Apakah Perceraian Menghalangi Rezeki?

Setiap insan pasti menginginkan perkawinan yang bahagia. Perkawinan yang bahagia adalah rezeki yang tak ternilai dari Allah SWT. Tetapi kadangkala apa yang direncanakan manusia tidak berjalan sebagaimana mestinya. Pasangan hidup yang kita niatkan untuk menjadi pasangan abadi dunia akhirat, tidak ada yang memisahkan, tapi kenyataan berkata lain. Semakin meruncingnya jurang perbedaan diantara kedua pasangan suami istri membuat pilihan terakhir yaitu perceraian akhirnya dipilih. Banyak alasan mengapa perceraian terjadi. Banyak juga orang mencari pembenaran untuk melegalkan keputusan bercerai. Tapi sebaiknya memikirkan baik-baik sebelum memutuskan bercerai.



Tahukah anda perkara halal yang dibenci oleh Allah?

Ya, perceraian. "Rasulullah SAW bersabda sesuatu yang halal tapi paling dibenci Allah adalah perceraian. Allah SWT membenci perceraian tetapi Dia tidak mengharamkan perceraian bagi hambanya. Semua itu untuk mempermudah mereka. Bahkan ada yang berkata bahwa singgasana raja itu sangat kokoh, terlebih singgasana Allah. Jika terjadi perceraian maka singgasana Allah yang begitu hebatnya itu bergetar. Hal ini bisa menjadi ilustrasi betapa bencinya Allah terhadap perceraian sampai harus menahan amarahnya yang membuat singgasanaNya bergetar.

Segala macam konflik dalam rumah tangga memiliki dampak negatif, apalagi jika sampai berujung pada perceraian. Besarnya dampak yang ditimbulkan perceraian membuatnya sangat dibenci Allah. Perceraian akan berakibat pada putusnya silaturrahim, berpengaruh pada kejiwaan pasangan dan anak-anaknya, perebutan harta dan hak asuh anak, menjadi contoh yang buruk bagi anak-anaknya. Perbuatan ini sangat disukai oleh setan, musuh besar manusia. Setan lah yang selalu membisikkan bisikan jahat dalam hati suami istri agar tidak rukun, dan akan terus berupaya sampai terjadi perceraian. Jika perceraian benar terjadi maka setan akan bertepuk tangan gembira, misi berhasil !
Karena begitu besar dampaknya, dampak yang sifatnya merusak  itulah sebabnya Allah membenci perceraian. Allah tidak suka dengan orang-orang yang membuat kerusakan di muka bumi. 

Boleh menceraikan isteri asal...

Karena itu para suami yang akan menjatuhkan talak sebaiknya berpikir panjang sebelum menceraikan isterinya. Jika terdapat sebab yang syar'i atau alasan umum yang mengharuskan dia menceraikan isterinya seperti 
  • isteri kurang komitmen terhadap agama,
  • kurang akhlaknya dan susah untuk meluruskannya,
  • sengaja melakukan dosa dan membangkang perintah Allah dan suaminya.
Jika terdapat sebab-sebab di atas maka boleh diceraikan dengan cara yang ma'ruf. Itupun masih diberi kesempatan sampai 3 kali untuk kembali rujuk dengan mantan isterinya, talak 1, talak 2 dan talak 3 (dimana dia bisa kembali setelah mantan isterinya kawin dengan orang lain dan bercerai, baru bisa rujuk kembali). Demikian indahnya islam mengatur, karena Allah paham pada sifat manusia yang penuh kekurangan dan kekhilafan.

Lalu bagaimana dengan rezekinya? Jika Allah memerintahkan menikah untuk melancarkan rezeki, maka apakah perceraian otomatis mengurangi jatah rezeki? Sebelumnya di tangan suami ikut rezeki istri dan anak-anak yang jadi tanggung jawabnya. Selama keluarga berjalan harmonis, terjaga dan dalam koridor Allah maka rezekiNya akan mengucur deras. Begitu rumah tangga bermasalah, rezeki pun otomatis menjauh. Isteri yang tersakiti, suami yang tersakiti, anak-anak yang terkena imbasnya berpengaruh pada kondisi jiwa dan mentalnya. Jiwa yang bahagia akan memancarkan aura yang positif, ibadahnya jadi bagus, syukurnya lancar, semuanya akan menjadi magnet rezeki yang hebat.
Jiwa yang tertekan dan merana akan memancarkan aura negatif, mengurangi kualitas ibadah, mengurangi syukur (orang yang menderita pasti sangat susah untuk bersyukur), semuanya akan menjadi penghalau rezeki. Ditambah lagi ketidak sukaan Sang Maha Pemberi Rezeki terhadap perbuatan tangan kita, dengan lancang memisahkan apa yang telah dipersatukanNya, dengan seenaknya melupakan janji saat akad nikah untuk membimbing isteri dan anak-anak di jalan Allah, dengan begitu saja menyerah untuk menyelesaikan tanggung jawab membimbing isteri dan anak-anak di jalanNya. Lalu masih beranikah kita memohon limpahan rezeki padaNya, jika semua kekacauan adalah akibat perbuatan tangan kita sendiri?

Wahai para suami, sekali lagi perceraian adalah jalan terakhir. Ingatlah pernikahan bukan hanya pemenuhan kebutuhan jasmani melainkan ibadah. Jika pun harus terjadi perceraian, jagalah silaturahim dengan mantan isteri dan bertanggung jawablah terhadap masa depan anak-anakmu. Di hari akhirat kelak engkau akan ditanya tentang itu. 
Wallahu alam

Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada artikel di atas saya tidak menyalahkan suami, coba dibaca paragraf ini "boleh menceraikan isteri asal isteri kurang komitmen terhadap agama, kurang akhlaknya dan susah meluruskannya serta sengaja melakukan dosa dan membangkang perintah Allah dan suaminya". Saya memang menekankan hal ini untuk diperhatikan para suami karena merekalah kepala keluarga yang harusnya membimbing isteri dan merekalah yang menjatuhkan talak untuk isterinya. Saya turut prihatian dengan masalah keluarga anda Saudara Amelia Tiyadi. Kalau menurut pendapat saya yang juga ilmunya masih kurang, bersabarlah atas ujian yang menimpa anda dan saya rasa kurang bijaksana untuk menyebarkan aib isteri anda (mantan). Dia toh tetap ibu dari anak-anak anda.. salam..

      Delete
  3. Semua ada hikmahnya keadilan akan dtng dari Alloh,jodoh ga akan tertukar baik bertemu baik Amin balasan pasti segera,kadang bercerita itu perlu agar dada tak sesak...curhat pd NYA

    ReplyDelete
  4. Semua ada hikmahnya keadilan akan dtng dari Alloh,jodoh ga akan tertukar baik bertemu baik Amin balasan pasti segera,kadang bercerita itu perlu agar dada tak sesak...curhat pd NYA

    ReplyDelete
  5. untuk kehilangan istri yang sudah menghianati kesetiaan rumah tangga tidak usah di sesali.masih banyak wanita di luar sana yg lebih baik.soal harta yg kita cari sendiri hasil keringet sendiri wajib kita pertahankan.enak saja dia mau minta bagian setelah selingkuh sm orang.yang ada ngenakin dia.pertahankan harta kita sampai mati2an,kalau buat anak tidak masalah.asal jangan kasih istri yg sudah Melonte.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bolehkah Menolak Rezeki?

Doa Agar Rezeki Tak Terputus

Menarik Rezeki dengan Asmaul Husna (5)