Pesan Berharga Nouman Ali Khan dan Kaitannya dengan Rezeki

ARTIKEL KE 729  

NOUMAN ALI KHAN

Siapa dia? Buat yang sering nonton videonya di youtube pasti tau. Beliau adalah seorang penceramah keliharan Jerman tapi keturunan Pakistan dan sekarang tinggal di Amerika Serikat, CEO Bayyinah Institute and Qur'anic Studies. Beliau mendapat banyak perhatian komunitas muslim karena tema dakwah yang dibawakannya menggunakan sudut pandang linguistik Al Quran.
Selama berdakwah, terdapat banyak sekali pesan berharga yang sangat menginspirasi dan menyejukkan hati yang telah beliau sampaikan. Berikut ini beberapa di antaranya :



PESAN 1.
"Orang-orang yang menguji kesabaran Anda sesungguhnya adalah berkah. Tanpa mereka, Anda tidak akan bisa berlatih sabar."
Ini adalah cara berpikir positif, sehingga kita bisa menerima orang-orang di sekitar kita sebagai rezeki, sebagai berkah dengan melihat manfaat yang kita dapatkan karena bertemu dengannya, seburuk apapun perilakunya. Jadinya bukan kesal, kemarahan dan dendam yang tersimpan di hati tapi rasa syukur.
(baca : orang yang membawa rezeki dalam hidup kita)

PESAN 2
"Ketika Anda sedang menghadapi sesuatu yang buruk dan mulai bertanya-tanya 'dimanakah Allah?. Ingatlah bahwa saat  ujian, guru selalu diam."
Ada kan tipe manusia seperti ini kalo susah hidupnya, susah rezekinya, bisnis gagal melulu, rugi besar, terlilit hutang yang banyak, malah protes sama Allah dan ngerasa kalo Allah gak mempedulikannya. Padahal bisa jadi itu ujian dan Allah ngasi ujian bukan tanpa sebab. Apa kita bisa bersyukur dengan baik jika kita gak pernah merasa kehilangan/kekurangan? Apa kita bisa menghargai kesuksesan jika gak pernah gagal. Apa kita bisa berbagi pada si miskin jika tak pernah merasakan berada di posisinya? Baca Allah menguji dengan rezeki (harta) juga.

PESAN 3
"Bila Anda berada dalam posisi untuk membantu seseorang, berbahagialah! karena Allah sedang menjawab doa orang itu melalui Anda."
Kali ini anda yang menjadi rezeki bagi orang lain. Allah membantu orang tersebut lewat tangan anda. Bukankah itu keren menjadi perpanjangan tangan Allah SWT? Jika ingin kesusahan anda dibantu Allah, bantulah orang lain terlebih dahulu.

PESAN 4
"Anda tahu apa yang Quran ajarkan kepada saya? Quran mengajarkan kepada saya bahwa orang yang sangat kaya bisa menjadi sebuah kegagalan (Firaun) dan seorang tunawisma bisa menjadi sukses (Nabi Ibrahim). Ini mengajarkan kepada saya bahwa kesuksesan tidak ada hubungannya dengan kekayaan dan kegagalan tidak ada hubungannya dengan kemiskinan."

PESAN 5
"Bila Anda tidak sabar, Anda mulai mengeluh. Dan fakta bahwa Anda mengeluh adalah pertanda bahwa Anda tidak bersyukur."
Aduh rezekiku kurang, usaha lagi seret melulu susah dapat untung, nyari yang haram aja susah apalagi yang halal?? Demikian keluhan yang sering kita dengar. Mengapa keluhan jadi penghambat rezeki? Karena keluhan artinya kita gak menerima ketentuan Allah atas rezeki kita. Gimana mo ditambah wong yang ada sekarang masih dikomplen? Ketentuan Allah itulah yang terbaik buat kita, termasuk soal rezeki.

PESAN 6
"Anda tidak bisa mengubah tingkah laku seseorang, yang bisa Anda lakukan hanyalah mengingatkan mereka, dan berharap Allah akan mengubah hati mereka."
Diberi anak yang nakal, suami yang gak bertanggung jawab, orang tua yang serakah, mertua dan ipar yang cerewet bos yang pelit, kolega yang menikam dari belakang adalah rezeki dan takdir. Dan menyikapi hal ini adalah pertama menerima rezeki dan takdir itu kemudianberpikir positif kalo hal itu di luar kontrol kita. Kita gak bisa mengubah pikiran orang yang bisa kita ubah hanyalah RESPON kita pada keadaan itu. Gak ada orang yang mau punya anak nakal, suami tak bertanggung jawab dan semua kriteria di atas. Disinilah the power of doa. Biarkan Allah yang mengubahnya. 

PESAN 7
"Jangan memaksakan agama pada keluarga Anda. Tunjukkan pada mereka keindahan Agama melalui tingkah laku Anda."
Jadilah contoh atau teladan. Mau keluarga anda taat ya..anda taat lebih dahulu. Mau pemeluk agama lain menghargai Islam, tunjukkan kemuliaan akhlak islami anda. 

PESAN 8
"Setiap kesuksesan yang Anda alami adalah kombinasi dari dua hal: usaha Anda dan pertolongan Allah. Bila Anda tidak melakukan usaha yang cukup, Allah tidak akan memberikan berkah-Nya. Dan terkadang Anda bisa melakukan banyak usaha tapi Anda mungkin tidak mendapat hasil yang Anda harapkan. Itu juga merupakan berkah Allah"

PESAN 9
"Tidak ada yang salah dengan memiliki pekerjaan bagus, tidak ada salahnya memiliki rumah yang bagus, tidak ada yang salah dengan itu. Yang salah adalah ketika hal itu menjadi tujuan utama."

PESAN 10
Apa yang Anda dambakan adalah keinginan anda, apa yang Anda dapatkan itulah yang Allah inginkan.
Jadi gak perlu kecewa kalo usahanya gede tapi hasilnya kecil, ikhtiarnya luar biasa tapi rezeki yang datang malah seuprit. Karena Allah paling tahu apa yang kita butuhkan. Sesuatu yang kita dambakan belum tentu yang kita butuhkan. 

PESAN 11
"Kata Ilaah berarti sesuatu yang layak untuk disembah dan dipatuhi pada saat yang bersamaan. Tidaklah cukup untuk menyembah Allah hanya melalui ritual. Kita harus memberikan ketaatan kepada-Nya secara ikhlas dalam setiap situasi kehidupan kita.
Shalat, puasa, zakat, haji adalah ritual yang penting tapi intinya bukan pada ritualnya tapi keikhlasan saat kita melakukannya. Shalat ogah-ogahan dan ngerasa terpaksa ya..namanya juga kewajiban, itupun melakukannya di akhir waktu, artinya kita gak memposisikan Allah sebagai Ilah. Kita sekedar melakukan ritual untuk penggugur kewajiban tanpa paham maknanya, tanpa ada koneksi dengan Allah saat melakunnya. Koneksi sama yang NGASI REZEKI pas-pasan baru masih ngarep rezekinya berlimpah?

PESAN 12"Allah berfirman dalam Surat Ar-Rahman bahwa segala sesuatu di Surga dan Bumi memohon kepada Allah untuk kebutuhannya. Bagaimana mematahkan argumen tentang seorang ateis, dia tidak meminta kepada Allah apa pun? Jawabannya sederhana: tenggorokannya memohon kepada Allah ketika haus, hatinya mencari izin dari Allah setiap kali berdetak, dan setiap sel darahnya meminta izin Allah sebelum mengalir melalui pembuluh darah. Hanya ada satu bagian kecil dari hatinya, yaitu kehendak bebasnya, yang tidak taat pada Allah. Dan bahkan bagian itu akan memohon kepada Allah pada Hari Penghakiman."

PESAN 13.
Definisi Ar-Rahman: Faktanya bahwa kita hanya mengambil dari Allah dan Dia hanya memberi; kita gak pernah bersyukur tetapi Dia masih terus memberi; kita jarang mengingat-Nya tetapi Dia tetap cinta dan mengasihi kita.
Itulah mengapa syukur menambah rezeki, karena Allah Ar-Rahman dan Ar Razzaq, penyedia rezeki yang gak pernah habis stoknya... Gak syukur aja dikasi apalagi kalo syukur?

PESAN 14
Memaafkan seseorang bukan hanya melakukan hal baik terhadap orang lain. Ini juga berarti menyembuhkan luka di hati.
Inilah inti dari memaafkan, bukan sekedar kata, "iya, gue maapin lo." Tapi dalam hati tetap terluka dan kesel..masih juga pasang wajah kecut tiap ketemu dia. Manusia gak ada yang sempurna. Jika kesel yang dipelihara sakitnya tuh di sini (dalam hati) tapi kita sendiri yang rugi. Hubungan dengan orang lain bisa merenggang, silaturahmi menurun dan potensi rezeki bisa melayang.. Bukankah rezeki Allah bisa datang lewat orang lain?

PESAN 15
Sabar itu tidak tinggal diam dan membiarkan kemarahan meledak di dalam dirimu. Sabar adalah berbicara tentang apa yang mengganggu Anda tanpa harus kehilangan kendali atas emosi Anda.

PESAN 15
Cara terbaik membelanjakan uang adalah di jalan Allah SWT. Cara terburuk lewat riba dan diantara keduanya adalah bisnis dan perjanjian utang piutang. Ini cara Allah mengajar kita untuk mengendalikan nafsu serakah.

PESAN 16
Ketika seseorang tidak cukup pintar untuk mengekspresikan rasa frustrasinya, mereka kerap kali menggunakan kata-kata kotor. Itu adalah kata-kata yang menggambarkan kurangnya kecerdasan. Orang pintar tidak menggunakan kata-kata kotor seperti itu, karena mereka menganggapnya sebagai penghinaan terhadap kecerdasan mereka.
Jadi kalo mendengar umpatan dan caci maki biarin aja anda lagi berurusan dengan orang yang kurang cerdas..
(baca : rezeki dan truk sampah)

PESAN 17
Rasa bersalah adalah karunia dari Allah memperingatkan bahwa apa yang Anda lakukan adalah salah.

PESAN 18 Jika Anda memiliki teman atau keluarga yang ibadahnya kurang, berikan pendampingan dan bukan penilaian Anda. Mereka membutuhkan kesabaran dan cinta Anda. Cukup Allah yang memberikan penghakiman dan Dia adalah Hakim yang sempurna. Kita tidak.
Stop judging dan bullying orang lain.
(baca : bersyukur atas orang lain dan Allah tambah rezekimu)

PESAN 19Mengapa lelaki harus menahan/menurunkan pandangan matanya? Karena terus menatap wanita dengan pandangan lekat-lekat berati tidak memanusiakan mereka layaknya mereka hanyalah sepotong daging, seperti binatang. Anda kehilangan rasa hormat terhadap sesama manusia. Anda memandangnya seperti kera jantan melihat kera betina, seperti anjing jantan melihat seekor anjing betina. Itu saja, Anda berubah menjadi binatang. Dapatkan kembali kemanusiaan Anda. Turunkan pandanganmu.

PESAN 20
Hal pertama yang Setan coba lakukan adalah membuat Anda berhenti beribadah. Anda tahu mengapa? Karena dia harus membunuh penjaga lebih dulu jika ingin menembus istana. Setelah penjaga itu pergi, maka Setan dapat membuka pintu dan leluasa mempengaruhi agar berbuat maksiat. Dan setan itu sabar. Dia sudah berpengalaman melakukannya sekian lama.
(baca : susah rezeki, mungkinkah anda dikuasai jin kafir?)

PESAN 21
Islam tidak mencoba menghancurkan kebudayaan; tapi membersihkannya. Anda dapat terus menggunakan bahasa Anda tetapi singkiran ucapan rasis. Anda bisa terus mempertahankan gaya memasak Anda, tetapi singkirkan alkohol dalam masakan. Anda dapat mempertahankan pakaian adat Anda, tetapi tetaplah jaga kesopanan dan kepatutan

Islam bukan tentang "kami lebih baik dari Anda". Melainkan tentang “biarkan kami menunjukkan sesuatu yang lebih baik untuk Anda.

Semoga kita mendapat pelajaran.

Wallahu alam.

Comments

Popular posts from this blog

Rezeki Gampang Terbuka dan Lancar Dengan Zikir Ini !

Inilah Amalan 40 Hari Menuju Kaya dan Rezeki Melimpah

Kumpulan Doa Mudah, Murah dan Lancar Rezeki