Rezeki Itu Bukan Tentang Banting Tulang....

Salah pemahaman tentang rezeki.

  • Rezeki itu bukan masalah banting tulang. Masalah rezeki itu adalah masalah taqwa, terkait erat dengan ketaqwaan seorang hamba pada RabbNya. Allah sudah menjanjikan rezeki yang banyak bagi mukmin yang bertaqwa. Hal itu bisa dibaca dengan jelas pada Surah At Thalaq ayat  2 -3 berikut ini :

  •  Kemudian hadits Rasulullah menyebutkan tentang keutamaan orang yang bertawakkal..
  • Burung keluar di pagi hari dengan perut lapar dan pulang di sore hari. Kata Nabi, burung pulangnya sore..bukan jam 12 malam. Pernah liat burung pulang jam 12 malam? Burung nyasar....??? Apalai habis itu masih clubbing dan kelayapan..
  • Burung selalu pulang sore dalam kondisi kenyang dan bawa rezeki untuk anak-anaknya.. Inilah keberkahan. 
  • Rezeki itu bukan kuantitas berapa lama kita bekerja tapi kualitas iman dan taqwa kita dengan ikhtiar yang maksimal. Ikhtiar yang maksimal itu maksudnya bukan bekerja sampe tengah malam, lembur, lalu hari libur juga kita pake untuk nyari sampingan, nyari tambah-tambahan, sehingga kita lupa ngaji, lupa belajar, lupa ibadah... ini gak berkah !! Tapi ikhtiar yang sesuai koridor agama, yang memenej waktu dengan baik..
  • Liat aja burung bisa menikmati kehidupannya pulang sore dalam kondisi tenang, kenyang dan masih bisa bawa pulang rezeki untuk anak-anaknya, itu namanya berkah. Karena taqwa, karena ikhtiarnya, karena burung gak maksiat, karena burung gak nipu, gak korupsi, gak zina, karena burung berzikir pada Allah. Kita malah lupa zikir, lupa ngaji, belum lagi kalo ibadah wajib seperti shalat sampe dilupain, naudzubillah.. Akhirnya jadilah kita budak dunia, diperbudak materi dan kebendaan.
  • Allah kasi kita 168 jam / minggu, masa' gak punya waktu 2 jam untuk belajar agama? Sesibuk itukah kita? Dua jam aja gak bisa kita sisihkan buat ibadah, buat nambah bekal akhirat. Masa' Rasulullah kalah sibuk ama kita.
  • Coba perhatikan Rasulullah SAW. Nabi Muhammad SAW itu Rasul, umatnya banyak dan tiap saat diurusin, lalu kepala negara, ngurusin hal-hal gede sampe remeh temeh tentang pemerintahan, lalu pemegang kunci baitul mal alias menteri keuangan, selain itu beliau juga panglima perang yang selalu berada di garis depan membela agama Allah. Dari sekian banyak peran itu beliau masih sempat belajar sama Malaikat Jibril..
  • Lha kita? Presiden bukan, menteri bukan, panglima TNI bukan, tapi gak sempat belajar. Gak punya waktu, sibuk melulu. Nih, nyari apa sih dalam hidup?
  • Nabi isterinya lebih dari satu, kita istri satu aja dan masih banyak yang jomblo tapi gak sempat ngaji... Itu karena kita diperbudak dunia, sehingga semakin  lama diperbudak dunia kita semakin sengsara.
  • kalo ulama jaman dulu sih, nyari rezekinya hanya 2 jam, sisanya ibadah, bisa hidup kok, gak kekurangan lagi.. Lha kita waktu nyari rezeki lebih lama tapi nasib ya gitu-gitu aja, gak berubah malah masih banyak kekurangannya, masih banyak sukses jadi kere. Karena ibadah kita asal-asalan, udah jumlahnya kurang, tata caranya bisa jadi gak bener udah gitu ibadah itu gak ngefek sama ahlak kita.
  • Bisa jadi habis sholat jamaah di mesjid, eh pulang langsung korupsi, kong ka li kong buat nipu. Ibadah sih dilakukan tapi gak ada efek ibadah dalam hidupnya, buktinya maksiat tetap jalan terus.... 
  • Akhirnya hidupnya gak tenang, gak bahagia, karena rezekinya gak berkah..
  • Jadi saya ulangin ya.. rezeki itu gak ada hubungannya dengan banting tulang, sibuk kehabisan waktu ngejar dunia. Tapi rezeki itu tentang keberkahan, gimana hidup kita senantiasa berhias ketaqwaan dan ketawakkalan pada Allah.
Wallahu alam...

Comments

Popular posts from this blog

Bolehkah Menolak Rezeki?

Menarik Rezeki dengan Asmaul Husna (5)

Doa Agar Rezeki Tak Terputus