Kiat-Kiat Agar Murah Rezeki

Jangan Enggan Berbagi

  • Agar rezekinya murah alias gampang masuknya resepnya mudah saja.  Pancing rezeki datang dengan sedekah. Kalo mau sesuatu ya harus ngasi sesuatu dulu. Kalo mau kebaikan ya bikin kebaikan dulu. Jangan pelit dan enggan berbagi. Bukankah dalam harta yang kita miliki ada hak orang lain? 

  • Sedekahnya pun gak perlu nunggu ikhlas apalagi nunggu kaya.  Keburu mati! Pokoknya begitu ada kesempatan berbagi gak pake mikir ato kontemplasi dulu,  langsung lakukan.  Ntar keburu dibujuk setan untuk membatalkan sedekah itu. Gak perlu ribet sih, misalnya kayak gini :
  1. Letakkanlah sedikit makanan dan semangkuk air di luar rumah untuk kucing atau binatang lainnya yang datang mencari makan. Kalo kita ingin dipermudah jalannya,  permudah juga jalan mahluk Allah. Kita gak bakal kelaparan hanya karena menyisihkan sedikit makanan untuk mahluk Allah lainnya. Hadits Rasulullah " Pada setiap sedekah terhadap mahluk yang memiliki hati (jantung) yang basah (hidup) akan dapatkan pahala kebaikan. Seorang muslim yang menanam tanaman atau tumbuh-tumbuhan yang kemudian dimakan oleh burung-burung, manusia, atau binatang, maka baginya sebagai sedekah.” (Bukhori, Muslim).
  2. Sisihkanlah sedikit dari hasil gaji atau upah jerih payahmu, untuk di sumbangkan kepada anak yatim dan orang miskin. Jangan cuma sekali, usahakan lakukan secara rutin,  misalnya sebulan sekali datang bawa sembako ke panti ato ke tetangga yang miskin.
  3. Sentiasa sediakan uang kecil (uang gede apalagi) di dalam dompet untuk diberikan kepada yang memerlukan. Kali aja ada pengemis lewat, ketemu tukang sapu jalan yang sudah renta,  nemu nenek yang jualan kue ato anak kecil yang jualan koran. Kasi ke mereka.  Uang yang kita pikir nilainya kecil,  bisa saja sangat berharga bagi mereka.
  4. Letakkanlah di rumahmu sebuah kotak, bisa berbentuk celengan. Setiap kali kita merasa melakukan dosa, masukkan uang ke dalamnya, sebagai kompensasi dosa kita.  Nilainya bisa berapa aja 5 ribu ato 100 ribu,  suka suka aja. Genap sebulan, buka kotak itu dan sedekahkan uang tersebut ke orang yang membutuhkan.
  5. Jika kamu hadir dalam acara keramaian (keluarga, kerabat atau sahabat) yang gak disediain konsumsi alias gratis, belilah 1 atau 2 dus air mineral, niatkan untuk sedekah kepada orang-orang yg memerlukannya (orang tua, orang sakit, anak-anak dan lain-lain yang lagi kehausan saat acara berlangsung .
  6. Berdayakan pengusaha kecil/asongan. Jika kamu membeli barang dari pedagang kecil ini, bayar lebih atau sedekahkan kembaliannya.
  7. Belilah mushaf (Al Quran) atau mukena, letakkan di salah satu masjid. Bayangkan berapa pahala yg akan kamu dapat dari setiap huruf bagi mereka yg membacanya atau memakainya.
  8. Berikanlah perasaan gembira kepada setiap orang, khususnya kepada mereka yg sedang ditimpa musibah, dengan senyuman dan ucapan doamu yg tulus. Jangan sekedar lips service ucapan pemanis bibir tapi gak niat. Jika benar berbela sungkawa,  niatkan dari hati turut berduka. Saat mengunjungi teman yang sakit doakan kesembuhannya dengan sungguh sungguh.
  9. Berikanlah senyuman kepada orang yg kamu temui, berilah salam kepada sesama muslim, berkatalah dengan ucapan yg baik karena semuanya adalah sedekah.
  10. Jangan biarkan kamu tertidur, sebelum kamu mengampuni semua orang yg telah berbuat jahat kepadamu dari menghinamu, menyebarkan fitnah & menzalimimu. Selain membuat hatimu tenang juga kamu terhindar dari rasa dendam.
  11. Manfaatkan gadget dengan benar,  bukan sekedar untuk selfie dan eksistensi di medsos. Settingkan pada handphonemu, pengingat pada saat saat tertentu untuk  membaca surah Al-Fatihah atau Al-Ikhlas untuk dihadiahkan kepada kedua ibu-bapamu, baik yg masih hidup atau yang telah meninggal dunia...


Sedekah bagi wanita

  • Barangkali ada yang bertanya, bagaimana wanita bisa bersedekah, sedang mayoritas mereka adalah ibu rumah tangga dan mereka tidak punya gaji atau punya gaji tapi tidak seberapa untuk disedekahkan?
  • Sebagian wanita mendengar tentang keutamaan sedekah, hati merasa perih dan berandai andai "Bagaimana mungkin aku bisa sedekah , sedang aku gak punya uang?" Kendati demikian, kita segenap wanita tetap diperintahkan utk bersedekah.
  • Baginda Rasul SAW  bersabda: "Wahai segenap wanita, bersedekahlah, dan perbanyaklah istighfar, sebab aku melihat kalian sebagai mayoritas penghuni neraka." Dan sabda beliau itu menambah khawatir dan rasa takut pada diri kita.
  • Lalu bagaimana solusinya?
  • Solusinya sebenarnya mudah, sesungguhnya karunia dan kemurahan Allah SWT begitu luas dan tiada henti.
  • Dia menjadikan sedekah bukan hanya sebatas harta. Namun, setiap pintu kebaikan adalah sedekah.
  • Dibawah ini adalah contoh bersedekah yang diajarkan Rasulullah.
  • Sedekah itu beraneka ragam:
    • Setiap tasbih dan tahmid adalah sedekah.
    • Setiap takbir dan tahlil adalah sedekah.
    • Amar ma'ruf nahi munkar yang anda lakukan (menganjurkan yang baik dan mencegah yang buruk) adalah sedekah.
    • Bukalah WA, LINE, FB, BBM Anda setiap hari, bersedekahlah dengan cara mengirim ucapan-ucapan yang baik pada semua yang Anda kenal, dan setiap kalimat yg baik adalah sedekah.
    • Senyum Anda kepada suami dan anak-anak Anda, serta kepada sesama kaum muslimat adalah sedekah.
    • Dua rakaat shalat dhuha menyamai sedekah.
    • Tahanlah diri Anda dari keinginan untuk berbuat buruk, itu pun sedekah.
    • Singkirkanlah setiap bentuk gangguan yg dapat mencelakakan orang di jalan, itupun sedekah.
    • Ucapkanlah salam kepada siapa saja yg Anda temui, itupun sedekah. 
    • Berilah makan pembantu Anda dengan makanan yang juga Anda dan keluarga anda makan, itupun sedekah.
    • Berilah makan burung atau binatang lainnya atau manusia, itupun sedekah. 
    • Muliakanlah setiap tamu yang datang ke rumah anda, itupun sedekah.
    • Berusahalah menolong dan membantu orang lain, baik dengan materi maupun non materi, itupun sedekah.
    • Tuntutlah ilmu agama, ajarkan dan sebarkan, baik dengan cara mendengar, membaca, atau menulis sesuai kemampuan Anda, itupun sedekah.
    • Seteguk air yg Anda berikan untuk orang yang kehausan adalah sedekah.
  • Milik Allahlah segala puji dan karunia. Hal yang perlu diperhatikan saat bersedekah.
    • Lakukanlah secara ikhlas dan tanpa mengharapkan balasan dari siapapun...
    • Karib kerabat lebih utama untuk mendapat kebaikan kita (kedua orang tuamu, suami, dan anak-anakmu). Mereka yang paling utama. Lalu yang paling dekat, kemudian yang terdekat. Perlu diingatkan bahwa
"Sedekah itu menghapus dosa, sebagaimana air mematikan api".

Selamat bersedekah..
Semoga kita dilimpahi rezeki..
Aamiin alumma aamiin..

Comments

Popular posts from this blog

Rezeki Gampang Terbuka dan Lancar Dengan Zikir Ini !

Inilah Amalan 40 Hari Menuju Kaya dan Rezeki Melimpah

Kumpulan Doa Mudah, Murah dan Lancar Rezeki