3D Penghambat Rezeki.

Rezeki lancar jaya.

  • Semua orang pengen rezekinya lancar jaya, mudah, banyak dan berkah. Kalo bisa sih seterusnya. Jangan hari ini lancar eh...besoknya seret, megap-megap gak bisa nafas karena rezekinya susah. Kalo mau rezekinya bagus terus ya kudu belajar yang bener, kudu ngamalin yang rajin, kudu ngerti bukan hanya hal-hal yang memperlancar dan mempercepat rezeki saja, tapi juga hal-hal yang menghambat rezeki. 
  • Ibaratnya kita lagi jalan naik mobil, wuih keren...jangan hanya tau injak gas biar mobilnya laju dengan lancar dan aman, tapi kudu paham juga kapan saatnya nginjak rem.. Yang kita butuhin kan bukan sekedar lancar aja tapi perjalanan yang lancar dan AMAN. Ngapain lancar tapi finishnya di rumah sakit ato kuburan? 
  • Kalo rezeki pengen lancar jaya kudu ngerti juga apa aja yang jadi penghambat lancarnya rezeki kita. Diantaranya yang 3D ini...Bukan 3 Diva lho ya...

3D Penghambat rezeki.


(1) Dengki
  • Gimana perasaan anda saat ngebaca kata ini "dengki"? Gak enak kan? Bacanya ato nyebutnya aja gak enak, gimana kalo hidup bawaannya memendam rasa ini? Saat menulisnya juga gak enak lho. 
  • Perasaan dengki bisa bikin amal hangus, rezeki juga bisa ketunda, potensi bisa ketutup dan bisa memunculkan penyakit fisik. Jadi parah banget. Kalo dengki kita bawa-bawa kemana-mana habis kita. Amal ibadah hangus, rezeki cekak, potensi rezeki jadi gak ada, udah gitu secara psikis dan fisik sakit.... Kesian kan?
  • Sebenarnya bukan orang lain yang ngalangin rezeki kita tapi karena dengki dengan rezeki orang lain itulah yang ngalangin rezeki kita. 
  • Orang dengki itu menghimpun semua potensi potensi negatif, 
    • negatif thinking, pikirannya negatif, mikirin yang salah mulu, kok bisa sih dia rezekinya lebih bagus wong shalatnya aja bolong-bolong? Kok bisa sih dia lebih sukses, wong gak bisa apa-apa kecuali menjilat?
    • negatif feeling, perasaannya negatif, ngerasa gak enak mulu sama orang, gak enak hati liat orang berhasil, sukses, rezekinya bagus. Kok Tetangganya beli mobil baru dia yang geregetan, " wah pasti hasil korupsi nih, wah pasti masih nyicil." Orang yang lain yang beli mobi, tapi dia yang repot.
    • negatif motivation, motivasinya negatif. Keikhlasan gak ada apalagi rasa syukur. Kok mesti dia sih yang sukses, kenapa bukan aku? Kemampuanku gak jauh beda bahkan aku jauh lebih baik. Allah kok ngasi rezekinya ke dia mulu, kapan giliran aku, kok gak adil ya..?? Aku dianaktiriin mulu..!!
  • Potensi negatif yang dihimpunnya itu dikumpulin jadi sebuah energi negatif yang gede..yang menolak semua kebaikan..termasuk rezeki. Manusia hanya bisa fokus pada satu hal, apakah negatif atau positif. Kalo dia fokusnya ke hal-hal negatif, maka yang menuh-menuhin pikirannya, yang ngabisin energinya adalah hal-hal negatif. Tertutup sudah hal-hal positif yang berpotensi menarik kebaikan dan rezeki dari dirinya.
  • Jadi kalo mau sukses dan rezeki lancar jaya, yang negatif ini kudu dibuang semuanya, dihabisin sampe gak bersisa dan diganti dengan yang positif.
baca : 6 alasan mengapa dengki bisa menghambat rezeki

(2) Dendam
  • Ada seorang kontraktor yang punya proyek nilainya miliaran, udah tanda tangan tapi kok proyek itu gak jalan-jalan, salahnya di mana? Akhirnya kontraktor itu konsultasi dan berusaha nyari penyebabnya. Mungkin aja dia ada sangkutan ama orang. Tapi katanya dia gak punya sangkutan. Hak-hak orang lain selalu diselesein. Gaji pegawai selalu dibayarin, pajak negara gak pernah telat, pembayaran ke rekanan selalu tepat waktu dan gak punya utang sama orang.
  • Ternyata sangkutan di sini bukan hanya soal sangkutan duit tapi juga sangkutan hati. Mungkin aja dia ada dendam ama orang lain? Akhirnya kontraktor itu ngakuin kalo dia ada dendam sama salah satu bekas anggota timnya yang berkhianat kemudian keluar dari tim dan jalan sendiri. Penghianat ini bikin dia rugi banyak selama bertahun-tahun. Akirnya dia jadi dendam padanya, pengen rasanya liat si penghianat hancur berkeping-keping, usahanya rugi kalo perlu bangkrut total biar tau apa yang dia rasain. 
  • Akhirnya ke kontraktor ini dibilangin, kalo mau rezekinya lancar lagi, proyeknya pada cair ya hilangin rasa dendam itu dan plong kan hati. Emang berat sih awalnya, namanya juga orang dikhianatin, disakitin, dihancurin sementara dulunya dia begitu dipercaya, gak semudah itu memaafkan dan menghilangkan rasa dendam yang tersimpan sekian lama. Tapi kalo rasa dendam itu ngalangin rezeki ya kudu diusahain... 
  • Singkat cerita si kontraktor akhirnya bisa ngikhlasin dan lupain kejadian itu, proyeknya yang tadi ketunda akhirnya gol dan rezeki perlahan masuk. Jadi kalo punya partner bisnis yang gak jujur, gak bener, suka curang, putusin hubungan tapi jangan dendam...karena ini ngalangin rezeki kita.
baca : waspadai dendam itu bisa menghambat rezeki anda.

(3) Dongkol
  • Orang-orang yang suka dongkol, gampang kesel, apa-apa gak terima, hobinya protes, apa-apa dikomentarin negatif, hatinya gak tenang dan hidupnya dipenuhi kegelisahan. Gimana mo tenang wong gak ada kejadian bagus dan enak yang terjadi dalam hidupnya. Semua kejadian baginya negatif. Setiap kejadian pasti bikin dia dongkol, mangkel, kesel, protes..
  • Liat orang lain rezekinya bagus, kita mangkel bukan main. Liat orang dipuji karena berhasil kita yang kesel. Liat orang lain hidupnya selalu mudah bukan main kesalnya kita. Hidup dipenuhi rasa ketidakpuasan itu melelahkan..karena yang jadi pembanding adalah kesuksesan orang yang gak kita miliki. Bukannya belajar dan berusaha agar lebih baik, agar bisa sukses sepertinya, hati kita malah diliputi perasaan benci atas kesuksesannya. Akhirnya waktu berlalu, habis tanpa ada hasil kecuali hati dipenuhi kebencian. 
  • Orang lain sibuk ngejar kesuksesan, sibuk kerja keras ngejemput rezekinya, tapi kita malah sibuk memupuk rasa dongkol atas kesuksesan dia itu. Dia makin melaju dan kita makin ketinggalan. Yang salah siapa? Masa' dia musti disalahin atas kegagalan kita?
  • Orang dongkol itu jauh rezekinya karena dalam hatinya gak ada rasa syukur. Semua kejadian yang terjadi pada dirinya dan di sekitarnya dia gak terima. Rezeki sedikit gak terima, orang lain berhasil, gak suka, gagal melulu nuduh kalo dirinya disentimen dan dijegal sampe ngerasa ada konspirasi buat jatuhin dirinya.. Masya Allah..!! Justru sifat potensi negatif yang selama ini dihimpunnya yang ngejatuhin dia, yang jegal dia..

Harusnya gimana?

  • 3D penghambat rezeki hilangin dari hati dan pikiran kita, kalo perlu dihapus aja dari kamus kehidupan kita. Ngapain penghambat dipiara? 
  • Tiap kali liat orang lain dapat rezeki, ya bacain Al fatihah, ikutan seneng (yang tulus ya...) mudah-mudahan dia ditambahkan rezekinya dan kita juga sama..
  • Ridha dengan apa yang diperoleh oleh diri sendiri dan orang lain. Hindari semua komentar negatif, pikiran negatif, motivasi negatif yang menolak rezeki. Komentar itu doa lho.. Kalo komentarnya isinya negatif melulu, ya.. gimana hal positif mo datang? Wong yang diucapin hal-hal jelek melulu, jadi yang datang yag jelek juga.
  • Gak hanya ridha tapi syukurnya juga butuh dibenerin. Dapat banyak ato sedikit disyukurin. Kita berhasil ato orang lain sukses syukurin.. Bukan hanya ngadain syukuran, makan-makan, traktir sana sini tapi beneran dalam hati berterima kasih atas rezeki dan pemberian Allah. Biar sedikit pun diterima. Mungkin yang sedikit itu yang berkah. Bukan kuantitas rezekinya yang penting tapi berkahnya..
  • Dendam itu akarnya dari benci. Emang kalo kita benci orang lain kita jadi sukses dan hebat? Enggak.. kita malah tertekan oleh perasaan benci itu. Dapat rezeki dikit sementara orang lain banyak, benci.. Benci sama rezekinya sendiri itu sama saja dengan benci pada yang ngasi, yaitu Allah !! Hilang kesyukuran, hilang rasa terima kasih. Coba mikir kalo ada orang yang kita kasih sesuatu trus orangnya gak tau terima kasih malah dongkol dan benci ama kita, gimana coba reaksi kita? Apa masih mau kita ngasi dia? Gak kan, wong dia gak tau terima kasih, gak tau diri saat dikasi. Allah juga gitu... Kalo liat kita bisa diamanahin rezeki, syukurnya bagus, ridha sama ketentuanNya pasti rezekiNya bakal dikucurin terus, belum lagi bonus ketentraman hidup..
So.. hilangkan perasaan dendam, dengki dongkol, ganti dengan syukur, ridha dan doain kebahagiaan orang. 

Wallahu alam...

Comments

Popular posts from this blog

Rezeki Gampang Terbuka dan Lancar Dengan Zikir Ini !

Inilah Amalan 40 Hari Menuju Kaya dan Rezeki Melimpah

Kumpulan Doa Mudah, Murah dan Lancar Rezeki