Sepele tapi Berat Timbangannya

ARTIKEL KE 816  

AMAL RINGAN TAPI BERAT DALAM TIMBANGAN  

Siapa yang tak ingin rezeki masuk surga? Semua ingin mendapatkan berkah itu. Surga adalah rezeki dan nikmat terbesar yang diberi pada seorang hamba, karena sifatnya kekal abadi, tak fana seperti rezeki yang diberi di dunia ini. 
Tapi untuk mendapatkannya ada syarat dan ketentuannya, kalo kita tak penuhi artinya kita tak pantas untuk mendapatkannya.
Memasukkan seseorang ke surga adalah hak prerogatif Allah yang tak bisa diganggu gugat. Karenanya berusahalah untuk mendapatkan ridha Allah SWT agar kita masuk salah satu kandidat penghuni surgaNYA. Amin YRA..



Salah satu upaya mendapatkan ridhaNYA adalah lewat "kelakuan baik" melalui amalan-amalan yang pahalanya luar biasa. Berikut adalah beberapa amalan yang kelihatannya sepele tapi penuh makna, diantaranya :

DZIKIR
Rasulullah ﷺ  bersabda: “Dua kalimat yang ringan di lidah tetapi berat dalam timbangan dan sangat disukai Allah  yaitu:
ﺴﺒﺤﺎﻥ ﺍﷲ ﻭﺒﺤﻤﺩﻩ ﺴﺒﺤﺎﻥ ﺍﷲ ﺍﻠﻌﻅﻴﻡ‘               
 (Maha Suci Allah dan segala puji milikNya, Maha Suci Allah Yang Maha Agung)’.” (HR. Muttafaq ‘alaih)


SHOLAT  SUNAT  FAJAR
Rasulullah ﷺ Bersabda Rasulullah SAW: “Dua rakaat sunnah sebelum subuh rakaat pertama Al-Kafirun, rakaat kedua Al-Ikhas), lebih baik dari dunia dan seisinya.”  HR. Muslim

PENYESALAN  AHLI  SURGA
Rasululullah ﷺ bersabda: “Tidak ada sesuatupun yang membuat penghuni surga menyesal kecuali menyia-nyiakan satu detik kesempatan, tidak digunakan untuk berdzikir kepada Allah”.                                                                                  HR. ath-Thabrani, Syaikh Salim menganggap shahih


MENGURUSI  JENAZAH
Rasulullah ﷺ  bersabda: “Barangsiapa menshalatkan jenazah dan tidak ikut
mengiringkannya maka baginya pahala satu qirath, dan jika mengiringkannya maka baginya pahala dua qirath”. Ketika itu ada yang bertanya, “Apa yang dimaksud dua qirath?”  Beliau saw  menjawab, “Paling sedikitnya sebesar gunung Uhud.”  (HR. Muslim)


DZIKIR  PENGHAPUS  DOSA
Rasulullah  ﷺ bersabda: “Barangsiapa membaca,
ﺴﺒﺤﺎﻥ ﺍﷲ ﻭﺒﺤﻤﺩﻩ
Seratus kali pada setiap hari, niscaya dihapujkan kesalahan-kesalahannya meskipun sebanyak buih laut.” (MUTTAFAQ  ‘ALAIH).


PERBENDAHARAAN SURGA
Dari Abu Musa , Rasulullah  bersabda kepadaku, “Maukah kamu aku tunjukkan suatu perbendaharaa dari surga?” Aku menjawab, “Baik, ya Rasulullah.” Beliau bersabda : ﻻﺤﻭﻝ ﻭﻻ ﻗﻭﺓ ﺍﻻ ﺒﺎﷲ‘ Tidak ada daya dan kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah’.”                                                 
(Muttafaq ‘alaih)


MEMBACA AL-QUR’AN
Rasulullah bersabda: “Barangsiapa membaca satu huruf dari kitab Allah (tanpa riya’ & sum’ah), niscaya ia mendapat kebaikan, dan
setiap kebaikan mempunyai sepuluh kelipatan pahala. Aku tidak mengatakan, “Alif Lam Mim itu satu huruf, tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan Mim satu huruf.” HR. at-Tirmidzi –

SURAT AL-IKHLAS DAN JANJI SURGA
Dari Anas  bahwasannya seorang sahabat berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya saya suka membaca surat ini (Qul Huwallahu Ahad), Beliau bersabda, ‘Sesungguhnya kecintaanmu pada surat itu akan memasukkanmu ke dalam surga.”  HR. Bukhari dan at-Tirmidz

MELANCARKAN PERJALANAN
Sungguh aku telah melihat seseorang yang bersenang-senang di dalam surga dengan sebab memotong (menyingkirkan) kayu di tengah jalan yang mengganggu manusia.” (HR. Muslim)

KEUTAMAAN BANGUN PAGI
Rasulullah ﷺ  bersabda: “Barangsiapa shalat subuh dengan berjamaah kemudian duduk untuk berdzikir kepada Alloh sehingga matahari terbit, lalu ia shalat dua rakaat (sholat dhuha) maka ia mendapat pahala seperti haji dan umrah, sempurna, sempurna, sempurna, sempurna.”                     
(HR. at-Tirmidzi, dihasankan oleh Syaikh Albani)


MEMUJI ALLAH  SAAT SUSAH DAN SENANG
Rasulullah ﷺ  bersabda: “Orang yang pertama kali diseru untuk masuk Surga ialah mereka yang memuji Allah , baik ketika senang maupun susah”. 
( HR. Thabrani, Hakim)

UCAPAN YANG BAIK
“Tolaklah kalian terhadap api neraka walau dengan sekerat korma, jika tidak dapat maka hendaklah (bersedekah) dengan kalimat yang baik” (Shahih Jami’)


KEUTAMAAN  ADZAN
Nabi ﷺ bersabda: “Sesungguhnya Alloh dan para Malaikat membaca sholawat untuk shaf pertama, sedang muadzin diberi ampunan sebatas suaranya. Ia dibenarkan (dijawab) oleh yang mendengarkannya, baik benda kering maupun basah, dan ia mendapat pahala orang yang sholat bersamanya (karena ia yang menyerunya).”(HR. Ahmad dan Nasai)

BERBUAT BAIK KEPADA HEWAN
Rasulullah ﷺ bersabda "Ada seseorang melihat seekor anjing yang menjilat-jilat debu karena kehausan maka orang itu mengambil sepatunya dan memenuhinya dengan air kemudian meminumkannya pada anjing tersebut, maka Allah berterimakasih kepadanya dan memasukkannya ke dalam syurga”. (HR. Bukhari, Muslim)


SHALAT DHUHA
Setiap tulang persendian kalian harus dishadaqahi, setiap tasbih adalah shadaqah, setiap tahmid adalah shadaqah, setiap tahlil adalah shadaqah, setiap takbir adalah shadaqah, amar ma’ruf adalah shadaqah, nahi munkar adalah shadaqah, yang demikian itu dapat terbalas dengan melakukan dua rakaat shalat Dhuha. (HR. Muslim).


Alangkah menakjubkan seorang yang cerdik dalam memilih amalan yang ringan, namun ternyata berat ketika ditimbang. Ia seorang yang pandai meraih Surga-Nya, meski tak tampak di dalam kerumunan manusia.
Semoga Bermanfaat

Wallahu alam

Comments

Popular posts from this blog

Bolehkah Menolak Rezeki?

Menarik Rezeki dengan Asmaul Husna (5)

Doa Agar Rezeki Tak Terputus