Ciptakan Cahaya Buat Orang Lain

MEMBERI TAK HARAP KEMBALI.  

Seorang pria diminta mengecat sebuah perahu. Ia pun mengecat perahu tersebut dengan warna yang sesuai dengan pesanan pemiliknya.
Saat mengecat, ia menemukan sebuah lubang kecil di lambung perahu, dan menambalnya diam-diam. Begitu selesai mengecat, ia terima upahnya dan pergi.
Tak lama berselang, pemilik perahu menemui lagi pria tersebut dan memberinya cek yang nilainya sungguh fantastis.


Si tukang cat terkejut dan berkata:
"Anda sudah membayar upah saya, Tuan"
"Tapi ini bukan upah untuk mengecat, Ini karena Anda sudah menambal satu lubang di lambung perahuku",  kata pemilik perahu.
"Ah !, Itu kan cuma hal kecil ...
Anda tidak perlu memberi saya uang sebanyak ini untuk pekerjaan sekecil itu".
"Mungkin anda tidak mengerti, biar saya jelaskan. Saat saya minta anda mengecat kapal itu, saya lupa memberi tahu tentang lubang tersebut. Ketika cat perahu sudah kering, anak-anak saya langsung pergi mancing dengan naik perahu itu.
Mereka tidak tahu tentang lubang itu, sementara saya tidak berada di rumah saat mereka pergi. Ketika saya pulang dan menyadari mereka telah membawa perahu itu pergi, saya jadi sangat khawatir karena saya tahu kalo perahu itu bocor.
Alangkah leganya saya ketika melihat mereka semua pulang dengan selamat. Lalu saya mendapati bahwa Anda telah menambal lambung kapal yang bocor itu. Anda telah menyelamatkan anak-anak saya!
Yg sudah Anda lakukan bukan hal kecil karena ITU telah menyelamatkan nyawa orang lain. Sesungguhnya saya tidak punya cukup uang untuk membayar kebaikan-mu itu...!!!" (baca : sikap hidup yang melapangkan rezeki)

Pelajaran dari cerita ini.

Teruslah menolong, tetaplah berbuat kebaikan untuk meringankan beban orang lain dan perbaikilah setiap "lubang" yang anda temukan dalam hidup orang lain. Anda tidak akan pernah tahu kapan bantuan anda itu bermanfaat ..  Atau kapan Allah menggunakan sebuah peristiwa untuk memberi kesempatan agar anda bisa membantu dan menjadi berarti bagi orang lain.
Anda mungkin saja telah melakukan kebaikan-kebaikan selama ini yang tanpa Anda sadari telah menyelamatkan orang atau mahluk lain ciptaan Tuhan.
As we work to create light for others, we naturally light our own way.” ― Mary Anne Radmacher
"Saat kita berusaha menciptakan cahaya bagi orang lain, tentunya kita juga menerangi jalan kita sendiri."

TERUSLAH BERBUAT BAIK, TANPA HARUS ORANG LAIN MENGETAHUINYA.
KARENA ALLAH TAHU.
KEBAIKAN RAHASIA ITU MENDATANGKAN REZEKI, KARENA SANG PEMBERI REZEKI TAHU KALAU KITA MELAKUKANNYA DENGAN IKHLAS BUKAN DEMI PUJIAN ATAUPUN BAYARAN DARI MANUSIA YANG NILAINYA KECIL.
KEBAIKAN TETAPLAH KEBAIKAN MESKI DILAKUKAN SECARA DIAM DIAM, TANPA PUBLIKASI.
KEBAIKAN BUKANLAH KEBAIKAN JIKA SENGAJA DIUMUMKAN UNTUK DIKETAHUI ORANG LAIN. ITU NAMANYA RIYA KALO BAHASA KEKINIANNYA ADALAH PENCITRAAN.

Wallahu alam..

Comments

Popular posts from this blog

Bolehkah Menolak Rezeki?

Doa Agar Rezeki Tak Terputus

Menarik Rezeki dengan Asmaul Husna (5)