Rezekimu Susah Itu Tandanya Allah Menyayangimu.

Rasa sayang Allah ditunjukkan dengan cara yang berbeda-beda


sayang Allah

  • Kalau kita menyayangi seseorang pasti kita tunjukkan dengan cara-cara tertentu. Entah itu memperhatikannya, menyenangkan hatinya, membelikan hadiah, menghiburnya di kala susah, dan lain sebagainya. Hal itu kita lakukan agar mereka yang tersayang tahu kalau kita menyayanginya.
  • Begitu juga Allah. Dia menyayangi hamba-hambaNya dengan cara-cara tertentu. Hanya saja kita manusia kadang tidak paham bahwa kita diberi sesuatu atau tidak diberi sesuatu itu justru tanda sayangnya Allah pada kita. Allah tahu apa yang terbaik bagi kita, apa yang kita butuhkan dalam hidup, karena Dia lah Pencipta kita. Sama halnya seorang arsitek yang tahu apa kebutuhan dari sebuah bangunan / rumah karena dia yang membuatnya.
  • Allah tahu jika kita diberi rezeki yang banyak, itulah yang terbaik buat kita. Dia tahu bahwa kita akan bersyukur dan akan mempergunakan rezeki yang diberiNYA itu di jalan Allah. Memperjuangkan agama ini kan butuh biaya. Meningkatkan harkat hidup dan kesejahteraan kaum papa kan butuh ongkos. Bukan hanya dakwah dan siraman kalbu yang diperlukannya tapi juga bantuan harta benda untuk membuat hidupnya lebih baik.
  • Allah tahu juga bahwa rezeki yang sedikit itulah yang terbaik buat kita. Karena dengan rezeki yang sedikit itu kita bisa makin dekat pada Allah, mengadukan segala kesusahan dan masalah, agar kita sabar dan Allah meningkatkan derajat kita sebagai orang yang bertakwa? Tahu kan ganjarannya? Surga yang nyaman.. Allah tahu betul kalau kita diberi rezeki yang banyak justru malah tergelincir melakukan dosa dan maksiat. Berbuat kerusakan dengan rezeki melimpah itu.
  • Mengapa kita semua tak diberi rezeki yang sama? Karena Allah Maha Tahu apa yang kita butuhkan. Kebutuhan tiap-tiap orang itu beda kan? Allah memberi rezeki sesuai apa yang kita butuhkan, bukan sesuai apa yang kita inginkan. 
  • Sedikit atau banyak, syukuri.. Karena cukup itu bukan dari jumlah tapi dari perasaan. Ada yang rezekinya banyak tapi masih saja merasa kurang. Ada yang rezekinya pas-pasan tapi selalu merasa pas alias cukup.


Tanda Allah menyayangi hambaNya

  • Apakah tanda-tanda kalau Allah menyayangi hambanya?
(1) Allah mengujinya.
(2) Allah mencerdaskannya.
  • Allah akan mencerdaskannya dalam masalah agama. Jadi ilmu dan kebijaksanaannya ditingkatkan dengan melalui pemahaman dan pengalaman hidup yang dilaluinya. "Barangsiapa yang dikehendaki Allah dengan kebaikan maka dicerdaskan dalam masalah agama." (H.R.Bukhari-Muslim).
(3) Allah memudahkan menjalankan kewajiban.
  • Jika Allah menyayangi hambaNya maka akan ia mudahkan dirinya menjalankan kewajiban padaNya. Kata Rasulullah, "Dan tiada mendekat kepadaKu seorang hamba dengan sesuatu yang lebih Aku sukai daripada menjalankan apa yang Aku wajibkan atasnya." (H.R.Bukhari).
(4) Allah menjadikannya berpegang teguh pada sunnah Nabi.
  • Allah akan menjadikannya berpegang teguh (cinta) pada Sunnah, seperti firman Allah, "Katakanlah jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutlah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu, Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang". (Q.S.Al Imran : 31).
(5) Alah menjadikannya dermawan
  • Jika Allah menyayangi hambaNya maka Dia menjadikannya seorang yang dermawan yang selalu berinfak serta menjadikannya orang berilmu yang mudah menyampaikan ilmunya. Kata Rasulullah," Tidak boleh iri, kecuali untuk 2 hal, seseorang diberi Allah kepandaian tentang Al quran, maka diamalkannya dan dikajinya sepanjang siang dan malam, dan seseorang yang diberi kekayaan harta maka ia infakkan sepanjang siang dan malam." (H.R.Bukhari-Muslim).
(6) Allah menjaganya dari yang haram
  • Allah akan menjaganya dari apa yang diharamkanNya. Kata Rasulullah, "Sesungguhnya Allah cemburu dan cemburu Allah ialah mencegah seseorang mengerjakan apa yang diharamkanNya" (H.R.Muslim). 
(7) Allah mematikannya dengan khusnul khatimah
  • Jika Allah mencintai seorang hamba maka Dia akan mematikannya dengan cara yang baik. Hamba menghadap RabbNya dengan cara sebaik-baiknya, meninggal dalam kondisi khusnul khatimah (akhir yang baik).
  • Semoga kita semua meninggal dalam kondisi ini. Dan selama hidup kita senantiasa menjadi orang yang disayangi Allah. Amin..
  • Wallahu alam..

Comments

Popular posts from this blog

Rezeki Gampang Terbuka dan Lancar Dengan Zikir Ini !

Inilah Amalan 40 Hari Menuju Kaya dan Rezeki Melimpah

Kumpulan Doa Mudah, Murah dan Lancar Rezeki