10 Tips Membawa Rezeki Berkah dalam Harta dan Kehidupan Kita

Apa itu rezeki berkah? Rezeki yang bermanfaat dan terus berkembang, sudah kita bahas panjang lebar di artikel Apakah Rezeki Berkah Itu? Tanda-tandanya pun sudah dijelaskan di artikel 4 tanda umum rezeki yang berkah. Bagaimana memperoleh keberkahan dalam rezeki juga bisa dilihat pada tulisan 18 Tips Memperoleh Keberkahan Rezeki. Memang tak akan habis ide atau tulisan untuk membahas rezeki dan keberkahannya. Pengalaman saya selama menulis blog ini selalu saja ada ide yang bisa ditulis tentang rezeki. Rezeki Allah begitu luas dan bisa ditemukan di mana saja. Hanya saja kita lebih sering menggunakan mata untuk melihat kekurangan, keterbatasan rezeki,  kadang lupa untuk membuka mata hati dan mata batin untuk melihat begitu banyak rezeki yang kita terima, yang bisa disyukuri. Itulah tabiat manusia yang serba terbatas.

rezeki hidup

Kali ini pembahasan lebih ditekankan pada bagaimana membawa rezeki yang berkah ke dalam harta dan kehidupan kita. Ini dia ulasannya.

Tips Membawa Keberkahan Rezeki Dalam Harta dan Hidup Kita

# PERTAMA
Ingat bahwa Allah mengawasi kita.

Muslim yang baik menyadari bahwa meskipun dia tidak dapat melihat Allah tapi sadar bahwa Allah melihat semua perbuatannya, yang tersembunyi sekalipun. Makanya dia selalu berhati-hati dalam berbuat dan bertindak agar tidak melakukan dosa dan mempermalukan diri di hadapanNya. Orang yang selalu ingat bahwa Allah memantau perbuatannya akan menjaga tingkah laku dan akhlaknya sehingga hanya melakukan yang baik-baik saja. Orang baik akan menarik rezeki yang baik masuk dalam kehidupannya, rezeki yang berkah pada hartanya karena Allah menyukai hambaNya yang berbuat baik dan beramal saleh.


# KEDUA
Selalu bergantung pada Allah yang Maha Besar

Syirik adalah dosa besar yang tidak terampunkan oleh Allah SWT. Muslim yang baik sadar bahwa dirinya lemah dan terbatas. Oleh karenanya dia tak pernah putus doa agar diberi petunjuk pada kebenaran. Meski sebagian orang mengandalkan kekuatan mahlukNya yang dianggap lebih mumpuni dan lebih cepat memberi hasil, Muslim yang baik tak goyah dan tetap percaya sekuat-kuatnya seorang mahluk pasti lebih kuat Penciptanya. Karena itu dalam setiap langkah dan perbuatannya senantiasa bergantung pada keridhaan Allah. Jika Allah ridha maka rezekinya pun dimudahkan masuk dalam kehidupannya.


# KETIGA
Syukurilah apa yang kita punya

Banyak orang yang selalu merana karena merasa rezekinya kurang banyak, merasa tidak pernah cukup, merasa terbatas dan terus kekurangan tanpa pernah berusaha melihat rezeki yang sudah ada dalam genggaman dan mensyukurinya. Tak pernah memikirkan bahwa dirinya dikaruniai tubuh yang sehat dan seimbang, keluarga yang bahagia, anak yang lucu-lucu dan sehat, punya rumah tempat berlindung dari panas dan hujan meskipun sederhana, punya kendaraan untuk mengantar ke tempat kerja meski tua dan butut, punya pakaian yang dipakai dan pakaian ganti untuk menutupi tubuhnya, tak pernah kekurangan makanan. Dia lupa banyak orang di luar sana yang tidak seberuntung dirinya. Muslim yang baik selalu mensyukuri apa yang dimilikinya. Allah berjanji barangsiapa yang mensyukuri nikmatNya maka akan ditambah.


# KEEMPAT
Sumber perolehan rezeki yang halal 

Perhatikan sumber-sumber perolehan rezeki kita. Muslim yang baik akan mencari rezeki dari sumber yang halal karena sadar sepenuhnya bahwa rezeki yang haram meskipun jumlahnya banyak akan membuat hidup susah, tidak berkah dan mendulang masalah. Pernahkah anda terpikir mengapa kesulitan, masalah dan kesialan seolah tak pernah berhenti mengunjungi anda? Coba periksa sumber rezeki anda, adakah unsur haram / pelanggaran dalam memperolehnya. Tidak ada keberkahan dalam rezeki haram. Jangan lupa untuk selalu mencari rezeki halal meskipun setetes. Karena setetes yang halal jauh lebih berharga dibanding segentong tapi haram.


# KELIMA
Selalu memohon ampun dan taubat atas semua dosa dan kesalahannya serta senantiasa berada di jalan yang lurus

Salah satu penghalang terbesar rezeki masuk dalam kehidupan kita adalah hidup berbalut dosa dan kemaksiatan. Pernahkah terpikir bahwa ampunan Allah begitu luasnya. Meskipun dosa kita sebesar samudera ampunanNya tetap tersedia bagi hamba yang memohonNya. Mulai hari dengan melibatkan Allah dalam segala kegiatan kita. Setiap melakukan kesalahan dan tergelincir dalam dosa dan maksiat segeralah bertaubat dan memohon ampunanNya.


# KEENAM
Selalu memulai pekerjaan atau kegiatan apapun dengan menyebut nama Allah (basmalah)

Libatkan Allah dalam segala aktivitas keseharian kita. Besarkan namaNya, ingat keagunganNya dan malu berbuat dosa di hadapanNya. Kita lah yang memutuskan akan melakukan hal yang baik atau buruk. Manusia pada dasarnya hanif, memiliki kecenderungan untuk berbuat baik, dibekali akal untuk memikirkan sesuatu itu bermanfaat atau tidak tapi juga memiliki hawa nafsu yang menariknya pada dosa dan perbuatan buruk. Karenanya perlu mengingat Allah dalam setiap waktu, zikir membesarkan asmaNya agar senantiasa diberi petunjuk dalam melangkah.


# KETUJUH
Memakai pakaian keikhlasan sebagai bagian dari gaya hidupnya.

Gaya hidup ikhlas adalah gaya hidup muslim yang mengutamakan keikhlasan dalam setiap langkahnya. Perbuatan baik apapun yang dilakukannya tidak pernah mengharap balasan dari sesama manusia karena dia paham bahwa Allah Maha Melihat dan Maha Tahu hambaNya yang berbuat baik. Tidak pernah frustrasi kalau usahanya tidak dihargai sesamanya. Tidak pernah ribut dan protes apalagi dengki kalau orang lain mendapat rezeki yang lebih banyak.


# KEDELAPAN
Tidak lupa sedekah, membelanjakan harta di jalan Allah SWT.

Orang yang mau berkah rezeki dan kehidupannya tahu betul bahwa dalam hartanya terdapat hak orang lain, sehingga tidak membuat dirinya kikir dan enggan berbagi. Melihat kebahagiaan dari hati orang lain yang dibahagiakannya sudah sangat membanggakan baginya. Tidak ada guna menumpuk harta yang banyak karena harta yang besar jumlahnya pertanggung jawabannya juga besar. Membelanjakan harta di jalan Allah keuntungannya adalah pahala yang berlipat.


# KESEMBILAN
Allah suka melihat orang berkumpul untuk makan bersama

Kebersamaan antara keluarga maupun sesama umat muslim diperlukan untuk mempererat tali silaturahim, menghubungkan ikatan persaudaraan. Rezeki yang berkah bisa masuk dalam kehidupan kita bukan hanya lewat tangan kita saja, tapi juga lewat tangan orang lain. Maka berbuat baiklah kepada sesama dan jangan putus tali silaturrahimnya.


# KESEPULUH
Hindari boros karena Allah tidak suka orang yang berlebih-lebihan dan mubazir

Pemboros itu temannya setan. Allah tidak melarang hambaNya kaya, bahkan muslim sebaiknya kaya agar bisa berbuat banyak untuk kepentingan agama dengan hartanya. Yang dilarang itu adalah membelanjakan harta secara berlebihan. Membeli semua barang yang diinginkannya meskipun tidak diperlukannya. Membeli barang yang banyak hanya untuk meningkatkan gengsi dan status sosialnya di masyarakat, tanpa pernah punya empati dengan orang miskin di sekitarnya. Allah memberikan rezeki yang banyak agar rezeki itu juga memberi banyak manfaat bukan hanya pada dirinya tapi pada masyarakat di sekitarnya. Bukan justru menimbulkan kecemburuan sosial bagi mereka yang kurang mampu. Hartanya dibelanjakan untuk membeli barang haram, dipergunakan untuk menindas yang lemah dan membuat banyak kerusakan di bumi.
Satu lagi yang perlu diperhatikan, jangan mubazir. Ambillah makanan secukupnya sesuai kebutuhan perut, jangan karena kerakusan mengambil lebih banyak dari yang bisa di makan akhirnya tersisa dan dibuang saja. Jangan lupa mubazir itu juga bisa menghambat rezeki.

Itulah 10 tips bagaiamana menghadirkan rezeki yang erkah dalam harta dan kehidupan kita. Tips yang gampang dan mudah diikuti tapi seringkali kita abaikan karena terlalu sering menjadikan hawa nafsu sebagai Tuhan. Itulah tabiat manusia yang lemah dan penuh kekurangan. Wallahu alam..

Comments

  1. Terima kasih berbagi info rezeki. Subhanallah hebatnya rezeki. Rezeki juga bukan sekadar yang nampak di mata.

    ReplyDelete
  2. Sama-sama Mas Azzahairi sulaiman.. rezeki adalah fenomena yang luar biasa buat saya, karena itulah blog ini dibuat, mudah-mudahan dapat menginspirasi semua orang... terima kasih sudah komen..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Rezeki Gampang Terbuka dan Lancar Dengan Zikir Ini !

Inilah Amalan 40 Hari Menuju Kaya dan Rezeki Melimpah

Kumpulan Doa Mudah, Murah dan Lancar Rezeki