Tips Bebas Hutang Dan Rezeki Mengalir Masuk.

Hidup terbebas dari hutang itu mudah.

  • Hidup yang terjerat hutang, gali lobang tutup lobang adalah hidup yang menyesakkan. Bagaimana tidak, semua penghasilan yang kita peroleh dengan kerja keras hanya bisa dimanfaatkan sedikit saja karena sebagian besarnya harus digunakan untuk membayar utang.
  • Agar hidup terbebas dari hutang terlebih dahulu harus tahu apa penyebabnya sampai kita terjerat hutang, supaya bisa diketahui dengan pasti mulai dari mana kita menanggulanginya.
  • Sub judul di atas itu betul, hidup terbebas dari hutang itu mudah. Persoalannya kita mau tidak, hidup lempeng.. tenang dan terbebas dari tumpukan hutang. 
  • Sekarang kita analisa mengapa hutang bisa terjadi?
    • Besar pasak dari tiang, artinya uang yang masuk lebih kecil dari uang yang keluar. Inilah penyebab utama seseorang terbelenggu utang. Pengeluarannya jauh lebih besar dari pendapatannya, sehingga berapapun penghasilan yang diperoleh tak sanggup menutupi pengeluarannya. Jika pengeluaran lebih besar dari pendapatan maka selisih uang inilah yang diperoleh lewat utang. Jika ini yang terus dilakukan tidak heran jika utangnya semakin besar.
    • Tak punya prioritas dalam hidup. Semua adalah prioritas dan semua harus terpenuhi segera, jika belum ada uangnya dicarikan dengan cara berhutang. Karena semakin lama prioritasnya makin banyak akhirnya semakin banyak yang harus dipenuhi sementara sumber dayanya tak bisa memenuhi peningkatan prioritas itu. Akhirnya utang pun jumlahnya  makin membengkak.
    • Tak bisa membedakan keinginan dan kebutuhan. Kebutuhan adalah apa yang kita perlukan untuk mempermudah hidup, sementara keinginan adalah apa yang kita perlukan untuk membuat hidup lebih indah, nyaman dan enak. Misalnya kita ingin punya rumah mewah, bertingkat 3, padahal yang kita butuhkan hanya rumah berlantai satu dengan fasilitas sederhana. Rumah bertingkat 3 dan rumah berlantai satu pasti harganya beda. Selisih inilah kita pakai utang untuk memenuhi keinginan itu.
    • Tak membuat rencana dengan baik. Bukannya tak boleh berutang tapi utangnya tak direncanakan dengan baik. Giliran tak bisa bayar baru kalang kabut.
    • Tak membayar hutang tepat waktu. Jika punya uang lebih, bukannya langsung bayar hutang malah digunakan untuk keperluan lain. Sehingga utangnya makin bertambah..
  • Untuk membuat hidup terbebas dari hutang maka faktor-faktor penyebab utang yang harus di eliminir atau dikurangi.. MUdah kan?

Tips bebas hutang dan membuat rezeki mengalir masuk

(1) Atur keuangan.
  • Jika pendapatanmu 3 juta belanjakanlah sebanyak kurang dari atau sama dengan 3 juta, jangan lebih, karena itu membuatmu cari hutangan. Catat semua pengeluaran agar kamu tahu kemana saja larinya uangmu, sehingga kamu bisa menentukan langkah-langkah menanggulangi kebiasaan berutang.
  • Penghasilan yang diperoleh dengan bekerja harus digunakan sebaik-baiknya. Karena prinsip pengelolaan keuangan secara islami adalah "sebaik-baik harta yang saleh (baik) dikelola oleh orang yang saleh (amanah dan profesional)."
  • Penghasilan yang diperoleh lewat bekerja jauh lebih mulia dibanding yang diperoleh lewat meminta-minta, meskipun hasilnya lebih sedikit. Rasulullah menjelaskan itu dalam hadits berikut ini :



(2) Buat prioritas dalam hidup.
  • Apa yang paling kamu butuhkan, jadikan itu sebagai prioritas seperti kebutuhan makan harian, pelengkap seperti PLN, PAM, Telepon, uang sekolah anak-anak, bahan bakar dan sebagainya. Penuhi dulu apa yang menjadi prioritas baru yang lainnya. Tak bisa membuat semuanya jadi prioritas karena kemampuan untuk memenuhinya pun terbatas.
  • Belanjakan harta dengan baik, jangan asal belanja, belanjakanlah untuk hal-hal yang bermanfaat. Hati-hati dalam membelanjakan harta, karena apapun yang kamu belanjakan nantinya akan ditanya..


(3) Bedakan keinginan dan kebutuhan.
  • Penuhi terlebih dahulu apa yang menjadi kebutuhan, jika ada sisanya baru bisa diputuskan lebih lanjut, apakah akan ditabung, diinvestasikan atau dibelanjakan untuk memenuhi sebagian keinginan kita.


(4) Rencanakan keuanganmu dengan baik.
  • Catat semua uang yang masuk dan rencanakan tujuan penggunaanya. Utamakan yang prioritas baru yang lainnya. Setelah direncanakan semanya tapi masih lebih besar pasak dari tiang, pilihannya hanya dua yaitu menghemat pendapatan atau menambah penghasilan (tidak termasuk utang di dalamnya) 
  • Kalaupun ingin menambah utang pastikan bahwa utang itu untuk membantu upaya menambah penghasilan seperti dijadikan modal untuk bisnis yang nantinya memberikan keuntungan untuk menambah penghasilan dan satu lagi pastikan bahwa utang itu bisa dibayar. Jangan berutang yang tak mungkin kamu bayar.
  • Prinsipnya adalah belanja sesuai peruntukannya, jangan boros tapi jangan juga kikir..


(5) Bayarlah hutang tepat waktu.
  • Jika memiliki utang, jadikan membayar utang sebagai prioritas. Penuhi apa yang menjadi prioritas baru yang lain. Saat menerima penghasilan / gaji sisihkan dulu untuk pembayaran hutang dan bayarlah sesuai kesepakatan. Jangan mengalihkan uang yang sedianya untuk membayar utang untuk keperluan lain. 
  • Jangan boros, meskipun kamu mampu melakukannya, apalagi boros dengan modal hutang saja. Karena pemboros itu saudaranya setan.


Amalan agar hutang lunas dan rezeki lancar

(1) Sedekah / infaq.

(2) Bantu orang lain yang berutang.
  • Allah akan membantu kesulitan kita jika kita membantu kesulitan orang lain. Jika kita kesulitan karena hutan, bantulah kesulitan orang lain yang juga punya utang seperti kita. Sangat jelas di hadits Rasulullah SAW berikut ini :


(2) Doa dibebaskan dari hutang.
  • Allah menyuruh kita berdoa dan doa kita pasti didengarNya. Silakan baca artikel kunci pengabulan doa di sat susah. Karena itu saat kesulitan, termasuk karena hutang bisa membaca doa berikut ini :
  • Doa di atas adalah doa yang diajarkan oleh Baginda Nabi. Amalkan secara rutin, misalya setelah selesai shalat. Tapi ingat jangan asal doa tanpa disertai ikhtiar. Lakukan juga usaha untuk melepaskan diri dari jeratan hutang, caranya sudah diperlihatkan di atas. Doa + ikhtiar = usaha optimal, selanjutkan tawakkal serahkan pada Allah penyelesaiannya. Allah akan memberi petunjuk bagaimana kita menyelesaikan masalah utang ini. Berprasangka baiklah padaNya.

3. Zikir.
  • Zikir adalah upaya mengingat dan mendekatkan diri padaNya. Zikir berisi puji-pujian pada Allah, agar usaha yang kita lakukan dalam hal ini terbebas dari jerat utang bisa dimudahkan.
  • Silakan baca artikel rezeki gampang terbuka dengan zikir ini. Zikir yang sudah saya praktekkan sendiri, begitu banyak manfaatnya. Baca juga zikir yang teruji memperlancar rezeki lahir dan batin.
  • Ingatlah Allah selalu, dimanapun kamu berada. Allah sesuai persangkaan hambaNya. Jika kita menyangka Dia akan menolong, maka yakin Dia betul akan menolong kita. Hanya saja bentuk dan ukuran pertolonganNya hanya Dia yang tahu.


(4) Taubat.
  • Kenapa kita bisa terjerat hutang? Selain beberapa alasan di atas, kemungkinannya adalah kita banyak dosa. Berusaha tidak sesuai anjuran agama, usahanya haram, hasilnya haram dan dibelanjakan di jalan yang haram. Bisa jadi banyak utang karena azab. Ya.. penyelesaiannya cuma satu yaitu dengan taubat..
  • Baca artikel ini taubat berkaitan erat dengan kelancaran rezeki.

(5) Fokus pada perbaikan diri.
  • Mengapa hutang bisa jadi masalah? Karena kontrol diri yang tidak bagus. Karena itu fokuslah pada perbaikan diri. Lakukan apa yang seharusnya dilakukan bukan apa yang sebaiknya dilakukan menurut orang lain. Ukurlah kepantasan diri. Maksudnya jika hanya pantas membeli ikan 20 ribu jangan memaksakan diri membeli daging 150 ribu.
  • Sebelum memutuskan pikirkan baik-baik, apakah keputusan itu betul? Jika betul apakah bermanfaat? Jika betul dan bermanfaat apakah sanggup melakukannya dan menerima akibatnya?
  • Lakukan usaha dengan benar. Hindari hal-hal yang menyeret pada perbuatan maksiat dan dosa meskipun itu memberi keuntungan dan uang yang besar. Karena jika kita sibuk melakukan hal-hal haram maka yang kita panen adalah kesulitan dan musibah, termasuk kesulitan karena terjerat utang.
Itulah tips agar hidup bebas hutang, mudah dipraktekkan asal ada kemauan Semoga memberi pencerahan dan kemudahan mencari jalan keluar. Ingatlah bahwa sesudah kesulitan pasti ada kemudahan. Allah yang mengatakan itu, karena hidup itu dipergilirkan .


Wallahu alam..

Comments

  1. Ass. Perkenankan saya untuk memohon maaf sebesar - besarnya jika apa yang saya ceritakan nantinya akan membuat anda tersinggung, sebelumnya perkenalkan nama saya Herlina Parawati, saya berasal dari Deli Serdang, saya seorang istri dari ibu 4 orang anak. Awalnya kehidupan keluarga saya sangatlah bahagia. Walaupun penghasilan suami saya hanya mampu mencukupi kebutuhan sehari - hari keluarga kami, saya sangatlah bersyukur dan tak lama kemudian alhamdulillah suami saya diberikan kenaikan jabatan oleh atasannya, kehidupan kami mulai menanjak naik dan kami berpikir untuk membuka usaha. Singkat cerita sekali lagi saya sangat bersyukur sebab usaha ayam bakar yang kami buat sangat laris sehingga mendatangkan keuntungan besar bagi kami sekeluarga. Untuk memperbesar usaha kami, saya dan suami akhirnya memberanikan diri untuk meminjam uang di bank,setelah itu saya mendirikan cabang warung ayam bakar saya di berbagai daerah di Indonesia. Dengan jumlah karyawan kurang lebih 150 orang. Semula perkembangan usaha kami cukup baik, namun setelah setahun kemudian usaha kami mulai meredup dan cabang cabang warung ayam bakar kami mulai tutup satu per satu. Akhirnya usaha kami bangkrut dan menyisakan utang bank yang sangat besar bagi kami sekeluarga. Habis Jatuh Tertimpa Tangga pula suami saya dipecat dan dipenjarakan akibat dituduh menggelapkan uang perusahaan. Akhirnya semua hutang bank dan biaya hidup saya tanggung sendiri membesarkan empat orang anak tanpa suami saya merupakan cobaan yang sangat berat bagi kehidupan saya. saya stres dan hampir memutuskan kejalan yag salah dengan mengakhiri hidup saya sendiri, dalam keterpurukan hidup saya, secara tidak sengaja saya membuka salah satu blog kesaksian dan membaca kolom komentar seseorang yg punya nasib yang sama dengan saya. Dalam komentarnya dia mengarahkan saya untuk menghubungi seorang guru yakni Kyai H. Achmad Mubarak yang membantunya keluar dari masalahnya. Saya mencoba menghubungi pak kyai dan alhamdulillah beliau bersedia membantu saya. Masyaallah berkat bantuan beliau akhirnya semua utang saya lunas dan saya mampu mendirikan usaha kembali , walhasil sekarang saya sudah memiliki aset dimana mana dan memiliki perusahaan yang mengeskpor hasil laut keluar negeri, Semua ini terjadi berkat Allah SWT lewat uluran tangan pak Kyai H. Achmad Mubarak yang begitu tulus dan baik dalam mengarahkan saya keluar dari masalah utang saya. Sebagai wujud Ungkapan rasa syukur dan terima kasih saya, saya akan memberikan nomor beliau kepada anda yang membaca cerita saya ini, jika saudara saudari memiliki masalah seperti saya silahkan hubungi beliau di nomor 0821 2545 0758. Semoga bermanfaat dan semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin yaa rabbal alamin. Allahu Akbar.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bolehkah Menolak Rezeki?

Menarik Rezeki dengan Asmaul Husna (5)

Doa Agar Rezeki Tak Terputus