Tips Mendatangkan Rezeki Berlipat Bagi Pengusaha Kuliner

Warung anda gak mendatangkan rezeki?

  • Cara mencari rezeki beda-beda bagi setiap orang. Ada yang memilih kerja kantoran, ada yang memilih jadi pengusaha dan ada juga yang bersaing memperebutkan selera makan orang lewat warung makan/kafe/restoran. Banyak yang berhasil, yang kebanjiran pengunjung tapi gak sedikit yang harus gulung tikar, bangkrut.
  • Apakah anda salah satu pemilik warung yang harus menutup usaha karena gak laku? Bisnis kuliner adalah bisnis yang menggiurkan. Jika dikelola dengan baik bisa menghasilkan keuntungan yang berlipat. Tapi jika salah kelola bukannya untung yang didapat tapi malah buntung..
  • Sebelum lanjut pada tips mendatangkan rezeki berlipat bagi pengusaha kuliner, sebaiknya introspeksi diri terlebih dahulu, mengapa kok warung anda malah rugi, rezekinya seret..? Pasti ada yang salah...
  • Kesalahannya hanya anda yang bisa menilai..bukan orang lain. 

Tips mendatangkan rezeki bagi pengusaha kuliner.

1) Modal.
  • Modal usaha kudu bener baik sumbernya maupun cara memperolehnya. Modal itu yang bakal kita pake buat beli peralatan, menyewa / membeli tempat usaha dan membayar gaji pegawai. Kalo dari awalnya modalnya udah gak bener, gimana mau laku? (baca : bagaimana menjalankan usaha agar terus mendatangkan rezeki)

2) Kualitas produk.
  • Produk yang kita jual adalah makanan yang akan masuk ke dalam tubuh konsumen. Jadi perlu buat ngasilin produk/makanan yang secara cita rasa enak di lidah dan secara kualitas memenuhi standar KEHALALAN dan KEBAIKAN.. (baca : mau hidup berkah, makanlah yang baik-baik)
  • Meskipun yang menjadi konsumen kita bukan hanya muslim tapi juga non muslim, tapi sebagai muslim yang bertanggung jawab, juallah makanan yang halal. Hindari makanan yang diharamkan oleh agama, meskipun makanan itu memiliki cita rasa yang lezat luar biasa dan lebih  murah.

  • Selain standar kehalalan juga standar kebaikan. Maksudnya bahwa makanan yang kita sajikan harus memenuhi standar kesehatan, disajikan di dapur yang bersih, tingkat kematangannya memenuhi, gunakan bahan-bahan yang masih baik (tidak kadaluarsa), bahannya segar (bukan bangkai, bukan bahan busuk), hindari pemakaian zat yang berbahaya seperti pengawet, pemutih, pewarna, zat tambahan (aditif) yang berlebihan.
  • Selain peduli pada rasa makanan yang anda jual juga pedulilah pada kesehatan konsumen anda. Jika makanan yang anda jual kemudian bikin konsumen kegemukan, sakit, dan gak sehat, sebaiknya jangan dijual. Makanan yang berlemak tinggi, terlalu manis, pengolahan yang kurang tepat, mungkin disenangi dan laris manis tapi efeknya ke konsumen dalam jangka panjang bisa berbahaya..
  • Makanan yang anda sajikan adalah tanggung jawab anda, karena makanan itu akan jadi daging dan diserap dalam tubuh konsumen anda, yang mempengaruhi aktivitasnya sehari-hari. Selalu sajikan yang halal dan baik..

3) Sebar kebaikan.
  • Pada umumnya pengusaha muslim sudah memenuhi 2 kategori di atas, tapi kadang melupakan hal ini, menyebarkan kebaikan. Maksudnya begini, warung anda adalah sumber rezeki bagi anda dan keluarga, juga bagi pekerja anda. Perlakukan semua orang yang terlibat dalam bisnis kuliner anda dengan baik. Bayar gaji pegawai anda tepat waktu, jangan suka telat. Berikan gaji yang sesuai standar dan yang dianggap patut. Jangan pelit.
  • Selain menyediakan toilet yang bersih bagi pengunjung dan karyawan, juga sediakan mushala yang layak dengan fasilitas memadai buat pengunjung maupun karyawan. Motivasi karyawan untuk melaksanakan shalat tepat waktu, biasakan berdoa sebelum membuka warung memohon kelancaran usaha hari itu dan mengucap syukur pada Allah berapapun hasil yang diperoleh pada hari itu sebelum menutup warung.
  • Jika ada sisa makanan yang gak bisa disimpan untuk besok, bagikan kepada pekerja anda untuk dibawa pulang, sebagian bisa disedekahkan pada anak panti asuhan/panti jompo, atau para pekerja yang ada di sekitar warung anda, seperti tukang parkir, pengemis, anak jalanan, tukan sapu jalan dan sebagainya. Usahakan jangan membuang makanan karena itu bagian dari sifat mubazir, boros yang bisa membuat rezeki anda seret. (baca : mau mudah rezeki, jauhi sifat mubazir).
  • Usahakan agar warung anda menebarkan kebaikan bagi banyak orang, bukan sebaliknya, banyak orang yang celaka dan sesat setelah keluar dari warung anda.

4.) Tarik rezeki menuju warung anda.
  • Cara menarik rezeki bukan lewat dukun, cari penglaris atau melihara tuyul tapi lewat cara-cara yang dianjurkan, apa itu..sedekah makanan. Bukannya udah di atas ya...?? Sedekah ini caranya beda.. 
  • Pada tulisan yang lain saya membahas tentang teori bantu membantu untuk memperlancar rezeki, bagaimana kita menarik rezeki bahkan menyelesaikan masalah rezeki kita dengan membantu orang lain yang memiliki masalah rezeki dengan kita tapi skalanya lebih kecil dan masih bisa kita bantu, jika memiliki keinginan.. Mungkin apa yang dilakukan kedua tempat makan di bawah ini bisa jadi contoh... 
  • Ada sebuah warung makan di Pulau Jawa yang menyediakan makan gratis khusus untuk kaum dhuafa di hari Jumat. Karena hari Jumat adalah hari yang baik dan sedekah di hari baik ini diharapkan bisa menarik rezeki lebih banyak bagi pemilik warung makan tersebut.
  • Ada juga sebuah kafe di Venezia Italia, yang menyediakan kopi gratis bagi kaum dhuafa. Bukan hanya pemilik kafe yang menyediakan kopi gratis tapi juga pengunjung kafe bisa berbagi sedekah dengan cara memesan kopi secangkir untuk diminumnya dan secangkir untuk kopi di dinding. Maksudnya jika seseorang memesan 2 cangkir kopi tapi hanya meminum 1 cangkir dan tetap membayar untuk 2 cangkir, 1 cangkir ekstra adalah kopi di dinding. Setiap ada yang membayar kopi di dinding, maka pelayan akan meletakkan tulisan 1 cangkir kopi di dinding. Sampai datang orang dhuafa berpakaian kumal dan memesan kopi di dinding, maka dia akan dapatkan kopi secara gratis, maka pelayan mencabut tulisan di dinding sampai ada lagi yang membelinya.
  • Ini salah satu cara menarik rezeki ke warung makan/kafe anda. (baca : petunjuk praktis menarik rezeki ke arah kita).
Jika anda memiliki warung makan, gak ada salahnya dicoba..

Wallahu alam....

Comments

Popular posts from this blog

Bolehkah Menolak Rezeki?

Menarik Rezeki dengan Asmaul Husna (5)

Doa Agar Rezeki Tak Terputus