20 Amalan-Amalan Sakti Pembuka Pintu Rezeki (2)

Melanjutkan tulisan sebelumnya 20 amalan-amalan sakti pembuka rezeki (1), ini dia 10 amalan berikutnya yang bisa kita lakukan untuk membuka pintu rezeki.


11. Menjalin silaturrahim


12. Mengekalkan wudhu.
  • Mengekalkan wudhu maksudnya membiasakan tubuh selalu dalam keadaan berwudhu. Begitu banyak faedah dan manfaat dari berwudhu (baca : dahsyatnya wudhu mendatangkan rezeki). Sebagaimana sabda Rasulullah berikut ini :
wudhu


13. Rutin Bersedekah.
  • Kita sudah tahu bahwa sedekah adalah penderas rezeki, tapi banyak yang melakukan sedekah hanya sesekali saja. Jika ingin menjadikan sedekah sebagai pembuka pintu rezeki maka lakukan secara rutin, misalnya setiap jumat, setiap keluar dari mesjid. Lakukan setiap jangka waktu tertentu insya Allah rezeki pun lancar.
  • Jangan takut bersedekah dalam jumlah besar. Banyak orang yang ikhlas bersedekah dengan jumlah kecil tapi bersedekah dalam jumlah besar tidak berani, atau tepatnya tidak rela. Padahal Allah yang Maha Kaya bisa memberi ganjaran yang lebih besar dari uang yang ditahannya itu.
Rasulullah SAW berkata kepada Zubair bin al awwam : " Hai Zubair, ketahuilah bahwa kunci rezeki hamba itu ditentang Arasy, yang dikirim oleh Allah azza wajalla kepada setiap hambaNya sekedar nafkahnya. Maka barangsiapa yang membanyakkan pemberiannya oada orang lain, niscaya Allah membanyakkan baginya. Siapa yang menyedikitkan, niscaya Allah menyedikitkan baginya (Riwayat ad Daruquthni dari Anas ra).


14. Rutin Shalat Tahajud
  • Banyak yang belum tahu manfaat shalat tahajud sebagai pembuka pintu rezeki. Shalat tahajud adalah salaha sarana mendekatkan diri kepada Allah dan Allah akan mempermudah hamba-hambaNya yang selalu ingin dekat denganNya. 
Tirmidzi meriwayatkan dari Amru bin Anbasah ra bahwa ia pernah mendengar Nabi SAW bersabda, " Keadaan paling dekat seorang hamba denga RabbNya adalah di tengah malam terakhir. Jika engkau bisa menjadi bagian dari orang yang berdzikrullah ketika itu, lakukanlah.
  • Tentu shalat tahajud yang bisa membuka rezeki adaah yang rutin dilakukan, bukan hanya pada saat ingat atau ingin saja. Memang kedudukannya adalah sunat dan sebagai ibadah tambahan, tapi ini salah satu shalat sunat yang utama.

15. Rutin shalat dhuha

16. Bersyukur pada Allah.



17. Merutinkan zikir, asmaul husna dan membaca Al Quran.
  • Zikir adalah senantiasa mengingat Allah. Beberapa zikir yang telah teruji memperlancar rezeki lahir dan bathin dapat dibaca di sini.
  • Asmaul husna adalah nama-nama baik yang dimiliki oleh Allah. Nama-nama yang jumlahnya 99 itu mencerminkan sifat-sifat Allah. Salah satu zikir asmaul husna yang sering saya amalkan saya cerita di sini.
  • Fadhilah membaca Al Quran besar sekali. Terkait dengan rezeki, inilah hadits Rasulullah.
quran



18. Rutin berdoa.
  • Di bagian lain dari tulisan ini saya sudah mengemukakan betapa pentingnya doa bagi seorang hamba. Kaitannya dengan rezeki bisa dibaca bagaimana seseorang bisa diguyur rezeki dengan doa. Manusia itu pada dasarnya lemah dan butuh Allah untuk memenuhi kebutuhannya. Bukankah rezeki itu dari Allah, manusia bisa minta rezekinya ditambah lewat doa-doa yang dipanjatkan pada Allah. (baca : cara agar doa menjadi senjata efektif penarik rezeki)



19. Berikhtiar.
  • Rezeki memang sudah dijamin tapi rezeki tak bisa datang hanya dengan doa saja. Manusia tetap harus berikhtiar, berusaha menjemput rezeki yang telah dijamin Allah tersebut. (baca : mengapa rezeki wajib dicari?)
  • Bacalah firman Allah di bawah ini :
ikhtiar


20. Bertawakkal.
  • Tawakkal adalah menetapkan dan berserah diri kepada Allah SWT atas semua ketentuan atau kejadian yang terjadi padanya, dengan keyakinan bahwa Allah apsti menghendaki yang terbaik untuk hambaNya. Tawakkal adalah salah satu pintu pembuka rezeki seperti apa yang dkemukakan dalam hadits Rasulullah berikut ini :
tawakkal

Itulah 20 amalan-amalan sakti pembuka pintu rezeki. Jika rutin mengamalkannya, insya Allah rezeki kita akan terbuka lebar-lebar dan melimpahi kehidupan kita..

Wallahu alam...

Comments

Popular posts from this blog

Bolehkah Menolak Rezeki?

Menarik Rezeki dengan Asmaul Husna (5)

Doa Agar Rezeki Tak Terputus