Pancing Rezeki Dengan Sedekah !

Sedekah Itu Gampang !

  • Tapi seringkali kita suka mikir kalo sedekah, seolah-olah sedekah itu sesuatu yang berat untuk dilaksanakan. Gimana mo sedekah wong kita juga masih kekurangan? Gimana mo sedekah wong kita aja susah, harusnya kita yang disedekahin bukan sebaliknya. Gimana mo sedekah wong uang kita sudah ada pos-posnya dan gak tersedia lagi buat sedekah?? 
  • Itu sebabnya kita masih kekurangan, masih susah, masih miskin dan uang selalu gak bersisa, karena kita PELIT ! Rezeki jadi susah masuk kalo kita pelit. Harusnya kita pancing rezeki itu agar datang dengan SEDEKAH.
  • Sedekah gak mesti nunggu kaya,nunggu banyak duit, nunggu berkecukupan karena sedekah itu intinya ACTION alias melakukan, segera dan gak nunggu lama. Sedekah pun gak harus pake duit. Intinya sedekah itu gampang, kalo mau lho ya ! Banyak jalan untuk bersedekah seperti penjelasan berikut. 


Banyak cara bersedekah.

(1) Sedekah nasi bungkus.
  • Siapkan nasi bungkus  dari rumah.  Berikan ke orang yang kira-kira membutuhkan seperti pedagang asongan, pengemis, orang gila, pengamen, anak terlantar, tukang sapu jalan dan sebagainya. Nggak usah banyak-banyak,  misal 1 bungkus setiap harinya. Gak usah maksain juga. Amalan itu yang paling penting bukan kuantitasnya tapi kualitasnya. Sedekahnya sih keliatan kecil, cuma sebungkus nasi, tapi kalo dilakukan tiap hari. Dalam seminggu ada 7 orang miskin yang kita beri makan, bukan? Setahun ada 365 orang...??? Wow !!
  • Nasinya pun bisa kita buat sendiri dengan lauk sederhana, bisa juga kita beli sesuai dengan kemampuan. Gak mesti maksain makanannya harus wah.. yang penting cukup untuk membuat kenyang perut yang lapar.
  • Kalo gak kuat beli nasi, roti pun juga gak apa-apa. Roti dan aqua gelas sudah cukup untuk mengganjal perut. 

(2) Sedekah perlengkapan masjid.

  • Laundry/cucikan Mukena secara berkala musholla yang ada di sekitar lingkungan kita.
  • Berkala beli Mukena baru, misal 3 bulan sekali. Malu dong sama Allah pake itu-itu melulu, sementara kalo baju bole ganti-ganti. Setelah beli yang baru yang lama boleh disedekahkan.
  • Bawa Mukena ketika akan berpergian. Tinggalkan di masjid/ musholla yg kita singgahi.
  • Beli kamper/pengharum baju. Taruh di kumpulan mukena di masjid/musholla yg kita singgahi
  • Bungkus perlengkapan shalat (Mukena, sarung, sajadah, kopiah, Al Qur'an jadikan parcel ketika lebaran. Berikan ke satpam komplek atau tukang kebersihan komplek atau office boy dikantor.
  • Inshaa Allah pahalanya mengalir.
  • Beli beberapa pasang sandal cepit, taruh di kantor, musholla atau masjid untuk digunakan ketika berwudhu.
  • Beli perlengkapan untuk membersihkan toilet, juga pengharum ruangan, dan berikan secara berkala ke masjid2.
  • Bagi yang shalat Jum'at, datang 15 menit lebih awal. Bantu bersih2 dan beres2.

(3) Sedekah bahan daur ulang
  • Kumpulkan botol minuman plastik/botol bekas shampoo dll, setelah banyak berikan ke pemulung.
  • Kumpulkan kertas / karton / koran bekas, berikan ke pengumpul koran / kertas untuk ditimbang dan dijadikan uang. Daripada dibakar mengotori udara.

(4) Sedekah alam.

  • Kalau beli minum dalam kemasan, kalau ada sisa bawa pulang. Airnya bisa disedekahkan untuk tanaman (sedekah alam), dan wadahnya dikumpulkan, kalo sudah banyak kasi ke pemulung..
  • Beli beberapa burung yang murah saja, lepaskan ke alam bebas.
  • Kalo ketemu tanaman yang layu di jalan, siramilah. Ketemu tanaman yang patah, ikat tanaman itu agar bisa kembali tersambung. Jangan sengaja menginjak tanaman atau binatang kecil yang lagi jalan mencari rezeki Allah di tanah.
  • Beli makanan kecil seperti kacang/kerupuk taro dalam toples, bawa di tas. Ketika di jalan ketemu kucing kelaparan, berikan.

(5) Sedekah ke panti asuhan.

  • Beli barang diskonan di supermarket agak banyak. Misal detergent, minyak goreng, sabun, buku tulis, pulpen kemudian bungkus cantik hadiahkan ke panti asuhan atau rumah singgah.
  • Buku cerita atau baju-baju yang udah gak dipake, kumpulin dan bawa ke panti asuhan. Di sana mereka butuh bahan bacaan dan pakaian.

(6) Lebihkan pembayaran.

  • Jangan nawar ke pedagang kecil, kalo bisa justru kasih lebih. Gak usah ngotot minta kembalian, sedekahin aja.
  • Belanja ke pedagang kecil untuk mendukung mereka mencari nafkah halal, daripada nyuri / nipu ! Beli tissue atau keperluan yg sederhana di pedagang kecil yg kita jumpai, misal tissue 2000 rupiah, ikat rambut atau peniti sudah cukup bikin mereka senang.
  • Bayarlah lebih ketika naik angkot yang supirnya kakek-kakek atau bapak tua. 
  • Kasih tips lebih buat ibu/abang ojek online kalo kira-kira jaraknya jauh dan juga kondisi mereka yg  memprihatinkan (tua misalnya).
  • Ketika di bis/ angkot. Bayarin nenek-kakek yg keliatan kurang mampu atau suami istri yang buta.


(7) Sedekah makanan.
  • Ketika makan di kaki lima ada pengemis atau anak terlantar, beliin mereka seporsi  seperti yg kita makan..
  • Lagi asik makan gorengan ada anak minta-minta, kasiin aja ke mereka sekantong gorengan.
  • Ada pembangunan masjid? Bisa bikin gorengan? Berikan beberapa ke pekerja.


(8) Gratisin mereka yang puasa.
  • Siapa yang suka jualan makanan kecil di kantor? Gratisin buat yang buka puasa. Kebayang kan gorengan 2000 bisa bikin kita masuk surga? Insya Allah.
  • Pas bulan Ramadan. Diperkirakan buka puasa diperjalanan. Angkot, bis, kereta, busway etc. Siapkan beberapa air mineral (gelas) pas adzan bagi-bagi. Kebayang beli 5000 aja udah dapat 10, Kita dapat 10 pahala beri minuman orang berbuka. In sya Allah.

(9) Sedekah tumpangan.
  • Tawarkan temen kita yang searah, Jika kita bawa kendaraan.
  • Selalu siap jika dimintai tolong tenaga, jika sedekah materi belum bisa kita lakukan.


(10) Sedekah membersihkan.
  • Pada saat di perjalanan bersama keluarga mampir di toilet masjid biasakan anak laki-laki diberi tugas bersihin toilet dan tempat wudhu.
  • Bersihkan mesjid atau mushala kantor/toko/kompleks, meski cuma sekali seminggu menjelang jumatan.

(11) Sedekah mainan.

  • Rutin mensortir mainan anak-anak kita. Mainan yang udah gak kepake dan gak dimainin anak-anak kita tapi masih bagus, bisa dikumpulin dan dibagi ke anak panti asuhan atau anak orang miskin sekitar rumah yang untuk makan saja susah apalagi untuk beli mainan.
  • Buy 1 give 1.  Ketika beli mainan baru harus ada 1 mainan yang disedekahkan ke temannya atau panti asuhan.

Banyak cara buat bersedekah bukan? Semoga jadi salah satu timbangan amal jariyah kita nanti. 
Semoga juga tulisan ini menginspirasi mereka yang enggan bersedekah, karena sesungguhnya sedekah itu gampang.
Mulai dari hal yang terlihat sepele, mulai dari diri sendiri, mulai dari sekarang..Gak nunggu besok, keburu dijemput ajal, jadinya telat lho!

Sedekah nasi bungkus keliatannya sepele tapi janji Allah gak main-main, Balesannya sampe 700 kali lipat seperti dalam ayat ini.



Kebayang satu orang di antara kita menjalankan ini setiap harinya berapa banyak masalah sosial bisa teratasi? 
Yuk mulai besok sedekah ya.... !!

Wallahu alam..

Comments

Popular posts from this blog

Rezeki Gampang Terbuka dan Lancar Dengan Zikir Ini !

Inilah Amalan 40 Hari Menuju Kaya dan Rezeki Melimpah

Kumpulan Doa Mudah, Murah dan Lancar Rezeki