Bagaimana Membangun Taman Kekayaan?

Tulisan ini adalah sambungan dari 2 tulisan, yaitu Filosofi Rezeki, Apa Beda Uang dan Kekayaan dan artikel Wih.. dikejar-kejar Rezeki dan Uang.

Mengapa saya banyak-banyak bicara tentang kekayaan di blog ini?
Karena :
  • muslim itu wajib kaya. Memang ada yang mengangung-agungkan kemiskinan, tapi saya tetap menganggap bahwa orang kaya itu jauh lebih berdaya dibanding orang miskin. Orang miskin shalat, orang kaya juga sholat dan bisa membangun mesjid. Orang miskin menyedekahi yatim piatu sekedarnya, orangkaya menyedekahi mereka dan membagun panti asuhan. Orang miskin sekolah dan ngaji, orang kaya bisa sekolah, ngaji dan membangun pesantren atau rumah tahfidz.
  • Karena kekayaan erat terkait dengan rezeki. Banyak orang yang menganggap orang yang banyak rezeki itu adalah orang yang banyak uang alias orang kaya.

Bagaimana Proses Membangun Taman Kekayaan itu?

# BENIHNYA ADALAH BAKAT DAN MINAT
  • Semua tanaman diawali dari benih yang ditanam dan selanjutnya berkembang. Jika ingin taman kita tumbuh dari tanaman yang subur, pakailah benih berkualitas. Itulah bibit unggul. Kalau untuk konsep kekayaan, benihnya adalah bakat dan minat. 
  • Setiap orang telah diberikan bakat dan minat yang berbeda-beda oleh Sang Pencipta. Bayangkan jika Bill Gates membuat hamburger atau pizza, akankah dia sekaya sekarang? Pasti tidak, karena bakat dan minatnya adalah komputer.
  • Bagaimana menemukan bakat dan minat  kita? Segala hal yang membuat kita bersemangat bangun di pagi hari karena tidak sabar ingin membuat sesuatu. Bahkan kita rela mengerjakannya tanpa dibayar alias gratis,  itulah minat dan bakat kita. Ambillah benih itu dna tanamlah.

# AIRNYA ADALAH PENGETAHUAN DAN JARINGAN
  • Siramilah benih yang telah kita tanam tadi dengan air yang diperoleh dari tempat lain. Berjuanglah untuk mengambil air untuk menyiram  benih tanaman kita. Itulah pengetahuan dan jaringan. Berinvestasilah dalam pendidikan yang sesuai dengan minat dan bakat kita. Bertemanlah dengan banyak orang, bangun jaringan (networking). Hargai dan bantu mereka dan kita akan melihat mereka menjadi air terbaik yang akan menyirami benih dan tanah kita. Subhanallah.

# PUPUKNYA KARAKTER DAN TUJUAN
  • Setelah benih dan air yang cukup harus diberi pupuk sebagai tambahan hara. Itulah karakter dan tujuan. Ingatlah Allah dalam setiap kesempatan. Ingatlah rumah ibadah, ingatlah agama, libatkanlah Allah dalam setiap kegiatan anda, jadikan semua aktivitas kita bernilai ibadah. Itu adalah pupuk terdahsyat yang dikirim oleh Sang Penggengam Rezeki. 
  • Lalu pasang komitmen hanya pada syariah. Terlalu banyak godaan untuk memakai riba, tapi percayalah itu hanya racun tanaman. Hindari sajalah.
  • Jangan lupakan perbaiki karakter anda sebagai orang yang jujur, ikhlas dan punya pengendalian diri yang baik.

# MATAHARINYA ADALAH KREATIVITAS
  • Mulailah mencari apa yang dibutuhkan dan diinginkan orang. Setiap orang pasti punya kebutuhan dan keinginan bukan? Penuhi itu ! Jadilah matahari yang memenuhi kebutuhan penduduk bumi tanpa pilih kasih. Bagi yang tak punya rumah, sediakan rumah. Yang butuh makanan sediakan makanan atau masakkan makanannya. Bagi yang haus sediakan minumnya. Usaha yang memenuhi keinginan dan kebutuhan masayarakat pasti akan dicari. Bisnis tercipta dengan landasan kasih sayang, manfaat dan memberi solusi masalah orang lain.
  • Bagaimana bersaing dengan sesama penyedia kebutuhan masyarakat yang lainnya? Kuncinya pada kreativitas. Menciptakan sesuatu yang beda baik berupa produk maupun layanan yang lain darpada yang lain.

# TANAHNYA ADALAH KOMPONEN DAN INVESTASI
  • Perlu anda pahami bahwa keinginan dan kebutuhan itu hanya menciptakan 5 % kekayaan. Lalu kemana yang 95 % itu ? Ada pada investasi. Kalau anda punya benih unggul, lancar disiram, pupuknya lengkap dan mendapat cukup matahari tapi ditanam di tanah milik orang lain, siapa yang menikmati? Yang punya tanah bukan? Karena itu Sayidina Umar ra senantiasa menganjurkan umat Islam untuk memiliki properti, agar umat yang merasakan nikmatnya dan bukan orang lain.
  • Komponen itu maksudnya adalah nilai tambah yang didapatkan dari sebuah produk. Besi 1 kg harganya mungkin cuma Rp. 10.000, tapi jika ia berubah jadi paku harganya bisa naik, belum lagi jika dijadikan komponen jam tangan, sekilo besi bisa menjadi jutaan. Berilah nilai tambah pada produk yang anda jual.

# BUAHNYA UANG DAN KEBEBASAN FINANSIAL
  • Setelah bersusah-susah merawat taman kekayaan maka buah yang kita petik adalah uang dan kebebasan finansial. Selama taman kita dirawat dengan baik pasti akan terus menghasilkan buah yang banyak bagi kita.

Itulah tips membangun taman kekayaan. Bagi anda yang terinspirasi silakan mencoba. Tak pelru takut gagal. Gagal tapi telah berupaya lebih baik ketimbang tak berani mencobanya. Gagal juga adalah pembelajaran yang sangat berharga. Kita tak pernah bisa menikmati keberhasilan tanpa pernah merasakan pahitnya kegagalan. Selamat membanguna taman kekayaan. Semog makin banyak muslim yang kaya di Indonesia.
Wallahu alam.

* terinspirasi dari buku Magnet Rezeki, Ippho Santosa..

Comments

Popular posts from this blog

Rezeki Gampang Terbuka dan Lancar Dengan Zikir Ini !

Inilah Amalan 40 Hari Menuju Kaya dan Rezeki Melimpah

Kumpulan Doa Mudah, Murah dan Lancar Rezeki