18 Tips Memperoleh Keberkahan Rezeki

Sebelumnya kita membahas 55 Cara membuka pintu-pintu rezeki, kali ini kita akan membahas bagaimana memperoleh keberkahan rezeki kita. Rezeki yang berkah adalah dambaan setiap insan. Lalu apakah keberkahan rezeki itu dan bagaimana memperolehnya ?

rezeki berkah
Hidup yang berkah itu adalah hidup yang manfaat

Apakah Keberkahan itu ?

Keberkahan itu adalah melekatnya kebaikan dan manfaat dari segala sesuatu, termasuk pada rezeki. Jika jumlahnya sedikit ia akan meningkat, jika jumlahnya banyak ia memberikan manfaat yang banyak pula. Dan berkah yang paling tinggi adalah jika segala sesuatu (termasuk rezeki) digunakan untuk mengabdi pada Allah Azza Wa jalla. (Baca : tanda umum rezeki yang berkah)

Bagaimana memperoleh keberkahan dalam rezeki ?

# 1. Luruskan niat
Segala sesuatu tergantung dari niat. Perbuatan baik pun jika niatnya salah akan salah juga. Rezeki yang diperoleh diniatkan untuk memuliakan kehidupan, memberi manfaat bukan hanya bagi kita tapi orang di sekitar kita

# 2. Percaya pada Allah
Percaya bahwa Allah memilih kita untuk menerima rezeki bukan hanya untuk diri pribadi tapi untuk memberi kemanfaatan bagi banyak orang. Percaya bahwa dalam rezeki kita Allah titipkan rezeki orang lain.

# 3. Cukup Allah bagi kita
Berapapun rezeki yang diperoleh diterima dengan senang hati, karena semua itu hanyalah titipan, hanya alat untuk mengabdi pada Allah. Cukup Allah bagi kita. Tidak pernah merasa kekurangan karena yakin bahwa Allah akan mencukupinya.

# 4. Hiasi bibir dengan kalam Ilahi
Senantiasa membasahi diri dan kalbu dengan sinar Ilahi, salah satu caranya dengan merutinkan diri membaca Al Quran. Mencari dan mempelajari ayat-ayat yang terkait dengan rezeki, nikmat dan bagaimana pemanfaatannya.

# 5. Ucapkan Bismillah
Dalam setiap tindakan dan perbuatan kita sebelum memulainya ucapkan bismillah. Demikian pula dalam mencari rezeki Allah. Sebelum berangkat ucapkan bismillah, di saat mulai bekerja ucapkan bismillah, menandatangani kontrak untuk suatu proyek ucapkan bismillah, Insya Allah rezeki yang diperoleh akan berkah. Sesuatu yang dimulai dengan bismillah tidak hanya akan mendapat keberkahan tapi juga setan tidak dapat mengambil manfaat dari kegiatan tersebut.

# 6, Makan Bersama orang lain
Sedapat mungkin berbagi makananlah dengan orang lain. Makan dalam satu tempat /nampan bersama selain mendekatkan rasa persaudaraan juga menimbulkan keberkahan. Kebiasaan makan makanan yang terpisah dalam piring yang lain adalah kebiasaan orang barat, yang saat sekarang ini banyak kita adopsi. Demikian pula jika memilki rezeki makanan dan dibagi pada orang lain kita juga mendapat keberkahan dari rezeki makanan tersebut.

# 7. Jujur
Jangan pernah berfikir bahwa berbohong dan menipu konsumen atau rekan bisnis dalam berdagang akan membuat rezeki dan untung berlipat. Sengaja mengurangi takaran timbangan, menjual barang yang sudah kadaluarsa atau tidak layak konsumsi demi memperoleh keuntungan sesaat adalah tidak dibolehkan adalam agama. Mungkin keuntungan dalam bentuk uang didapatkan tetapi keberkahannya akan hilang. Rasulullah SAW senantiasa menjalankan usaha dengan jujur sehingga semua orang percaya padanya, untungnya berlipat dan keberkahannya dapat.

# 8. Doa
Berdoalah minta hidup dan rezeki yang berkah dari Allah. Manusia adalah gudangnya salah. Karena itu doa membuat kita senantiasa terkoneksi dengan Allah (Baca : Doa seorang istri agar suaminya dimudahkan rezekinya). Koneksi itu diharapkan membuat Allah menuntun kita dalam menentukan pilihan yang benar, berjalan di jalur yang benar, menerima rezeki dengan benar, sumbernya benar dan pemanfaatannya lebih benar lagi.

# 9. Pendapatan yang halal
"Allah itu baik dan hanya menerima yang baik-baik saja". Pendapatan yang sumbernya tidak benar atau haram konsukuensinya sangat besar (baca : konsekuensi rezeki haram), keberkahannya hilang. Bayangkan kondisi badan kita yang berbalut rezeki haram, makan makanan haram, sumber uang dari yang haram kemudian menghadap Allah untuk ibadah dan meminta tambahan rezeki. Pantaskah itu ? Carilah rezeki dari sumber yang halal (Baca : Carilah rezeki yang halal meski setetes).

# 10 Mengikuti Sunnah
Ikuti semua jalan hidup dan perilaku yang dicontohkan nabi, insya Allah akan membuat hidup kita berberkah. Mungkin tidak akan sesempurna hidup beliau, tetapi membiasakan diri untuk hidup baik dengan meneladani Rasulullah insya Allah kehidupan dan rezeki kita pun akan berkah.

# 11. Sholat istikharah
Hidup ini adalah pilihan. Kita diharuskan membuat keputusan setiap saat dalam hidup kita. Agar keputusan yang kita buat senantiasa dibimbing Allah rutinkanlah shalat istikharah. Bukan hanya saat dalam kebimbangan, tapi saat kita ingin memutuskan yang terbaik dalam hidup kita. Termasuk dalam memulai usaha, menerima lamaran seseorang, menerima sebuah pekerjaan, jika Allah turut campur didalamnya insya Allah keputusan yang dibuat adalah yang terbaik, rezeki yang diperoleh sebagai buah dari keputusan itu jga berberkah. Bukannya kita tidak mampu memutuskan tapi dengan melibatkan Allah dalam setiap keputusan yang kita buat, semuanya akan dimudahkan dan diberkahi.

# 12. Bersyukur
Mengapa kita harus bersyukur? Alasannya ada di sini. Ciri-ciri orang yang mensyukuri rezeki juga bisa dibaca di sini. Bersyukur atas rezeki Allah membuat kita memperoleh keberkahan, membuat hati jadi lapang. Orang yang bersyukur atas rezekinya, akan ditambah oleh Allah bukan hanya kuantitasnya tapi juga kualitas atau keberkahannya.

# 13. Bersedekah
Mengapa bersedekah membuat kita memperoleh keberkahan? Karena dengan bersedekah rezeki kita jadi bermanfaat bagi orang lain. Rezeki yang bermanfaat bagi banyak orang akan memberikan keberkahan bagi pemiliknya. ( baca : artikel tentang sedekah)

# 14. Silaturahmi
Mempererat tali kekeluargaan dengan sesama muslim akan membuat kita mendapatkan keberkahan. Hidup yang bermanfaat, rezeki yang bermanfaat bagi diri dan orang lain keberkahannya akan kembali pada kita. 

# 15. Bangun Pagi
Karena Allah memberkahi pagi hari. Rasulullah bahkan berdoa " ya Allah berkahilah umatku selama mereka senang bangun subuh (H.R.Tirmidzi, Abu Daud dan Ibnu Majah). Berpagi-pagi saat kondisi tubuh masih fresh adalah saat yang tepat mencari rezeki dan memperoleh keberkahannya. (baca : artikel tentang hubungan bangun pagi dan rezeki ).

# 16. Menikah
Menikah itu menyempurnakan sebagian hidup. Biasanya rezeki hanya diberi untuk kita seorang, begitu menikah, rezeki anak dan istri juga dititipkan di tangan suami. Kuantitasnya bertambah dan kualitas keberkahannya meningkat, dengan catatan kita menjalani rumah tangga di jalan Allah, mendidik isteri dan anak di jalan Allah, membawa pulang rezeki untuk makan mereka dari jalan yang halal. (Baca : artikel tentang menikah dan rezeki).

# 17. Memperbaiki shalat
Shalat adalah komunikasi utama kita dengan Allah. Mengapa harus memperbaiki shalat untuk memperoleh keberkahan rezeki? Karena shalat yang baik, tepat waktu, khusyu disukai Allah serta menjauhkan kita dari perbuatan yang mungkar. Jika hati senantiasa gelisah, hidup terasa tak berkah lakukan perenungan diri, mungkinkah shalat kita tidak benar, seadanya, sekadar menggugurkan kewajiban? (baca : rezeki terasa seret, lakukan 10 perenungan ini )

# 18. Memaafkan
Tak ada gading yang tak retak. Tak ada manusia yang bebas dari kesalahan. Karenanya menyimpan rasa marah dalam hati karena disakiti orang lain, menutup hati dari kata maaf serta menanam subur kebencian dan dendam dalam diri akan menggerogoti hati dan membuat hidup kita susah dan rezekinya jauh. Memaafkan orang lain adalah salah satu kunci memperoleh keberkahan dalam hidup. Termasuk juga poin ini adalah memaafkan diri sendiri. Jika sebelumnya kita banyak dosa, dan banyak melakukan kesalahan, taubat pada Allah, mohon ampunan, kemudian benahi diri dengan terlebih dahulu memaafkan diri sendiri. Hati yang tenang dan damai akan membuat rezeki datang dan Allah memberkahi kehidupan kita.

Itulah 18 tips memperoleh keberkahan dalam rezeki. Semoga dapat diterapkan dalam hidup sehari-hari. Wallahu alam.

Comments

Popular posts from this blog

Rezeki Gampang Terbuka dan Lancar Dengan Zikir Ini !

Inilah Amalan 40 Hari Menuju Kaya dan Rezeki Melimpah

Kumpulan Doa Mudah, Murah dan Lancar Rezeki