Ini Dia 3 Alasan Mengapa Rezeki Kita Susah.

Hidup yang susah rezeki itu tidak ada




hidup susah


Yakinlah, kesusahan itu tidak masuk ke dalam hidup kita, kecuali kalau kita :


# 1. Menciptakan kesusahan itu sendiri

Masa ada orang yang mau menciptakan kesulitannya sendiri? Tentu saja bisa, karena kita adalah manusia yang serba terbatas, yang memiliki sedikit ilmu dibanding rahasia alam yang luas ini.
  • Allah sudah menunjukkan jalan yang benar, yang lurus melalui firmanNya dalam kitab yang benar, Al Quran. Kita tidak pernah mau mempelajarinya. Kita biarkan Al Quran berdebu di pojok lemari. Kita bertingkah laku sebagai seorang yang sok tahu menjalani hidup. Saat melangkah kita tidak punya pedoman dan saat terpuruk kita tidak tahu kembalinya kemana. 
  • Susah rezeki itu tidak ada, kecuali kita menciptakannya. Kita sengaja tidak mengindahkan perintah Allah, kita sengaja berjalan di jalan yang salah, kita dengan sadar menolak apa yang ditunjukkan Allah sebagai jalan yang benar. Kita menjadi manusia yang keras kepala dan menutup diri dari hidayah. Wajar jika rezeki jadi susah, seret dan terhambat.

# 2. Mengundang kesusahan itu masuk dalam kehidupan kita. 

Masa kita bisa mengundang kesusahan masuk dalam kehidupan kita? Tentu saja bisa, caranya bisa macam-macam dan kadang bisa tidak kita sadari.


# 3. Bergaul dengan orang yang salah, menyebabkan kesusahan menjadi bagian dari hidup.

Bergaul dengan sembarang orang juga bisa menyebabkan rezeki kita susah, mandek dan terhambat. Mengapa?
  • Berkumpul dengan pencuri, maka kita akan menjadi pencuri. Berkumpul dengan pecandu narkotik membuat kita juga jadi pecandu dan bisa naik pangkat jadi pengedar. Sedikit banyaknya teman bergaul akan mempengaruhi karakter kita. Setiap orang terlahir suci, didikan orang tuanya dan lingkungan sekitar lah yang akan menentukan ia jadi baik atau tidak.
  • Allah dan rasulNya mengajarkan kita untuk berkumpul dengan orang saleh dan banyak menghadiri majelis, yang berisi orang-orang yang berilmu, agar kita ketularan saleh dan pandai.
  • Susah rezeki itu tidak ada kecuali jika kita bergaul dengan orang yang salah. Orang yang salah akan mempengaruhi karakter kita dan ikutan jadi salah. Orang yang banyak dosa dan senantiasa mengerjakan yang haram tidak disukai Allah sehingga rezekinya pun bisa mandek, seret dan terhambat.
Itulah 3 alasan mengapa rezeki kita susah. Hati-hati dalam menjalani hidup. Jangan menciptakan kesusahan, jangan mengundang kesusahan masuk dalam hidup dan jangan bergaul dengan orang yang salah. Itu saja. Wallahu alam.

Comments

  1. Assalamu'alaikum"ustadz,kalo saya ganti sholat hajat sblm tidur bisa ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikum salam...silakan Mas, shalat hajat tak mesti dilakukan sesudah tidur, yang penting niatnya bener, ingin berkomunikasi dan meminta sesuatu pada Allah. Kalaupun akhirnya dikabulkan bukan karena amalan shalat hajat tadi tapi karena Allah RIDHA pada amalan yang kita lakukan. Intinya melakukan amalan demi menggapai ridhaNYA, kalo keinginan jadi terkabul karenanya itu bonus.
      Salam..

      Delete
  2. Saya merasakan sekali hal seperti itu.
    Suami kerjanya sudah alhamdulillah enak. Belanja dijatah .
    Trus untuk keperluan lain kadang memang pakai uang belanja.
    Untuk anak untuk jajan semua dgn uang belanja. Klo gak kepepet suami gak ngeluarin uang lagi.

    Apakah dgn cerita itu saya yg mengundang kesusahan itu sendiri ?
    Padahal istri dan anak adalah tanggung jawab suami.
    Mau minta ke siapa lagi kalau bukan ke suami ?
    Yg mau minta lagi takut , takut dikira saya boros padahal nggak. Semua uang belanja memang untuk kebutuhan sehari hari 😭😭😭

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum wr wb, saya hamba Allah, saya ingin share tentang kehidupan saya selama ini dan selama saya hidup, saya adalah anak ke 2 dari tiga bersaudara, dan anak ke 4 dari 5 Kaka tiri saya, hidup dalam kesulitan bagi saya biasa, hidup dalam kesusahan bagi saya itu biasa, dan itu terbiasa sedari dulu saya kecil, saat saya tumbuh dewasa, dan akhirnya pun berkeluarga, dalam masa ini saya terhimpit masalah ekonomi, dan terjadi terus terjadi, padahal apa yg saya lakukan saya rasa cukup maksimal untuk keluarga, dalam masalah pekerjaan, namun saja tidak seperti apa yg selalu saya harapkan. Saya menyadari bahwa diri saya ini bagaikan pasir di bawah air, yg mana tidak terhitung banyak nya dosa yg sudah saya lakukan, untuk itu saya meminta doa dan bimbingannya utk menghadapi ini semuanya. Semoga saya tetap kuat, tegar, juga sabar dalam menghadapi ke sulutan ini. Wassalamu'alaikum Wa wb

    ReplyDelete
  4. Assalamualaikum ustadz...saya lagi nungging menghadapi hidup yg penuh dgn Hutang...saya sudah menyusahkan anak dan istri...orang tua...kerabat. Teman...dan menyusahkan orang banyak...hidup saya sudah tidak ada guna nya...setiap usaha yg saya coba untuk menutupi hutang..dan bermohon kepada Allah...tapi yg saya dapat malah sebaliknya hutang saya bertambah banyak....sekarang sudah sudah pasrah dan ingin bunuh diri saja

    ReplyDelete
  5. Asalamualaikum..adakah doa khusus untuk melancarkan rezeki kita?

    ReplyDelete

  6. Ngomongin kekayaan, tau ga sih temen-temen kalo ternyata ada beberapa hal yang bisa menyebabkan orang jadi sulit kaya. Selengkapnya, cek di sini: penyebab sulit kaya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Rumah Tangga Seret Rezeki? Mungkin Ini Sebabnya.

Rezeki Gampang Terbuka dan Lancar Dengan Zikir Ini !

Doa Agar Rezeki Tak Terputus