8 Karakter Pengusaha Yang Berezeki Banyak dan Tak Pernah Rugi

Karakter adalah sifat yang dimiliki oleh seseorang yang menunjang pencapaian tujuannya. Kali ini kita akan membahas karakter apa yang dimiliki oleh seorang pengusaha agar bisnisnya terus menuai rezeki dan tidak pernah rugi.  Sebelumnya telah kita bahas bagaimana agar usaha  terus mendatangkan rezeki dan apa-apa yang harus dikoreksi jika usaha mandek rezekinya dan berada diujung kebangkrutan.

produktif

Bagaimana karakter pengusaha yang banyak rezeki dan tak pernah rugi?


# 1. Ikhlas

Ikhlas merupakan sebuah prinsip sekaligus efek dari sikap yang diambil seseorang. Jika kita membuat business plan yang telah dirancang dan direncanakan dengan matang dan memiliki keyakinan bahwa business plan tersebut akan menghasilkan keuntungan yang besar. Namun di satu sisi kita tidak memiliki faktor ikhlas dalam pengerjaannya dengan mengharap imbalan atau keuntungan besar tadi secara berlebih. Ketika business plan itu tidak berjalan sesuai rencana, tak hanya kerugian fisik yang kan dituai tapi juga kerugian mental.
Berbeda jika kita menanamkan keikhlasan dari awal. Meskipun business plannya mengalami kegagalan dan tidak berjalan sesuai rencana maka kita masih memiliki optimisme bahwa Allah pasti memberi jalan untuk menyelesaikan semua permasalahan. Keyakinan dan kepasrahan atas sesuatu yang telah menjadi kehendak Allah akan emnjadi kekuatan tersendiri dalam diri orang tersebut.

Ikhlas disini juga terkait dengan sikap ikhlas melayani. Mengapa harus ikhlas? Karena keikhlasan membuat kita bisa melayani dengan baik, melayani dengan penuh keramahan. Ikhlas akan mendekatkan kita dengan mitra bisnis dan konsumen. "Allah merahmati orang yang ramah dan toleran dalam berusaha (H.R.Tirmidzi dan Bukhari). Inilah yang dikenal dengan pelayanan prima atau service excellent, pelayanan yang mengutamakan pelanggan / customer


# 2. Bersungguh-sungguh

Orang yang bersungguh-sungguh  memiliki gairah dan semangat yang kuat untuk mengerjakan sesuatu secara optimal. "Sesungguhnya Allah mencintai salah seorang diantara kamu yang melakukan pekerjaan dengan itqan (tekun, rapi dan teliti)." (H.R. Baihaki). Kesungguhan dibutuhkan sebagai modal awal untuk emwujudkan apa yang telah direncanakan dan ditargetkan. 

Bersungguh-sungguh juga bisa dimaknai debagai memiliki kemauan untuk meningkatkan kualitas kerja agar dapat mencapai hasil yang maksimal. Fokus terhadap energi diri diperlukan untuk menjalankan usaha yang menguntungkan dan menghasilkan rezeki optimal. Sikap pantang menyerah dan selalu optimis juga termasuk dalam karakter bersungguh-sungguh ini


# 3. Rendah Hati

Kerendahan hati adalah salah satu karakter yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha yang ingin sukses menjalankan usahanya. Pengusaha yang rendah hati tidak pernah menyombongkan diri. Mereka menjalankan usaha dengan sebaik-baiknya tanpa perlu meminta pujian dan mencari perhatian orang lain. Jika keberhasilan yang diperoleh ia selalu menganggap bahwa itu usaha bersama bukan hanya dirinya pribadi tetapi jika kegagalan yanh didapatkan ia secara pribadi bertanggung jawab dan tidak mencari kambing hitam.


# 4. Sabar

Kesabaran akan menempa mental bisnis seorang pengusaha. Menjalankan usaha tidak semudah membalik telapak tangan, banyak rintangan, tantangan dan halangan yang dihadapi. Kesanggupan untuk melewati rintangan tersebut membutuhkan kesabaran ekstra. 

Hanya orang-orang yang sabar yang bisa jadi pemenang. Karena mereka dapat memaknai berbagai cobaan yang datang padanya. Kesabaran akan membuahkan hasil jika disikapi dengan optimis dan berpikir positif. "The key to everything is patience. You get the chicken by hatching the egg, not by smashing it (Arnold H. Glasgow). Kunci dari segalanya adalah kesabaran. Kita mendapatkan ayam dengan menunggunya menetas bukan membanting telurnya.


# 5. Banyak Bersyukur

Bersyukur adalah aktivitas yang sudah sepantasnya dilakukan seorang muslim ats pemberian nikmat yang tak terhitung jumlahnya. Begitu banyak rezeki yang telah Allah curahkan pada kita, mulai dari anggota tubuh yang sempurna, lingkungan yang menunjang kehidupan kita meskipun Allah tidak berkewajiban melakukan semua itu untuk kita.
Bersyukur adalah aspek penting. Dengan bersyukur kita dapat membangun nilai positif yang dibutuhkan untuk memotivasi jiwa dan menumbuhkan optimisme 


# 6. Adil

Keadilan adalah skill proficiency yang harus dilatih dan dikembangkan. Adil bisa dimaknai dengan tidak berat sebelah, tidak memihak, berpegang pada kebenaran, memberikan kepuasan hati pada  banyak pihak. Adil dalam dunia usaha bisa diaplikasikan dengan memberikan gaji karyawan sesuai aturan. Aturan bisa mengacu pada masa kerja karyawan , kemampuan dan skillnya atau berdasarkan prestasinya. Semakin bagus prestasinya semakin tinggi gajinya. 

Setiap orang memiliki konsep keadilan yang berbeda-beda, karena tak sekedar adil tapi harus kelihatan adil di mata karyawan, mitra usaha dan konsumen. Idealnya adil itu mengacu pada konsistensi terhadap aturan, logis dan beretika. Adil harus bersifat objektif, tidak memihak dan tidak mengistimewakan sesuatu hal dibanding hal lainnya.


# 7. Amanah

Karakter amanah artinya dapat dipercaya, itu adalah karakter yang harus dimiliki semua pengusaha. Untuk disebut amanah butuh waktu dan proses yang panjang. Karkater amanah juga perekat. Perekat yang menyatukan semua jenis hubungan antara pimpinan, anak buah, karyawan, konsumen dan mitra usaha semuanya bersumber dari kepercayaan. Amanah selain berarti bisa dipercaya juga teguh memegang janji. menyelesaikan orderan yang diminta oleh klien.


# 8. Bertanggung jawab 

Karakter bertanggung jawab adalah karakter yang bersedia menanggung semua resiko. Bertanggung jawab atas semua ucapan dan tindakannya. Klien, konsumen dan mitra usaha menyukai partner yang bertanggung jawab. Sesuai antara perkataan dan tindakannya.

Itulah 8 karakter yang harus dimiliki oleh pengusaha yang berezeki banyak dan tak pernah rugi. Wallahu alam

Comments

Popular posts from this blog

Bolehkah Menolak Rezeki?

Menarik Rezeki dengan Asmaul Husna (5)

Doa Agar Rezeki Tak Terputus