Tips Sehat, Panjang Umur dan Murah Rezeki

Hidup sehat, panjang umur dan murah rezeki itu mudah..

Mudah jika kita mikir mudah dan mau melakukannya. Ini beberapa kumpulan tulisan yang mungkin bermanfaat ..


Seorang Profesor di Jepang konon melakukan Riset yang mengejutkan dengan hasil sebagai berikut.
1.  Penyakit maag ato yang kita kenal sebagai penyakit ulu hati, bukan hanya diakibatkan karena kesalahan pola makan, tapi justru lebih didominasi karena stress.
2. Penyakit Hipertensi bukan hanya diakibatkan oleh terlalu banyak konsumsi makanan yang asin, tapi lebih dominan karena kesalahan dalam mengelola emosi.
3.  Kolesterol bukan hanya diakibatkan oleh makanan berlemak, tapi rasa malas berlebih yang lebih dominan menimbun lemak.
4. Asma bukan hanya karena terganggunya suplai oksigen ke paru-paru, tapi sering merasa sedih yang membuat kerja paru-paru tidak stabil.
5.  Diabetes bukan hanya karena terlalu banyak konsumsi glukosa, tapi sikap egois dan keras kepala yang mengganggu fungsi pankreas.
6.  Penyakit liver bukan hanya karena kesalahan pola tidur, tapi sifat su'udzan (berprasangka buruk) pada orang lain yang justru merusak hati kita.
7. Jantung koroner bukan hanya diakibatkan oleh sumbatan pada aliran darah ke jantung, tapi karena jarang sedekah membuat jantung kita kurang merasakan ketenangan, sehingga detaknya tidak stabil.
Faktor penyebab penyakit adalah karena masalah :
- Spiritual  = 50%   
- Psikis      = 25%  
- Sosial     = 15%   
- Fisik       = 10%   
Jadi kalau kita ingin selalu sehat,  perbaiki diri kita,  pikiran kita,  terutama hati kita dari penyakit  hati,  hasad,  hasud,  iri,  dengki,  dendam,  fitnah,  ghibah,  riya, ujub.



RESEP ISLAM DALAM MENJAGA KESEHATAN LAHIR & BATIN

*YOGA-nya orang Islam itu dg gerakan SHOLAT.
*MEDITASI-nya orang Islam itu duduk tenang sambil berDZIKIR.
*SELF HEALING-nya orang Islam itu melakukan MUHASSABAH.
*DETOX-nya orang Islam dengan rajin berPUASA.
*RUWATAN-nya (buang sial) orang Islam dengan SEDEKAH.
*VITAMIN-nya orang Islam itu adalah mudah MEMAAFKAN.
*OBAT AWET MUDA-nya orang Islam: TIDAK MENCAMPURI urusan orang lain yang tidak perlu.
*NUTRISI TERBAIK-nya orang Islam adalah BERBAIK SANGKA (Huznudzan).
*PEMBERSIH HATI-nya orang Islam itu menahan GHIBAH.
*PENYUCI JIWA-nya orang Islam itu adalah: Menjauhi sifat IRI-DENGKI.
*PENGAWET PAHALA-nya orang Islam: Tidak RIYA'
*PENCEGAH PRAHARA-nya orang Islam: Menghindari PERDEBATAN.
*PENGUKUR RENDAH HATI-nya orang Islam: Tidak menyebut KELEBIHANNYA.
*PENDETEKSI KEIKHLASAN-nya orang ISLAM: Tidak menyebut KEBAJIKANNYA.
*SARIPATI-nya dalam beribadah itu adalah DOA & RUH-nya dalam beramal itu adalah IKHLAS.
Baca juga : Tips hidup sehat dan rezeki lancar.

APOTEK MUSLIM 

DAFTAR OBAT:
1. Sering sakit = berpuasalah
2. Wajah gelap = sholat Dhuha.
3. Hati sempit = baca alqur'an.
4. Susah bahagia = sholat tepat waktu.
5. Emosi melulu = wudhu & istigfar.
6. Gelisah = banyak doa & olahraga.
7. Tertekan = baca "lahaula walaquwwata illa billah".
8. Kurang berkah rezekinya = lirik yg halal saja.
9. Miskin melulu = muliakan orang tua & banyak bersedekah.
10. Bingung berbuat baik = senyum pada sesama

Jika sakit kepala di depan kepala, pengobatannya adalah tidur.
Jika sakitnya di atas kepala, pengobatannya adalah makan dan minum.
Jika sakit kepala di bagian belakang kepala Anda, maka pengobatannya adalah melepaskan stres.
Pengobatan meningkatkan kekuatan penglihatan mata Anda. Hal ini sangat penting untuk orang-orang yang mata mereka yang lemah dan juga untuk semua orang.
Otot mata yang lemah, akan menyebabkan ketidakmampuan dalam melihat secara akurat.
Untuk memulihkan mata dan menjaga kekuatan ototnya, maka sebaiknya mengikuti sunnah selama sholat.
Kita harus selalu membuka mata kita selama sujuud, dan ketika berdiri pandangan mata melihat tempat sujuud. Jaga mata Anda tetap fokus pada satu titik tempat sujuud.

Hikmah di balik pandangan mata tetap fokus pada satu titik tempat sujud adalah:
Saat ruku', otot mata akan menekan lensa mata untuk meningkatkan visi dan saat Anda bangun maka otot mata akan melonggarkan.
Sementara saat sujuud, lensa mata akan menyusut karena jarak antara mata dengan tempat sujud memendek, dan ketika Anda bangun lagi itu akan mengendurkan otot-otot mata.
Bila kita praktikkan setiap hari, maka akan melatih otot-otot mata kita, sehingga mata kita akan sehat.
Kita dapat melakukan hal ini setiap hari 17 kali atau sebanyak yang kita inginkan.
Nabi kita (SAW) selalu memerintahkan untuk membuka mata kita, selama sujuud. Dan sekarang para ilmuwan telah membuktikan bahwa praktek ini bekerja dalam meningkatkan kekuatan penglihatan mata.
Baca : menarik rezeki saat sakit.

JANGAN PERNAH MERASA TUA

Dr. Tan Shot Yen, lahir di Beijing, 17 September 1964 dan dibesarkan di Jakarta. Ia kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara dan lulus Profesi Kedokteran Negara FKUI pada tahun 1991. Dokter Tan Shot Yen dikenal sebagai seorang dokter yang kritis dan sering diundang sebagai pembicara dan narasumber di berbagai seminar. Selain sebagai dokter, dia juga praktisi Braingym dan _Quantum_, serta _Hypnoterapist_.

Menurut Dr. Tan Shot Yen, "Kesalahan" pasien dalam berobat hanyalah mencari tahu 'bagaimana'. Bagaimana caranya menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar gula, menguruskan badan, menghilangkan senewen atau sakit di jemari. Jika anda cuma tanya 'bagaimana', Anda akan jatuh menjadi sekadar konsumen.
Pertanyaan terpenting justru adalah mengapa anda sampai sakit?" katanya.

Baca : penyakit apapun sembuhnya gampang.

Wanita 51 tahun ini memang tak mau punya pasien yang yang mengharapkan pil atau tongkat ajaib untuk membereskan tubuhnya."Saya mau pasien yang taking ownership of their own body (merasa memiliki tubuhnya). Itu badan anda. Buat apa dokter yang sok tahu menyuruh ini-itu? Yang benar buat dokter belum tentu benar buat Anda." "Sampai kapan seseorang mau tergantung pada obat-obatan? Apakah setelah mengonsumsi obat dia benar-benar sembuh?
Jawabannya tidak. Karena begitu obat berhenti, dia sakit lagi. Berapa banyak dokter hanya bertanya 'sakit apa' lalu berkata 'ini obatnya'? Dia tidak memberikan pendidikan atau menjelaskan asal usul penyakit. Pasien dalam hal ini mengamini saja, padahal pasien harusnya memahami perannya dalam menciptakan penyakitnya, " lanjut dr. Tan.

Sakit adalah Introspeksi

 Ketika sakit, saya berhenti dan menoleh ke belakang. Apa yang 'jalan' dan 'nggak jalan' selama ini? Nah, menjadi sembuh adalah keberhasilan introspeksi dan menemukan cara untuk lebih maju lagi. Dalam fase inilah sesungguhnya peran dokter sangat diperlukan untuk membimbing pasien menemukan kesembuhannya dan tidak  hanya meninabobokan pasien dengan obat.
Menurut dr. Tan, kita memasuki era kebablasan mengonsumsi obat. Akhirnya, obat dijadikan demand. Setelah demand melambung tinggi, masyarakat digenjot untuk mendapatkan penghasilan lebih yang sebagian besar akhirnya berakhir di atas kertas resep (habis untuk menebus obat – obatan). Lihatlah berapa banyak orang yang harus berusaha mati-matian demi keperluan berobat salah satu anggota keluarga.

Baca juga : sakit itu adalah rezeki.

"Akibat perkembangan ilmu kedokteran – terutama setelah ditemukannya alat pacu dan cangkok jantung, tubuh manusia yang tadinya holistic lalu dipecah-pecah. Kalau kepala sakit yang diobati, ya kepala saja. Kita terlepas dari tubuh, emosi, dan kecerdasan spiritual. Tubuh manusia hanya jadi seperangkat mesin. Kalau ada yang salah, kita pergi ke bengkel. Dan, rumah sakitlah bengkel terbesarnya. Betul, badan manusia terlalu kompleks untuk dipegang satu ahli saja. Manusia boleh dipegang beberapa ahli, asal mereka sama-sama sadar bahwa manusia diciptakan Tuhan. Masalahnya, dokter punya arogansi profesi. Seorang dokter biasanya susah dibilangin dan selalu merasa benar," tuturnya lugas.

Inilah beberapa *tips sehat* ala Dokter Tan :
*Semua karbohidrat buruk* seperti gula dan turunannya, terigu, beras (putih) dan pati (dlm jumlah berlebihan) akan cepat diubah menjadi gula dan masuk dalam peredaran darah. Kalau ini terjadi terus-menerus, efek lanjutannya adalah menurunnya daya tahan tubuh, kegemukan, kolesterol, diabetes, dan penyempitan pembuluh darah.
Sebagai ganti karbohidrat buruk, sayur mentah dan beberapa jenis buah bisa menjadi menu yang mengenyangkan dan menyehatkan. Dengan makan sayur mentah dan buah, dijamin enzim berguna masih hidup dan semua vitamin serta antioksidannya tidak hilang. Porsinya tentu harus memadai, misalnya untuk makan siang (dengan takaran satu dinner plate): 1 ikat selada segar, 1 buah timun, 1 buah tomat, 1 buah alpukat, dan 1 buah apel. Sayuran yang kita konsumsi sebaiknya tidak dimasak lama, karena manfaatnya sudah tidak ada lagi (nilai gizi bisa hilang).
*BUAH YANG BAIK* untuk dimakan antara lain: apel, alpukat, dan pir. Buah lain seperti durian, mangga, pepaya, dan pisang sebaiknya dihindari karena kandungan gulanya tinggi.
(Saya tidak sepakat dgn dr. Tan dalam soal mangga, pepaya dan pisang. Gula dalam buah mudah dicerna dan sangat diperlukan oleh tubuh. Para pelaku FC tak perlu galau soal ini)
Satu lagi, sebaiknya buah dimakan langsung dan tidak diolah terlebih dulu seperti misalnya dijus. Karena dengan dijus, terjadi pengrusakan serat, sehingga yang Anda asup hanya gulanya saja.
*BAHAN MAKANAN* sebaiknya tidak digoreng, karena bisa menjadi racun dan merusak organ tubuh. Usahakan makanan dikukus atau dibakar. Jika dibakar, jangan lupa dialasi daun.
*PRODUK KEDELAI* yang baik adalah tempe, oncom dan tauco. Sedangkan susu kedelai, kecap dan tahu kurang bagus, karena bisa menjadi pencetus kanker.
*BUAH JERUK BAIK UNTUK TUBUH*, karena mengandung anti-oksidan, tapi jangan dicampur dengan air hangat atau panas, karena bisa berubah menjadi racun.
(Catatan: minuman jeruk nipis + air hangat usti dipastikan airnya suam-suam kuku, bukan air panas)
(Kebayang ya orang2 yang biasa pesan minum air jeruk air jeruk nipis panas di restoran)
*HINDARI MENGONSUMSI MAKANAN YANG TELAH MELEWATI PENGAWETAN* atau dalam kaleng, karena bisa sebagai pencetus penyakit.
*JANGAN PERNAH MERASA TUA*, karena bisa membuat seluruh tubuh kita terasa semakin tua. Usia boleh tua, tapi pikiran dan semangat kita harus tetap muda, supaya seluruh energi positif mengaliri seluruh tubuh kita.
*JIKA ANDA MERASA SAKIT* seperti flu, hipertensi, kolesterol dan lain-lain, coba *instropeksi* makanan atau minuman apa saja yang telah Anda konsumsi sebelumnya, lalu hindari. Jangan hanya minum obat, tapi makanan buruk yang Anda asup tidak berubah.
*JANGAN TERPAKU PADA PEMIKIRAN BAHWA SEHAT HANYA DARI MAKANAN DAN OLAH RAGA SAJA*. Sehat yang sebenarnya adalah sehat secara makanan, sehat secara fisik (olah raga yang ), dan sehat secara pikiran dan hati.
-----------------------------

Jika tubuh sehat terjaga, ibadah bisa bagus dan kuat berusaha untuk mencari rezeki. Jadi kalau mau mudah rezeki, jagalah kesehatan...

Comments

Popular posts from this blog

Bolehkah Menolak Rezeki?

Menarik Rezeki dengan Asmaul Husna (5)

Doa Agar Rezeki Tak Terputus