Tips Gampang Agar Disenangi Rezeki

ARTIKEL KE 896

Mau di senangi rezeki? Milikilah Sifat-sifat berikut ini !  

Bismillah..

Inilah tulisan pertama saya di awal tahun 2020. Mudah-mudahan Allah memberikan kesehatan agar saya senantiasa dimudahkan untuk membuat artikel yang bermanfaat bagi banyak orang. Amin, insya Allah..

Pertanyaan yang paling banyak ditanyakan di kolom komentar adalah bagaimana caranya agar rezeki saya lancar jaya layaknya jalan tol bebas hambatan. Jawabannya sebenarnya gampang, tapi pokok persoalannya bukan di situ, tapi seberapa besar keinginan kita untuk menjalankannya. Saya tulis apapun di blog ini sampai artikel ke 896 ini kalo hanya sekedar dibaca tanpa ada usaha buat merenungkannya apalagi mempraktekkannya tentunya akan sia-sia belaka.

Yuk kita mulai saja dengan tips pertama.

1. Jangan jadikan rezeki sebagai tujuan.

Mungkin anda akan protes...
Gimana sih...kita kerja keras tiap hari banting tulang kalo perlu lembur demi mengejar rezeki (dalam hal ini uang) biar bisa makan, bisa hidup nyaman, bisa beli barang-barang. Lha, kalo gak dijadiin tujuan, ya percuma kan? Masa' tiap hari kerja begitu kerasnya trus gak ada tujuan?
Mungkin anda bilang, "Saya kerja keras biar banyak rezeki, banyak uang, pengen jadi milyuner, orang kaya, hidup berkelimpahan, nyaman layaknya raja."
Silakan saja...

Tapi sebenarnya "banyak rezeki" gak bisa dijadikan tujuan. Karena semakin anda mengejar rezeki itu maka anda akan semakin dijauhinya atau dengan kata lain anda malah makin miskin. Rezeki yang kita dapatkan harus dijadikan JEMBATAN atau ALAT dan bukan TUJUAN..

Rezeki bisa menjadi begitu dramatis kala kita merasa kekurangannya..
Udah kerja keras bak kuli, rezeki gak kunjung datang, malah utang yang menghampiri
Ada juga yang punya banyak rezeki, uang berlimpah, kesuksesan di genggam tapi malah punya banyak masalah. Misalnya masalah keluarga, punya rezeki banyak tapi kok malah gak harmonis dengan pasangan, anak-anak jadi nakal dan gak bisa terkontrol. Belum lagi yang menderita sakit parah sehingga rezeki yang banyak itu lari ke pengobatan. Ada juga yang rezekinya gak pernah bertahan lama. Berapa banyakpun yang datang pasti segera habis dengan seketika. Berarti orang-orang seperti ini adalah orang-orang yang punya problem dengan rezeki.

Jangan menjadikan rezeki terutama yang dalam bentuk uang sebagai tujuan. Karena jika anda menjadikannya tujuan maka anda akan mengejarnya. Semakin anda mengejarnya dengan sepenuh hati maka anda pun akan di"KUASAI"nya.. uang akan menjadi "TUAN" bahkan TUHAN anda. Tapi jika anda menjadikan uang sebagai ALAT atau JEMBATAN maka uang akan bekerja untuk anda. Alat atau jembatan untuk ke mana? Ya.. ke arah tujuan hidup anda, menjadi manusia yang bermanfaat, khalifah yang diperintahkan Allah untuk memakmurkan bumiNYA dan untuk mengabdi kepadaNYA.
Sampai sini jelas ya...

Baca tulisan Ujian kok dijadikan impian untuk mendapatkan gambaran tentang tujuan hidup.

Tips kedua,

2. Buat spesifik permintaan rezeki anda.

Udah sering saya bahas di blog ini bahwa rezeki itu hak prerogatif Allah yang akan diberi pada mahluk dengan jumlah yang berbeda-beda. Rezeki kita udah ada, disediakan Allah buat kita, tapi buat dapetin itu kita kudu minta dan kudu usaha. Berdoa dan berusaha.
Gimana caranya : minta yang SPESIFIK !

Kok harus begitu? Ya, biar jelas apa yang mau diraih dan gimana meraihnya !
Mumpung ini baru awal tahun, coba tuliskan di secarik kertas, notes, buku harian apa yang pengen diraih di tahun 2020 ini. Misalnya pengen buka bengkel sepeda motor yang laku keras, tiap hari ada yang dilayani, minimal 365 motor dalam setahun. Pengen buka warung nasi pecel yang omzetnya 200 juta/tahun, misalnya. Usaha kos-kosan yang tadinya cuma 10 kamar tahun ini bertambah menjadi 50 kamar misalnya. Berdasarkan pengalaman sesuatu yang dituliskan spesifik seperti ini insya Allah ada kans 50 - 90 % terwujud. Mengapa? Karena dituliskan secara detail dan spesifik. Sehingga usahanya jelas apa yang akan dilakukan dan doanya jelas apa yang akan dipanjatkan.



Saya juga pernah menuliskan hal terkait tips kedua ini di artikel Cara agar doa menjadi senjata efektif penarik rezeki.

Selanjutnya tips terakhir adalah ....

3. Yakin bahwa rezeki bakal didapatkan.

Sebelum melakukan sesuatu kita harus yakin bahwa usaha dan ikhtiar kita bakal berhasil.
Begitu juga, sebelum berdoa kita harus yakin bahwa doa kita akan diijabah Allah.
Karena rezeki hanya mendatangi orang-orang yang yakin. Orang-orang yang yakin adalah orang-orang yang positif sehingga dengan mudah menarik rezeki mendekatinya.
Kalo ada yang berkeyakinan bahwa uang adalah akar segala kejahatan maka uang tak akan mendekati mereka ini, karena keyakinannya negatif. Harusnya dicamkan bahwa tanpa uang justru bisa menimbulkan banyak kejahatan demi mendapatkan uang itu tadi.

Orang yang yakin adalah orang yang beriman, tahu bahwa Allah selalu bersama orang-orang yang yakin pada dirinya dan yakin pada Rabbnya. Orang-orang seperti ini memiliki energi luar biasa untuk bekerja dan membuat rezeki mendatangi dengan sendirinya, bahkan dari arah yang tak diduganya. Orang yang yakin 50 % berhasil jauh lebih baik rezekinya dari mereka yang yakin 50 % gagal. Prosentasinya sih sebenarnya sama saja, cuma sudut pandangnya aja yang beda. Satu yakin menang dan yang satunya khawatir kalah. Yakin 50 % menang tak berarti mengabaikan 50 % peluang untuk kalah atau gagal tapi lebih memfokuskan diri pada hasil yang lebih baik yaitu keberhasilan. Kalaupun toh ternyata ditakdirkan gagal baginya itu bukan kegagalan melainkan pembelajaran. Kemudian bangkit kembali dari kegagalan dengan energi yang di boost dua kali lipat.


Mengapa orang yang positif mudah rezekinya? Saya pernah menuliskannya di sini. Silakan dibaca mudah-mudahan memberi pencerahan.

Itulah 3 tips di awal tahun 2020 agar kita semua disenangi rezeki alias murah rezeki.
Mudah-mudahan bermanfaat.

Wallahu alam..

Comments

Popular posts from this blog

Bolehkah Menolak Rezeki?

Menarik Rezeki dengan Asmaul Husna (5)

Doa Agar Rezeki Tak Terputus