duit. Sementara untuk berangkat ke Finlandia mengikuti Kejuaraan Dunia Atletik lari 100 …

Mau Kaya? Buat Sesuatu yang Bermanfaat

Image
ARTIKEL KE 793This world is a business (Dunia ini adalah sebuah bisnis) Banyak orang yang mau kaya. Tapi semuanya mau instan, kalo bisa segera, secepatnya, gak pake lama, kalo perlu dengan usaha yang minimal. Karena itu artikel saya Amalan 40 hari menjadi kaya yang saya tulis tahun 2015 silam menjadi artikel yang paling banyak di baca di blog lancarrezeki.blogspot.com ini. Di kolom komentar penuh pertanyaan ingin tahu dari pembaca dan beberapa pertanyaan pun menggelitik saya. Bunyinya, "Apa ada yang sudah kaya melakukan amalan ini?" Sayapun mengamalkannya. Lalu apakah saya sudah kaya? Tergantung pengertian kaya di benak anda. Saya pun menulis di artikel tersebut kalo saya cenderung tidak mengunakan kata "kaya" untuk menggambarkan kondisi saya setelah melakukan amalan, tetapi lebih ke kata "cukup". Karena seseorang yang punya banyak harta (kaya) belum tentu merasa cukup. Sementara ada orang yang tampilannya sederhana tapi hidupnya selalu tercukupi. Karena k…

Kanker Ternyata Tak Perlu Diobati

Image
ARTIKEL KE 768  LAYAK DIRENUNGKAN.  Tulisan ini sangat layak untuk direnungkan terutama bagi anda yang sedang berjuang melawan kanker.. Makoto Kondo, ahli kanker terkenal di Jepang yang merupakan dosen radiologi di Keio University, memiliki pengalaman lebih dari 40 tahunn praktek kedokteran, dia berani menyatakan pandangan medis yang tidak berani diungkapkan dokter-dokter lain. Ia lulusan Fakultas Kedokteran dari Universitas Keio, Jepang, kemudian melanjutkan studi di Amerika Serikat dan meraih gelar doktor. Prestasinya mndapatkan penghargaan "Kikuchi Kan ke-60” pada tahun 2012 (yang diberikan pada tokoh yang berkontribusi besar terhadap budaya Jepang).



Berikut beberapa pendapatnya tentang kanker:
1. Yang menakutkan itu bukan kankernya, tetapi “pengobatannya”. Mengapa ada orang yang semula energik, lantas menjadi lemah setelah terserang kanker ? Hal ini karena mereka telah menjalani proses “pengobatan kanker”. Selama “tidak mengobati kanker”, maka penderita bisa menjaga pikirannya sec…

Salah Jurusan Bukan Berarti Kiamat

Image
ARTIKEL KE 763  Bantulah anakmu membangun masa depannya.  Tahun ajaran baru telah dimulai dan tulisan Pambudi Sunarsihanto yang saya bagikan di bawah ini sangat menarik untuk disimak.. Cerita dimulai dengan tuturan penulis... Dua hari yang lalu, saya berada di Singapore. Dan saya berkesempatan untuk minum kopi bersama seorang sahabat saya, yang menjadi profesor di sebuah Universitas terkemuka di Singapore.
Sebut saja namanya Henry. Kami janjian ketemu di sebuah pusat perbelanjaan ternama di sana. Kebetulan saya lagi kangen makanan Perancis.
Dan mulailah kami ngobrol sana sini, tentang disruption, tentang dunia pendidikan, tentang reward system untuk innovation program ...dll ...dll.
Sampai tiba-tiba Henry bertanya, "Mmm, anakku baru kelas 1 SMA dan dia bertanya, sebaiknya nanti dia kuliah apa ya?”
I said, ”Kok malah nanya aku, bukannya situ profesor universitas ternama!” Henry meneruskan, ”Well, kamu tau kan, kadang-kadang apa yang dihasilkan dunia pendidikan dan yang dibutuhkan oleh in…