Benarkah Batu Akik Bisa Menarik Rezeki?

Belakangan ini fenomena terbaru adalah banyaknya orang yang berburu batu akik. Batu aik dianggap bisnis yang menggiurkan karena bisa menghasilkan untung jutaan rupiah. Ada yang dijual dalam bentuk bongkahan yang harus dihaluskan lagi, ada yang sudah dalam bentuk batu dan ada yang sudah terikat dengan cincin. Akik adalah salah satu dari jenis batu permata yang merupakan mineral dihasilkan dari proses geologi yang panjang yang unsurnya terdiri dari satu atau beberapa komponen kimia. Batu akik sudah lama digunakan orang sebagai jimat yang konon mempunyai kekuatan sebagai penolak bala, pemikat lawan jenis, penarik rezeki, obat  dan sarana kesaktian diri seperti memberikan kekebalan bagi penggunanya dan berbagai kekuatan luar biasa lainnya.

akik
Lord of The Ring.. Juragan Akik (credit for www.chirpstory.com)

Batu akik dijual dengan kisaran harga puluhan ribu sampai puluhan juta rupiah untuk satu jenis batu tertentu. Semakin banyak cerita dan "kekuatan" yang dimiliki sebuah batu maka harga jualnya semakin tinggi. Ada orang yang menggunakan batu akik hanya untuk memperindah penampilan, ada juga yang mengumpulkannya untuk koleksi pribadi karena tertarik dengan keindahan yang dimiliki. Sementara di lain pihak ada orang yang mati-matian memburu batu akik yang dianggap memiliki "kekuatan magis" seperti disebutkan di atas.


Jenis batu akik yang dipercaya bisa menarik rezeki

Banyak orang yang mempercayai bahwa batu akik jenis tertentu memiliki "kekuatan" yang menguntungkan pemakainya. Batu apa saja yang terkait dengan rezeki dan kekayaan.

# 1. Batu delima
Batu ini memiliki keindahan dengan warnanya yang merah menyala. Batu ini dipercaya dapat menarik kekayaan bagi pemakainya.

# 2. Akik Sulaiman
Batu akik sulaiman yang konon diisi dengan tirakat tertentu sehingga dijaga oleh tentara zaman nabi Sulaiman. Batu ini percaya akan memberi kekuatan bagi pemakainya, salah satu diantaranya adalah penarik rezeki.

# 3. Safir kuning
Dikenal juga dengan batu Yakut yang konon berasal dari Afrika. Batu ini dipercaya sebagai lambang kemakmuran yang dapat menarik rezeki bagi pemakainya.

# 4. Batu Bacan
Batu yang berasal dari Pulau Bacan di Provinsi Maluku ini jika diisi dengan doa-doa tertentu bisa memperlancar usaha dan pelaris barang dagangan.

# 5. Batu Panca Nur / Panca Warna
Batu yang tampak indah karena disertai dengan gabungan beberapa warna yang berpadi jadi satu dipercaya bisa mendatangkan berkah bagi pemiliknya

# 6. Batu serai
Batu yang konon disimpan jin di bawah rerimbunan tanaman serai ini banyak diburu orang karena dipercaya bisa mendatangkan rezeki yang tak diduga-duga.

# 7. Batu Mata Harimau
Batu bergaris yang menyerupai mata harimau dipercaya dapat membantu usaha dan membuat harta jdai melimpah.

Masih banyak lagi jenis batu yang konon memiliki kekuatan mendatangkan rezeki, tetapi bukan jenis batu yang akan kita kupas di sini tetapi betulkah bahwa benda bernama batu akik ini bisa mendatangkan  dan menarik rezeki ?

Benarkah batu akik bisa mendatangkan rezeki ?

Lihatlah apa yang dikatakan oleh penjual batu akik dan penjelasan yang harus pikirkan oleh kita yang berakal dan beriman. Mereka mengatakan bahwa batu akik bisa :
  1. Melancarkan rezeki. Padahal ada 10 hal yang bisa melancarkan rezeki yang didukung dengan ayat Al quran dan hadits, 10 hal yang harus dipantaskan oleh orang beriman agar rezekinya lancar dan tidak disebutkan milikilah batu akik. 
  2. Mendatangkan kekayaan dari segala arah. Apakah batu yang bentuknya kecil yang bergerak saja tidak bisa, mampu menarik rezeki untuk pemiliknya? Logikanya di mana?. Bagaimana menjadi magnet rezeki yang bisa menarik rezeki dan peruntungan dari segala arah bisa dibaca di sini.
  3. Memanggil datangnya rezeki dari sumber yang tidak diduga-duga. Padahal rezeki itu akan datang tanpa dipanggil, karena rezeki manusia sudah ditentukan oleh Allah Sang Pembagi Rezeki. Atau dengan menjadi orang baik akan menjadikan diri berezeki baik karena orang baik bagus rezekinya. Tidak punya batu akik pun bisa mendatangkan rezeki, yakini itu. Allah meyakinkan kita dengan firmanNya dalam surah At Thalaq ayat  2 - 3 " Barangsiapa yang betakwa pada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tidak diduga." Sudah jelas bukan? Yang memberi rezeki tak disangka-sangka adalah Allah bukan karena kita punya batu akik tapi kita bertawakkal padaNya. Tawakkal adalah berserah diri sepenuhnya pada Allah atas usaha yang telah kita lakukan dan menyerahkan keputusan terbaik padaNya.
  4. Mencukupkan kebutuhan. Pikirkan, bagaimana mungkin hanya dengan memakai cincin batu akik maka semua kebutuhan kita dicukupkan? Dimana logikanya? Kita harus berusaha, bekerja untuk mencukupi kebutuhan. Allah menjamin rezeki kita tapi tidak berarti bahwa kita hanya diam, menunggu rezeki datang tanpa harus bekerja. Burung saja harus keluar dari sarangnya untuk mencari rezeki, bukan? 
  5. Memperlancar bisnis dan usaha yang ditekuni. Jika memiliki bisnis dan usaha yang berhasil jalannya tidak mudah, butuh kiat-kiat tertentu bagaimana menjalankan bisnis / usaha agar terus mendatangkan rezeki. Kalaupun rezeki dari usaha itu mampet dan tidak lancar sampai terancam kebangkrutan jangan langsung mencari penglaris (bisa berupa jimat / batu akik juga) atau menyalahkan Allah tapi koreksi dulu 4 hal ini
  6. Melipatgandakan pemasukan dan menghindari lilitan utang. Tahukah anda bahwa yang menyebabkan hidup kita terlilit utang adalah kita sendiri? Jadi jika penyebabnya adalah kita maka pemecahan masalahnya juga kembali ke kita. Pemasukan yang berlipat ganda dari usaha yang kita jalankan bisa diperoleh dari sedekah, karena sedekah itu memperderas dan melipatgandakan rezeki, bukan karena punya batu akik. Kecuali kalau jualan batu akik secara halal tanpa iming-iming kekuatan di dalamnya.
  7. Pemiliknya bertuah kerezekian sehingga mudah mendapatkan modal. Semua orang memiliki rezekinya tersendiri. Jika Allah sudah menentukan rezeki untuk si A tidak mungkin rezeki itu diambil oleh si B. Tidak perlu menggunakan benda yang diyakini menjadikan kita bertuah kerezekian. Tidak ada juga benda yang akan membuat kita selalu sial Allah melebihkan rezeki orang yang pantas diberi. Jadi mudahnya rezeki ditentukan oleh sikap kita, jadikan diri kita pantas untuk diberi rezeki lebih oleh Allah dengan jalan bekerja ikhlas dan tawakkal.
Hati-hati dengan syirik. Sebelumnya saya pernah menulis apakah susuk menghalangi rezeki? Penggunaan benda-benda  yang diyakini memiliki kekuatan tertentu itu bisa menjerumuskan kita kepada syirik. Dan tahukah anda bahwa syirik itu adalah dosa yang tidak diampuni Allah? Tahukah anda bahwa syirik itu termasuk 10 dosa besar yang membuat rezeki terhalang? Musyrik adalah orang yang melakukan syirik masuk dalam 15 daftar dosa yang menjauhkan pertolongan Allah. Kesimpulannya, batu akik tidak dapat menarik rezeki karena ia hanya sebuah benda seperti halnya benda-benda lain yang ada di sekitar kita. Kalaupun terlihat ada yang memiliki kekuatan setelah memakainya bukan karena batu akiknya tapi karena Allah menghendakinya. Kalau Allah berkehendak tidak ada yang tidak mungkin. Bisa juga karena batu itu dipakai bersekutu dengan jin sesat dan iblis yang dilaknat.

Memakai batu akik boleh asal..

  • Memakainya hanya untuk hiasan saja, mempercantik diri dengan aneka cincin batu akik silakan saja.
  • Memakainya dan membelinya hanya untuk koleksi. Keindahan batu akik dengan warna-warna alami yang mencolok dan unik tidak dapat disangkal lagi. Banyak orang yang suka mengumpulkan batu akik karena ingin mengoleksinya seperti halnya batu permata lainnya.
  • Tidak mempercayai ada kekuatan di baliknya. Kekuatan hanya milik Allah, tidak ada satu mahluk atau bendapun yang boleh dipercayai memiliki kekuatan sepertiNya karena itu bisa menjerumuskan kita dalam kemusyrikan.
  • Tidak menggunakannya untuk hal-hal yang dilarang agama. Seperti sengaja mengarang cerita tentang kekuatan yang ada dibalik sebuah batu akik. Ataupun menggunakannya untuk bersekutu dengan jin atau setan demi mendapatkan keuntungan sesaat.
  • Memakai sekedarnya saja dan tetap bekerja keras serta bertawakkal pada Allah. Memakai hanya untuk pelengkap penampilan dan tetap bekerja keras mencari rezeki Allah, berdoa langsung kehadirat Allah tanpa perantaraan benda serta bertawakkal dan berserah diri akan hasilnya.
Hati-hati dengan sikap dan tindakan kita, karena sikap dan tindakan itu akan mempengaruhi hidup kita, termasuk rezeki kita dan di akhirat kita akan ditanya tentang apa yang kita perbuat di dunia. Wallahu alam.

Comments

Popular posts from this blog

Rezeki Gampang Terbuka dan Lancar Dengan Zikir Ini !

Inilah Amalan 40 Hari Menuju Kaya dan Rezeki Melimpah

Kumpulan Doa Mudah, Murah dan Lancar Rezeki