Apakah Anda Sudah Menjadi Rezeki Bagi Orang Lain ?

Manusia tidak dapat hidup sendiri saling tergantung satu sama lain. Rezeki Allah itu luas dan bisa datang dari mana saja termasuk dari sesama manusia. Jika selama ini kita selalu menghubungkan silaturahmi karena silaturahmi adalah salah satu jalan masuknya rezeki Allah lewat orang lain. Tapi apakah kita sudah menjadi rezeki bagi orang lain?


Seorang mukmin menjadi rezeki bagi mukmin lainnya jika :

  1. Mengucapkan kata-kata yang baik. Hati-hati dengan kata-kata yang diucapkan. Sekali kata terucap bisa menjadi doa bisa juga jadi dosa. Usahakan jika berurusan dengan sesama mungkin mengucapkan kata-kata yang baik. Jika bertemu di jalan atau bertamu di rumah seseorang ucapkan salam. Ucapan "assalamu alaikum" merupakan doa keselamatan kita terhadap orang lain. Setelah seseorang melakukan sesuatu buat kita ucapkan jazakumullah khairan yang berarti semoga Allah membalasmu dengan kebaikan. Jika seseorang bersin dan mengucapkan alhamdulillah, ucapkanlah "yarhamukallah" yang artinya semoga Allah merahmatimu.
  2. Menghadiri undangan. Jika seorang muslim mengundang kita datang ke acaranya sebaiknya memenuhi undangannya. Kedatangan kita memeriahkan acara orang lain adalah kegembiraan bagi tuan rumah. 
  3. Memberi saran. Jika seseorang meminta saran anda dalam hal yang baik dan tidak bertentangan dengan agama, berilah saran yang baik. Jika seseorang melakukan kemaksiatan dan ingin tobat, tuntunlah ke jalan yang benar sesuai kemampuan kita.
  4. Memberi pertolongan. Saat orang lain membutuhkan bantuan, sebaiknya menolong sesuai dengan kemampuan kita. Rezeki bisa dilancarkan melalui teori tolong-menolong. Pertolongan dan rezeki Allah mudah datang pada orang yang menebar kebaikan dengan menolong sesama manusia.
  5. Kunjungi saat sakit. Jika tetangga, teman dekat atau orang yang kita kenal menderita sakit, jenguklah dan berikan doa kesembuhan serta kata-kata pemberi semangat kepadanya.
  6. Saat meninggal hadiri pemakamannya. Seorang muslim yang telah meninggal dunia tetap memiliki hak untuk dikunjugi sebelum di bawa ke pemakaman terakhirnya. Berikan penghormatan terakhir, perbaiki jenazahnya, sembahyangkan dan doakan agar dilapangkan kuburnya.
Itulah 6 cara menjadi rezeki bagi orang lain. Alangkah indahnya jika lewat tangan kita rezeki orang lain tercurah, jika tidak berbentuk materi tapi bentuk hubungan baik, doa-doa buat mereka, karena semua kebaikan yang kita perbuat akan kembali kepada kita. Jika lewat tangan kita mengalir rezeki orang lain, maka rezeki Allah juga mudah mendatangi kita. Wallahu alam.

Comments

Popular posts from this blog

Rezeki Gampang Terbuka dan Lancar Dengan Zikir Ini !

Inilah Amalan 40 Hari Menuju Kaya dan Rezeki Melimpah

Kumpulan Doa Mudah, Murah dan Lancar Rezeki