Rezeki Berkah dan Berhasil Bersama Allah

Harus ikhlas.

  • Semua orang pengen banget jadi orang yang berhasil. Tapi kalo udah berhasil kebanyakannya kita ngerasa kalo keberhasilan itu terjadi karena usaha dan kerja keras kita. Padahal kita lupa kalau semua itu bisa terjadi atas izin Allah.
  • Tau gak kalo kita lagi di atas itu ujiannya jadi lebih luar biasa. Kalo kita lagi naik, lagi populer, lagi di atas, rezekinya lagi banyak itu ujiannya luar biasa.(baca : mau rezeki lancar harus siap diuji). Jangan hanya mau naiknya, tapi juga harus siap diuji. Ujian itu buat ngetes sejauh mana keberhasilan berdampak pada diri kita. Apakah jadi sombong atau malah tetap tawadhu dan bersyukur plus sabar.

  • Gimana ngadapin ujian?  Yang penting itu ikhlas. Ikhlas menerima ujian. Jangan main-main dengan ikhlas ini karena ikhlas ini penting. Kita jadi bisa plong ngelakuin apa aja kalo diiringi ikhlas. Tapi ikhlas ini sesuatu yang abstrak dan yang betul-betul bisa menilai keikhlasan kita adalah Allah.
  • Bicara soal ikhlas, saat proses belajar mengajar, bisa jadi yang lebih ikhlas itu yang belajar. Guru karena udah profesinya nganggap kalo ngajar itu sesuatu yang rutin dan kebiasaan. Akhirnya apa yang diajarin jadi kurang bermakna, asal dilakukan aja. Tapi bagi pelajar yang memang haus ilmu bisa jadi ikhlas menerima ilmu apapun yang diberikan oleh gurunya. Bersyukur atas segala ilmu yang diperolehnya hari itu.
  • Seperti dengan berumroh, bisa saja jamaah umrohnya jauh lebih ikhlas daripada pembimbingnya, travelnya. Pembimbing sama travel udah biasa jadi nganggap hal itu biasa aja..
  • Contoh lain, penulis buku, bisa jadi yang lebih ikhlas itu yang baca. Si penulis dapat royalti, katakanlah kalo royaltinya di sedekahin, dia dapat amal, dapat liputan, popularitasnya meningkat, jadi berat ikhlasnya
  • Intinya adalah : 
    • Kalo dapat rezeki kudu ingat siapa yang ngasi, jangan sombong, jangan tinggi hati. Bisa jadi rezeki yang banyak itu ujian. Kena ujian pun selain harus sabar juga harus ikhlas. 
    • Rezeki yang diterima jangan dimakan sendiri karena ada hak orang lain di situ. Berbagi rezeki itu membahagiakan baik bagi penerima rezeki jug pemberinya. Apapun yang dilakuin kudu ikhlas, karena keikhlasan bisa menjernihkan hati sehingga bisa lebih dekat pada Allah. 


Cari Ridho Allah.

  • Semua orang pengen sukses, karena kesuksesan biasanya identik dengan kebahagiaan. Ya.. orang gagal kan gak bahagia toh??? Sukses itu yang penting adalah Allah ridho, keluarga ridho dan sebanyak-banyaknya orang ridho sama kita. Berusaha agar gak ada orang yang dengki, marah, kesal sama kita. Kalo semua ridho kan rezeki gampang tuh datangnya. Dari arah mana aja, bahkan dari arah yang gak disangka-sangka.
  • Jadikan semua kegiatan itu ibadah. Misalnya jadi karyawan kerja sehari sampe 8 jam, kalo pengusaha bisa lebih tuh. Bayangkan kalo kita kerja, ngurus bisnis tapi gak bernilai ibadah, ya rugi... Sholat paling berapa menit 5 menit mungkin paling lama, dikali 5 ya..paling 50 menit atau sejaman lah.. Bayangkan dengan kerja yang sampe 8 jam? Ini kalo kerjanya ato bisnisnya gak bernilai ibadah, maka kesibukannya jadi sia-sia belaka. Maunya sih 24 jam itu ibadah terus. Lagi tidur ibadah, main sama anak ibadah bahkan goreng pisang pun bisa jadi ibadah. Kalo semua aktivitas bernilai ibadah, dapat ridho Allah gampang, rudho keluarga dan orang lain juga insya Allah dapet.
  • Orang sekarang tuh demen ngumpul dan kongkow-kongkow. Atas nama silaturrahmi sih boleh aja. Tapi ini perlu diperhatikan baik-baik. Kalo ada yang ngajakin ngumpul ya bagusnya dapat duit sama dapat pahala. Andaikata gak dapat duit pun ya dapat pahala. Gak dapat duit dan gak dapat pahala ngapain dikerjain? Mati itu gak pernah kita tahu kapan datangnya. Tiba-tiba langsung dijemput aja. Bayangkan kalo selama hidup kerjanya hanya ngumpul-ngumpul salah, gak dapet duit apalagi dapet pahala?? Kan rugi banget tuh umurnya...Hidupnya jadi gak berkah jangan kata rezekinya??
  • Nyari peluang bisnis juga kudu teliti. Jangan asal yang ngasi keuntungan banyak tapi mikir juga. Bisnis mana yang paling banyak amalnya? Kata Ippho Sentosa sih bisnis TK. Karena disitulah anak-anak belajar pertama kali, termasuk belajar agama. Anak-anak mulai dibentuk secara serius ya..pada saat TK ini. Bayangin kalo TK kita bisa ciptain banyak anak saleh? Amalnya bakalan laris manis lari ke kita.
  • Kalo mau banyak rezeki ya kudu jadi bermanfaat buat orang. Lakukan kerja sosial secara serius, bukan ngasal... Kita ini kadang kalo untuk kerja sosial suka gak total, dikerjakan asal-asaln, kalo yang profesional baru deh habis-habisan, kalo perlu lembur, takutnya ama atasan luar biasa. Kalo mau jadi aktivis dan memakmurkan mesjid atau kegiatan apapun untuk amal harusnya lebih total karena atasannya Allah. Kudu Teliti, hati-hati, sepenuh hati dan hasilnya bermutu tinggi. Kalo kegiatan sosial kita total dan habis-habisan, Atasan kita (Allah) kan pasti senang. Kalo senang pasti rezeki kita juga bakal lancar jaya..

Berkaca dari New Zealand


  • Saya dengerin ceramah kemarin, dari segi islamic indeks negeri yang paling islami itu New Zealand katanya, padahal penduduk muslimnya minoritas. Yang muslim biasanya cuma pendatang. Kenapa? Kota dan penduduknya tertib, teratur, bersihnya luar biasa. Yang paling menyolok adalah adanya kesetaraan. Bayangin pejabat menerobos lampu merah juga kena tilang, gak ada dispensai. Minta x-ray dipercepat di bandara bisa kena denda, bahkan buat petinggi dan pesohor di sana. Konon ada menterinya yang mau dinaikin gajinya gak mau, karena nganggap bawahannya pada gak naik gaji. Di sini yang terlihat adalah aplikasi nilai-nilai islamnya meskipun mereka gak pernah belajar agama Islam..



  • Di New Zealand masuk restauran harga terpampang dengan jelas.  Kalo harga gak terpampang itu gak islami. Coba liat misalnya McD, KFC harganya jelas terpampang, itu ada akad di sana. Rumah makan padang, meski punya pak haji gak ada akad di sana karena harganya gak terpampang..dihitungin tiba-tiba suruh bayar 250 ribu gitu.. Orang jadi gak tau kan berapa sih harga masing-masing item..?? Kecuali kalo pengen kepo dan nanyain satu-satu..
  • Memasang harga setiap makanan yang dijual itu kan ngasi tau ke konsumen, segini lho harga makanan itu, kalo rela silakan beli kalo gak ya silakan pergi. Jual beli kan harus ada kerelaan antara pembeli dan penjual. Jangan tiba-tiba kita kaget dengan jumlah yang harus dibayar karena gak bisa memprediksi harga makanan yang kita makan. Meski merepotkan tapi yang penting berkah..
  • Jangan salah paham ya.. bukannya saya gak nasionalis, saya cinta Indonesia, banget ! Bukannya mengagung-agungkan negara barat atau negara luar tapi gak ada salahnya kita belajar dari cara mereka mengelola negaranya yang sesuai dengan nilai-nilai islami, tinggalkan yang gak baik dan gak sesuai serta ikutin yang baik.
Wallahu alam..

Comments

Popular posts from this blog

Bolehkah Menolak Rezeki?

Menarik Rezeki dengan Asmaul Husna (5)

Doa Agar Rezeki Tak Terputus