REZEKI JODOH, MENGAPA TAK KUNJUNG BERTEMU?

Jodoh adalah salah satu bentuk rezeki yang Allah berikan kepada hambanya. Dia tahu bahwa hambanya akan meningkat kualitas hidupnya jika memiliki pasangan. Karena sifat naluriahnya adalah berpasangan. Tapi bagaimana jika rezeki jodoh yang dinanti tak kunjung datang? Bagi yang lagi mencari dan menanti pendamping hidup tapi tak kunjung datang atau dipertemukan, artikel ini untuk anda.

rezeki jodoh

Mau Rezeki Jodoh yang baik?



Tidak perlu pakai kekuatan setan, tidak perlu dukun yang katanya sakti, tidak perlu mandi kembang tujuh rupa. Atau cinta ditolak dukun bertindak. Dengan jalan syirik, secara fisik, jodoh mungkin saja bisa kita dapatkan, tapi Subhanallah hatinya tidak. Jika kita baik insya Allah jodoh kita pun baik. Perempuan yang baik untuk laki-laki yang baik, demikian pula sebaliknya.
" Perempuan yang keji untuk laki-laki yang keji. Dan laki-laki yang keji untuk perempuan yang keji pula. Perempuan yang baik untu klaki-laki yang baik. Dan laki-lai yang baik untuk perempuan yang baik pula." (Q.S. An Nur : 26).
Lalu ada yang bertanya, mengapa ada orang baik yang jodohnya tetap buruk (akhlaknya)? Bisa jadi ini ujian dari Allah untuk melihat sejauh mana keimanannya? Bisa saja kelak ditakdirkan berpisah baik-baik, lalu berjodoh dengan orang yang berlipat kali lebih baik dari jodoh sebelumnya

Percaya pada diri sendiri. 

Alangkah ruginya orang yang tidak percaya pada diri sendiri dan tidak percaya pada kekuatan doa. Jodoh  itu di tangan Allah. Bukan di tangan manusia. Lalu mengapa kita tidak langsung meminta kepadaNya..? Mengapa kita tidak percaya bahwa Allah memberikan yang terbaik?

Jangan berzina atau mendekati zina

Allah sudah menyediakan aturan mainnya, yaitu aturan yang menghalalkan hubungan antar lawan jenis lewat pernikahan. Seseorang yang sudah pernah melakukan perzinahan pasti akan melewati banyak hal-hal sulit dalam hidupnya. Penyebab utamanya adalah ketidaksukaan Allah terhadap zina. Jangankan melakukannya, mendekatinya pun Allah melarang.
"Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk." (Q.S.Al Israa : 32). Laki-laki atau perempuan pezina akan mendapatkan pasangan yang juga pezina. "Laki-laki yang berzina tidak mengawini melainkan perempuan yang berzina, atau perempuan musyrik dan perempuan yang berzina tidak dikawini melainkan oleh laki-laki yang berzina tau laki-laki yang musyrik, yang demikian itu diharamkan atas orang-orang yang mukmin". (Q.S. An Nuur : 3)

Mengapa Jodoh tak kunjung datang, tak kunjung bertemu?


Jika sudah merasa berikhtiar menjadi orang baik yang menjalankan perintah Allah dan menjauhi laranganNya, percaya diri akan ketentuan Allah serta tidak mendekati zina atau berzina tetapi jodoh belum datang juga, apa ada yang salah?
Jodoh itu karena rezeki  Allah lah yang memberi. Mintalah kepada Sang Pemberi, pasti akan dijawab Allah. 

Adapun jawaban Allah terhadap doa hambanya, berupa :
  1. Segera menjawabnyaAllah segera mempertemukan kita dengan belahan jiwa yang akan menjadi teman sehidup sehati menuju rumah tangga yang sakinah, berkah dalam ridha Allah. Selamat menjadi pengantin!
  2. Menunggu waktu yang tepat. Allah Maha Tahu saat yang tepat bagi hambanya untuk mengakhiri masa lajang dan membina rumah tangga dengan memberikan jodoh terbaik. Segala sesuatu akan indah pada waktunya. Penantian yang lama tapi berbuah manis adalah sepadan.
  3. Allah punya rencana lain yang lebih baik untuk kita. Rencana Allah adalah rencana terbaik untuk hambaNya. Mungkin Allah menginginkan kita beribadah lewat jalur yang lain seperti memelihara anak yatim, membina anak yang kurang mampu / anak jalanan, berbakti pada orang tua yang memiliki umur panjang atau Allah telah menyediakan pasangan terbaik kita di surga firdaus. 
Jika sesuatu terjadi seperti yang kita inginkan, anda bertemu jodoh, menikah dan membina rumah tangga, artinya anda beruntung. Tapi jika sesuatu terjadi tidak sesuai keingin anda, jodoh tak kunjung datang sementara usia terus beranjak, artinya anda sangat beruntung karena itu terjadi sesuai keinginan Allah. Allah tahu apa yang terbaik buat hambaNya, tidak mungkin Dia akan menzalimi kita karena kasih sayangNya yang begitu luas. Tak perlu bersedih atau galau. Terus berikhtiar dan tingkatkan ibadah kepada Allah demi kampung akhirat yang abadi.

Saat menghadapi masalah termasuk soal jodoh jangan berkata " Hey God, I have problem" tapi katakanlah "Hey problem I have a Big God". Wallahu alam.

Comments

  1. Mbak.klo mbak liat di kota besar, justru org2 yg berzinah itu yg rejekinya lancar jodohnya lancar. Saya jd bingung.

    ReplyDelete
  2. Gak pernah shalat tapi cepat menikah,belum mampu ada juga yg cepat menikah terus bagaimana sama yg sudah waktunya menikah belum datang juga jodoh nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya Mas, Jodoh itu domain Allah, Dia yang menganugerahkan pada kita orang yang ditakdirkan menjadi pasangan kita, entah dia Muslim/non muslim, shalat ato tdk shalat, mampu ato tak mampu. Jika Allah memberi jodoh maka rezekinya akan diikutkan pada rezeki kita. Jodoh memang ketentuan Allah, tapi ikhtiar juga harus dilakukan. Jika tiba waktunya menikah, jangan menunggu sampe jodohnya datang, ikhtiarlah menemukan jodoh anda, apalagi anda laki2. Minta dicarikan wanita salihah oleh orang yang anda percaya, ta'aruf (saling mengenal), jika dia jodoh anda, Insya Allah dimudahkan. Jika tidak, mungkin Allah sediakan yang lebih baik di luar sana. Jika tidak bertemu di dunia ini, jadilah insan penghuni surga, dimana jodoh anda berupa bidadari surga yang cantik jelita menunggu anda di sana. Artikel di atas, saya kira cukup menjawab pertanyaan anda.
      Wassalam

      Delete
  3. Kapan aku di berikan kesempatan menjadi istri & menjadi seorang ibu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanya pada Allah karena hanya Allah yang tahu masalah ini mbak Evi. Yang bisa anda lakukan hanya mempersiapkan diri menjadi wanita yang baik agar dipertemukan dengan lelaki yang baik juga, insya Allah. Persiapkan diri menjadi isteri dan ibu yang baik dengan membaca buku, ikut mengasuh ponakan, berbelas kasih pada anak kecil dan sebagainya.
      Bisa jadi setelah kita memantaskan diri maka jodoh itu akan datang. Kalaupun tidak sibukkan diri dengan hal lain. Kembali bersekolah, bekerja atau menjadi sukarelawan mengurus anak yatim/orang jompo.
      Hidup ini harus dinikmati, akhirat pun perlu dipersiapkan. Jangan habis waktu untuk nelangsa karena nungguin jodoh yang bukan urusan kita.
      Wallahu alam..

      Delete
  4. Cukup detail kata katanya.terimah kasih Atas sarAnnya

    ReplyDelete
  5. Masyaa Allah..Nice artikel mbak.. 😊

    ReplyDelete
  6. Mba sy selalu gagal,ikhtiar sudah bnyak, tiap dekat dngn cowo ada aja masalahnya skrg ini malah dia di jodohin. Ada yg bilang saya di bikin susah nikah mba/syirik harus bagaimana ya mba apakah jodoh bisa terhalang oleh hal seperti itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jodoh sama seperti rezeki mbak, itu adalah ketetapan Allah tapi manusia harus melakukan upaya untuk menjemputnya. Ikhtiar itu pasti membuahkan hasil, meskipun kadang tak sesuai keinginan kita. Kenapa anda gak melihat sisi positifnya. Jika selalu bertemu cowok tapi tak kunjung berakhir dengan lamaran, bisa jadi dia bukanlah yang terbaik buat anda, bisa jadi dia tak pantas untuk anda, bisa jadi Allah menyelamatkan anda dari imam yang buruk. Kenapa gak berprasangka baik pada Allah? Allah gak selalu ngasi apa yang kita inginkan tapi yakinlah kalo Allah ngasi apa yang kita butuhkan. Allah mempunyai "cara sendiri" menyelesaikan masalah kita.
      Penghalang jodoh itu tidak ada, bisa jadi penghalangnya pikiran mbak sendiri. Tetaplah berikhtiar tapi hasilnya serahkan pada Allah lewat doa-doa malam, ibadah dan memperbaiki bakti dengan orang tua (mumpung belum nikah). Jodoh akan datang pada waktunya dengan cara yang ditentukanNya. Jangan galau dan baper ya mbak...
      Wallahu alam..

      Delete
  7. dulu di jabar thn 2001 saya tergila gila dg seorg cewe namanya Nur rumahnya timur bendungan andir ciparay bdg, saya ngejar dia sampai 2thn sampai thn 2003, sampai saya putus asa dan ingin bunuh diri tp saya ditolak habis habisan. saya nekad melamar dia saya ditolak. saya terpaksa nyari cewe lain nama nya yani, di desa paseh majalaya bdg , saya dihajar org. saya thn 2005 nyari cewe lain, di kampung saya di jawa tengah nama nya mulyati, saya dibohongi teman. saya beberapa thn berhenti nyari cewe, thn 2015 nyari cewe lagi di kampung saya, namanya izzah saya ditolak lagi. hidup kok kejam bngt. pdhl saya baik dan jujur dan suka bantu org tp nasib saya sial bngt. teman teman saya suka mabok dan ugal ugalan tp mrka mudah dapat cewe. saya sdh 12 thn agak rajin ibadah tp nasib tdk berubah. sebelum nya thn 1997 nyari cewe dkt pabrik tempat saya kerja, namanya tety saya ditolak. thn 1998 nyari cewe, namanya siti di ciroyom saya difitnah teman, teman bilang kpd cewe saya sdh nikah di jateng, pdhl blm. nyari cewe yg sepabrik dg saya, nama nya efi saya ditolak.

    ReplyDelete
  8. assalamualaikum.. maaf, saya mau curhat.. krna saya lg bingung luar biasa.. saya umur 42 thn msh nganggur dan jomblo. dulu thn 2003 saat msh kerja di majalaya bdg saya sering dimutasi, diremehkan teman dan atasan krna otak dan tenaga saya payah, uang sering dipinjam teman teman tp bnyk yg tdk mau bayar, shg saya tdk betah dan mengundurkan diri, nyari kerja lg baru sebentar dipecat krna tdk becus kerja, nyari kerja lg sulit. di kampung saya di prwkerto buka usaha kecil kecilan bangkrut, jualan barang secara online tdk laku laku.. dulu saya di bdg kalau nyari jodoh sering ditolak cewe, diremehkan cewe, dibohongi teman, dimanfaatkan teman, diancam org, dipukul orang dll.. di kampung saya nyari jodoh tambah sulit krna sepi dan cewe yg jarang ada yg cantik, kalau ada yg agak cantik saingannya bnyk.. akibatnya saya selama 15 thn tiap hari marah marah, berkata kotor, susah tidur, kdng banting barang barang, sering berdoa yg buruk buruk dll. apa saya kena gangguan ghaib? dulu kakek dan uwa saya paranormal sakti.. saya sdh 12thn agak rajin ibadah tp nasib tdk berubah.. dulu thn 2003 saat merantau ke bdg saya melamar cewe nama nya nurjanah (dkt bendungan andir ciparay) karyawati iwamatex, tp lamaran saya ditolak, saya sampai skrng blm mampu melupakan dia. yg bikin saya cinta mati dg nur krna dia cantik, pendiam, lugu, rajin sholat, tdk matre, jarang keluyuran, dia juga jadi tulang punggung keluarga krna ortu nya petani miskin. saya mengira nur jodoh saya, krna saya kalau ada di dkt dia hidup saya semangat, hati saya damai, tp ternyata dia cewe yg paling sulit saya dapatkan. saya ngejar dia 2 thn (2001-2003) tp saya ditolak habis habisan pdhl dia sdh putus dg pacarnya. saya bilang kpd dia saya tdk akan nikah atau akan bunuhdiri jika dia menolak saya terus, tp dia tetap menolak saya. nur mentang2 cantik shg sombong dan jual mahal. saya pernah diusir sama dia saat saya main ke rumahnya, mungkin dia sdh dipelet cowok lain shg kelakuan nya spt kemasukan jin.. dia memuja mantan cowoknya dan dia meremehkan saya. saya nyari cewe yg lain gagal lg. saya ditolak lagi, dibohongi teman, dimanfaatkan teman dll saat nyari cewe. saya sdh pernah ditolak cewe 7x. bukan krna saya kurang ganteng tp krna saya cupu dan loyo. cewe suka cowo yg jantan atau yg mapan. thn 2005 saat nur sdh nikah dg mantan pacar nya saya sering kirim surat berisi kata kata kasar dan ancaman kpda dia shg dia keguguran 3x krna sakit hati, kemudian thn 2009 dia cerai dg suaminya dan nur mencari cari saya supaya saya melamar dia, tp saya tdk berani datang krna saya yg merusak rumah tangga dia. selain itu saya sdh di kampung tdk merantau ke bdg lagi. tp saya sdh minta maaf kpd nur lewat surat. krna dulu saya lg stres berat krna saya merantau ke bdg sering dijahati org dan sering ditolak cewe. kemudian saya pulang kampung saya nganggur dan jomblo berthn thn. kalau nur bukan jodoh saya, kenapa saya seumur hidup cuma mencintai dia seorg. kpda cewe lain saya tdk pernah bsa mantap.. saya selalu ragu, minder dll.. saya yg berjuang dan berkorban mati matian utk mendapatkan nur, saya tdk dpt apa apa, tp cowok lain yg nyantai malah bsa nikah dg dia. mungkin krna saya cucu paranormal sakti shg nasib saya sial terus. meski saya terus meningkatkan ibadah tp nasib tdk pernah berubah. saya sejak kecil sering dibully teman. ada yg bilang saya bodoh dan lemah, manusia aneh, tdk punya masa depan, tdk berguna dll..saya kalau dihina, ditipu, dipukul, difitnah dll saya msh agak tegar tp saya kalau ditolak cewe, terutama cewe yg sangat saya cintai saya langsung terpuruk.. saya skrng males nyari cewe dan nyari kerja krna trauma. selain itu hati saya dipenuhi kemarahan, kebencian dan dendam.. solusinya bgmana? wassalam..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Rezeki Gampang Terbuka dan Lancar Dengan Zikir Ini !

Inilah Amalan 40 Hari Menuju Kaya dan Rezeki Melimpah

Kumpulan Doa Mudah, Murah dan Lancar Rezeki