Posts

Showing posts with the label amalan

Tanda Rezekinya Sudah Hilang

Image
Judulnya sangat mengintimidasi ya? Padahal sebenarnya artikel ini fokus pada keutamaan shalat subuh dan akibat yang diperoleh jika melalaikannya. 
MENURUT DR HAMKA:" Jika ingin melihat orang Islam...
Datanglah ke masjid/lapang saat idul fitri dan idul adha.
Mereka ramai berjejal-jejal memenuhi mesjid atau tanah lapang dengan pakaian baru dan wangi-wangian... TAPI Jika ingin melihat orang yang beriman...
Datanglah ke masjid waktu subuh. Itulah nisbah antara orang Islam dengan orang beriman. "

SUBUH MENJADIKAN KEBAIKAN DIRI (1) Jika subuhnya senantiasa dipelihara.
Tanda akan selamat dari neraka.

Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam membawakan kabar gembira yang agung berikut ini. Diriwayatkan dari Imran bin Ru’biah bahwa Nabi Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:“Sekali-kali tidak akan masuk neraka seseorang yang mengerjakan shalat sebelum matahari terbit dan sebelum tenggelamnya (Muslim hadits no. 643 dan shahih sunan Abu Dawud haits no 427) (2) Jika subuhnya tidak di tinggal. Allah m…

Tugas Kita Hanya Berusaha Optimal dan Berdoa

Image
APA YANG DIPIKIRKAN ITULAH YANG AKAN TERJADI"Suatu hari, Rasulullah saw menjenguk seseorang yang sedang sakit demam. Beliau menghibur dan membesarkan hati orang tersebut. Beliau bersabda,
_"Semoga penyakitmu ini menjadi penghapus dosamu"._ Orang itu menjawab,
_"Tapi ini adalah demam yang mendidih, yang jika menimpa orangtua yang sudah renta, bisa menyeretnya ke lubang kubur"._ Mendengar keluhan orang itu, Rasulullah saw bersabda,
_‘Kalau demikian anggapanmu, maka akan begitulah jadinya’._
(HR. Ibnu Majah)

Jadi it's about mind set. Pikiran yang menentukan keadaan kita. Gak ada penyakit yang parah jika kita gak menganggapnya demikian. Gak ada penderitaan, susah rezeki, miskin papa kecuali jika kita menganggapnya demikian dan membiarkannya. Lihatlah wajah ikan mas di bawah ini. Gak ada yang tau apa yang dipikirkannya. Tapi pikiran itu adalah kenyataan yang harus dihadapinya.(baca : rahasia menjadi magnet rezeki)


Sungguh indah apa yang disabdakan Rasulullah Sa…

Ciptakan Cahaya Buat Orang Lain

Image
MEMBERI TAK HARAP KEMBALI.   Seorang pria diminta mengecat sebuah perahu. Ia pun mengecat perahu tersebut dengan warna yang sesuai dengan pesanan pemiliknya. Saat mengecat, ia menemukan sebuah lubang kecil di lambung perahu, dan menambalnya diam-diam. Begitu selesai mengecat, ia terima upahnya dan pergi. Tak lama berselang, pemilik perahu menemui lagi pria tersebut dan memberinya cek yang nilainya sungguh fantastis.


Si tukang cat terkejut dan berkata:
"Anda sudah membayar upah saya, Tuan" "Tapi ini bukan upah untuk mengecat, Ini karena Anda sudah menambal satu lubang di lambung perahuku",  kata pemilik perahu. "Ah !, Itu kan cuma hal kecil ...
Anda tidak perlu memberi saya uang sebanyak ini untuk pekerjaan sekecil itu". "Mungkin anda tidak mengerti, biar saya jelaskan. Saat saya minta anda mengecat kapal itu, saya lupa memberi tahu tentang lubang tersebut. Ketika cat perahu sudah kering, anak-anak saya langsung pergi mancing dengan naik perahu itu. Mereka…

Allah Akan Mencukupkan Lelahmu

Image
FAEDAH BACA ALQURAN TANPA PAHAM ARTINYA.  Ada seorang remaja bertanya kepada kakeknya: “Kakek, apa gunanya aku membaca Al qur’an, sementara aku tidak mengerti arti dan maksud dari Al qur’an yang kubaca ?“. Lalu si kakek menjawabnya dengan tenang:
Cobalah ambil sebuah keranjang sampah ini dan bawa ke sungai, dan bawakan aku dengan sekeranjang air. “ Anak itu mengerjakan seperti yang diperintahkan kakeknya, tapi semua air yang dibawanya jatuh habis, sebelum ia sampai di rumah.

Kakeknya berkata:
Kamu harus berusaha lebih cepat “ Kakek meminta cucunya kembali ke sungai. Kali ini anak itu berlari lebih cepat, tapi lagi-lagi keranjangnya kosong (tanpa air) sebelum sampai di rumah. Dia berkata kepada kakeknya:
Tidak mungkin aku bisa membawa sekeranjang air. Aku ingin menggantinya dengan ember “. “Aku ingin sekeranjang air, bukan dengan seember air “ Jawab kakek. Si anak kembali mencoba, dan berlari lebih cepat lagi. Namun tetap gagal juga. Air tetap habis sebelum ia sampai di rumah. Keranjang i…

Rezeki Datang Dari Segala Penjuru

Image
KISAH YANG BISA KITA JADIKAN PELAJARAN...Bagi anda yang merasa rezekinya susah dan seret, mungkin kisah ini bisa sedikit memberi inspirasi.
Pada zaman Nabi Musa As ada sepasang suami istri yang hidup dalam kesusahan dan kefakiran bertahun-tahun lamanya sampai suatu malam ketika keduanya akan istirahat sang istri bertanya kepada suaminya, "Wahai suamiku bukankah Musa adalah utusan Allah? "
Suaminya menjawab, "Ya betul."
Istri bertanya lagi, "Mengapa kita tidak menemui Musa dan mengadukan keadaan kita kepadanya agar dia memohon kepada Allah sehingga kita bisa menghabiskan sisa usia kita dalam keluasan rezeki?"
Suaminya menjawab,  "Ide yang bagus wahai istriku."



Keesokan harinya keduanya bergegas menghadap Nabi Musa as dan menyampaikan hajatnya kepada beliau. Mereka bercerita tentang kondisi yang dialaminya selama bertahun-tahun. Rezeki seolah enggan menghampirinya.
Lalu Nabi Musa kemudian memohon kepada Allah agar sepasang suami isteri tersebut dilua…

Mengapa Yahudi Ini Kalah?

Image
Kisah Yahudi yang dikalahkan Sayyidina Usman bin Affan.  DULU, di Madinah, tidak terlalu jauh dari masjid Nabawi, ada sebuah properti sebidang tanah dengan sumur yang tidak pernah kering sepanjang tahun. Sumur itu dikenal dengan nama :Sumur Ruma (The Well of Ruma) karena dimiliki seorang Yahudi bernama Ruma.
Sang Yahudi menjual air kepada penduduk Madinah, dan setiap hari orang antri untuk membeli airnya. Di waktu waktu tertentu sang Yahudi menaikkan seenaknya harga airnya (hukum monopoli), dan rakyat Madinah pun terpaksa harus tetap membelinya. karena hanya sumur inilah yang tidak pernah kering dan rasa airnya segar menyerupai air zam zam.

Melihat kenyataan ini, Rasulullah berkata, "kalau ada yang bisa membeli sumur ini, balasannya adalah Surga". Seorang sahabat nabi bernama Usman bin Affan mendekati sang Yahudi. Usman menawarkan untuk membeli sumurnya. Tentu saja Ruma sang Yahudi menolak. Ini adalah bisnisnya, dan ia mendapat banyak uang dari bisnisnya.
Tetapi Usman bukan …

Menjadi Pasangan Yang Sempurna

Image
Doa Untuk Istri Tercinta… Tak ada sesuatu yang sempurna dan gak mungkin juga kita mengejar kesempurnaan. Tulisan saya beberapa waktu membahas tentang Jangan Mencari Kesempurnaan, karena mustahil untuk menjadi sempurna, kesempurnaan itu hanyalah milik Sang Khalik. Tapi boleh kan kita mengusahakannya? Mengusahakan untuk menjadi pasangan yang setidaknya sempurna di mata pasangan kita?  Tujuannya hanya satu mewujudkan rumah tangga yang sakinah mawaddah wa rahmah dan murah rezeki. (baca : penyebab rumah tangga seret rezeki).
Demi mencapai kesempurnaan itu diawali oleh ridha suami terhadap isterinya. Bukankah ridha Allah terletak pada ridha suami atas isterinya? Karena suami kepala rumah tangga, dialah yang bertanggung jawab pada keluarga yang dipimpinnya. Dan untuk memulai itu dia harus bekerjasama dengan partner terkasih yaitu isteri. (baca : mau rumah tangga bagus rezekinya?)  Cobalah para suami berdoa seperti ini untuk isterinya di awal hari.
اللهمّ اغفرْ لزوجتي ما تقدَّم من ذنبِها و ما تأخ…

Menang Tanpa Peperangan

Image
BERSEDEKAH ITU MENAKLUKKAN LAWAN TANPA PEPERANGAN.  Kisah yang layak untuk jadi pembelajaran.
Pada jaman Tiongkok kuno, ada seorang petani mempunyai seorang tetangga
yang berprofesi sebagai pemburu dan mempunyai anjing-anjing galak.
Anjing-anjing itu sering melompati pagar dan mengejar domba-domba petani.
Petani itu meminta tetangganya untuk menjaga anjing-anjingnya, tapi ia tidak mau peduli.
Suatu hari anjing-anjing itu melompati pagar dan menyerang beberapa domba, sehingga terluka parah.

Petani itu merasa tak sabar, dan memutuskan untuk pergi ke kota untuk berkonsultasi pada seorang hakim.
Hakim itu mendengarkan cerita petani itu dan berkata;
"Saya bisa saja menghukum pemburu itu, memerintahkan dia untuk merantai dan mengurung anjing-anjingnya, tapi anda akan kehilangan seorang sahabat dan mendapatkan seorang musuh.
Mana yang kau inginkan, sahabat atau musuh yang jadi tetanggamu?”

Petani itu menjawab bahwa ia lebih suka mempunyai seorang Sahabat.
"Baik, saya akan menawari …

Mengapa Rezeki Kita Tertunda?

Image
KITA TAHU, TAPI SAYANG …Mungkin ada diantara anda yang merasa kok rezekiku selalu tertunda? Kok sepertinya rezekiku ogah-ogahan datangnya. Padahal aku gak pernah ninggalin sholat. Selalu mengusahakan diri beramal saleh.
Allah tak akan pernah menganiaya hamba-hambaNya. Allah demikian sayangnya pada kita sehingga  tidak ingin menyusahkan kita. Kalo akhirnya toh ternyata kita susah artinya kita sendiri yang bikin susah diri.
Kita sih pengen rezeki kita segera datangnya gak pake lama dan gak pake ditunda tapi giliran panggilan Allah kita suka lama dan menunda- nunda, kalo perlu last minute alias di waktu-waktu terakhir. (baca : keberkahan rezeki dicabut karena meremehkan shalat)
Kita sih doyannya belajar dan tau fadhilat atau keistimewaan amalan-amalan tertentu tapi sayangnya kita sekedar tahu tapi ogah dilakukan..
Kita mengetahui, bahwa pahala dua raka’at Dhuha setara dengan pahala 360 shodaqah, akan tetapi sayang, hari berganti hari berlalu begitu saja tanpa kita melakukan sholat Dhuha... (…

Merasa Cukup Dengan Yang Halal

Image
MENGAPA SUAMI BOSAN PADA ISTRINYA?  Siapa sih yang tidak ingin bahagia hidup perkawinannya? Semua orang ingin memiliki perkawinan yang indah, mesra dan langgeng. Perkawinan yang langgeng itu rezeki demikian juga dengan isteri salihah (baca : mengapa isteri itu rezeki bagi suaminya?).
Berikut ini cerita yang sering terjadi pada orang-orang di sekitar kita dan bisa jadi pada pasangan hidup kita sendiri..
Cerita yang bisa jadi pelajaran buat kita semua. 

Ada seorang lelaki berkata kepada seorang syekh:
"Dulu, sebelum menikah, aku melihat istriku begitu indah, tiada duanya di dunia ini. Ketika aku melamarnya, ternyata ada banyak wanita yang seindah dia. Ketika aku menikahinya, aku mulai merasa bahwa ada banyak wanita yang lebih cantik darinya. Sekarang, setelah hampir sepuluh tahun kami menikah, aku merasa bahwa semua wanita lebih menarik daripada istriku."

Syekh itu menjawab: "Apakah engkau tahu, ada yang jauh lebih parah dari yang kau alami saat ini?" Dia menjawab, "…