Posts

Beneran Nih, Gak Riya?

Image
AMALAN KEBAIKAN TIDAK PERLU DILAPORIN. Status Facebook temen-temenku di bulan puasa ini keren-keren. "Alhamdulillah belum pertengahan puasa udah namatin 30 juz." Trus yang lain nulis, "Taraweh dan shalat subuh berjamaah adalah rutinitas yang gak pernah terlupa di bulan suci ini." Yang lain lagi menulis, " Siap-siap nih buat bagi-bagiin sembako ke orang miskin di sekitar rumah" (sambil pasang foto senyum lebar dilatar belakangi orang miskin yang diberikannya sembako).



Bagus sih...artinya keimanan temen-temen saya meningkat di bulan puasa ini. Setidaknya seperti  yang dilaporin di statusnya..
Tapi apakah itu perlu?? Setiap buat amal kebajikan lapornya tuh ke Allah bukan lapor ke medsos biar dapat like dan komen yang banyak..
Kalo niatnya biar orang lain juga ikutan... itu bagus juga.
Tapi hanya buat menjaga hati agar tidak riya.. karena kalo riya mubazir deh amalannya gak dihitung ama Allah...

"Tapi bener kok niat aku bener", begitu mungkin ada yang mem…

Inilah Yang Membaikkan Rezeki

Image
Paling bermanfaat.  Bismillah
Pembaca... Orang yang paling dicintai Allah adalah yang paling bermanfaat buat orang lain (begitulah pesan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam )
Berapa banyak manfaat yg kau berikan pada orang lain?



Orang tuamu.  Berapa tahun yang lalu kamu dilahirkan dan dibesarkan dengan penuh kasih sayang. Semua kebutuhanmu dipenuhi, hidup senang gak ada beban. Meskipun kamu gak bisa membalas budi baik orang tuamu tapi setelah dewasa dan bisa hidup mandiri, masihkah kamu bermanfaat bagi mereka? Apa yang kamu lakukan untuk menunjukkan baktimu padanya? Apa hanya dengan telepon waktu senggang, ngirimin duit secukupnya, ngebayarin saat sakit? 
Ada hubungan erat antara bakti pada orang tua dengan rezeki (baca : jadikan orang tuamu raja maka rezekimu seperti raja). Jika pengen rezekimu baik perbaiki dulu baktimu pada orangtua.
Jadilah anak yang bermanfaat bagi orang tua. Jika masih hidup datangi mereka, santuni, pelihara dengan penuh kasih sayang, jangan mengeluh, jangan berka…

Jangan Mengukur Sepatu Orang Lain Di Kaki Kita

Image
Syukuri rezekimu.Apa yang bikin hidup kita susah? Padahal Allah sudah ngejamin rezeki kita? 

1. Gak bersyukur
Karena kita ini manusia yang maruk, serakah, suka sirik sama orang dan gak bersyukur. Kita suka ngebandingin diri ama orang lain. Merasa diri paling susah, paling merana karena pembandingnya selalu ke atas..


2. Gak ngukur kemampuan
Kita juga ngerasa susah karena seringkali kita pengen sesuatu yang kita gak mampu tapi malah dipaksain..kalo perlu ngutang, kredit, nyicil bahkan nyuri / korupsi!! Naudzubillah.
(baca : tips bebas hutang dan rezeki lancar)

3. Banyak urusan.
Sukanya nyela, komen dan sibuk dengan hidup orang lain, sementara hidupnya gak dibenahin karena gak punya waktu buat benahin hidup. Waktunya habis buat gosip gak jelas, debat gak penting dan wara wiri gosip kanan kiri..
Akhirnya hidup orang lain menanjak tapi kita tetep aja susah...Karena alih-alih memperbaiki diri, habis energi buat dipake sirik dan kepo..!!

Contoh nih:
Kita hanya mampu beli tas cantik seharga Rp 500 ribu…

Waspadai "Jebakan Betmen"; di Bulan Puasa

Image
Jebakan Betmen.  Pernah denger istilah Jebakan Betmen? Istilah ini populer bagi netizen terutama di situs Kaskus dimana mereka mengklik sebuah tautan yang isinya ternyata tak sesuai dengan judulnya, sehingga merasa di jebak. Lalu kenapa Betmen dibawa-bawa, konon karena itu plesetan dari bad man (manusia jahat). Selama bulan ramadhan pintu-pintu surga di buka, pintu neraka ditutup dan syaitan dirantai. Lalu mengapa kita bisa tetap melakukan dosa? Karena manusia dapat membuat pilihan yang seringkali merugikan dirinya.. inilah yang saya maksud "jebakan Betmen" di sini. Pilihan-pilihan hidup yang seringkali salah...

Untuk melihat sejauh mana manusia terjebak dalam "jebakan Betmen" dalam bulan Ramadhan yang suci ini, berikut gambaran yang indah dari Uztaz Firanda Andirja..yang saya modifikasi sedikit agar sesuai konten blog ini.
Waspada Selama Puasa Ramadhan !!
Selamat melaksanakan ibadah puasa bulan Ramadhan, semoga dimudahkan berpuasa yang berkualitas, penuh dengan lantun…

Meraup Rezeki Dengan Marketing Langit

Image
Marketing Langit.Kedengarannya kok sedikit aneh ya.. marketing kok bawa-bawa langit segala? Buat pembaca yang kebetulan bergelut di bidang marketing pasti tau banget kalo marketing itu ujung tombak yang bikin perusahaan jadi maju ato mundur. Bagaimana tidak para tim marketing inilah yang menjual produk atau jasa dari perusahaan sesuai dengan target pasar yang ditentukan... Makin handal tim marketingnya menjual, makin banyak keuntungan yang diraup perusahaaan. Nah ini adalah prinsip marketing bumi..


Kalo marketing langit?
Karena ada kata langit di situ maka konsepnya adalah melibatkan Allah dalam kegiatan marketing yang kita lakukan. Allah dulu, Allah lagi, Allah terus..
Allah dulu.. Maksudnya sebelum kita ngejual produk/jasa kita kudu ingat Allah, mohon pertolonganNya agar kita dimudahkan mencari rezekiNya. Ibadahnya kudu diberesin, doanya dimantapkan dan usahanya digiatkan..
Jangan lupa minta doa restu orang tua atau pasangan, minta dukungan dan doa mereka. Jangan abaikan doa-doa orang ter…

Susah Itu Yang Membentuk Seseorang

Image
Jangan takut susah..Ustadz Felix Siauw menganjurkan kita untuk gak memanjakan anak-anak kita. Menurutnya cara menghancurkan anak paling mudah adalah dengan memanjakannya, memudahkannya dalam semua hal, menyediakan baginya semuanya. Yang gak diminta pun dikasi.. Mungkin orangtua mikir "dulu aku boleh susah, anakku jangan sampai sama" Jarang orangtua memahami, kalo yang penting itu prosesnya , bukan hasil. Karena proses itu yang bakal nentuin hasil akhirnya nanti. Bagaimana lewat proses itu anak-anak belajar. Jadi stop membantu mereka ! Jangan takut susah dan biarkan juga anak-anak ngalamin peristiwa yang bikin dia susah. 

Karena susah itu yang membentuk seseorang, yang membuatnya tahan gempuran masalah.. sementara kemudahan yang datang sebelum waktunya itu merusak apalagi kemudahan yang datang tanpa proses yang benar (memanjakan) akan jadi alasan, untuk tidak berjuang, untuk tidak bersusah payah dalam mengejar sesuatu.
Akhirnya anak-anak kita berubah, jadi manusia yang tak kenal …

Hati-Hati "Perampok"di Bulan Puasa

Image
WASPADAI HAL YANG MERAMPOK IBADAH ANDA. Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat special karena bulan ini pintu-pintu surga di buka dan pintu-pintu neraka ditutup. Belum lagi ada fasilitas Lailatul Qadar yang lebih baik dari seribu bulan. Ibadah puasa juga adalah ibadah yang sangat spesial  dan termasuk salah satu ibadah dengan pahala yang unlimited. Karena itu bulan yang special ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya karena belum tentu usia kita mencapai ramadhan berikutnya. 
Karena itu kita ekstra hati-hati dengan hal-hal yang bisa merubah bahkan merampok ibadah kita.



Diantaranya yaitu :

Tayangan Televisi 
Ini merupakan perampok yang paling berbahaya, yang bisa merusak puasa orang orang dan mengurangi pahala, seperti film sinetron dan iklan murahan. Lihat sendiri tayangan-tayangan TV di bulan puasa yang isinya hiburan, kegilaan, gosip artis. Mungkin ada beberapa yang isinya ceramah agama tapi hanya berapa persen dibanding tayangan yang gak bermutu.
Hati-hati dengan tayangan TV yang bisa me…

Apakah Rezeki Hebat Buah Dari Doa Kita?

Image
Camkan Cerita ini !Sebuah cerita yang mungkin pernah kita baca atau dengar, dan bagi yang belum pernah mendengarnya, tulisan dari seseorang ini saya tuliskan kembali di sini, semoga bisa menjadi inspirasi dan pengingat bagi kita semua.. Cerita di awali dengan derap langkah kehidupan sehari-hari...

Tadi pagi, diantara beceknya pasar tradisional, aku mengantri untuk dilayani, di tukang ikan. Mendengar harganya yang fantastis, sontak ada yang protes “mahal amat, kurangi deh, ikan kayak gini, udah nggak segar,”tawar ibu berambut hasil rebonding salon itu.
25 ribu itu udah pas Bu, karna udah siang, kalo pagi, nggak kurang dari 30 ribu,”jawab ibu penjual ikan. “Ahhh 20ribu kalo mau, udah sisa-sisa jelek begini kok,” tawar si ibu rebonding. Mata tua penjual ikan mengerjap pelan, mata tua yang selalu mengundang iba, menatap dagangannya. Masih bertumpuk. Hari mulai beranjak siang. Sebuah anggukan ia berikan. Menyerah pada keadaan. Hidup, tak memberinya banyak pilihan. Sebagai pedagang kecil bisan…

Boleh Jadi Tertundanya Keinginanmu Adalah Keberkahan

Image
Keberuntungan.  Rezeki seperti halnya "keberuntungan" kadang memainkan perannya dalam kehidupan manusia, sekalipun kerap tidak masuk akal.
Karena itulah takdir mereka.

Percayalah pada ketentuan Allah. Seringkali kita protes jika keadaan gak berjalan sesuai keinginan kita. Maunya sih semua yang terjadi harus seperti apa yang kita mau. Tapi kan kenyataannya gak gitu. Udah siap-siap mau jalan ada aja halangannya sehingga bukannya tiba tepat waktu jadi telat karena terhalang macet. Udah siap-siap mau jadi pengantin trus tiba-tiba tertunda karena masalah dengan calon yang tiba-tiba muncul di detik-detik terakhir. Udah kerja keras sekian tahun eh malah dipecat oleh sebuah kesalahan yang gak sengaja kita lakukan... Udah berusaha berobat kemana-mana ternyata anak yang diimpikan tak kunjung diberiNya. Mau protes?? Coba pikirkan ini ..  Boleh jadi *keterlambatanmu* dari suatu perjalanan adalah *keselamatanmu* Boleh jadi *tertundanya pernikahanmu* adalah suatu *keberkahan* Boleh jadi *dip…

Inilah Kelemahan Iblis.

Image
Tanya jawab antara Rasulullah dan Iblis.   Mengapa rezeki kita kok susah terus ya? Coba periksa diri. Mungkin selama ini kita banyak dosa. Dosa adalah penghalang utama masuknya rezeki. Kok kita gampang banget berbuat dosa? Karena kita gampang terperdaya bujuk rayu iblis..
Mengapa kita harus waspada pada Iblis? Karena Iblis adalah musuh terbesar manusia yang punya agenda besar untuk menjerumuskan anak cucu Adam ke neraka.  Ini adalah janji iblis pada Allah Taala..


Karena setan / iblis adalah musuh terbesar manusia, maka kita harus tahu betul apa kelemahan musuh tersebut agar gampang melumpuhkannya.. Simak pembicaraan Rasulullah dan iblis yang diceritakan dalam sebuah riwayat berikut ini. Rasulullah (R) SAW bertanya pada Iblis (I): 
R = Apa yang kau rasakan jika melihat seseorang dari umatku hendak Sholat ?" I  = "Aku merasa Panas dingin dan Gementar" R = “Kenapa ?” I  = "Sebab setiap seorang hamba bersujud satu kali kepada Allah, Allah mengangkatnya satu derajat”

R = “Jika …