Umrah, Jalan Menuju Kaya..

Umrah adalah ibadah yang dapat melapangkan rezeki. Jika sanggup segerakan diri melaksanakan haji dan umrah. Karena umrah itu jalan menuju kaya.
Lho kok? Bukannya keluar ongkos yang banyak untuk umrah, harusnya kekayaan jadi berkurang dong, bukannya tambah kaya.
Itulah cara berpikir manusia yang serba terbatas.
Perturutkanlah antara haji dan umrah, sebab sesungguhnya berturut-turutnya antara keduanya akan menghilangkan kefakiran dan dosa-dosa.

umrah
Bersegeralah menunaikan ibadah haji maupun umrah meski cuma sekali seumur hidup
(photo credit for akmoneytransfer.com)

Mengapa umrah itu dikatakan jalan menuju kaya?


#1. Menjadi tamu Allah SWT
  • Siapa yang tidak ingin mendapatkan kenikmatan ini, menjadi tamu Allah SWT ? Allah memerintahkan kita untuk memuliakan tamu. Apalah lagi jika kita yang menjadi tamu Zat yang Maha Agung?  Rasulullah SAW bersabda, " tetamu Allah ada 3 golongan yaitu orang yang berhaji, berumrah atau berperang." 
  • Jika kita menjadi tamu Allah maka Dia akan melayani dan memenuhi segala kebutuhan kita selama berada di RumahNya.
# Pahala dan ganjaran dilipatgandakan
  • Rasulullah SAW bersabda pada tahun haji wada' di Mekkah," para jemaah haji dan umrah adalah tetamu Allah SWT. Dia akan memenuhi apa yang mereka minta, mengabulkan apa yang mereka doakan, memberikan ganti kepada mereka atas apa yang telah dibelanjakannya dan melipatgandakan satu dirham untuknya menjadi sejuta dirham."
# Tidak dihisab jika meninggal dunia
  • Di dalam kitab Ilya' Ulumuddin Rasulullah SAW bersabda, " Barangsiapa keluar untuk menunaikan ibadah haji atau umrah kemudian meninggal dunia, makanya baginya diberlakukan pahala berhaji dan berumrah hingga hari kiamat. Dan barangsiapa meninggal dunia di salah satu tanah suci itu, maka kelak dia tidak diadili dan tidak pula dihisab, melainkan dikatakan kepadanya, " Masuklah ke dalam surga."
  • Betapa besarnya kekayaan kita jika pahala berhaji dan umrah terus diberikan sampai hari kiamat?
# Pahala umrah ramadhan menyerupai ibadah haji
  • Dalam sahih Muslim yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas ra, Rasulullah bersabda, "melakukan umrah pada bulan ramadhan menyamai ibadah haji."
  • Ibadah haji adalah termasuk amalan yang utama. Baca : Rezeki mendapatkan haji mabrur tanpa berhaji.
# Menghilangkan dosa
  • Dalam Ibnu Majah diriwayatkan oleh Umar ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, " perturutkanlah antara haji dan umrah, sebab sesungguhnya berturut-turutnya antara keduanya akan menghilangkan kefakiran dan dosa-dosa, ibadwat kir (api yang menyala pada tukang besi) yang menghilangkan kotoran pada besi.
# Diwajibkan walau cuma sekali (jika mampu),
  • Allah mewajibkan haji bagi hambaNya sekali saja seumur hidup. Umrah meskipun sunah diutamakan untuk melaksanakannya, meskipun sekali saja. Allah berfirman, "Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umrah karena Allah." (Q.S. Al Baqarah : 96). Diperkuat lagi dengan hadits Rasulullah, " Tidak ada satu orangpun kecuali diwajibkan padanya satu kali haji dan umrah." (H.R. Ibnu Umar)
# Umrah adalah jihad
  • Aisyah bertanya kepada Rasulullah SAW, " Wahai Rasulullah apakah wanita juga diwajibkan untuk berjihad? Beliau menjawab, Ya, dia wajib berjihad tanpa ada peperangan di dalamnya, yaitu dengan haji dan umrah (H.R.Ibnu Majah). (Baca juga : bagaimana berjihad dengan rezeki kita?)

Itulah beberapa keutamaan umrah. Umrah itu jalan menuju kaya, bukan saja kaya harta, kaya hati, kaya kesyukuran dan kaya pahala. Bukankah itu yang kita cari di dunia ini? Keridhaan Allah SWT?

Comments

Popular posts from this blog

Rezeki Gampang Terbuka dan Lancar Dengan Zikir Ini !

Inilah Amalan 40 Hari Menuju Kaya dan Rezeki Melimpah

Kumpulan Doa Mudah, Murah dan Lancar Rezeki