Posts

Solusi Al Quran Untuk Masalah Sempit Rezeki

Image
Carilah solusi dari Al Quran.Saudaraku
Jika kamu diuji dengan syahwat dan hawa nafsu, periksalah sholatmu. Seperti yang dikemukakan dalam Al-Quran, Surat Maryam: 59

ﻓَﺨَﻠَﻒَ ﻣِﻦْ ﺑَﻌْﺪِﻫِﻢْ ﺧَﻠْﻒٌ ﺃَﺿَﺎﻋُﻮﺍ ﺍﻟﺼَّﻼَﺓَ ﻭَﺍﺗَّﺒَﻌُﻮﺍ ﺍﻟﺸَّﻬَﻮَﺍﺕِ ۖ ﻓَﺴَﻮْﻑَ ﻳَﻠْﻘَﻮْﻥَ ﻏَﻴًّﺎ
“Maka datang sesudah mereka suatu keturunan yang mereka telah melalaikan sholat dan memperturutkan syahwat hawa nafsunya” 
Puncak kerusakan di muka bumi ini adalah karena manusia terjebak untuk mengikuti bujukan setan, bujukan agar memperturutkan hawa nafsu. Ditambah lagi mereka mulai melalaikan shalat. Menganggap shalat sebagai rutinitas dan penggugur kewajiban belaka. Lupa bahwa shalat adalah sarana komunikasi dengan Sang Pemberi Rezeki, Allah Azza wa Jalla.. 

Kesempitan hidup yang banyak dialami oleh manusia semuanya disebabkan oleh hawa nafsu yang tak bisa dikontrol. Perhatikan perumpamaan yang dikatakan Al Quran bagi mereka yang mengikuti hawa nafsunya, seekor anjing yang menjulurkan lidah..seperti pada ayat berikut i…

Sedangkan Odolpun Dikirimkan Allah

Image
Kisah Nyata Yang Menggetarkan Hati...Sebuah kisah nyata yang kadang sulit untuk dipercayai. Ceritanya juga saya dapatkan dari akun media sosial, semoga bisa memantapkan keyakinan kita untuk mempercayai Allah dalam setiap gerak langkah kita.Cerita menggelikan ini kudengar ketika duduk di bangku SMA dulu...Cerita yang akhirnya tertulis begitu dalam di relung-relung hati...Cerita yang meskipun naif, namun bermakna sangat dalam…Kisah nyata dari seseorang yang dalam episode hidupnya sempat ia lewati dalam penjara. Bermula dari hal yang sepele. Lelaki itu kehabisan odol di penjara…
Malam itu adalah malam terakhir bagi odol di atas sikat giginya. Tidak ada sedikitpun odol yang tersisa untuk esok hari. Dan ini jelas-jelas sangat menyebalkan. Istri yang telat berkunjung, anak-anak yang melupakannya dan diabaikan oleh para sahabat, muncul menjadi kambing hitam yang sangat menjengkelkan.Sekonyong-konyong lelaki itu merasa sendirian, bahkan lebih dari itu: tidak berharga! Tertutup bayangan hitam y…

Orang Arab Pemalas Kok Negerinya Kaya?

Image
HIDUP DI SAUDI, KAYAK APA SIH ?Tulisan ini sebuah pengalaman pribadi dan mungkin sangat subjective dari seorang yang berkesempatan tinggal di negara Arab Saudi. Tulisan ini hanyalah sebagian kecil dan merupakan contoh saja, sesuai apa yang dialami dan dipikirkan penulisnya. Jangan terlalu digeneralisir apalagi diperdebatkan. Tulisan yang mungkin bisa membuka mata kita sebagai sebuah pribadi dan warga negara berpenduduk muslim terbesar di dunia. Mari kita baca bersama..Tulisan ini saya buat bukan karena uforia kedatangan Raja Salman ke Indonesia, tapi mungkin sebagai renungan dan pengingat untuk saya, sebenarnya islam seperti apakah yang rahmatan lil Alamin itu..Saya hanya ingin menceritakan pengalaman pribadi saya selama hidup di KSA (Kingdom of Saudi Arabia) kurun waktu 2008 - 2012. Semoga menjadi bahan pencerahan buat yang membacanya, seperti apakah sebenarnya KSA itu.Sebenarnya sama sekali tidak ada pikiran atau niatan saya, untuk tinggal di KSA, sampai pada suatu saat saya mendapa…

Jangan Jadi Bebek, Jadilah Elang

Image
Inspiring banget ini... Pelajaran dari seorang sopir taksi.
Sebuah kisah bermanfaat yang saya kutip dari sebuah akun...Setiba di Dubai,  kota megah di Timur Tengah ini saya segera keluar airport untuk mencari kendaraan yang akan mengantar saya ke hotel. Saya menunggu dalam antrian untuk naik taksi di bandara Dubai yang megah. Ketika taksi berhenti, hal pertama yang saya perhatikan adalah bahwa taksi itu begitu bersih dan mengkilap. Sang supir berpakaian kemeja putih, dasi hitam, dan celana panjang hitam melompat keluar dan mengitari mobil untuk membuka pintu penumpang bagi saya. Wah serasa jadi orang penting nih...
Dia menyerahkan kartu nama yang dilaminating dan berkata: "Saya Abdul. Sementara saya menaruh tas Anda di bagasi saya ingin Anda untuk membaca pernyataan misi saya. "Saya terkejut saat membaca kartu tersebut. Tulisannya : Pernyataan Misi : Untuk mengantarkan pelanggan ke tujuan mereka dengan tercepat, teraman dan termurah dan menciptakan lingkungan yang ramah. Wow.…

3I Untuk Hidup Berkelimpahan

Image
Inilah salah satu tips sehat finansial. Ringkas saja, yaitu 3i. Maksudnya?
(1) INSYAFPengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu hendaknya dihentikan. Bertobatlah. Insyaflah. Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak bagus. Termasuk berlebihan dalam membelanjakan uang. Hindari kemubaziran.  
Seleksi pengeluaran anda secara seksama.  Bagaimana mengenali pengeluaran yang tidak perlu?  Sebelum mengeluarkan uang,  ajukan dulu pertanyaan berikut ini:  Apakah pengeluaran itu perlu? Kalo perlu, apakah ada manfaatnya?  Apakah manfaatnya bagi diri dan orang lain?  Sebutkan secara jelas!Apakah pengeluaran itu menghasilkan pemasukan yang lebih besar? Apakah pengeluaran itu menghasilkan pahala? Jika jawabannya tidak berarti itu masuk kategori pengeluaran yang tidak penting.  Yaitu pengeluaran yang tidak perlu,  tidak memberi manfaat, tidak menghasilkan uang ataupun pahala. Itulah pengeluaran sia-sia, mubazir tanpa hasil dan manfaat selain hanya ngurangin isi dompet.Jika ingin hidup berkelimpahan yang p…

Masih Suka Ngisengin Orang?

Image
Suka iseng?  Baca ini deh! Seorang dosen tengah berjalan santai bersama seorang mahasiswanya di taman kampus, keduanya melihat sepasang sepatu yang sudah usang dan lusuh. Mereka berdua yakin kalau itu adalah sepatu milik pekerja kebun yang sebentar lagi akan menyelesaikan pekerjaannya.
Sang mahasiswa melihat kepada dosennya dan berkata "Bagaimana kalo kita candai tukang kebun ini dengan menyembunyikan sepatunya, kemudian kita bersembunyi dibelakang pepohonan, nanti ketika dia datang Kita lihat bagaimana dia kaget & cemas karena kehilangan sepatunya."Dosen itu menjawab, " Mahasiswaku, tidak pantas kita menghibur diri dengan mengorbankan orang miskin. Kamu kan seorang yang kaya, daripada mencandainya, kamu bisa saja menambah kebahagiaan untuk dirinya. Sekarang coba kamu masukkan beberapa lembar uang kertas ke dalam sepatunya. Kemudian saksikan bgm respon dari tukang kebun miskin itu?"Sang mahasiswa sangat takjub dengan usulan dosennya. Tanpa pikir panjang dia lans…

Kiat-Kiat Agar Murah Rezeki

Image
Jangan Enggan Berbagi Agar rezekinya murah alias gampang masuknya resepnya mudah saja.  Pancing rezeki datang dengan sedekah. Kalo mau sesuatu ya harus ngasi sesuatu dulu. Kalo mau kebaikan ya bikin kebaikan dulu. Jangan pelit dan enggan berbagi. Bukankah dalam harta yang kita miliki ada hak orang lain? 
Sedekahnya pun gak perlu nunggu ikhlas apalagi nunggu kaya.  Keburu mati! Pokoknya begitu ada kesempatan berbagi gak pake mikir ato kontemplasi dulu,  langsung lakukan.  Ntar keburu dibujuk setan untuk membatalkan sedekah itu. Gak perlu ribet sih, misalnya kayak gini :Letakkanlah sedikit makanan dan semangkuk air di luar rumah untuk kucing atau binatang lainnya yang datang mencari makan. Kalo kita ingin dipermudah jalannya,  permudah juga jalan mahluk Allah. Kita gak bakal kelaparan hanya karena menyisihkan sedikit makanan untuk mahluk Allah lainnya. Hadits Rasulullah " Pada setiap sedekah terhadap mahluk yang memiliki hati (jantung) yang basah (hidup) akan dapatkan pahala kebaika…

Waspadai Hal Kecil Bisa Ngalangin Rezekimu

Image
Perhatikan ini baik dan baik _SEBATANG POHON DAPAT MEMBUAT JUTAAN BATANG KOREK API.
_TAPI SATU BATANG KOREK API JUGA DAPAT MEMBAKAR JUTAAN POHON.
_BISA JADI, SATU PIKIRAN NEGATIF DAPAT MEMBAKAR SEMUA FIKIRAN POSITIF.

Apapun yang terjadi dalam hidup kita,  mau itu susah, senang,  rezekinya lancar dan banyak bahkan pada saat rezeki seret pun kita sikapi dengan pikiran positif.  Pikiran positif menerima semua kejadian dengan ikhlas.  Menerima bahwa ketetapan Allah lah yang terbaik. Menerima bahwa semua yang terjadi adalah proses pendewasaan diri. Kita gak pernah bisa menghargai rezeki yang banyak jika gak pernah merasakan susah rezeki bukan? Kita anggap kesehatan biasa aja kecuali pada saat sakit mendera tubuh. Kita menganggap enteng amal ibadah kecuali saat kita ditimpa kemalangan yang terus menerus..Apapun yang dikasi Allah itu adalah bagian dari takdir. Menolak atau tidak menerimanya gak akan merubah takdir tersebut. Hanya doa yang bisa merubah takdir itupun jika Allah berkenan.
Hindari p…