Hujan Rezekiku

Doa-doa Pilihan Musim Hujan 

Saya menyebut bulan ini sebagai April basah, karena hujan masih terus setia membasahi alam. Mengapa tulisan ini saya beri judul Hujan Rezekiku? Agar kita bisa menikmati hujan dengan mengumandangkan pujian pada Penciptanya. Kita gak boleh mencela mahluk karena dengan begitu kita mencela Penciptanya. Saat hujan adalah saat yang tepat untuk berdoa karena kata Rasulullah SAW, Carilah do’a yang mustajab pada tiga keadaan : [1] Bertemunya dua pasukan, [2] Menjelang shalat dilaksanakan, dan [3] Saat hujan turun.

Saat hujan turun gak perlu ngeluh dan dongkol. Apalagi mencela, termasuk mencela cuaca "wah hujan lagi, ato hujan terus.....", adalah salah satu dari 4 sikap yang menjauhkan rezeki. Sebagai seorang muslim alangkah baiknya jika senantiasa mengamalkan sunnah-sunnah Rasulullah dengan membaca doa ketika hujan. Berikut ini doa-doa ketika hujan sesuai dengan kondisinya;


Kalo melihat langit mendung, gelap dan sepertinya sebentar lagi baru turun hujan, hal yang dilakukan selain lari menyingkir (kalo gak bawa payung) dan buruan ngangkat jemuran adalah berdoa..

1. Doa Ketika mendung dan langit diselimuti awan hitam

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرّ مَا فِيْه
Allohumma innii a'uudzu bika min syarri maa fiihi

"Ya Allah.. Sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari keburukan yang terkandung di dalam awan ini."
(HR. Bukhari)

Awan bisa membawa rahmat dan bisa juga membawa bencana. Dengan berdoa, kita memohon agar terlindung dari keburukan yang dibawa oleh awan tersebut sehingga kita mendapat rahmatNya..
Niatkan dalam hati agar hujan yang turun adalah hujan rezeki. 

Saat hujan mulai membasahi bumi jangan keburu nyari tempat tidur, meringkuk dalam selimut.. Ada baiknya pandangin tetes-tetes air yang jatuh sambil berdoa.

2. Do'a Ketika Hujan Pertama Kali Turun

اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً
Allohumma shoyyiban naafi’an

"Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat."
(HR. Bukhari - Bukhory 2/518).


Manfaatkan saat ini untuk berdoa, pandanglah tetes-tetes air yang jatuh, menghidupkan bumi.. dan niatkan semoga seperti tetesan air itu rezeki anda.. Biar sedikit tapi terus menetes tanpa henti, memberi berkah dan bermanfaat..

Saat hujan turun dengan lebatnya jangan panik dan cemas. Manfaatkan kondisi alam itu dengan berdoa :

3. Do'a Ketika Hujan Turun Dengan Sangat Lebat

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ
Allohumma hawaalainaa wa laa ’alainaa.
Allohumma ’alal aakaami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthuunil audiyati, wa manaabitis-sy syajar
i.
"Ya Allah.. turunkanlah hujan di sekitar kami, namun jangan untuk menghancurkan dan merusak kami.
Ya Allah.. turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan."
( HR. Bukhari - Bukhory 1/224, Muslim 2/614)

Niatkan agar hujan yang lebat itu memberi manfaat bagi banyak mahluk, memberi rezeki yang banyak dan lancar bagi kita dan semua mahluk Allah di bumi.

Saat angin bertiup kencang, pertanda akan ada badai atau topan, jangan takut dan cemas, pastikan mulut anda mengucap doa ini :

4. Do'a Ketika Angin Bertiup Kencang.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَ مَا أرسلت بِهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيْهَا وَشَرِّ مَا أرسلت بِهِ.
Allohumma innii as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bihi, wa a'uudzu bika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa syarri maa ursilat bihi.

“Ya Allah.. Sesungguhnya aku mohon kepadaMu kebaikan angin (ribut ini), dan kebaikan apa yang ada di dalamnya dan kebaikan dari tujuan angin itu dihembuskan.
Dan Aku berlindung kepadaMu dari kejahatan angin ini, dan kejahatan apa yang ada di dalamnya dan kejahatan dari tujuan angin itu dihembuskan.”
(HR. Bukhari dan Muslim - Bukhory 4/76, Muslim 2/616).


Agar apapun yang akan terjadi akibat angin ini tidak memberikan kerusakan yang parah. Jika pun terjadi bencana, kita dikuatkan dan diberi kesabaran..

Begitu ada petir gak usah panik dan kaget bukan kepalang, tapi gumamkan doa ini :

5. Ketika Mendengar Petir

سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمِدِهِ وَالْمَلاَئِكَةُ مِنْ خِيْفَتِه
Subhaanalladzi yusabbihur-ro'du bihamdihii wal malaaikatu min khiifatihi

“Maha Suci Allah yang halilintar/petir bertasbih dengan memujiNya, begitu juga para malaikat, karena takut kepada-Nya."
(disebutkan oleh Syaikh al albany, sanadnya shohih mauquf di Al Muwattha' bab 2/992).

Niatkan bahwa petir ini membawa berita gembira dari langit ke bumi. Berpikir positif bahwa petir dengan kekuatannya yang menggelegar pun tunduk pada kehendak Allah.

Begitu hujan berhenti pun jangan berhenti berdoa. Ucapkan doa di bawah ini:

6. Ketika Hujan Berhenti.

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللهِ وَرَحْمَتِهِ
Muthirnaa bi fadhlillaahi wa rohmatihi.

“Kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah.”
(Bukhari 1/205, Muslim 1/83)

Sebagai tanda kesyukuran kita pada Ilahi Rabbi. Bayangkan jika bumi tak diberi hujan, bukankah akan gersang dan mati? Sumber-sumber air pada kering kerontang. Sementara kita manusia tak bisa hidup tanpa air. Karen itu bijaklah menggunakan air, syukuri hujan sebagai rahmat, niatkan keberkahan rezeki darinya dan doakan agar hujan tak memberi bencana dan malapetaka..

baca juga : Insya Allah sudah diatur rezekinya.

Wallahu alam..

Comments

  1. Raihlah kunci kunci rezeki dibawah ini
    http://rezekikunci.blogspot.co.id/

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Rezeki Gampang Terbuka dan Lancar Dengan Zikir Ini !

Inilah Amalan 40 Hari Menuju Kaya dan Rezeki Melimpah

Kumpulan Doa Mudah, Murah dan Lancar Rezeki