Posts

Showing posts with the label tips

Cara Keluar dari Kemiskinan

Image
ARTIKEL KE 794  KELUAR DARI KEMISKINAN   Masih ingat pelari kita Muh. Zohri yang mengharumkan nama bangsa di kancah internasional beberapa waktu lalu? Muh. Zohri aslinya adalah pemuda miskin yang punya cita-cita besar. Kemiskinan tak jadi hambatan untuk meraih impiannya.
Kemudian bagaimana Lalu Muhammad Zohri keluar dari cengkraman kemiskinan?


Cara keluar dari kemiskinan justru kebalikan dari persepsi kita selama ini. Bahwa mengentaskan diri dari kemiskinan berarti butuh bantuan dan pemberian dari orang lain. Tapi beda dengan pemuda Zohri ini. Zohri sehari-hari hidupnya dicekam keterbatasan, namun yang ada pada mentalnya adalah "memberi pada negara". Pemerintah RI dan warga negaranya tidak dia harapkan sebagai pihak yang harus membantu dan memberi padanya, tapi pihak yang harus dia bantu dan dia beri. Apalagi mengharap diberi gaji tetap sebagai atlit, beli sepatu lari pun Zohri harus hutang duit. Sementara untuk berangkat ke Finlandia mengikuti Kejuaraan Dunia Atletik lari 100 …

Mau Kaya? Buat Sesuatu yang Bermanfaat

Image
ARTIKEL KE 793This world is a business (Dunia ini adalah sebuah bisnis) Banyak orang yang mau kaya. Tapi semuanya mau instan, kalo bisa segera, secepatnya, gak pake lama, kalo perlu dengan usaha yang minimal. Karena itu artikel saya Amalan 40 hari menjadi kaya yang saya tulis tahun 2015 silam menjadi artikel yang paling banyak di baca di blog lancarrezeki.blogspot.com ini. Di kolom komentar penuh pertanyaan ingin tahu dari pembaca dan beberapa pertanyaan pun menggelitik saya. Bunyinya, "Apa ada yang sudah kaya melakukan amalan ini?" Sayapun mengamalkannya. Lalu apakah saya sudah kaya? Tergantung pengertian kaya di benak anda. Saya pun menulis di artikel tersebut kalo saya cenderung tidak mengunakan kata "kaya" untuk menggambarkan kondisi saya setelah melakukan amalan, tetapi lebih ke kata "cukup". Karena seseorang yang punya banyak harta (kaya) belum tentu merasa cukup. Sementara ada orang yang tampilannya sederhana tapi hidupnya selalu tercukupi. Karena k…

Kanker Ternyata Tak Perlu Diobati

Image
ARTIKEL KE 768  LAYAK DIRENUNGKAN.  Tulisan ini sangat layak untuk direnungkan terutama bagi anda yang sedang berjuang melawan kanker.. Makoto Kondo, ahli kanker terkenal di Jepang yang merupakan dosen radiologi di Keio University, memiliki pengalaman lebih dari 40 tahunn praktek kedokteran, dia berani menyatakan pandangan medis yang tidak berani diungkapkan dokter-dokter lain. Ia lulusan Fakultas Kedokteran dari Universitas Keio, Jepang, kemudian melanjutkan studi di Amerika Serikat dan meraih gelar doktor. Prestasinya mndapatkan penghargaan "Kikuchi Kan ke-60” pada tahun 2012 (yang diberikan pada tokoh yang berkontribusi besar terhadap budaya Jepang).



Berikut beberapa pendapatnya tentang kanker:
1. Yang menakutkan itu bukan kankernya, tetapi “pengobatannya”. Mengapa ada orang yang semula energik, lantas menjadi lemah setelah terserang kanker ? Hal ini karena mereka telah menjalani proses “pengobatan kanker”. Selama “tidak mengobati kanker”, maka penderita bisa menjaga pikirannya sec…

Salah Jurusan Bukan Berarti Kiamat

Image
ARTIKEL KE 763  Bantulah anakmu membangun masa depannya.  Tahun ajaran baru telah dimulai dan tulisan Pambudi Sunarsihanto yang saya bagikan di bawah ini sangat menarik untuk disimak.. Cerita dimulai dengan tuturan penulis... Dua hari yang lalu, saya berada di Singapore. Dan saya berkesempatan untuk minum kopi bersama seorang sahabat saya, yang menjadi profesor di sebuah Universitas terkemuka di Singapore.
Sebut saja namanya Henry. Kami janjian ketemu di sebuah pusat perbelanjaan ternama di sana. Kebetulan saya lagi kangen makanan Perancis.
Dan mulailah kami ngobrol sana sini, tentang disruption, tentang dunia pendidikan, tentang reward system untuk innovation program ...dll ...dll.
Sampai tiba-tiba Henry bertanya, "Mmm, anakku baru kelas 1 SMA dan dia bertanya, sebaiknya nanti dia kuliah apa ya?”
I said, ”Kok malah nanya aku, bukannya situ profesor universitas ternama!” Henry meneruskan, ”Well, kamu tau kan, kadang-kadang apa yang dihasilkan dunia pendidikan dan yang dibutuhkan oleh in…

Rahasia Kehidupan yang Tersembunyi

Image
ARTIKEL KE 762  RAHASIA KEHIDUPAN  ‎Diceritakan konon seorang lelaki buta sedang berjalan dengan tongkatnya di malam hari. Tangan kanannya memegang tongkat, sementara tangan kirinya membawa lampu.
Pemandangan ini mengherankan bagi seorang pria yang kebetulan melihatnya. Orang buat memegang tongkat itu mah biasa. Karena dengan tongkat itu bisa menopang anggota tubuhnya dan bisa jadi penunjuk jalan baginya dengan mengetuk-ngetukkannya sepanjang jalan yang dia lalui. Tapi lampu? Bagaimana mungkin seorang buta membawa lampu, sementara dia tak bisa melihat cahaya sedikitpun?


 ‎Karena penasaran, pria itu akhirnya bertanya,
"Mengapa anda berjalan membawa lampu? Bukankah anda buta dan tak bisa melihat cahayanya?" Orang buta itu menjawab, " Tentu saja sebagai penerangan bagi jalan saya". Dengan heran pria itu bertanya lagi, "Tetapi, bukankah anda buta dan tetap tidak bisa melihat jalan meski ada lampu penerangan?"

Orang buta itu tersenyum sambil menjawab,
"Mes…

Pikiran Besar Pemicu Kesuksesan

Image
ARTIKEL KE 752  JENIS PIKIRANAdmin udah beberapa membuat tulisan tentang pikiran. Silakan di cek kembali di sini dan di sini. Mengapa? Karena pikiran menentukan tindakan dan tindakan menentukan kesuksesan. Jika mau sukses dan nasib berubah yang paling pertama di benahi adalah mind set alias pola pikir.
Pikiran terbagi atas tiga : 1. Pikiran KECIL membicarakan Orang. 2. Pikiran SEDANG membicarakan Peristiwa. 3. Pikiran BESAR membicarakan Gagasan Maka sebagai akibatnya… Pikiran KECIL akan menghasilkan GOSIP. Pikiran SEDANG akan menghasilkan PENGETAHUAN. Pikiran BESAR akan menghasilkan SOLUSI.


Ketiga jenis pikiran ini ADA di dalam setiap Otak kita.
Seberapa pun IQ kita... Pikiran mana yang lebih Mendominasi, begitulah yang kita hasilkan. Kalau setiap saat OTAK kita dipenuhi oleh Pikiran KECIL, maka kita akan selalu asik dan sibuk dengan urusan orang lain, tapi tidak menghasilkan apa-apa, kecuali perseteruan/permusuhan. Bila Pikiran BESAR yang mendominasi, maka ia akan Aktif menemukan terobosan baru,…

Belajar Menerima Kekurangan Pasangan

Image
ARTIKEL KE 744  ★ MUTIARA BERNODA ★ Kadang dalam hidup kita merasa menjadi manusia paling malang karena selalu didera masalah. Sepertinya masalah enggan pergi dari hidup kita, selalu saja ada sehingga menumpuk membuat puyeng kepala. Padahal kalo mau dipikir-pikir hidup ini butuh masalah, karena itulah yang membedakan kita dengan penghuni kuburan. 
Berikut adalah kisah bagaimana menyikapi masalah, terutama dalam rumah tangga.


Ada seorang tua yang sangat beruntung. Dia menemukan sebutir mutiara yang besar dan sangat indah. Namun kebahagiaannya segera berganti menjadi kekecewaan begitu dia mengetahui ada sebuah noda hitam kecil di atas mutiara tersebut. Hatinya kemudian bergumam, kalaulah tidak ada noda hitam ini setitik, mutiaranya akan menjadi yang tercantik dan paling sempurna di dunia. Semakin dia pikirkan semakin kecewa hatinya. Akhirnya, dia memutuskan untuk menghilangkan titik noda dengan menggerus lapisan permukaan mutiara tersebut. Tetapi setelah dia menggerus lapisan pertama, noda te…

Mengenali Orang Baik dan Menjadi salah seorang diantaranya

Image
ARTIKEL KE 730  Bagaimana Mengenali Watak Seseorang?  Susah gak sih ngenalin watak seseorang? Gampang-gampang susah. Kadang kita nyangka seseorang itu baik tapi nyatanya mengecewakan... Kadang juga kita udah berprasangka buruk duluan liat dari tampangnya, tapi ternyata berhati malaikat. Tebak-tebak buah manggis, kadang bener lebih seringnya salah..

Betapa sering, kita mendengar dan bahkan ngalamin sendiri, jenis hubungan pertemanan yang pada akhirnya merugikan, sehingga membawa penyesalan mendalam. Apalagi bagi mereka yang suka bergaul di dunia maya. Kita merasa mengenal seseorang melalui tulisan dan postingan-postingannya. Kita merasa cocok, merasa dekat dengannya. Hingga akhirnya kita mempercayakan hati, harta dan lain-lain pada orang tersebut. Namun, apa lacur ternyata dia scammer dunia maya. Penipu dunia maya yang sudah memakan banyak korban. Bukan hanya uang yang hilang dan hati yang patah, dalam beberapa kasus, bahkan kehormatan diri dan nyawapun hilang...naudzubillah mindzaliik Nam…