ADAKAH KAITAN NAMA DAN REZEKI ?

Ingat dengan istilah what is a name atau apalah arti sebuah nama? Tentu saja nama memiliki arti penting bagi seseorang. Tidak ada kata yang lebih indah bagi seseorang selain namanya. Kewajiban orang tua adalah memberi nama yang baik pada anaknya. Banyak alasan mengapa orang tua memberi nama pada anaknya. Umumnya alasan utamanya adalah karena nama adalah doa dan pengharapan orang tua serta identitas yang menggambarkan sifat, karakter dan perilaku pemilik nama.
nama yang baik

Apa kaitan nama dan rezeki?

Dari Abu Darda, ia berkata Rasulullah bersabda "Sesungguhnya kalian akan dipanggil pada hari kiamat dengan nama kalian dan nama bapak-bapak kalian maka baguskanlah nama-nama kalian " (H.R. Abu Dawud, Ad Darimi dan Baihaqi).

Pengaruh yang dimiliki oleh nama sangat penting dalam membangun kepribadian, cara hidup bahkan lingkungan. Saat Nabi Muhammad SAW hijrah keluar dari Mekkah ke tempat bernama Yastrib, setibanya di sana beliau mengganti nama Yastrib menjadi Madinah Al Munawwarah yang artinya Kota yang bercahaya. Nabi berharap bahwa dari kota Madinah Al Munawwarah inilah cahaya Islam akan berkembang, meluas dan diterima oleh lebih banyak orang. Dari kota inilah Nabi SAW menyusun strategi pengembangan dakwah islamiyah tidak lagi secara sembunyi-sembunyi.

Karena nama adalah doa pengharapan maka segala sesuatu hendaknya diberi nama yang baik agar hasilnya juga baik, entah itu nama anak. nama usaha, toko, perusahaan, kota seperti yang dicontohkan nabi. Jika ingin berezeki banyak masukkanlah komponen rezeki dalam nama anak atau usaha anda.

Banyak orang tua yang memberikan nama anaknya Rezeki, Rezki, Rizqi, Razak, Rojak, Alfarizki, Razik, Riska, Rizkia, Rizkiana  atau nama lain yang memiliki komponen rezeki. Hal ini bermakna pengharapan pada sang anak agar selama hidupnya memiliki rezeki yang banyak dan berkah, Demikian pula halnya dengan nama toko "Rezeki", "Sumber Rezeki", "Rezeki Makmur", "Rezeki Sejahtera", ataupun nama perusahaan "PT Rezeki Makmur Sejahtera" semua bermakna pengharapan agar usaha yang dilakukannya memberikan rezeki yang melimpah bagi pemiliknya.

nama yang baik
Rezki Amelia (berkacamata) bersama keponakan tercinta
Seperti halnya dengan adik saya yang ke 6, orang tua saya memberi nama Andi Rezki Amelia Wahyuningsih. Nama yang panjang seluas harapan orang tua saya agar rezekinya lancar, banyak dan berkah. Selapang hati mereka menerima rezeki yang tak terduga berupa anak ke-6 yang berbeda jarak umur 9 tahun dengan anak nomor 5. Juga ucapan syukur tak terhingga karena proses persalinannya lancar dan diberi keselamatan pada ibu dan anak, meskipun ibu saya harus melahirkan di usia 45 tahun.

Meletakkan komponen rezeki pada apa yang kita miliki termasuk nama anak dan nama usaha adalah langkah awal menjemput rezeki Allah yang halal, banyak lagi berkah. Setelah memberi nama yang baik, selanjutnya tinggal dididik menjadi anak saleh/salehah ataupun usaha tinggal dikembangkan sesuai aturan dan norma-norma serta tidak melanggar perintah Allah. Nama adalah doa tapi untuk mewujudkannya tetap perlu usaha. Selamat menjemput rezeki Allah.
Wallahu alam.

Comments

Popular posts from this blog

Rezeki Gampang Terbuka dan Lancar Dengan Zikir Ini !

Inilah Amalan 40 Hari Menuju Kaya dan Rezeki Melimpah

Kumpulan Doa Mudah, Murah dan Lancar Rezeki