Ayat-Ayat Rezeki dalam Al Quran

Bacalah Al Quran

  • Banyak orang yang tidak sempat membaca Quran karena kesibukannya. Betulkah? Sebenarnya kita sibuk mengejar dunia untuk apa sih? Untuk mencari rezeki yang sudah dijamin akan diberi Allah? Kemudian setelah meninggal, semua yang sibuk dicari itu ditinggalkan dan tidak dibawa mati. Kalau kebetulan anak cucu yang ditinggalkan menggunakan rezeki itu untuk menambah amalan kita? Kalau hanya diperebutkan dan dipertengkarkan warisan itu oleh mereka? 
  • Betapa celakanya kita, menghabiskan umur untuk mencari rezeki yang sudah dijamin, tak akan dibawa mati kemudian setelah meninggal menyisakan kesusahan buat anak cucu.
  • Sempatkanlah membaca Al Quran, meski tak harus membuka mushaf atau membawa Al Quran yang tebal dan berat. Ada yang bisa didownload dan bisa dibawa-bawa bersama ponsel kita. 
  • Disamping itu membaca blog yang berisi ayat-ayat Al Quran dan artinya itu juga sudah membaca dan pasti dapat pahala. Seperti membaca sebagian ayat Al Quran yang membahas tentang rezeki berikut ini :


Ayat-Ayat Rezeki

# 1. Al Baqarah ayat 58
  • Keutamaan mereka yang berbuat baik. 
  • Allah akan menambah pemberian (rezeki) bagi mereka yang berbuat baik.


# 2. Al Baqarah ayat 60
  • Makan dan minumlah rezeki yang diberikan Allah 
  • Dan larangan untuk berkelaran di muka bumi dengan berbuat kerusakan (dosa dan maksiat)


# 3. Al Imran ayat 27
  • Rezeki diberi Allah kepada siapa saja yang dikehendakiNYA. Kepada siapa saja terserah Allah. Bukan saja orang beriman tapi orang kafir pun dapat jatah rezeki.
  • Rezeki diberi tanpa hisab (batas). Karena kekayaan Allah tak terbatas, maka Dia bisa memberi hambaNya rezeki sebanyak-banyaknya, bisa pula sesedikit mungkin. Yang jelas Allah tidak akan menyengsarakan hambaNya. Kalau pun dia sengsara karena rezeki itu, maka itu adalah hasil perbuatan tangannya sendiri.


# 4. Al Jumu'ah ayat 11
  • Allah lah sebaik-baik pemberi rezeki. Jangan pernah berharap sesama mahluk akan memberi rezeki seperti Allah. Karena tidak ada yang memiliki kekeyaan tak terbatas seperti Allah SWT.


# 5. Al Mulk ayat 21
  • Allah menantang hambaNya dengan mengatakan siapa yang akan memberi rezeki kepadamu jika Allah menahannya. Jadi Allah Maha Bisa untuk memberi dan Maha Kuasa untuk menahan rezeki. Karena itu janganlah berharap dan meminta rezeki kepada mahluk yang dianggap sakti dan keramat. Karena itu akan menjerumuskan kita ke syirik yang dibenci Allah. Dosa syirik adalah dosa yang tak terampunkan.



# 6. An Nahl ayat 71
  • Allah memberikan rezeki tidak sama pada setiap hamba. Ada yang diberinya berlebih, sementara yang lain diberinya hanya sedikit.
  • Rezeki tidak boleh ditahan dan tidak dibagi dengan orang tidak mampu (membutuhkan) karena sikap itu dianggap mengingkari nikmatNya dan itu sangat dibenci oleh Allah.


# 7. An Nahl ayat 112
  • Allah Maha Kuasa untuk merubah keputusan dan nasib suatu bangsa. Dari yang tadinya berlimpah rezeki bisa menjadi dilanda kelaparan dan ketakutan karena penduduknya mengingkari nikmat (rezeki) dari Allah. Mereka tidak bersyukur dan terus berbuat ingkar padaNya.



# 8. Ar Rad  ayat 26
  • Allah meluaskan rezeki dan menyempitkan bagi siapa saja yang dikehendakiNya. Jadi mengapa mesti sombong jika rezekimu banyak? Engkau tak ada lebihnya dibanding mereka yang rezekinya sedikit, karena itu sudah ketentuan Allah. Siapa yang banyak rezeki dan siapa yang sedikit rezekinya murni hak prerogatif Allah.
  • Di ayat ini Allah juga mengingatkan agar kita tak terlena dengan dunia karena kesenangan yang ada tak sebanding dengan kesenangan yang akan kita peroleh di akhirat nanti. Dengan syarat perbaiki diri dan ibadah selama di dunia ini.



# 9. As Syura ayat 12
  • Allah mempertegas lagi di ayat ini bahwa Dia melapangkan rezeki dan menyempitkannya bagi siapa yang dikehendakiNya. Tak perlu terlalu gembira saat rezekimu banyak karena bisa jadi itu ujian. Tak perlu sedih kalau resekimu sedikit bisa jadi itu cobaan atau azab? Allah memberi rezeki bukan berdasrakan keinginan tapi berdasarkan kebutuhan kita. Allah yang menciptakan kita jadi tahu betul apa kebutuhan mahluk ciptaanNya.


# 10. Surah Fathir ayat 2
  • Jika Allah telah menganugerahkan rezeki pada seseorang maka tak ada siapapun yang sanggup menahannya, meskipun dia mengerahkan seluruh kemampuan dan sumberdayanya. 
  • Begitu juga jika Allah menahan rezeki seorang hamba, maka tak ada yang sanggup melepaskannya. Jadi santai saja tak perlu berlari-lari mengejar rezeki. Betul kata orang kalo rezeki takkan kemana..


# 11. Surah Fathir ayat 3
  • Jangan sekali-kali mencari Tuhan selain Allah yang dianggap mampu memberikan rezeki yang banyak berrlimpah. Karena yakinlah bahwa tidak ada Pemberi Rezeki selain Allah. Syukurilah nikmat Allah dan janganlah sekali-kali menduakanNya. Tidak ada gunanya berpaling kepada selain Allah. Karena sembahan-sembahan itu tidak akan menolong kita di akhirat nanti, malah membuat kita di lempar ke neraka.



# 12. Surah Thaha ayat 132
  • Tidak mungkin Allah yang Maha Kaya meminta rezeki kepada manusia yang diciptakanNya. Allah lah yang memberi rezeki dan terserah DIA akan memberikan banyak atau sedikit rezeki kepadamu. Yang jelas Allah menyukai mereka yang bertakwa.


baca juga : Ayat-ayat rezeki (2).

Comments

  1. Replies
    1. Terima kasih, semoga memberi manfaat...

      Delete
    2. Nambah : Surah At-Talaq ayat 2-3

      Delete
    3. Terima kasih Audrey, ya.... “Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS. Ath Tholaq: 2-3)

      Delete
  2. Terimakasih banyak..blognya bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama Mas..semoga bisa menginspirasi banyak orang.

      Delete
  3. Masyaallah terima kasih banyak.. sangat bermanfaat 😊

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Rezeki Gampang Terbuka dan Lancar Dengan Zikir Ini !

Inilah Amalan 40 Hari Menuju Kaya dan Rezeki Melimpah

Kumpulan Doa Mudah, Murah dan Lancar Rezeki