Posts

Showing posts from March, 2015

Sedekah Rambutan Memperbanyak Rezeki

Image
Pada hari minggu kemarin kami sekeluarga diundang untuk makan rambutan langsung di kebun rambutan Hasanuddin Daeng Parani. Kebun itu adalah peninggalan orang tua yang ditanami segala macam buah-buahan seperti rambutan, durian, pisang juga ada tanaman cengkeh dan sayur-sayuran. dari hasil kebun itulah Daeng Parani menghidupi keluarganya dan menyekolahkan adik-adiknya sampai sarjana dan bekerja.


Filosofi Sedekah Rambutan  Ada banyak pohon rambutan  di kebunnya, semua berbuah lebat. Menurutnya selama memiliki pohon rambutan yang berbuah dia meniatkan untuk sedekah. Siapa saja boleh datang mengambil, keluarga dan kenalan silakan, kalau mau petik sendiri juga boleh. Menikmati buah rambutan saat cuaca panas terik adalah rezeki dan kenikmatan tersendiri dari Allah. Apalagi bisa petik langsung dan pulangnya dibungkus pula buat oleh-oleh, bukan dengan kantongan tapi karung... semuanya gratis.


Menurutnya, sedekah tidak harus selalu berwujud uang. Apa saja bisa diniatkan sebagai sedekah, seperti…

Banyak Anak Banyak Rezeki, BENARKAH ?

Image
Sering dengar orang menyebut hal ini bukan? Banyak-banyakin anak tidak apa-apa, banyak anak kan banyak rezeki. Betulkah hal itu, atau hanya mitos belaka ? Orang tua sangat berbahagia bila dikaruniai anak, karena anak adalah penceria hari, belahan jiwa, penyemangat hidup orang tuanya. Bahkan pasangan yang belum dikaruniai anak akan terus berusaha agar segera diberi keturunan. Kehidupan perkawinan serasa tidak lengkap tanpa kehadiran seorang anak yang menceriakan hati.


Betul, banyak anak banyak rezeki bila ...Anak dididik dengan baik. Anak-anak pada dasarnya terlahir suci, putih bersih tanpa noda dan tidak disertai dosa, Yang menjadikan anak-anak tersebut baik ataupun buruk adalah didikan orangtuanya. Orang tualah yang menjadi sekolah pertama buat anak-anak. Orang tua pula lah yang menjadi teladan pertama anak-anak. Jika anak-anak terdidik dengan baik akan menjadi rezeki bagi orangtuanya.Anak berhasil dalam kehidupannya. Berhasil sekolahnya, bisa berkarya di masyarakat, mandiri,  tidak …

Nikah, Tak Perlu Tunggu Mapan / Banyak Rezeki.

Image
Sebuah postingan di facebook menggelitik saya, Tulisannya begini :


Wah, kalau menikah harus tunggu mapan dulu seperti ilustrasi di atas, kelamaan kali ya?

Perintah Menikah dari Allah "Dan diantara tanda-tanda kekuasaanNya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadaNya" (Q.S. Ar Ruum : 21).

Allah menyatakan dalam ayat ini bahwa pernikahan akan membawa seorang lelaki menjadi tenteram jiwanya. Jadi bersegeralah menikah jika engkau sudah patut untuk menikah seperti ayat di bawah ini.

"Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian diantara kamu dan orang-orang yang patut (kawin) dari hamba-hamba sahayamu yang wanita. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurniaNya. Dan Allah Maha Luas (pemberianNya) lagi Maha Mengetahui" (Q.S.An Nuur : 32).
Terlihat bagaimana Allah memerintahkan untuk menikah kepada laki-laki yang sudah patut kawin, jika ia miskin maka Allah yang akan memampukan mereka d…

Rezeki Terasa Seret? Lakukan 10 Perenungan Ini !

Image
Rezeki terasa seret, mandek, terhambat, seolah semakin jauh tak tergapai. Apakah itu yang anda alami? Saudaraku, sesama hamba Allah, mari bersama-sama kita merenungkan hal-hal berikut ini. Mungkin saja ada satu dua diataranya yang terjadi dalam kehidupan kita tanpa kita sadari. Siapa tahu satu atau dua hal itulah yang menyebabkan rezeki kita seret, mandek, terhambat, tidak lancar. Apa saja itu?



#1. Renungkan jangan-jangan kita sudah menjadi orang yang mempersekutukan Allah. Menganggap ada kekuatan lain selain Allah yang bisa mewujudkan harapan kita.#2. Renungkan apa diri kita pernah menyusahkan orang atau malah gemar menyusahkan orang?Tiada hari tanpa makan sumpahan orang! Tiada hari tanpa menzalimi orang.#3. Renungkan adakah masalah antara kita dengan orang tua. Apakah kita termasuk anak yang mendurhakai dan menyakiti hati orang tua?#4. Renungkan apa larangan berzina sudah kita langgar. Mereguk kenikmatan dunia tanpa pernah memikirkan akibatnya.#5. Renungkan kondisi shalat kita dan ku…

Bisakah Bahagia Jika Tak Diberi Rezeki Jodoh oleh Allah ?

Image
Setelah mengarungi kesendirian untuk waktu yang cukup lama ternyata Allah belum berkenan mempertemukan kita dengan rezeki jodoh, belahan jiwa yang akan menjadi pasangan abadi mengabdi di jalan Allah. Bukankah setiap manusia diciptakan berpasang-pasangan ? Lalu di mana pasangan kita? Sudah bosan juga dengan begitu banyak pertanyaan yang khas ditanyakan pada jomblowers sejati yaitu "Kapan Nikah?" Kadang kita suka kikuk tidak tahu harus menjawan apa.



Jika rezeki jodoh tak kunjung datang??? Apakah langit runtuh jika rezeki jodoh tak kunjung datang? Apakah dunia berakhir? Tentu saja tidak. Semua berjalan seperti biasa. Rezeki jodoh adalah rahasia Allah. Tidak ada hubungannya dengan angka-angka statistik yang menunjukkan "katanya" jumlah wanita lebih banyak dari laki-laki (saya menyebut katanya karena tidak ada angka real yang bisa jadi acuan pembenaran hal ini). Tidak ada hubungannya kalau semua laki-laki sudah diborong sampai tidak ada yang tersisa buat kita. Allah leb…

Camkan Ini, Rezeki Menjauh Karena Makan Sumpahan Orang

Image
Kita tak dapat hidup tanpa orang lain. Manusia adalah mahluk yang membutuhkan orang lain mulai dari sejak janin dalam kandungan yang aman, dia butuh kasih sayang ibunya untuk membuat dia hidup, sampai setelah matinya dia membutuhkan orang lain untuk menguburkannya.


Selalu berbuat baik kepada sesama Usahakanlah untuk berbuat baik kepada sesama setiap hari, minimal satu kebaikan. Bayangkan jika kita bisa berbuat baik setiap hari berapa banyak orang yang kita bahagiakan. Tahukah anda bahwa orang yang kita limpahi kebaikan akan mendoakan kita. Doa-doa yang datang dari hati yang ikhlas akan dikabulkan Allah.  Berbuat baik tidak butuh biaya besar dan bisa dilakukan semua orang yang memang mau melakukannya. seperti menyapa orang lain, mengucapkan salam "Assalamu alaikum, ataupun selamat pagi/siang/malam pada non muslimmemberi senyuman pada setiap orang. Senyum yang tulus akan mencerahkan hari orang lain. Senyum itu sedekah bukan?sekadar menanyakan kabar, kesehatan orang lain sebagai tand…

Percayakah Anda Bahwa Rezeki Mudah Dicari, Mudah Didapat ?

Image
Benarkah rezeki mudah dicari dan mudah didapat? Bukankah kita harus bekerja keras, setiap hari meninggalkan rumah untuk mengejar rezeki Allah? Kadang kita sudah bersimbah peluh mencari rezeki ternyata tidak dapat juga, sekalinya dapat jumlahnya sedikit dan tidak bisa memenuhi kebutuhan kita. Itulah pikiran manusia yang serba terbatas.


Sungguh rezeki itu mudah dicari dan mudah didapat ! Anda tidak salah baca. Sungguh rezeki itu mudah dicari dan mudah didapatkan. Caranya pun gampang cukup dekati Sang Pemberi Rezeki. Jika kita mau mendapatkan rezeki berupa kenaikan gaji atau jabatan pasti kita dekati atasan / boss kita kan? Kita akan melakukan apa yang disukai boss dan meninggalkan apa yang tidak disukainya, supaya poin kita naik di mata boss. Jika poin kita sudah naik, bosa senang pada kita bukan hal yang susah bagi kita untuk mendapatkan kenaikan gaji / kenaikan jabatan.
Logikanya sama dengan hubungan kita dengan Allah. Allah tidak butuh kita, sebaliknya kitalah yang butuh Allah, butuh…

Suamiku, Kamulah Rezeki dan Hartaku yang Paling Berharga

Image
Kisah ini diawali dengan memudarnya kebahagian yang dirasakan oleh sebut saja Imam karena setelah 10 tahun membina rumah tangga dengan Suci belum juga dikaruniai anak. Segala cara sudah ditempuh tapi tampaknya Allah masih belum memberi kepercayaan pasangan ini untuk memiliki buah hati, meskipun keduanya dinyatakan sehat dan subur. Akhirnya di tengah keputus asaannya Imam memutuskan untuk menceraikan Suci. Imam berpikir bahwa itulah pilihan terbaik untuk mereka. Siapa tahu setelah bercerai dan masing-masing menikah kembali Allah berkenan menghadirkan buah hati dalam kehidupan rumah tangga mereka yang baru.


Singkat cerita Imam menyampaikan maksud tersebut kepada istri yang masih teramat dicintainya itu. Suci merasa keberatan dan tidak ingin diceraikan oleh Imam. Meskipun Suci sudah memohon agar Imam membatalkan niatnya tapi tampaknya keputusan Imam sudah bulat. Akhirnya mereka menyampaikan keputusan tersebut kepada orang tua mereka. Sama dengan Suci, mereka pun menolak rencana Imam untu…

MAU MUDAH REZEKI? JAUHI SIFAT MUBAZIR

Image
Sifat mubazir adalah temannya setan. Maukah kita menjadikan setan sebagai teman? Setan atau iblis telah dijanjikan untuk jadi penghuni neraka yang abadi. Bersediakah kita mengikuti jalan setan dan menemaninya di neraka, tidak bukan? Karena itu jangan mubazir !

Apa itu Mubazir? Pernah lihat orang ambil makanan di kenduri / acara kawinan dan tidak menghabiskan makanannya? Atau mungkin kita yang suka ambil kesempatan melihat banyak makanan gratis dan tidak menghabiskannya karena tidak sanggup lagi karena kekenyangan. Atau untuk merayakan sesuatu kita memesan makanan yang banyak di restoran tapi tidak bisa menghabiskan semua makanan yang kita pesan dan membiarkan sisa makanan teronggok begitu saja?
Di lain hari kita membeli pakaian yang lagi SALE di toko, tapi begitu pulang baru kita menyadari kalau warnanya tidak cocok dengan selera kita dan akhirnya kita biarkan menumpuk di lapisan terbawah lemari pakaian kita? Atau kiriman makanan dari keluarga di kampung dalam jumlah banyak tidak bisa…

Haruskah REZEKI dicari oleh SUAMI?

Image
Siapa sebenarnya pencari rezeki / nafkah dalam rumah tangga? Semua pasti sepakat bahwa suami lah yang mencari rezeki / nafkah untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya. Jadi kalau laki-laki / suami yang mencari rezeki untuk apa perempuan sekolah tinggi kemudian bekerja? Kadang pertanyaan ini menggelitik sebagian perempuan bekerja baik yang telah menikah ataupun yang belum.
Tugas utama pencari rezeki ada di pundak suami Sebuah ayat Al Quran berbunyi seperti ini "Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara yang ma'ruf " (Q.S. Al Baqarah : 233) dan di ayat yang lain " Tempatkanlah mereka (para istri) dimana kamu bertempat tinggal menurut kemampuanmu dan janganlah kamu menyusahkan mereka untuk menyempitkan (hati) mereka. Dan jika mereka (istri-istri yang ditalak ) itu sedang hamil maka berikanlah kepada mereka nafkahnya hingga mereka melahirkan". (Q.S. At Thalaq : 6). Suami berkewajiban memberi nafkah kepada istrinya seperti ayat di atas…

SEDEKAH AL FATIHAH PEMBUKA REZEKI

Image
Sebagaimana kita bahas sebelumnya bahwa sedekah adalah penderas rezeki. Sedekah sama halnya memberi pinjaman kepada Allah. Target orang yang akan diberi sedekah pun tidak boleh sembarangan. Tujuannya agar sedekah kita memiliki nilai manfaat dan berberkah baik bagi yang bersedekah maupun yang menerima sedekah.


Sedekah bisa berwujud uang, barang, atau doa. Surah Al fatihah adalah surah pembuka dalam Al Quran. Surah ini harus dibaca setiap kali kita sholat. Banyak keutamaan yang dimiliki oleh Surah Al Fatihah diantaranya jka dibacakan bisa menyembuhkan orang sakit, meningkatkan derajat, dijauhkan dari syaitan, dibebaskan dari azab api neraka dan dimudahkan rezeki. Bacaan surah Al Fatihah juga bisa disedekahkan pada orang lain, terutama pada orang tua.

Berbakti kepada orang tua adalah keharusan yang diperintahkan oleh Allah. Kewajiban seorang anak adalah berbakti pada orang tuanya. Rezeki Allah mengikuti restu orang tua.


Setiap pagi sedekahkan Al Fatihah kepada orang tuamu, niscaya rezeki…

BIsakah Bahagia, Tanpa diberi Rezeki Anak dalam Perkawinan?

Image
Jawaban pertanyaan di atas adalah BISA. Jika tak kunjung diberi anak meskipun telah berusaha mati-matian bukan berarti kita tidak dapat menikmati kehidupan perkawinan yang bahagia. Tujuan sebuah perkawinan adalah untuk melengkapkan kehidupan seseorang dengan hadirnya pasangan sejiwa yang membahagiakan. Jika akirnya dipercaya untuk beroleh keturunan, anak yang menceriakan rumah tangga itu adalah bonus dari Allah. Jadi apa yang harus dilakukan agar rumah tangga tetap bisa tetap bahagia meskipun belum dikaruniai rezeki anak?




Ikhlas menerima Ikhlas menerima.. Jika tahun-tahun perkawinan berlalu tanpa diberi keturunan itu adalah kehendak Allah yang harus diterima. Itulah kondisi terbaik yang diberikanNya. Allah yang Maha Sayang pada hamba-hambanya tidak akan memberikan sesuatu yang berakibat buruk untuk hambaNya. Pada saat kita ikhlas menerima hati akan menjadi tenang, kita akan lebih pasrah pada ketentuanNya. Tidak perlu saling menyalahkan atau mencari kambing hitam penyebab hal tersebut.

Rezeki Takkan Kemana, Sedekah 50 Ribu Esoknya SEGERA Dibalas Allah 10 KALI lipat

Image
Kisah ini saya alami sendiri. Terlalu sering kejadian seperti ini saya alami, tapi baru kali ini saya punya kesempatan menceritakannya langsung di blog ini. Niat saya menceritakan ini demi Allah bukan untuk unjuk diri dengan maksud riya tapi buat pembelajaran kita semua bahwa janji Allah adalah benar dan harus diyakini. Sedekah adalah penderas rezeki yang paling manjur.



Allah berfirman "perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan) oleh orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adaalh seperti dengan sebiji / sebutir benih yang menumbuhkan tujuh tangkai (bulir), pada tiap-tiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (kurniaNya) lagi Maha Mengetahui" (Q.S. Al Baqarah : 261). Kalau melihat ayat di atas Allah menjanjikan sampai 700 x lipat dari rezeki yang kita sedekahkan.


Ceritanya begini. Beberapa waktu lalu saya mengikuti Diklat keuangan di Jakarta. Setelah masa diklat berakhir saya berjalan-jalan dengan…

MENGAPA REZEKI ANAK TAK KUNJUNG DIBERI ?

Image
Banyak pasangan yang telah menikah sekian tahun tapi Allah belum berkenan memberikan rezeki berupa keturunan. Segala macam upaya telah dicoba tetapi belum membuahkan hasil. Mulai dari upaya secara medis berupa pemeriksaan cermat pada kesuburan keduanya, suntik hormon sampai upaya melakukan pengobatan secara tradisional, herbal dan minum jamu-jamuan.
Tapi rezeki anak yang dinanti tak kunjung tiba, Ada apa gerangan? Mengapa tampaknya Sang Maha Pemberi seolah menutup tangannya yang pemurah kepada pasangan ini?

Berkacalah pada diri sendiri, introspeksi mungkinkah kita melakukan dosa ini ?
Syirik Mungkin kita tidak langsung menyembah berhala seperti manusia zaman jahiliah dulu. Tapi kita masih mengharap yang lain selain dari Allah. Seakan tidak cukup Allah bagi kita. Kita shalat rutin minimal 5 x sehari semalam tapi di kantung kita ada jimat. Kita berdagang seperti halnya Rasulullah SAW tapi meminta penglaris dari dukun sesat. Mau naik pangkat / jabatan kita meminta advis dan bantuan paran…

Pesan Hari Ini : Manfaatkan Rezeki Umur dengan baik!

Image
Rezeki umur yang baik adalah yang bermanfaat Manfaatkan rezeki umur dengan sebaik-baiknya. Umur memang hanya angka-angka yang menurut kita semakin bertambah tapi pada dasarnya semakin berkurang. Berkurang maksudnya semakin mendekatkan diri dengan kematian. Jika kontrak kehidupan telah berakhir maka bersiaplah menyongsong kehidupan baru yang lebih abadi.


Rezeki Masa Muda Punya rezeki waktu dan energi yang banyak, tapi tidak punya uang (belum mapan). manfaatkan untuk menggali potensi diri, mengembangkan bakat, belajar agama dengan sungguh-sungguh.isi waktu yang berlimpah dengan kegiatan yang bermanfaatenergi yang banyak salurkan kepada hal-hal positif seperti belajar, berkarya dan berprestasi uang yang sedikit (hasil minta dari orang tua / kerja sambilan) gunakan sebaik-baiknya untuk pengembangan diri (kursus, diklat tambahan, pengembangan bakat) dan hal positif lainnya.sayangi tubuh, jangan rusak dengan narkotika, minuman keras dan begadang yang tak berguna.karena telah berusaha dengan…

Tahukah Anda, Rezeki Berlipat Datang Saat Kita Ikhlas ?

Image
Kisah ini terjadi pada seorang lelaki yang mempunyai tanggungan istri dan anak. Si Bapak ini sebut saja Pak Ali adalah lelaki pekerja keras yang bersedia bekerja serabutan asal halal untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.


Pada suatu hari Pak Ali pulang dari melakukan pekerjaan serabutan dan menerima gaji pertamanya sebesar Rp.75.000. Dengan hati penuh syukur ia segera pulang ke rumah untuk menjumpai istri dan anaknya hendak menyampaikan kabar gembira tersebut. Terbayang apa yang akan dibelinya dengan uang hasil gaji pertama tersebut. Istri dan anaknya pun turut senang dan bersyukur kepada Allah SWT atas rezeki yang telah diberikan kepada mereka.
Dengan penuh sukacita Pak Ali segera membuka saku belakang celana untuk meraih dompetnya. Tapi meskipun dengan sepenuh hati mencari, dompetnya tetap tidak ditemukan. Pak Ali kemudian mencoba menyusuri jalanan yang dilaluinya saat masuk ke dalam rumah. Siapa tahu dompetnya tercecer. Tapi tdak ditemukan. Entah kemana dompet itu raib seketika. Sad…

4 TIPS MERAIH KEMUDAHAN REZEKI

Image
Jika sebelumnya kita membahas 4 hal yang bisa memandekkan rezeki, kali ini kita akan membahas 4 hal yang bisa memudahkan rezeki kita. Rezeki adalah pemberian Allah yang diberikan kepada manusia. Kita harus yakin bahwa Allah akan mempermudah hamba-hamba yang mendekatkan diri denganNya. Berikut 4 cara mendekatkan diri kepada Allah yang Insya Allah akan memudahkan rezeki kita.


Sholat malam
Ini adalah salah satu kebiasaan Rasulullah SAW. Bahkan jauh sebelum menjadi rasul dan menerima perintah shalat beliau sudah sering bangun tengah malam merenungkan banyak hal bahkan termasuk pencipta alam ini. Beliau lagi bermunajat di tempat sepi bernama Gua Hira waktu malaikat Jibril yang diutus oleh Allah mendatangi beliau untuk menerima wahyu yang pertama. Memperbanyak sholat malam akan memudahkan rezeki. Bangun di keheningan malam saat semua orang sedang tertidur lelap dalam upaya mendekatkan diri kepada Allah.

Banyak istighfar di awal pagi
Istighfar adalah permohonan ampun kepada Allah atas segala…

4 HAL YANG MEMANDEKKAN REZEKI

Image
Rezeki terasa seret, mandek dan tidak berjalan lancar? Mungkin ada yang salah dalam keseharian kita atau Allah membenci kita? (mungkin ini yang ada dalam pikiran kita). Ketahuilah Allah Maha kasih terhadap hamba-hambanya. Tidak mungkin Allah menzalimi kita. Jika kita berada dalam kerugian semata-mata karena ulah kita sendiri.
Diantara ulah kita yang bisa memandekkan rezeki adalah :

Tidur di waktu pagi Nenek bilang jangan suka telat bangun nanti rezekinya dipatok ayam. Masa iya? kok sampe sekarang belum ada ayam yang kaya ya? Itu salah satu anekdot yang menganjurkan kita untuk bangun pagi. Ayam saja sudah berkokok sejak subuh, berpagi-pagi membangunkan manusia agar segera mencari rezeki. Telat bangun akan membuat badan menjadi lemas, kurang gairah dan kurang semangat untuk bekerja. Jika perasaan tersebut yang mendera kita jangan harap rezeki akan datang. Rezeki hanya datang pada orang yang bersungguh-sungguh mengusahakannya.

Sedikit Shalat Ada orang yang melaksanakan shalat hanya seked…