21 Tips Menuju Hidup Sukses dan Banyak Rezeki

Siapa sih yang tidak ingin hidup sukses dan banyak rezeki? Tapi untuk mencapai cita-cita tersebut perlu usaha atau upaya yang dilakukan secara terus menerus. Mengapa harus terus menerus? Karena konsistensi itu pasti memberikan peningkatan. Berdoa dan beribadah kepada Allah pun butuh konsistensi, karena pada dasarnya kita yang butuh Dia bukan sebaliknya.

bahagia

Berikut ini adalah tips menuju hidup sukses dan banyak rezeki versi lancarrezeki.blogspot.com :
  1. Nikahi orang yang tepat. Keputusan ini akan menentukan 95 % dari hidupmu apakah bahagia atau menderita."Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji dan laki-laki yang keji adalah untuk wanita yang keji (pula) dan wanita-wanita yang baik untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita yang baik (pula) (Q.S.An Nur : 26). Di ayat lain juga disebutkan "Dan janganlah kamu menikahi wanita musyriki sampai mereka beriman "(Q.S. Al Bqarah : 221). " Dan janganlah kamu tetap berpegang pada tali (perkawinan) dengan perempuan-perempuan kafir (Q.S.Al Mumtahanah : 10). Allah memerintahkan kita untuk memilih pasangan yang baik untuk dinikahi. Pasangan yang baik dan saleh akan membentuk keluarga yang saleh dan membawa rezeki untuk keluarganya (Baca : 9 ciri-ciri wanita yang membawa rezeki bagi suaminya)
  2. Lakukan sesuatu yang kamu suka dan sesuai dengan bakat sehingga waktu yang digunakan betul-betul berarti. Hidup itu terus berjalan, kesuksesan dan rezeki bisa diraih dengan ikhtiar melakukan pekerjaan yang bermanfaat. Lakukan pekerjaan yang kamu suka dan disukai Allah. Jangan melakukan pekerjaan yang tidak bermanfaat. Rezeki Allah akan diberi pada orang-orang yang pantas untuk diberi. (baca : 10 cara memantaskan diri agar rezeki lancar). Para dokter mengatakan 50 % kebahagiaan bisa didapat dengan mengisi waktu kosong dengan kegiatan yang bermanfaat. 
  3. Berikan sesuatu pada orang lain lebih yang diharapkannya dan lakukan dengan senang hati. Kita diperintahkan untuk memberi hak orang lain yang lebih baik, seperti hak pekerja bayar upahnya sebelum kering keringatnya. Jika seseorang memberi kita sepiring nasi sebaiknya kita membalas dengan sepiring nasi juga dan dianjurkan jika 2 piring atau lebih. Allah saja membalas orang yang bersedekah dengan 700 kali lipat. Jika seseorang masuk ke dalam ruangan dan mendoakan keselamatan kita dengan ucapan "Assalamu Alaikum" kita diperintahkan untuk menjawab salam tersebut dengan ucapan yang lebih baik "Wa alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh". Sikap ini adalah akhlak yang baik yang ditunjukkan oleh orang Muslim kepada saudaranya.  Orang baik rezekinya juga baik dan dimudahkan dalam segala urusan termasuk urusan rezeki.
  4. Jadilah orang yang paling positif dan antusias. Orang yang positif melihat segala sesuatu dari kacamata positif, kacamata yang baik. Mereka ini senantiasa berprasangka baik, mempelajari yang baik, melakukan kebaikan adalah hiasan amalnya sehari-hari. Mereka sangat antusias dalam beribadah dan berusaha. Mereka ini memiliki aura postif yang bisa menarik hal-hal positif yang ada di sekelilingnya, termasuk rezeki. (baca : rahasia menjadi magnet rezeki)
  5. Jadilah pemaaf bagi dirimu dan orang lain. Sabda Rasulullah SAW "Tidaklah Allah memberi tambahan kepada seseorang hamba yang suka memberi maaf  melainkan kemuliaan." (H.R. Muslim). Bagaimana mulianya seseorang jika yang memberi kemuliaan itu Allah. Orang yang meminta maaf karena kesalahannya wajar tetapi orang yang memaafkan kesalahan orang lain itu adalah orang yang berani. Dia bisa memilih untuk tidak memaafkan apalagi jika dia masih merasa sakit hati dan benci. Tapi jika ia memilih untuk memaafkan itu lebih baik dan lebih mulia.
  6. Murah hatilah. Jangan menyimpan rezeki untuk diri sendiri, enggan berbagi rezeki itu sama dengan zalim. Allah tidak menyukai orang yang zalim. Ada hadits Rasulullah yang mengemukakan bahwa Allah lebih menyukai orang bodoh yang murah hati ketimbang orang yang alim tapi kikir. Orang yang murah hati itu juga murah rezeki . "Bermurah hatilah maka Allah akan bermurah hati padamu" (H.R. Thabrani)
  7. Miliki hati yang penuh syukur. Karena syukur akan membuat hati jadi lapang. Mengapa kita harus mensyukuri rezeki, alasannya bisa dibaca di sini. Syukur memiliki begitu banyak manfaat bahkan mempraktekkan syukur setiap hari dapat menarik rezeki. "Jika kamu bersyukur pasti akan kutambah (nikmatKu) untukmu dan bila kamu kufur maka sesungguhnya siksaku sangat pedih. (Q.S.Ibrahim : 7). Mau tahu apakah kita kita termasuk orang yang bersyukur atau malah orang yang kufur rezeki baca : Ciri-ciri orang yang mensyukuri rezeki atau Ciri-ciri orang yang mengkufuri rezeki. 
  8. Miliki ketekunan. Ketekunan adalah tindakan yang dilakukan secara terus menerus untuk mencapai tujuan. Mengapa kita harus tekun? Karena ketekunan akan membuat kita membiasakan melakukan hal yang semakin mendekatkan kita ke tujuan, baik itu cita-cita, hidup sukses, rezeki yang banyak dan cita-cita semua muslim dalam yaitu surga dan ridho Allah SWT. Ketekunan itu sunnatullah. Mau pintar dan menguasai satu ilmu dan keterampilan harus tekun belajar. Mau rezeki banyak dan berkah harus tekun bekerja dan mencari sumber penghasilan yang halal. Mau punya anak saleh harus tekun mendidik mereka di jalan Allah, dan sebagainya.
  9. Disiplinkan diri untuk menabung meskipun di saat susah. Pernah mendengar bahwa pemboros itu temannya setan? Rasulullah bersabda "Barangsiapa melakukan pemborosan maka Allah akan mencegahnya dari perolehan (rezekinya) (H.R.Assyihaab). Jika memiliki uang jangan semua dihabiskan untuk hidup dan belanja yang sifatnya konsumtif. Hendaknya uang kita peroleh itu dibagi 3. Satu bagian dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup, satu bagian disisihkan untuk ditabung agar memiliki dana cadangan di saat susah, satu bagian lagi disisihkan untuk sedekah atau berbagi pada mereka yang membutuhkannya. Jika hal ini yang kita lakukan maka rezeki akan terasa cukup di saat senang maupun susah dan rezeki juga digunakan untuk sedekah menjadi investasi akhirat.
  10. Perlakukan orang yang anda temui sebagaimana anda ingin diperlakukan. Banyak orang yang suka bertindak dan berperilaku seenaknya. Islam mengajarkan kita untuk memiliki akhlakul karimah, ahlak yang baik yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW. Beliau senantiasa menghiasi hidupnya dengan kebaikan, menghiiasi bibirnya dengan kejujuran sampai diberi gelar Al Amin yang dapat dipercaya. Nabi tidak membedakan perlakuannya terhadap siapapun, baik terhadap orang miskin, kaya, sahabat bahkan terhadap orang kafir musyrikin yang selalu menentang, menghina bahkan ingin membunuhnya. Jika anda memperlakukan orang lain dengan baik maka hidup anda akan dimudahkan dalam segala urusan. (Baca : rezeki menjauh karena makan sumpahan orang)
  11. Lakukan perbaikan setiap hari. Orang yang mau maju, sukses, berezeki banyak mengetahui bahwa adalah tidak mungkin mencapai tujuan tanpa usaha yang sepadan. Jika ingin mencapai puncak gunung kita harus menyiapkan peralatan mendaki, menguasai ilmu mendaki yang baik serta mempraktekkan pendakian yang aman dan selamat sampai puncak. Tidak ada kata menyerah dalam kamusnya. Manusia adalah gudangnya salah, penuh kekurangan dan kelemahan tapi manusia bisa mencapai potensi terbaiknya jika selalu melakukan perbaikan setiap hari. Setiap hari ia mencatat kemajuan, kualitas dirinya semakin meningkat dan lebih baik dari kemarin.
  12. Tetapkan peningkatan kualitas diri. Kualitas diri tidak dapat diperbaiki hanya dengan berharap. Tapi harus ada tindakan, harus ACTION ! Tetapkan target seperti apa diri kita 5, 10, 20 tahun dari sekarang dan susun langkah-langkah untuk mencapainya. Demikian juga jika kita ingin hidup sukses, rezeki melimpah dan mati masuk surga harus diimbangi dengan langkah-langkah ibadah yang terus menerus. Kerja ibadah, usaha ibadah, menikah ibadah dan menetapkan semua aspek dalm hidup sebagai ibadah. (baca : 3 alasan utama mengapa rezeki kita terhambat)
  13. Pahami bahwa kebahagiaan tidak ditentukan oleh banyaknya harta, kekuatan, jabatan, gengsi tapi  ditentukan oleh sejauh mana hubungan kita dengan orang lain. Allah mememerintahkan kita untuk menyambung tali silaturrahim dengan sesama manusia. Rezeki bisa datang dari hubungan baik kita dengan sesama. Hubungan yang baik bisa menghasilkan orderan usaha, konsumen yang loyal, teman setia atau tetangga yang bermanfaat. Meski harta banyak, jabatan tinggi tapi kita memperlakukan orang lain seperti sampah, yakinlah hidup anda akan jauh dari sukses, banyak rezeki dan bahagia. 
  14. Setialah. Mengapa orang yang setia itu banyak rezeki dan sukses? Karena hanya manusia terpilih yang pantas untuk diberi rezeki oleh Allah, yaitu mereka yang memiliki integritas, kesetiaan dan loyal padaNya. Perhatikan suami /isteri yang selingkuh, para abdi negara yang korupsi yang tidak setia pada negara yang menggajinya, bagaimana kehidupannya? Mungkin bergelimang harta tapi jauh dari ketenangan bukan? (baca : Apakah perceraian menghalangi rezeki?
  15. Jujurlah. Orang yang jujur itu rezekinya baik dan banyak. Mengapa? Karena mereka dapat dipercaya dan diandalkan. Manusia mempercayainya, Allah juga mempercayainya. Hidupnya akan selalu dimudahkan. Meski banyak orang yang mengatakan bahwa berbohong saja hidup masih susah apalagi jujur. Jujur adalah sesuatu yang langka saat ini. Banyak orang yang mulai meninggalkan prinsip hidup jujur karena dianggap menghambat kesuksesannya. Makanya praktek korupsi, penggelapan, kesaksian palsu, makelar proyek demikian merajalela. Padahal gagal karena jujur itu lebih baik ketimbang sukses di atas kebohongan. (baca : 8 karakter pengusaha yang berezeki banyak dna tak pernah rugi)
  16. Jadilah pencetus kegiatan yang bermanfaat. Banyak orang yang menghabiskan hari dan waktunya dengan kegiatan yang tidak bermanfaat dan cenderung merugikan dirinya. Adalah mudah untuk terjerumus dalam kegiatan yang tidak bermanfaat karena nafsu yang telah dipengaruhi setan membujuk seorang untuk melakukannya. Tapi itu tidak berarti kita harus menyerah pada nafsu atau godaan setan. karena kita diberikan akal untuk memikirkan bahwa kita diberi misi oleh Allah untuk jadi khalifah di bumi. Jadilah pencetus kegiatan bermanfaat sehingga banyak orang yang bisa mendapatkan manfaatnya dan meningkatkan kehidupan mereka, seperti menggelar pengajian, seminar yang mencerahkan dan memotivasi diri, pelatihan wirausaha dan sebagainya daripada hanya menggelar pesta-pesta yang menghabiskan uang banyak tanpa diketahui apa manfaatnya. (baca : Manfaatkan umurmu dengan baik)
  17. Beranilah memutuskan meskipun kadang-kadang keputusan yang anda ambil itu salah. Hidup ini adalah rangkaian pilihan yang harus kita buat, Kadang saat menghadapi beberapa pilihan kita menjadi galau dan tak tahu harus memilih yang mana. Islam sudah memberi kita mekanisme dengan melakukan shalat istikharah atau shalat sunat dua rakaat untuk memohon petunjuk agar hati kita diarahkan condong pada pilihan yang tepat. Jika di kemudian hari ternyata keputusan yang kita ambil itu salah, minimal kita telah berani mengambil langkah dan belajar dari kesalahan yang kita buta.
  18. Berhentilah menyalahkan orang lain. Ambillah tanggung jawab dalam setiap aspek hidup anda. Menyalahkan orang lain atau emncari kambing hitam tidak akan membuat hidup kita lebih baik. Terimalah semua tanggung jawab atas apa yang telah kita lakukan dan akui secara jantan bahwa kita salah.  Lebih baik mulai membenahi diri ketimbang sibuk mencari-cari kesalahan dan menimpakannya pada orang lain.
  19. Beranilah. Jika anda melihat ke belakang anda akan menyesali sesuatu yang tidak anda lakukan karena terlalu takut untuk memulainya. Kesempatan tidak akan datang dua kali. Jika ada peluang yang bisa kita ambil dan kita manfaatkan segera lakukan, tidak harus menunda atau mencari alasan untuk tidak melakukannya. Karena bisa saja kita akhirnya menyesali keputusan tersebut.
  20. Jagalah mereka yang anda cintai dan mencintai anda. Kita tidak bisa hidup sendiri. Kita butuh orang lain di sekeliling kita, Jika kita tidak pandai menjaga hubungan dengan mereka, menghormati waktu dan perhatian mereka untuk kita. Membiarkan mereka sendirian saat butuh kita maka yakinlah kita akan menghadapi hidup yang paling sepi. Tak ada yang menemani kala suka dan duka, tak ada yang menghibur kala sedih dan tak ada yang memperhatikan saat sakit. Jagalah perasaan mereka yang mencintai anda, istri / suami. orang tua, anak, teman, jangan sakiti mereka . (baca : mau lancar rezeki, jangan sakiti isteri).
  21. Jangan lakukan sesuatu yang tidak akan membuat ibumu bangga. Ibu adalah wanita paling pertama yang kita kenal dalam kehidupan kita sebagai manusia. Semua orang pernah tinggal dalam rahimnya yang aman, merasakan kasih sayangnya. Ibu yang doanya makbul, jangan pernah sekalipun menyakitinya. Bahkan ibu yang kafir dan berdosa pada Allah pun tetap layak untuk mendapatkan penghormatan dari anaknya. Jangan lakukn sesuatu yang ibu tidak suka. Pernah dengar cerita Malin Kundang yang dikutuk menjadi batu oleh ibunya? Ya, jika ingin sukses dan berezeki banyak hormati dan berbaktilah pada ibu, karena doanya makbul demikian pula dengan sumpah dan kutukannya. (baca : mengapa berbakti pada ibu melipatgandakan rezeki?
Itulah 21 tips menuju hidup sukses dan banyak rezeki. Lakukan langkah-langkah yang tepat untuk meraih impian, karena kitalah yang bertanggung jawab pada hidup dan masa depan kita sendiri. Wallahu alam.

Comments

  1. Kunci sukses itu hanya kerja keras, tidak malas, konsisten, udah gitu aja.. Coba lakukan dalam 2-3 tahun, selanjutnya lihat hasilnya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga dengan kerja Keras Dan mendapatkan Hasil ya g Banyak Dan tidak lupa sama Allah Karena Allah yang memberi

      Delete
    2. Betul sekali, kesuksesan dan rezeki bukan didapat karena kerja keras tapi karena Allah ridha atas usaha kita. Kerja keras, tidak malas dan konsisten adaalah bagian dari ikhtiar, kita berusaha dan berjuang tapi hasilnya tetap Allah yang memberi. Karenanya doa dan amal saleh mengikuti ikhtiar kita.
      Wallahu alam

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bolehkah Menolak Rezeki?

Menarik Rezeki dengan Asmaul Husna (5)

Doa Agar Rezeki Tak Terputus