Meraup Rezeki di Saat Sahur.

Puasa, bulan penuh berkah.

  • Saya kira gak perlu dijelaskan lagi mengapa bulan ramadhan disebut sebagai bulan penuh berkah. Berkah karena amal ibadah kita dilipatgandakan pahalanya, dan berkah ampunan dari Allah SWT. Paling bagusnya sih kalo bulan ini kita dapat banya rezeki yang berkah pula. Amin..
  • Mumpung sekarang lagi puasa nih kita bicarain hal hal yang bisa kita lakuin biar puasa kita sukses, apalagi kalo dapat bonus rezeki lagi, wuih asik...


Meraup rezeki saat sahur.

  • Supaya bisa meraup rezeki saat sahur ya..lakukan langkah langkah berikut ini :

1. Sahurnya kudu bener.

    a. Makan sahur itu dianjurkan.
  • Kalo mau dapat rezeki saat sahur, ya kudu sahur dong, jangan sampe gak sahur ya...! Meski udah kenyang benar karena menyantap makanan yang banyak saat buka puasa, usahakan agar tetap sahur. Mengapa? Karena Rasulullah SAW bersabda :
  • Saking pentingnya sahur itu, bahkan kalo gak punya makanan ato makanan gak bisa masuk lagi saking fullnya, dengan segelas air pun cukup. Awali dengan niat yang baik, niat untuk menahan diri, bukan hanya menahan diri dari makan, minum dan seks tapi juga dari berbuat ingkar dan keburukan. Yang halal saja dilarang pada saat kita berpuasa, apalagi yang haram?
  • Lalu apa hubungannya dengan rezeki? Sahur kan tujuannya untuk mengisi energi agar bisa dipake buat cari nafkah, buat kerja, buat usaha keesokan harinya. Kalo gak sahur kan bisa lemes, malas dan bawaannya ngantuk melulu. Itu bisa menurunkan produktivitas. Saat makan kita sudah dapat berkah, semoga energi yang dihasilkannya juga diberkahi dan dapat rezeki yang banyak dan berkah.
     
    b. Waktunya diakhirkan.
  • Sunnah Rasulullah SAW ntuk mengakhirkan waktu sahur. “Aku bersahur bersama keluargaku, kemudian aku bersegera untuk menyusul sujud dalam shalat fajr (sholat subuh) bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam” [HR Al Bukhari 1920].
  • Jangan jam 2 udah bangun, udah gitu masak dan makan yang banyak, setelahnya langsung nonton TV, apalagi acara TV saingan menayangkan program yang bikin betah pantat buat duduk nonton. Harusnya tuh sahur dilakukan menjelang shalat subuh, setelah sahur, tadarus, sambil nunggu shalat subuh. 
  • Bagaimana mau meraup rezeki yang berkah kalo amalannya selama bulan puasa lebih banyak di depan TV, di tempat tidur atau bahkan di mall?
    
    c. Makannya jangan kayak banteng terluka.
  • Pernah merhatiin banteng terluka gak? Nggak? Sama...., admin juga belum pernah liat hehehe.. Konon banteng terluka itu fokus dengan keadaannya dan gak peduli sama sekitarnya. jadi makan sahur seperti banteng terluka kira-kira kondisinya adalah makan dengan kalap seolah-olah udah seminggu gak makan dan gak peduli kalo orang lain gak kebagian, gak pusing kalo orang lain memperhatikan, yang penting perutnya kenyang.
  • Allah SWT dan Rasulullah SAW melarang kita untuk makan berlebih-lebihan.


  • Bagaimana mau dapat rezeki yang banyak di pagi hari jika yang kita lakukan perkara yang dibenci Allah SWT? Sementara yang ngasi rezeki itu Allah, kita kudu baik-baikin Allah dong. Caranya ya.. menjalankan apa yang diperintahNya dan menjauhi laranganNya.
    
    d. Makanan yang dimakan kudu halal dan baik.
  • Jangan asal makan, mentang-mentang kelihatannya enak gak mikir lagi kalo makanan yang dia makan saat sahur adalah makanan yang diharamkan Allah. Kalo bukan jenis makanannya yang haram tapi juga sumber rezekinya yang haram. Artinya uang yang dipake beli makanan hasil pekerjaan haram, mencuri, merampok, korupsi dan sebagainya. Allah memerintahkan kita untuk makan makanan yang halal lagi baik. Baca "Mau hidup berkah, makanlah rezeki yang baik-baik."
  • Coba pikir apa pantas dapat rezeki dari Allah SWT jika makanannya yang mengisi perutnya untuk menjadi energi, daging dan otot untuk bergerak mencari rezekiNya itu haram?


2. Habis sahur jangan tidur lagi.
  • Kenapa? 
   a. Kehilangan Berkah di pagi hari. 
  • Rasulullah berdoa, "Ya Allah berikanlah Berkah pada umatku di pagi hari mereka." Bagi yang ketiduran kesian kan gak kebagian berkah. Soalnya pas pembagian berkah dia malah ngorok.
  
   b. Bisa kelewatan shalat subuhnya.
   
   c. Gak mencontohi para nabi.
  • Rasulullah SAW dan para sahabat, sehabis sahur duduk berzikir, baca Quran, menunggu tibanya shalat subuh. Setelah subuh mereka duduk di mesjid sampe matahari terbit. 
    
   d. Bikin malas dan melemahkan badan.
  • Ibnu Qayyim Ra berpesan " banyak tidur dapat menyebabkan lalai dan malas. Banyak tidur termasuk gak dianjurkan, karena sama dengan kurang tidur, banyak tidur juga gak baik buat kesehatan.

   e. Pagi hari adalah waktu dibaginya rezeki.
  • Apa mau saat Allah bagi bagi rezeki kita malah tidur? Pantas rezekinya segitu gitu aja, soalnya pas pembagian rezeki dia malah tidur. Rasulullah aja membangunkan putrinya Fatimah yang tertidur sebelum subuh,

Selamat menjalankan ibadah puasa buat pembaca blog lancarrezeki.blogspot.com. Semoga amal indah kita diterima Allah SWT dan rezeki kita tambah banyak dan lebih berkah selama bulan suci ini.

Wallahu alam..

Comments

Popular posts from this blog

Bolehkah Menolak Rezeki?

Menarik Rezeki dengan Asmaul Husna (5)

Doa Agar Rezeki Tak Terputus